Mizutex.com – Katun adalah sebuah nama yang dinisbatkan pada serat halus yang menyelubungi biji tanaman kapas. Serat kapas tersebut adalah bahan dasar yang paling penting bagi industri tekstile. Berikut akan dipaparkan secara sederhana tentang apa itu kain katun, asal muasal dan proses pembuatannya.

Asal-muasal kain katun dan proses pembuatan kain katun

Kain katun adalah bahan kain yang diperoleh dari serat halus yang menyelubungi biji tanaman kapas. Serat kapas pada tahap berikutnya dapat diproses dengan cara dipintal menjadi helaian benang katun sebelum ditenun menjadi lembaran kain katun.

Serat kapas adalah bahan dasar yang sangat bernilai, karena dalam proses produksinya hanya menyisakan sekitar 10% berat kotor. Lebih lanjut dalam pemrosesan kain katun, serat kapas harus dibersihkan dari unsur lemak, lilin dan protein, sehingga dapat diperoleh kapas murni atau polimer selulosa alami.

Struktur selulosa alami yang unik, membuatnya memiliki keunggulan istimewa sebagai bahan utama kain katun. Sifatnya adalah dapat menyerap keringat, kuat dan awet, sehingga menjadi bahan kain yang sangat diminati banyak orang.

Bahan kain yang belum tergantikan

Polimer selulosa alami tetap menjadi idola bagi banyak orang. Meskipun banyak industri yang ingin membuat “penggantinya”, namun tidak memberikan pengaruh yang begitu signifikan.

Polimer selulosa alami, sebagai serat yang menjadi bahan dasar kain katun ternyata belum bisa tergantikan oleh produk serat buatan atau sintetis. Keberadaan serat alami tetap bertahan dan tidak dapat digeser dengan bermunculannya jenis serat sintetis. Pamornya tetap masyhur dan menjadi produk andalan jika sudah menjadi kain.

Sebut saja kain katun Jepang, kain katun Toyobo atau Linen Look, sebagai keluarga kain katun yang memiliki banyak peminat. Patut diakui, harganya memang terbilang agak mahal, namun sebanding dengan manfaat dan keunggulan yang didapat.

Jenis bahan katun

Sebagai informasi tambahan, bahwa jenis bahan kain baju dari kain katun merupakan jenis bahan yang paling direkomendasikan buat anda yang tidak betah dengan efek gerah. Katun merupakan bahan kain paling disukai oleh kebanyakan orang, karena memiliki banyak keunggulan.

Diantaranya adalah kainnya adem, halus, lembut dan tidak menimbulkan efek gerah ketika digunakan sebagai bahan baju.

Katun itu sendiri jenisnya ada dua, pertama, Katun (cotton) yang dipintal dan ditenun dari bahan serat alami tanaman kapas. (Baca: Apa itu kain katun, asal-muasal dan proses pembuatannya).

Kedua, Linen yang dipintal dan ditenun dari serat alami tanaman rami. Jenis yang kedua ini juga disebut katun, namun katun Linen. Juga merupakan bahan yang bagus sebagaimana katun pada umumnya.

Katun Linen sendiri adalah bahan kain yang jarang ditemui, karena banyak faktor. Akan tetapi, katun Linen memiliki ketahanan yang lebih baik dan serat yang lebih kuat daripada katun biasa. (Baca: Kain katun Linen itu seperti apa? Cari tau jenis dan asal-usulnya).

Perlu diingat, bahwa jenis bahan baju dari kain katun memiliki jenis yang banyak dan kualitas yang berbeda-beda. Jadi, kain katun ada juga yang murah dan ada juga yang mahal. Berikut ini kami urutkan mulai dari yang termurah.

Proses pembuatan kain katun dari serat selulosa alami

Berikut ini tahapan sederhana yang dapat menjelaskan bagaimana proses pembuatan bahan kain katun. Dari step by step yang dipaparkan berikut ini mungkin lebih sedikit dari proses sebenarnya dalam produksi tekstil.

Secara garis besar, dalam proses pembuatan kain katun akan melalui tahapan sebagai berikut:

Spinning: pemintalan serat kapas menjadi helaian benang katun.
Soft Winder: penggulungan benang katun hasil dari proses spinning.
Pencelupan: memberikan pewarnaan pada benang katun.
Weaving atau tenun: helaian demi helaian benang dirajut menjadi lembaran kain katun.
Shiage: proses pemeriksaan mutu kain katun untuk menentukan grade-nya.
Dyeing: merupakan langkah terakhir dalam proses pembuatan kain katun. Pada tahap ini dilakukan finishing terhadap kain katun.

Beberapa jenis kain katun untuk fashion

Berikut ini beberapa produk kain katun yang menjadi bahan untuk fashion masa kini. Setiap kain katun yang kami paparkan disini memiliki ciri khas dan keunggulan tersendiri. Akan tetapi, secara garis besar semua kain katun sama-sama diunggulkan.

Namun yang perlu diketahui adalah, dalam teknik pemrosesan serat katun yang berbeda akan menghasilkan kesan yang berbeda pula. Sehingga, nilai jualnya saling bersaing dan setiap orang memiliki pilihan yang berbeda-beda.

Kain katun Jepang

Kain katun Jepang merupakan jenis kain katun yang cukup mahal, namun sebanding dengan kualitas yang akan anda dapatkan. Mengingat kain ini banyak sekali peminatnya, tak ayal produk KW pun mulai bermunculan.

Motif kain Katun Jepang September 2017

Motif kain katun Jepang – Mizutex.com

Oleh karena itu, perlu selektif dalam memilih suplier kain online sebelum memutuskan untuk membeli. Jangan tergiur dengan harga yang murah. Sebab, yang namanya kain katun pasti akan dihargai lebih mahal daripada jenis kain yang lain. (Baca: Ciri-ciri dan keunggulan kain katun Jepang yang harus anda ketahui).

Kain katun Toyobo Impor

Kain katun Toyobo adalah kain yang tidak kaku, jatuh dan adem di kulit. Kain katun Toyobo sangat cocok dijadikan sebagai bahan hijab Syar’i, baik untuk jilbab maupun gamisnya.

Jual katun Toyobo asli impor Jepang

Jual katun Toyobo asli impor Jepang

Sebagai kain katun, Toyobo sudah pasti banyak yang meliriknya. Kainnya adem, halus dan tidak kaku, sehingga kain katun Toyobo menjadi jenis katun yang paling direkomendasikan. (Baca: Beda antara kain katun Jepang dan Katun Toyobo impor dari Jepang)

Kain katun Linen Look

Kain katun ini adalah diantara kain katun yang istimewa. Bahan kainnya cukup tebal, kainnya lemas dan adem. Ketika saya pertama melihat dan meraba kain ini, saya langsung percaya bahwa kain ini memang kain yang berkualitas.

Kain katun Linen Look teksturnya halus dan lembut. Memiliki ciri khas tersendiri dan sangat mudah dikenali dengan sekali pandang. Berbeda dengan kain katun Jepang dan katun Toyobo, dimana tekstur kainnya hampir tidak terlihat dan agak sulit dikenali.

Sampel warna kain katun Linen Look

Sampel warna kain katun Linen Look

Ciri khas utama katun Linen Look adalah tekstur atau serat benangnya terlihat jelas dan kainnya terlihat agak mengkilap. (Baca: Jilbab katun polos untuk bahan kain hijab Syar’i yang adem).

Apa itu kain katun, asal muasal dan proses pembuatannya

Demikianlah penjelasan singkat tentang asal-muasal kain katun, proses pembuatannya dan beberapa jenis produk kain katun. Artikel yang disusun oleh tim Mizutex.com ini dibuat dalam rangka untuk menambah wawasan kita tentang bahan kain katun dan variannya. Sampai disini, setidaknya kita bisa mengetahui dari mana serat kain katun diperoleh dan mengapa ia memiliki kelebihan yang unik daripada serat kain sintetis lainnya. Semoga bermanfaat! [Mizumono/Mizutex]

Diolah dari berbagai sumber.

 

 

Baca juga artikel berikut ini: