WhatsApp-Button

Bahan baju koko berkualitas yang harus anda ketahui

Mizutex.com — Permintaan bahan baju koko akan semakin meningkat ketika mendekati hari besar kaum Muslimin, misalnya bulan Ramadhan, Idul Fithri dan Idul Adha. Nah, agar memudahkan anda dalam menyeleksi berbagai jenis kain, artikel tentang Bahan baju koko berkualitas yang harus anda ketahui layak untuk dibaca.

Masih banyak yang bertanya-tanya tentang jenis kain apa yang paling bagus untuk bahan baju koko pria. Karena itulah, Mizutex merasa perlu untuk mengupasnya secara gamblang.

Selain masih belum punya langganan kulakan bahan kain, minimnya sumber referensi, juga kadang suka was-was kalau beli bahan kain di tempat yang belum pernah di kunjungi.

Karenanya, pengetahuan tentang spesifikasi bahan kain menjadi modal yang sangat penting.

Hal yang sering dikhawatirkan adalah, bahan yang dibeli ternyata kualitasnya kurang bagus atau harganya yang terlalu mahal.

Alhamdulillah kini sudah ada Mizutex yang selalu update mengabarkan dan mengupas beberapa jenis kain populer di sekitar kita. Jika anda menyukai salah satu jenis kain yang anda baca di Mizutex, anda juga bisa sekaligus memesannya via admin.

Karena, Mizutex selain sebagai warta berita tentang textile juga menyediakan berbagai aneka jenis bahan kain.

Daftar Bahan baju koko berkualitas yang harus anda ketahui

Toyobo Fodu Original import premium by Mizutex
Daftar bahan baju koko berkualitas by Mizutex

Bahan baju koko berkualitas yang harus anda ketahui

Memang perlu hati-hati dalam menentukan pilihan pada beberapa jenis kain. Disamping karena banyaknya jenis bahan KW yang sudah beredar, ada juga jenis kain yang mirip dan sama, namun ternyata berbeda kualitas dan harga.

Alih-alih ingin dapat kain berkualitas dengan harga murah, justeru rasa kecewa dan jengkel yang mungkin akan menimpa anda.

Jenis kain ada bermacam-macam, baik dari kualitas dan penamaannya. Sebagai contohnya, jenis bahan kain crepe yang pernah dijabarkan oleh Mizutex. (Baca: Jenis bahan kain Crepe itu apa aja? Pejelasan dan gambarnya lengkap).

Pada kesempatan kali ini, Mizutex secara eksklusif akan menyajikan beberapa bahan kain yang paling recommended untuk baju koko pria dan couple keluarga.

Jika anda tau, sebenarnya cukup banyak jenis kain yang berkualitas dengan harga yang ekonomis. Misalnya saja adalah bahan kain Toyobo Original dan Supernova.

Keduanya adalah jenis bahan katun berkualitas yang memiliki karakteristik umum yaitu halus, adem, lembut dan menyerap keringat. Jadi sangat cocok buat kita yang tinggal di daerah tropis.

Sebagai informasi tambahan, bahwa jenis bahan kain yang Mizutex sajikan disini bukan hanya cocok untuk baju koko pria saja. Namun, juga cocok untuk jilbab dan gamis Syar’i.

Oleh karena itu, sudah support bagi yang suka sekali dengan baju couple untuk pasangan suami-istri dan juga keluarga besar.

Adapun daftar bahan baju koko berkualitas yang harus anda ketahui adalah sebagaimana berikut:

Bahan baju koko berkualitas yang harus anda ketahui

Kain katun Toyobo FODU impor premium
Kain katun Toyobo FODU impor premium

Toyobo Original

Pilihan pertama yang paling direkomendasikan oleh Mizutex adalah Toyobo Original. Merupakan kain import dari Japan dan ini adalah kain yang terbuat dari bahan katun yang menyerap keringat.

Ada banyak jenis kain katun Toyobo yang beredar di pasaran. Hati-hati jangan sampai salah pilih. Variasi harga dan grade-nya ada bermacam-macam, belum lagi produk KW-nya ada dimana-mana. Sangat disarankan untuk membeli bahan ini di toko kain yang terpercaya.

Banyak penjual nakal menjual bahan kain Toyobo KW dengan janji itu adalah produk original. Bahkan, ada yang menjual kain Toyoboo (double “O”) dengan harga justeru lebih mahal dari Toyobo Original. (Baca: Bahan katun Toyobo seperti apa? Jenis kain istimewa yang patut diketahui).

Bahan kain katun Toyobo adalah jenis kain yang cocok untuk baju formal maupun non-formal. Harga yang ditawarkan tidak terlalu mahal dengan kualitas yang terbaik dikelasnya. Insya Alloh bahan kain ini sangat memuaskan.

Bahan kain katun Toyobo Original merupakan kain yang tidak memiliki tekstur khusus seperti bahan Linen Look atau bahan Balotelly. Malah, sebenarnya katun Toyobo lebih mirip dengan bahan katun Ima polos.

Nah, agar tidak salah pilih mana Toyobo Original dan katun Ima Original, harus ada wawasan tambahan tentang hal ini.

Alhamdulillah, kini sudah bisa diketahui perbedaannya dengan membaca artikel tentang, Bagaimana membedakan katun Toyobo dan katun Ima agar anda tidak terkecoh?

Kain katun Toyobo merupakan jenis kain yang kualitasnya beberapa tingkat diatas bahan Supernova, Ima Original dan Ima Royal Platinum. Demikian pula harganya juga terpaut cukup jauh dari ketiganya.

Karakteristik bahan kain katun Toyobo adalah lembut, halus, adem, tidak licin, tidak bikin gerah dan tidak kaku. Agak berbeda dengan bahan katun pada umumnya, yaitu bahwa kain Toyobo Original ini agak jatuh, namun tidak flowy, dan juga tidak sejatuh bahan Wolfis. (Baca: Bahan Wolfis itu apa? Inilah keunggulannya yang harus anda ketahui).

Secara spesifik, kain Toyobo adalah kain yang sedikit lebih tebal daripada bahan Supernova dan Ima Original. Jenis kainnya juga tergolong ringan, namun tidak menerawang.

Ketika anda memutuskan untuk membeli bahan kain ini, kami tekankan bahwa anda harus teliti dan dituntut untuk jeli. Alasannya adalah, karena bahan kain Toyobo ini banyak sekali kualitasnya yang KW dengan nama yang mirip-mirip. Misalnya Toyoboo, Tooyobo, Toyabo, Foyobo, Foyabo dan lainnya.

Bahan baju koko berkualitas yang harus anda ketahui

Bahan kain Linen Look by Mizutex
Bahan kain Linen Look by Mizutex

Linen Look

Bahan yang kedua ini merupakan jenis kain premium yang harganya tergolong murah. Ketika pertama kali melihat bahan kain ini, Mizutex percaya bahwa ini adalah jenis kain yang berkualitas. Lebih khusus dalam hal ini adalah Linen Look Burberry import.

Bahan kain Linen Look adalah kain yang seratnya terlihat jelas, itulah mengapa nama kain ini membawa embel-embel kata “Linen Look”. Yaitu serat yang terlihat.

Kain yang juga agak kilap ini jika dibandingkan jenis kain lainnya memang tergolong agak tebal. Namun, uniknya Linen Look bukan tergolong kain yang berat, bahkan cenderung lebih soft, ringan dan jatuh, walaupun jatuhnya juga tidak flowy seperti bahan Wolfis.

Rabaannya halus dan lembut, apalagi untuk yang Linen Look import, kelembutannya benar-benar lebih terasa.

Baju koko lengan panjang kerah Shanghai
Inspirasi baju koko bahan Linen

Bahan kain Linen Look juga adem sebagaimana bahan Toyobo Original. Hal ini tidak lain dan tidak bukan karena keduanya adalah jenis kain dari serat katun. (Baca: Jenis bahan katun yang bagus dan ciri-cirinya dijelaskan lengkap disini).

Mungkin anda sedang bingung mencari inspirasi untuk kemeja atau baju koko pria dari bahan Linen. Jika itu benar, maka saat ini anda berada di tempat yang tepat. Sebab Mizutex telah membuat artikel inspiratif tentang  kemeja dan baju koko pria gaya casual dari bahan linen.

Bahan baju koko berkualitas yang harus anda ketahui

Bahan katun Ima Royal Platinum berkualitas by Mizutex
Bahan katun Ima Royal Platinum berkualitas by Mizutex

Ima Royal Platinum

Masih dari jenis bahan kain katun, kali ini adalah Ima Royal Platinum. Jenis bahan katun yang satu ini memiliki ketebalan yang bisa dikatakan sama dengan Toyobo Original. Akan tetapi, kualitasnya masih berada di bawah Toyobo Original dari beberapa aspek.

Perlu hati-hati saat memilih janis kain Ima Royal Platinum, jangan sampai salah mampir ke jenis kain Ima Platinum (tanpa kata “Royal”).

Perbedaannya sangat jauh.

Meskipun pembeli ketika membeli bahan kain meteran kadang tidak tau mana Ima Royal Platinum dan mana yang Ima Platinum. Tapi membedakan keduanya cukup mudah.

Ada perbedaan yang cukup mendasar, meskipun pada hakikatnya keduanya identik. Sama.

Katun Ima Royal Platinum (IRP) teraba halus, lembut dan cukup jatuh. Berbeda dengan Ima Platinum (IP), kain ini mirip seperti plastik. Ima Platinum (IP) ini lebih cocok jika disebut kain mantel. Karena kesan sintetisnya terasa banget. Mungkin juga Ima Platinum (IP) adalah versi murahnya kain katun Ima Royal Platinum (IRP).

Jika dilihat kasat mata. Lagi-lagi keduanya adalah sama dan identik.

Bahan katun Ima Royal Platinum, memang sedikit agak kaku kalau dibandingkan dengan katun Toyobo Original.

Tapi kalau diraba, keduanya sama-sama adem dan halus.

Pertanyaannya mana yang lebih unggul antara Ima Royal Platinum dan Toyobo Original?

Jawabannya adalah sudah pasti unggul Toyobo Original.

Memang sih, secara penampakan sekilas mata, katun Ima Royal Platinum lebih terlihat royal, sesuai namanya.

Hal ini dikarenakan Ima Royal Platinum memiliki tekstur shiny yang khas, di permukaan kainnya. Dapat dikatakan seperti kotak-kotak kecil yang berkilau, jika dilihat dari jarak dekat.

Adapun untuk bahan Toyobo Original, tidak memiliki ciri khas apa-apa.

Ditinjau dari penampilan, katun Ima Royal Platinum ini nampak lebih elegan dan eksklusif. Namun, jika ditinjau dari kualitas, lagi-lagi Toyobo Original jelas lebih unggul.

Bahan baju koko berkualitas yang harus anda ketahui

Bahan kain Balotelly biasa by Mizutex 2
Bahan kain Balotelly biasa by Mizutex 2

Balotelly Original

Berbeda dengan 3 bahan kain rekomendasi yang telah kami sebutkan sebelumnya, bahan Balotelly ini adalah kain yang dibuat dari serat campuran atau mix.

Bahan Balotelly ini memang diakui mengandung serat katun, namun tidak 100%. Ini adalah kain dari serat campuran.

Balotelly Original yang dijual oleh Mizutex adalah jenis Balotelly berkualitas yang memiliki karakteristik kain yang ringan, halus dan jatuh. Kalau dibandingkan dengan Toyobo Original sedikit lebih berat dan kaku. Namun, perbedaan itu sebenarnya tidak terlalu terasa.

Bahan Balotelly Original memilik karakteristik yang mirip dengan Ima Royal Platinum. Sama-sama memiliki tekstur unik yang khas dan sama-sama terbuat dari serat campuran.

Akan tetapi, Bahan Balotelly ini kainnya lebih lemas jika dibandingkan dengan katun Ima Royal Platinum.

Ciri khas yang dimiliki Balotelly Original adalah tekstur khas seperti susunan kotak-kotak kecil yang tersusun secara sistematis. Jika dilihat dari jarak cukup jauh, kotak-kotak kecil yang tersusun membentuk garis kotak besar.

Secara umum, bahan Balotelly adalah bahan kain yang halus, adem, seratnya rapat dan tidak menerawang. Balotelly ini merupakan jenis kain yang sudah lazim dimanfaatkan oleh rumah produksi untuk baju koko, jilbab dan gamis Syar’i.

Sebagai informasi tambahan, bahwa bahan Balotelly Original yang dijual Mizutex setara dengan Balotelly grade A di lapak sebelah lho.

Asal tau aja, bahwa jenis bahan Balotelly ini ada banyak variasinya yang dijual di pasaran. Jadi harus tepat memilih tempat berbelanja kain yang berkualitas. (Baca: Perbedaan bahan kain Balotelly yang belum diketahui banyak orang).

Anda pasti tidak ingin membeli bahan Balotelly yang harganya murah namun terasa kasar dan gerah ‘kan?

Kini telah hadir bahan kain Balotelly Ar-Raihan grade A+, sebagai salah satu jenis kain Balotelly dengan grade mutu dan kualitas terbaik. Bahan kain ini memiliki tekstur dan ciri yang sama dengan Balotelly original, namun dengan karakteristik bahan yang lebih jatuh dan lembut. Buktikan bedanya Kain Balotelly Ar-Raihan grade A+ kualitas superior. Kualitasnya juga sangat bersaing dengan bahan Ima Royal Platinum.

Bahan baju koko berkualitas yang harus anda ketahui

Jual bahan kain katun supernova murah berkualitas
Jual bahan kain katun supernova murah berkualitas

Supernova

Bahan kain yang terakhir ini adalah bahan kain dari serat katun. Meskipun berada di urutan terakhir, bukan berarti bahan kain ini tidak berkelas. Memang, harganya tergolong yang paling murah, tapi bahan kain ini halus, lembut dan adem banget.

Kelemahannya cuma 1 yaitu kainnya yang tipis dan agak menerawang. Pernah Mizutex mencoba membuat gamis dari bahan katun Supernova ini, untuk dihadiahkan kepada seorang teman.

Ternyata, kualitasnya tidak seperti yang diremehkan orang. Termasuk redaksi Mizutex sendiri, awalnya sempat menganggap bahan kain katun Supernova adalah bahan murahan.

Kemudian anggapan itu menjadi berbalik dan sekarang redaksi Mizutex mengakui, meskipun harganya murah namun memiliki banyak keistimewaan.

Hasilnya bagus sekali dan anggun jika untuk bahan gamis (pendapat subjektif mode on, red).

Buktinya, teman yang mendapatkan hadiah gamis bahan Supernova dari Mizutex ketagihan lho… dan malah mau beli gamis Supernova di Mizutex (smile mode on).

Keunggulan bahan ini adalah adem dan halus, kainnya ringan dan agak jatuh. Yang lebih penting lagi adalah tidak bikin gerah ketika dipakai.

Memang, bahan kain Supernova tergolong kain yang tipis dan mudah kusut.

Tapi, ini adalah bahan kain dari serat alami lho… yaitu kain katun. (Baca: Bahan Supernova adalah kain katun berkualitas yang harganya murah).

Apalagi bagi sebagian orang, kain yang mudah kusut seperti Supernova yang satu ini, rupanya memiliki daya tarik tersendiri.

Kenapa ya?

Usut punya usut, katun Supernova ini kusutnya dianggap natural dan keren gitu, katanya.

Nah, sebagai penutupnya, Mizutex simpulkan bahwa bahan Supernova adalah bahan kain katun yang menjadi rekomendasi terakhir dari Mizutex untuk bahan baju koko dan couple bersama keluarga. Harganya murah dan punya keunggulan tersendiri.

Bahan baju koko berkualitas yang harus anda ketahui

Membuat baju dengan kain sendiri

Informasi tambahan

Berikut ini adalah beberapa perkiraan banyaknya bahan kain yang dibutuhkan untuk membuat busana muslim dan perlengkapan ibadah lainnya. Estimasi ukuran yang disajikan mengacu pada lebar bahan kain yang dijual oleh Mizutex, yaitu lebar 150cm. (Baca: 3 langkah mudah membuat baju dengan kain sendiri).

Baju koko anak usia 4-7 tahun: 1,5 meter untuk 1 stel
Baju koko pria dewasa: 1,25 meter
Celana pria dewasa: 1,25 meter
Gamis Pakistan untuk pria: 1,5 meter
Jubah Saudi untuk pria: 2-2,5meter
Gamis akhwat: 2,5-3 meter
Jilbab akhwat: 2,5 meter untuk panjang depan 1,25 meter
Mukena anak usia 4-7 tahun: 2 meter untuk 1 stel
Mukena dewasa: 4 meter untuk 1 stel

Note: bahan kain yang dibutuhkan mungkin berbeda untuk size yang lebih besar.

Demikianlah daftar Bahan baju koko berkualitas yang harus anda ketahui. Semoga informasi yang kami sajikan dapat diambil manfaatnya. Adapun untuk pemesanan dan pilihan variasi baik warna maupun jenis bahan kain silahkan menghubungi admin Mizutex. Terima kasih telah berkunjung ke website kami dan sampai jumpa lagi pada pembahasan selanjutnya.

Bahan baju koko berkualitas yang harus anda ketahui