Mizutex.com – Katun adalah sebuah nama yang dinisbatkan pada serat halus yang menyelubungi biji tanaman kapas. Serat kapas tersebut adalah bahan dasar yang paling penting bagi industri tekstile. Berikut akan dipaparkan secara sederhana tentang Apa itu bahan katun dan terbuat dari serat apa? Ini penjelasannya!

Apa itu bahan katun dan dari mana asalnya bahan kain katun?

Katun adalah bahan tekstil yang diperoleh dari serat alami tanaman kapas (cotton). Adapun kapas atau cotton diperoleh dari serat halus yang menyelubungi biji tanaman kapas. Serat kapas pada tahap berikutnya dapat diproses dengan cara dipintal menjadi helaian benang katun sebelum ditenun menjadi lembaran kain katun.

Serat kapas adalah bahan dasar yang sangat bernilai, karena dalam proses produksinya hanya menyisakan sekitar 10% berat kotor. Lebih lanjut dalam pemrosesan kain katun, serat kapas harus dibersihkan dari unsur lemak, lilin dan protein, sehingga dapat diperoleh kapas murni atau polimer selulosa alami.

Struktur selulosa alami yang unik, membuatnya memiliki keunggulan istimewa sebagai bahan utama kain katun. Sifatnya adalah dapat menyerap keringat, kuat dan awet, sehingga menjadi bahan kain yang sangat diminati banyak orang.

Jika pembaca ingin mengutip artikel kami, wajib mencantumkan sekurang-kurangnya “sumber dari Mizutex.com” sebagai bentuk tanggung jawab intelektual.

Musim produksi menjelang Ramadhan dan Idul Fithri telah datang, punya rekomendasi kain apa?
Bahan katun Linen Premium by Mizutex


Apa itu bahan katun?

Katun adalah bahan tekstil yang diperoleh dari serat alami tanaman kapas (cotton). Adapun kapas atau cotton diperoleh dari serat halus yang menyelubungi biji tanaman kapas (Gossypium). Serat kapas pada tahap berikutnya dapat diproses dengan cara dipintal menjadi helaian benang katun sebelum ditenun menjadi lembaran kain katun. Gossypium disebut juga tanaman “semak” dan merupakan penghasil kapas terbaik. Sebelum menjadi produk bahan kain tekstil, serat kapas harus melalui proses produksi yang cukup panjang. Tujuannya adalah untuk memisahkan antara Struktur Selulosa yang alami dan murni dari unsur lemak, lilin dan komponen residu lainnya. Selulosa yang murni dan alami merupakan bahan baku vital produk tekstil katun yang memiliki daya tahan yang baik. (Baca: Apa itu bahan katun, asal muasal dan proses pembuatannya?).


Katun adalah bahan tekstil yang diperoleh dari serat apa?

Katun adalah bahan tekstil yang diperoleh dari serat alami tanaman kapas (cotton). Adapun kapas atau cotton diperoleh dari serat halus yang menyelubungi biji tanaman kapas (Gossypium). Serat kapas pada tahap berikutnya dapat diproses dengan cara dipintal menjadi helaian benang katun sebelum ditenun menjadi lembaran kain katun.


Dari mana serat kapas diperoleh?

Serat kapas diperoleh dari tumbuhan Gossypium (tanaman kapas). Tumbuhan ini juga dikenal dengan nama tumbuhan “semak” yang berasal dari wilayah-wilayah tropis dan subtropis.


Pembuatan serat katun dimulai dari apa?

Serat kapas bentuk awalnya adalah menggumpal dengan serabut-serabut yang saling terburai, namun tetap saling menyatu satu sama lain. Gumpalan serat kapas tersebut pada tahap selanjutnya dapat diuraikan menjadi helaian benang-benang halus, lalu digulung dengan menggunakan alat pemintal. Selanjutnya, benang-benang (serat) kapas dapat menjadi benang siap rajut dan dapat pula ditenun menjadi lembaran kain. Produk tekstil dari serat kapas inilah yang biasa disebut dengan serat bahan katun, yaitu yang kemudian dapat diproses menjadi kain atau menjadi benang untuk mesin jahit.

Bagaimana tahapan diperolehnya serat kapas murni dan alami?

Kapas (cotton) adalah serat halus yang menyelubungi biji beberapa jenis tumbuhan Gossypium (tanaman kapas). Tumbuhan ini juga dikenal dengan nama tumbuhan “semak” yang berasal dari wilayah-wilayah tropis dan subtropis.

Serat kapas bentuk awalnya adalah menggumpal dengan serabut-serabut yang saling terburai, namun tetap saling menyatu satu sama lain. Serat kapas inilah yang menjadi bahan paling penting dalam industri tekstil. 

Gumpalan serat kapas tersebut dapat diuraikan menjadi helaian benang-benang halus, lalu digulung dengan menggunakan alat pemintal. Selanjutnya, benang-benang (serat) kapas dapat menjadi benang siap rajut dan dapat pula ditenun menjadi lembaran kain.

Produk tekstil dari serat kapas inilah yang biasa disebut dengan bahan katun, yaitu dapat diproses menjadi kain atau menjadi benang untuk mesin jahit.

Serat kapas merupakan produk yang sangat berharga, karena hanya menyisakan limbah sekitar 10% dari berat kotor dalam proses produksinya. Ketika lemak, protein, unsur lilin dan residu lainnya dapat disingkirkan, maka akan diperoleh polimer selulosa yang murni dan alami. 

Struktur Selulosa alami dari kapas tersusun sedemikian rupa, sehingga memberikan kekuatan yang baik pada bakal serat kain katun ini. Lebih dari itu, bahwa Selulosa alami yang sudah murni memiliki ketahanan dan daya serap yang baik, khususnya terhadap air. Kerakteristik kapas (selulosa) inilah yang membuatnya banyak disukai orang, terutama jika sudah menjadi kain. 

Produk-produk tekstil yang terbuat dari kapas (cotton) bersifat menghangatkan di kala dingin dan menyejukkan di kala panas. Bahan kain katun adalah jenis kain yang memiliki daya serap yang baik terhadap keringat.

Jenis-jenis tumbuhan Gossypium, tanaman penghasil kapas

Ada 4 jenis tumbuhan Gossypium (tanaman kapas) yang menjadi sumber utama bahan katun (kapas) yang digunakan oleh industri tekstil komersial, yaitu:

  1. G. Hirsutum, berasal dari Meksiko, Amerika Tengah, Karibia dan Florida, menghasilkan 90% serat yang diperjual-belikan.
  2. G. Barbadense, berasal dari Amerika Selatan yang juga merupakan wilayah tropis.
  3. G. Arboreum, berasal dari lembah Sungai Indus di Pakistan dan India.
  4. G. Herbaceum, berasal dari wilayah Levantia atau disebut juga Levant, dan yang lebih dikenal pula oleh kaum muslimin dengan nama wilayah Syam.

Perkembangan pemberdayaan tumbuhan kapas pada 1 dekade yang lalu

Saat ini, kapas telah diproduksi di banyak tempat di seluruh dunia, termasuk Eropa, Asia, Afrika, Amerika dan Australia. Dengan memberdayakan tanaman kapas, hingga kini dapat menghasilkan lebih banyak serat-serat Selulosa untuk produk katun. 

Menurut Wikipedia, pada tahun 2002, tanaman kapas telah ditanam pada lahan 330.000 km². Dari lahan seluas itu telah menghasilkan sekitar 47 miliar pound kapas mentah atau sekitar 21.318.841 kilogram. 

Harga yang dapat diperoleh dari kapas sebanyak itu adalah senilai 20 miliar dolar dan dapat diperoleh dalam kurun waktu selama 1 tahun.

Alokasi pemanfaatan serat alami tanaman kapas

Rupanya, serat alami tanaman kapas tidak hanya diperuntukkan untuk bahan kain katun saja, sebagaimana yang telah difahami banyak orang. Namun, ternyata juga dimanfaatkan untuk unsur tambahan pada produk industri lainnya, seperti jaring ikan, saringan kopi, tenda dan pembatas buku. 

Adapun pemanfaatan serat alami tanaman kapas secara mayoritas dan dalam konteks persentase yang lebih besar adalah diperuntukkan untuk bahan kain katun, seperti kain denim, kain katun, kain kaos dan bahan-bahan kain lainnya (serat campuran).

Perlu disebutkan pula, bahwa material selulosa alami yang murni dan steril juga telah digunakan untuk kapas medis, kapas kecantikan, cotton buds, perban, gips dan lain-lain.

Apa benar bahan kain katun itu adalah serat alami yang belum tergantikan?

Polimer selulosa alami tetap menjadi idola bagi banyak orang. Meskipun banyak industri yang ingin membuat “penggantinya”, namun tidak memberikan pengaruh yang begitu signifikan.

Polimer selulosa alami, sebagai serat yang menjadi bahan dasar kain katun ternyata belum bisa tergantikan oleh produk serat buatan atau sintetis, misalnya polyester. Keberadaan serat alami tetap bertahan dan tidak dapat digeser dengan bermunculannya jenis serat sintetis. Pamornya tetap masyhur dan menjadi produk andalan jika sudah menjadi produk tekstil berupa kain.

Sebut saja kain katun import Japan seperti bahan kain Toyobo dan Ima Polos, sebagai jenis kain dari keluarga kain katun yang memiliki banyak peminatnya. Patut diakui, harganya memang terbilang agak mahal, namun sebanding dengan manfaat dan keunggulan yang didapat. (Baca: Bahan katun yang bagus apa aja? Berikut ini jenis dan ciri-cirinya dijelaskan lengkap).

Kain katun Linen itu seperti apa. Cari tau jenis dan asal usulnya
Serat bahan kain katun linen

Jenis serat alami pembuat bahan katun

Sebagai informasi tambahan, bahwa jenis bahan kain baju dari kain katun merupakan jenis bahan yang paling direkomendasikan buat anda yang tidak betah dengan efek gerah. Katun merupakan bahan kain paling disukai oleh kebanyakan orang, karena memiliki banyak keunggulan.

Diantaranya adalah kainnya adem, halus, lembut dan tidak menimbulkan efek gerah ketika digunakan sebagai bahan baju.

Katun itu sendiri jenisnya ada dua:

Pertama, Katun (cotton) yang dipintal dan ditenun dari bahan serat alami tanaman kapas.

Kedua, Linen yang dipintal dan ditenun dari serat alami tanaman rami. Jenis yang kedua ini juga disebut katun, namun katun Linen. Juga merupakan bahan yang bagus sebagaimana katun pada umumnya.

Katun Linen sendiri adalah bahan kain yang jarang ditemui, karena banyak faktor. Akan tetapi, katun Linen memiliki ketahanan yang lebih baik dan serat yang lebih kuat daripada katun biasa. (Baca: Kain katun Linen itu seperti apa? Cari tau jenis dan asal-usulnya).

Perlu diingat, bahwa jenis bahan baju dari kain katun memiliki jenis yang banyak dan kualitas yang berbeda-beda. Jadi, kain katun ada juga yang murah dan ada juga yang mahal. (Baca: 10+ bahan baju yang bagus dan contohnya yang harus anda ketahui).

Proses pembuatan kain katun dari serat selulosa alami

Berikut ini tahapan sederhana yang dapat menjelaskan bagaimana proses pembuatan bahan kain katun. Dari step by step yang dipaparkan berikut ini mungkin lebih sedikit dari proses sebenarnya dalam produksi tekstil.

Secara garis besar, dalam proses pembuatan kain katun akan melalui tahapan sebagai berikut:

Spinning: pemintalan serat kapas menjadi helaian benang katun.
Soft Winder: penggulungan benang katun hasil dari proses spinning.
Pencelupan: memberikan pewarnaan pada benang katun.
Weaving atau tenun: helaian demi helaian benang dirajut menjadi lembaran kain katun.
Shiage: proses pemeriksaan mutu kain katun untuk menentukan grade-nya.
Dyeing: merupakan langkah terakhir dalam proses pembuatan kain katun. Pada tahap ini dilakukan finishing terhadap kain katun.

Inspirasi kemeja dan baju koko pria gaya casual dari bahan linen
Baju koko kain linen lengan panjang gaya musim gugur

Beberapa jenis produk kain katun untuk fashion yang paling populer

Berikut ini beberapa produk kain katun yang menjadi bahan untuk fashion masa kini. Setiap kain katun yang kami paparkan disini memiliki ciri khas dan keunggulan tersendiri. Akan tetapi, secara garis besar semua kain katun sama-sama diunggulkan.

Namun yang perlu diketahui adalah, dalam teknik pemrosesan serat katun yang berbeda akan menghasilkan kesan yang berbeda pula. Sehingga, nilai jualnya saling bersaing dan setiap orang memiliki pilihan yang berbeda-beda.

Kain katun Jepang

Kain katun Jepang merupakan jenis kain katun yang cukup mahal, namun sebanding dengan kualitas yang akan anda dapatkan. Mengingat kain ini banyak sekali peminatnya, tak ayal produk KW pun mulai bermunculan.

Motif kain katun Jepang – Mizutex.com

Oleh karena itu, perlu selektif dalam memilih suplier kain online sebelum memutuskan untuk membeli. Jangan tergiur dengan harga yang murah. Sebab, yang namanya kain katun pasti akan dihargai lebih mahal daripada jenis kain yang lain. (Baca: Ciri-ciri dan keunggulan kain katun Jepang yang harus anda ketahui).

Kain katun Toyobo Import Japan

Kain katun Toyobo adalah kain yang tidak kaku, jatuh dan adem di kulit. Kain katun Toyobo sangat cocok dijadikan sebagai bahan hijab Syar’i, baik untuk jilbab maupun gamisnya.

Bahan kain Toyobo seperti apa? Jenis katun istimewa yang patut diketahui
Kain katun Toyobo Fodu import premium by Mizutex

Sebagai kain katun, Toyobo sudah pasti banyak yang meliriknya. Kainnya adem, halus dan tidak kaku, sehingga kain katun Toyobo menjadi jenis katun yang paling direkomendasikan. (Baca: Bahan kain Toyobo seperti apa? Jenis katun istimewa yang patut diketahui.)

Kain katun Linen Look Burberry import

Kain katun ini adalah diantara kain katun yang istimewa. Bahan kainnya cukup tebal, kainnya lemas dan adem. Ketika saya pertama melihat dan meraba kain ini, saya langsung percaya bahwa kain ini memang kain yang berkualitas.

Kain katun Linen Look Burberry import teksturnya halus dan lembut. Memiliki ciri khas tersendiri dan sangat mudah dikenali dengan sekali pandang. Berbeda dengan kain katun Jepang dan katun Toyobo, dimana tekstur kainnya hampir tidak terlihat dan agak sulit dikenali.

Linen Look by Mizutex
Bahan kain Linen Look by Mizutex

Ciri khas utama katun Linen Look adalah tekstur atau serat benangnya terlihat jelas dan kainnya terlihat agak mengkilap. (Baca: 29+ jenis kain dalam industri tekstil dan gambarnya yang wajib diketahui).

Sudahkah anda mengetahui apa itu bahan kain katun?

Demikianlah penjelasan singkat tentang asal-muasal kain katun, proses pembuatannya, keunggulannya dan beberapa jenis produk kain katun yang populer. Adalah artikel yang disusun oleh tim Mizutex ini dibuat dalam rangka untuk menambah wawasan kita tentang bahan kain katun dan apa variannya.

Jika kita termasuk pecinta kain katun dan sangat menyukai produk-produk yang terbuat dari serat alami tanaman kapas, sudah sepatutnya kita mengetahui bagaimana proses diperolehnya bahan kain yang kita pakai. Sehingga, kita mengetahui proses panjang yang tidak sebentar untuk mendapatkan beberapa meter bahan kain yang akan kita gunakan untuk menutup aurat kita.

Dengan demikian, kita bisa menjadi orang yang bersikap lebih bijak dalam menakar harga selembar bahan kain katun. Dan yang jauh lebih penting lagi adalah agar kita bisa menjadi hamba yang banyak-banyak bersyukur dan jauh daripada kufur nikmat kepada Allah ﷻ.

Andaikan kita tidak tau dari mana bahan kain yang selama ini kita gunakan, maka di waktu mendatang kita akan bingung mencari alternatif bahan kain yang bisa menggantikan bahan katun. Sebab, serat alami tanaman kapas ini masih belum bisa digeser kemanfaatan dan keunggulannya untuk dijadikan sebagai bahan pakaian terbaik.

Jika demikian halnya, alangkah bijaknya jika ada diantara kita yang berfikir untuk memberdayakan tanaman kapas ini, sehingga keberadaannya akan tetap lestari. Sebab, ingin menjadi modern bagaimanapun suatu negeri, jika pemberdayaan kapas mulai sedikit, maka dengan apa mereka akan berpakaian?

Oleh sebab itu, mulailah berfikir kritis sejak sedari sekarang.

Hingga tulisan ini dibuat dan diedit pada tanggal 10 Ramadhan 1441 Hijrah atau 3 Mei 2020, setidaknya kita bisa mengetahui dari mana serat kain katun diperoleh dan mengapa ia memiliki kelebihan yang unik dan melebihi serat-serat kain yang lainnya.

Terima kasih telah membaca artikel Mizutx tentang Apa itu bahan katun dan terbuat dari serat apa? Ini penjelasannya! Dan jika pembaca ingin mengutip artikel kami, wajib mencantumkan sekurang-kurangnya “sumber dari Mizutex.com” sebagai bentuk tanggung jawab intelektual. Akhir kata, semoga bermanfaat! [Rizal]

Diolah dari berbagai sumber.