Mizutex.com — Taukah kamu, bahwa bahan kain baju bermerek di Supermarket yang dibandrol hingga ratusan ribu rupiah, ternyata bisa kamu dapatkan dengan harga murah? Sekarang secara eksklusif tim Mizutex.com akan mengupasnya secara ringkas, 7 jenis bahan kain baju yang bisa diperoleh dengan harga murah.

Kamu mungkin pernah tertarik dengan bahan kain baju bermerek yang ditemui di Supermarket. Ketika mau dibeli, ternyata harganya sangat mahal dan terlalu berat di kantong.

Pas… lagi ada diskonan, ehh… isi dompet ternyata lagi kosong!

Ckckck… kalau memang belum rejeki, walau diuber bagaimanapun pasti ga akan dapet…

Nah, bagi yang belum tau, artikel ini mungkin sangat cocok buat kamu. Mizutex.com dengan senang hati memberikan bocoran dan tips, gimana caranya agar bisa memiliki baju “bermerek”, namun dengan harga yang relatif murah.

Gimana caranya?

Kamu bisa mencari bahan kain baju sendiri dan bikin bajumu sendiri di tempat jasa penjahit. Ambil foto baju yang kamu sukai dan tunjukkan kepada penjahit supaya dia bisa meniru modelnya.

Nah, baju idaman sudah bisa kamu dapatkan…

Dapatkan bahan kain baju dengan harga murah

Mungkin kamu mengira bahwa bahan baju bermerek yang ada di Supermarket itu kainnya mahal dan sulit dicari. Tentu saja enggak!

Kamu bisa datang ke suplier kain baik online maupun offline, lalu minta bahan kain sesuai dengan yang kamu inginkan.

Di Mizutex.com kamu bisa berbelanja aneka bahan kain online berkualitas dengan harga yang relatif murah. Bahan kain baju yang kami jual diantaranya ada yang impor dan ada juga yang produk lokal.

Umumnya produk tekstil baik baju, koko, jilbab dan gamis, kebanyakan menggunakan bahan seperti yang kami jual.

Kalau begitu, buat apa beli baju mahal-mahal kalau ternyata kamu bisa dapatkan bahan kainnya disini dengan harga yang relatif murah?

Mizutex.com akan memberikan bocoran beberapa bahan kain baju yang sering digunakan oleh brand fashion terkenal. Agar lebih memudahkan kamu dalam proses seleksi, kami akan membagi katagori bahan baju dalam 2 bagian.

Pertama, jenis bahan baju dari kain katun.
Kedua, jenis bahan baju dari kain mix atau campuran.

Jenis bahan kain baju adalah sebagaimana berikut ini:

Jenis bahan kain baju dari katun

Jenis bahan kain baju dari kain katun merupakan jenis bahan yang paling direkomendasikan buat kamu yang ga betah dengan efek gerah. Katun merupakan bahan kain paling disukai kebanyakan orang. Karena memiliki banyak keunggulan.

Diantaranya adalah kainnya adem, halus, lembut dan tidak menimbulkan efek gerah ketika digunakan sebagai bahan baju.

Katun itu sendiri jenisnya ada dua, pertama, Katun (cotton) yang dipintal dan ditenun dari bahan serat alami tanaman kapas. (Baca: Apa itu kain katun, asal-muasal dan proses pembuatannya).

Kain katun Linen itu seperti apa. Cari tau jenis dan asal usulnya
Kain katun Linen itu seperti apa. Cari tau jenis dan asal usulnya

Kedua, Linen yang dipintal dan ditenun dari serat alami tanaman rami. Jenis yang kedua ini juga disebut katun, namun katun Linen. Juga merupakan bahan yang bagus sebagaimana katun pada umumnya.

Katun Linen sendiri adalah bahan kain yang jarang ditemui, karena banyak faktor. Akan tetapi, katun Linen memiliki ketahanan yang lebih baik dan serat yang lebih kuat daripada katun biasa. (Baca: Kain katun Linen itu seperti apa? Cari tau jenis dan asal-usulnya).

Perlu diingat, bahwa jenis bahan baju dari kain katun memiliki jenis yang banyak dan kualitas yang berbeda-beda. Jadi, kain katun ada juga yang murah dan ada juga yang mahal. Berikut ini kami urutkan mulai dari yang termurah. (Baca: Jenis bahan katun yang bagus dan ciri-cirinya dijelaskan lengkap disini).

Bahan baju kain Supernova

Kain katun Supernova adalah jenis kain yang adem, lembut dan halus. Karakteristik bahannya ringan, tetapi tidak jatuh sebagaimana halnya kain Wolfis. (Baca: Bahan Wolfis itu apa? Inilah keunggulannya yang harus anda ketahui).

Pengalaman saya ketika hunting di Supermarket, ternyata banyak juga merek-merek pakaian yang menggunakan bahan kain ini. Berarti, bahan kain Supernova merupakan bahan kain yang banyak peminatnya. Selain harganya yang murah, katun Supernova adalah bahan kain yang nyaman dan adem dibikin baju.

Kain katun Supernova by Mizutex
Kain katun Supernova by Mizutex

Perlu diinfokan, bahwa serat benang halus pada kain katun Supernova ini agak berbeda dari kebanyakan bahan kain katun. Jika dilihat dari jarak dekat, kamu bisa melihat serat benang halus yang terlihat terburai. Atau dalam bahasa Jawanya “njabrut”.

Sebenarnya itu bukan masalah, dan justeru merupakan ciri khas bahan kain katun. Dan pada kenyataannya, katun Supernova banyak juga peminatnya.

Kain Supernova adalah kain pertama yang direkomendasikan untuk digunakan sebagai bahan baju impianmu. Harga eceran kainnya dijual 27.000/meter.

Bahan baju kain katun Ima Polos atau Ima Slub

Kain Ima Polos atau Ima Slub adalah bahan katun import Japan yang harganya ekonomis. Bahan katun Ima Polos dan Ima Slub adalah serupa secara klasifikasi dan karakteristik bahan kainnya. Yang membedakan keduanya adalah dari penampilannya, yang mana katun Ima Slub memiliki tekstur garis putus-putus pada permukaan kainnya.

Kain yang satu ini merupakan produk impor dari Jepang, dengan spesifikasi dan ketebalan kain yang hampir sama dengan kain katun Supernova. Akan tetapi, kualitas bahan kain Ima Polos atau Ima Slub masih diatas katun Supernova. Begitu pula dengan harganya. (Baca: Mengenal bahan katun Ima berkualitas dan seperti apa ciri-cirinya).

Bahan kain baju dari katun Ima Polos import Japan
Katun-Ima-Polos-murah-berkualitas-by-Mizutex

Bahan katun Jepang Ima seratnya cenderung lebih rapi daripada Supernova. Dan anda juga tidak akan melihat serat halus yang terburai pada permukaan kainnya.

Kain katun Ima adalah kain katun yang adem, lebih ringan dan agak lebih tipis daripada kain katun Toyobo.

Meski sama-sama impor Jepang, ada perbedaan harga yang cukup signifikan antara Ima Slub dan Toyobo. Katun Ima Slub dihargai lebih murah daripada katun Toyobo.

Oleh karena itu, jangan asal tergiur jika anda ditawari kain katun asli impor Jepang dengan harga murah meriah. Pastikan dulu, yang dimaksud kain katun Ima Slub atau kain katun Toyobo, atau malah kain katun KW (palsu)? (Baca: Bagaimana membedakan katun Toyobo dan katun Ima agar anda tidak terkecoh?).

Harga eceran kain katun Ima Slub dijual 35.000/meter.

Bahan baju kain Toyobo Original

Kain katun Toyobo adalah bahan kain yang diimpor langsung dari Jepang. Bahan katun ini merupakan bahan kain katun yang dihargai cukup mahal. Namun, tentu saja sebanding dengan kualitas kainnya.

Sebagai kain katun superior, wajar jika banyak yang memburu kain katun Toyobo. Spesifikasi kainnya berada diatas 2 jenis kain katun yang telah saya sebutkan tadi dan memiliki ketebalan yang lebih baik daripada keduanya.

Bahan kain baju dari katun Toyobo import Japan
Bahan katun Toyobo seperti apa? Jenis kain istimewa yang patut diketahui

Jika kamu sedang mencari bahan baju dari katun berkualitas, Toyobo Original adalah jawabannya. Kamu bisa mendapatkan bahan kain ini di Mizutex.com dengan harga ecerannya 45.000/meter. (Baca: Jual kain katun Toyobo asli impor dari Jepang).

Bahan kain Linen Kenzo

Bahan kain katun yang satu ini sedikit berbeda dengan bahan kain katun yang telah disebutkan sebelumnya. Karena, kain katun Kenzo adalah kain katun yang dibuat dari serat Linen tanaman rami.

Ciri khas dari bahan kain katun Linen adalah serat kainnya yang tebal dan besar. Jadi, jangan ragu lagi dengan ketahanan dan kekokohannya sebagai bahan baju. (Baca: Bahan kain linen berikut ini adalah jenis katun yang punya banyak keunggulan).

Kain katun Linen Kenzo adalah kain katun yang adem, lembut dan menyerap keringat. Memiliki keunggulan dan ketahanan yang lebih baik daripada kain katun yang dibuat dari tanaman kapas. Kain katun Linen Kenzo lebih tebal dan lebih berat daripada bahan kain Toyobo Original.

Adapun soal harga, tentu lebih mahal daripada kain katun biasa. Harga ecerannya 55.000/meter.

Jenis bahan baju dari kain mix

Jenis bahan baju dari kain mix merupakan jenis kain yang komposisinya di-mix (dicampur) dari berbagai jenis serat. Mungkin ada yang campuran antara katun dan polyester atau ada juga yang dicampur dengan bahan silk.

Meski bahan baju dari kain mix tidak pure dari serat alami, jangan dikira bahan ini kalah pamor dengan bahan katun. Soal kualitas, bahan kain mix juga tidak kalah unggul dengan kain katun.

Diantaranya juga ada yang adem dan memiliki tekstur yang halus, meski tidak seperti halusnya bahan kain katun. Adapun pilihan bahan yang dapat kami rekomendasikan adalah sebagaimana berikut.

Bahan kain Balotelly

Umumnya, bahan kain Balotelly adalah bahan kain untuk jilbab dan gamis Syar’i. Selain itu, bahan ini biasanya iuga digunakan untuk baju koko lengan pendek atau lengan panjang.

Bahan Balotelly memiliki ciri khas yang unik pada permukaan kainnya. Yaitu pola tersusun berupa kotak-kotak kecil yang membentuk garis-garis.

Bahan kain baju dari bahan baloteli premium
Bahan Balotelli untuk jilbab dan gamis Syar’i by Mizutex

Karakteristik kain Balotelli secara umum sedikit kaku, jatuh dan agak licin. Tergolong kain yang ringan sebagaimana bahan kain katun Supernova, Ima dan Toyobo.

Bahan Balotelly menarik untuk kamu coba dijadikan sebagai bahan kemeja. Meskipun kainnya polos, namun memiliki tekstur unik pada permukaan kainnya. (Baca: Bahan Balotelly itu apa? Keunggulan dan karakteristiknya untuk gamis Syar’i

Bahan kain Balotelly harga eceran 35.000/meter.

Bahan kain Denim Oxford

Bahan kain Denim Oxford adalah bahan kain casual yang cocok untuk acara formal maupun non-formal. Warna-warna yang ada pada bahan kain Denim Oxford cenderung soft-warm. Tidak seperti bahan kain mix lainnya yang biasanya memiliki komposisi warna cerah dengan efek kilau dan licin.

Bahan kain Denim Oxford merupakan bahan yang cukup mahal untuk jajaran bahan baju dari kain mix. Secara sepintas, bahan ini seperti dibuat dari katun, padahal ia merupakan bahan kain dari serat campuran.

Jika kamu adalah salah satu orang yang menyukai gaya retro-vintage, Denim Oxford merupakan bahan baju yang cocok dengan gaya kamu. Dan bahan kain ini merupakan bahan baju pertama yang kami rekomendasikan untuk katagori kain mix.

Bahan kain Denim Oxford harga eceran 45.000/meter.

Bahan kain Maxmara polos

Maxmara polos merupakan varian lain dari jenis bahan kain Maxmara pada umumnya. Maxmara polos jika diraba terasa adem, lembut dan licin. Karakteristik kainnya jatuh dan seratnya kainnya tersusun rapat.

Secara sepintas, bahan kain Maxmara polos hampir sama dengan kain Satin. Namun, setelah diraba dan diperhatikan dengan seksama, kain Maxmara polos jauh lebih baik dari kain Satin.

Jual kain maxmara polos bahan yang lembut by Mizutex
Jual kain maxmara polos bahan yang lembut by Mizutex

Kain Maxmara memiliki grade yang berbeda-beda. Mulai dari yang termahal adalah Maxmara Lux, Maxmara Galaxy dan Maxmara Midi. Sedangkan Maxmara polos gradenya diantara Maxmara Lux dan Maxmara Galaxy. (Baca: Jenis kain Maxmara yang harus anda ketahui).

Kain Maxmara adalah jenis kain yang akhir-akhir ini laris dijual dan termasuk dalam salah satu top keyword yang banyak dicari orang. Terutama bahan kain Maxmara motif. Bahan kain ini dihargai lebih mahal daripada bahan Balotelly yaitu 45.000/meter.

7 jenis bahan kain baju yang bisa diperoleh dengan harga murah

Setelah membaca artikel ini, kamu sudah memiliki gambaran ‘kan, bagaimana mendapatkan model baju seperti baju bermerek yang ada di Supermarket? Tapi dengan harga yang relatif murah. Model boleh sama, dan biaya bisa lebih hemat.

Ternyata, baju dari brand terkenal yang dijual dengan harga yang mahal, bahan kainnya bisa kamu dapatkan dengan mudah dan dengan harga yang terjangkau.

Sebagai informasi tambahan, bahwa bahan kain yang dihabiskan untuk membuat baju lengan panjang pria hanya sekitar 1 meter lebih sedikit. Adapun untuk celana antara 1,25 s/d 1,5 meter.

Mengingat jasa penjahit terbilang murah, mungkin kamu bisa mencoba untuk membuat baju dengan model kamu sendiri. Keuntungannya, biaya akan menjadi lebih hemat, terutama jika membeli kain dalam jumlah yang banyak. (Baca: Musim produksi menjelang Ramadhan dan Idul Fithri telah datang, punya rekomendasi kain apa?).

Semakin menyenangkan lagi jika bisa membuat baju seragam bersama keluarga atau teman-teman kantor. Terutama, pada saat momen-momen berharga, seperti momen Idul Fithri atau pernikahan. Menarik bukan!?

Kalau begitu, tunggu apa lagi? Mulai membuat baju dengan gayamu sekarang juga!

Jika kamu sedang mencari referensi yang tepat untuk bisa mendapatkan 7 jenis bahan baju bermerek seperti yang kami sebutkan, Mizutex.com jawabannya!

Kami menyediakan aneka bahan kain untuk baju, celana, jilbab dan gamis Syar’i. Segera hubungi kami sekarang, untuk mendapatkan penawaran menarik dari kami. (Baca: Mengenal bahan Moscrepe lebih dekat dan seperti apa penjelasannya secara detail).