Mizutex.com – Jika anda merasa sulit mendapatkan model baju yang sesuai dengan keinginan anda, membuat baju dengan kain sendiri adalah pilihan terakhir. Mungkin akan sulit untuk dibayangkan, betapa repotnya harus belanja kain sendiri dan membawanya ke tempat penjahit. Namun, sebenarnya tidaklah demikian.

Pada dasarnya, membuat baju dengan kain sendiri ada keuntungan dan kesenangan tersendiri. Pertama, anda dapat menghemat biaya lebih banyak, ketimbang beli baju jadi, terlebih dari produk brand terkenal.

Kedua, ketika sudah tau seluk-beluk beli bahan kain dan membuat baju sendiri, anda bisa meniru fashion sesuai model yang anda inginkan.

3 langkah mudah membuat baju dengan kain sendiri

Mungkin ini adalah pengalaman pertama buat anda. Jadi biasanya anda akan merasa was-was dengan hasil akhir baju pesanan anda.

Dan sebenarnya, tak perlu merasa khawatir secara berlebihan kalau anda bisa mempersiapkan semuanya dengan baik dan benar. Berikut ini 3 langkah mudah dari Mizutex.ocm agar proses pembuatan baju semakin mudah dan gampang:

Memilih bahan kain yang tepat

Langkah ini merupakan tahapan paling penting. Pemilihan kain yang tepat sangat menentukan hasil akhir baju impian anda. Karena, setiap bahan kain memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Pilih sesuai selera anda.

Jika anda tidak suka kain yang licin dan jatuh (lemas), disarankan untuk membeli bahan kain jenis katun. Jenis kain ini umumnya disenangi karena kualitasnya yang bagus dan karakter kainnya yang adem saat dipakai. (Baca: Kain katun Jepang baik motif maupun polos).

Menentukan panjang kain

Jangan sampai baju impian anda menjadi terlalu kecil karena kekurangan panjang bahan kain. Atau bahan kain yang anda beli ternyata terlalu banyak, sehingga banyak sisa kain yang harus dibuang.

Untuk menghindari hal tersebut, ada baiknya anda menanyakan kepada penjahit atau penjual kain sebelum membeli bahan kain. Setiap model baju mungkin menghabiskan panjang kain yang berbeda-beda, meskipun ukurannya sama.

Memilih penjahit berpengalaman

Pastikan anda sudah mendapatkan rekomendasi penjahit profesinal untuk merealisasikan baju impian anda. Kemampuan menjahit itu mungkin banyak orang yang bisa, namun hasil menjahit setiap orang bisa berbeda-beda.

Ada yang bisa menjahit baju dalam hitungan hari, namun hasilnya kasar. Ada juga yang lama, namun hasilnya memuaskan. Bahkan ada yang berani menawarkan jasa jahit yang murah dan cepat. Tapi hasilnya?

Anda harus selektif dan jangan sampai salah pilih.

Menjahit itu mungkin dianggap pekerjaan mudah, tapi pada kenyataannya masih ada juga yang belum bisa menjahit hal-hal sepele dan simple. Contohnya menjahit jilbab. Meskipun sederhana, kalau teknik memotong kain dan menjahitnya salah, hasilnya akan mengecewakan.

Apalagi menjahit bahan kain dengan motif batik. Penjahit harus punya perhitungan dan konsep sebelum memotong kain. Jika tidak demikian, bisa jadi motif batik pada baju anda terpasang terbalik atau miring.

Jadi, kelihatannya sepele, tapi kalau sampai salah mungkin malah membuat anda menyesal. (Baca: Cara sukses memulai usaha jualan baju online)

Demikianlah 3 langkah mudah membuat baju dengan kain sendiri dari Mizutex.com. Semoga dapat dijadikan sebagai solusi terbaik bagi anda yang kesulitan mendapat model baju yang cocok dengan selera anda. Satu hal yang harus anda ingat saat membeli kain atau menjahit baju dengan kain sendiri, jangan mudah tergiur dengan harga yang murah. Karena mungkin hasilnya akan mengecewakan.

 

 

Baca juga artikel berikut ini: