Mizutex.com — Bahan Baloteli adalah jenis kain yang memiliki banyak keunggulan dengan ciri khas khusus berupa tekstur garis-garis kotak. Akhir-akhir ini, kain Baloteli sudah mulai banyak dicari orang. Bahan Baloteli seperti apa? Inilah keunggulan dan karakteristiknya lengkap.

Pembaca Mizutex pasti sudah mulai bertanya-tanya dan penasaran dengan seperti apa sih Baloteli itu? Kalau dibandingkan dengan bahan kain yang lain, apa keunggulannya?

Berikut ini, redaksi Mizutex mencoba merangkum beberapa keunggulan, karakteristik dan komparasi untuk bahan kain semi katun ini.

Penjelasan berikut ini adalah berdasarkan pengalaman redaksi ketika berinteraksi dengan bahan Baloteli, yang bisa dibilang subyektif. Dan mungkin penilaian kami bisa berbeda menurut sebagian orang.

Perbedaan kain Balotelli yang belum diketahui banyak orang.
Bahan kain Baloteli original by Mizutex

Bahan Baloteli itu apa?

Bahan Baloteli adalah bahan kain yang cukup tebal dengan tekstur khas berupa kotak-kotak kecil yang membentuk garis-garis. Ciri khas yang dimiliki bahan Baloteli ini membuatnya mudah untuk dikenali dan dibedakan dengan bahan kain yang lain.

Jenis kain ini masih belum diketahui secara pasti, apakah dia masuk dalam keluarga kain katun atau bukan. Dan belum ada bukti yang dapat dipertanggung-jawabkan yang menyatakan bahwa Baloteli termasuk bahan kain katun.

Kalau menurut pantauan redaksi Mizutex, Baloteli bukanlah kain yang dibuat dari serat katun alami 100%. Karena, sejauh pengalaman kami, yang namanya kain katun, jika diraba akan terasa sensasi yang khas. Serta, dengan kelembutan dan kesan yang berbeda jika dibandingkan bahan kain yang lainnya.

Bahan Toyobo import premium by Mizutex
Bahan Toyobo import premium by Mizutex

Apalagi jika dilihat secara kasat mata, Baloteli memiliki sedikit efek kilau yang tidak mungkin ditemukan pada jenis kain dari serat alami (katun), misalnya saja jenis dari bahan katun Toyobo original. (Baca: Bahan katun Toyobo seperti apa? Jenis kain istimewa yang patut diketahui).

Namun, dari sejumlah referensi disebutkan bahwa bahan Baloteli ini merupakan keluarga bahan katun, meskipun bukan pure 100% katun alias serat campuran.

Bahan Baloteli itu bagaimana?

Baloteli merupakan jenis kain yang tidak terbuat dari 100% katun meskipun ada yang menyebut bahwa kain ini termasuk dalam keluarga kain katun. Jenis kain ini tidak terlalu tebal dan jika dibandingkan dengan katun Toyobo Original maka ketebalannya hampir sama. Yang jelas, bahwa Baloteli adalah jenis kain yang sama sekali tidak transparan.

Harga kain Baloteli berapa?

Bicara soal harga, tentu akan sangat variatif untuk setiap toko kain baik yang online maupun offline. Pada dasarnya kain Baloteli tergolong kain yang murah dan ekonomis, namun dengan spesifikasi kain yang baik. Mengingat jenis Baloteli itu ada banyak, maka anda dituntut agar memiliki feel yang “sensitif”, sehingga anda dapat mengetahui mana Baloteli yang berkualitas dan mana yang tidak.

Jenis kain Baloteli ada berapa macam?

Jenis kain Baloteli adalah sangat banyak. Ada yang tipis dan kasar, namun ada juga yang bagus, lembut dan jatuh seperti Baloteli Ar-Raihan yang ada di katalog Mizutex. Jika dikatagorikan secara garis besar, maka jenis Baloteli itu terbagi menjadi tiga: Baloteli harga ekonomis (tekstur teraba kasar dan panas), Baloteli Original (mutu dan harga seimbang) dan Baloteli berkualitas superior atau grade A+ (karakteristiknya halus, adem dan jatuh). (Baca: Kain Balotelli: Sudahkah anda tau berapa jenisnya yang dijual di pasaran?)

Keunggulan dan karakteristik bahan Baloteli

Sebagai kain yang banyak dicari orang, sayang sekali rasanya kalau tidak disebutkan apa saja keunggulan kain Baloteli.

Bahan Baloteli adalah bahan kain yang halus, agak tebal dan tidak menerawang. Oleh karena alasan inilah, mengapa bahan Baloteli ini banyak dilirik oleh rumah produksi jilbab dan gamis Syar’i.

Bahan Baloteli cocok sekali untuk dijadikan sebagai gaun muslimah Syar’i, karena kain ini sifatnya tidak terlalu jatuh. Sehingga, tidak perlu khawatir akan membentuk lekuk tubuh ketika dipakai untuk busana muslimah.

Jika dibandingkan dengan bahan kain Amira dan katun Linen, bahan Baloteli tergolong kain yang ringan. Bahan Baloteli hampir sebanding dengan Wolfis, dari sudut pandang sifat dan karakteristik bahan kainnya. (Baca: Bahan Megumi seperti apa? Jenis kain berkualitas yang belum banyak orang tau).

Kain Megumi Ladies, bahan jilbab & gamis Syar'i yang tebal
Bahan kain Megumi Ladies, bahan jilbab & gamis Syar’i import kualitas superior

Keunggulan lainnya yang dimiliki bahan Baloteli adalah tekstur kainnya yang khas, yaitu garis-garis kecil yang disusun oleh kotak-kotak halus dan rapi. Bagi yang merasa bosan dengan kain polos tak bertekstur seperti Toyobo, mungkin bahan Baloteli bisa jadi alternatifnya.

Kain ini juga menjadi pesaing ketat bagi katun Ima Royal Platinum. Karena ia juga menembak segmen bahan baju couple yang cocok untuk koko pria, jilbab dan gamis Syar’i. Terkait hal ini, Mizutex sudah membahas tentang perbandingan keduanya pada laman Bahan baju koko berkualitas yang harus anda ketahui.

Kekurangan bahan Baloteli

Pada setiap bahan kain, dibalik keunggulan yang dimilikinya pasti ada kekurangan yang mungkin dirasakan pada sebagian orang. Demikian pula halnya dengan bahan Baloteli ini. Sejauh pengalaman redaksi, kekurangan bahan Baloteli mungkin bisa dianggap sebagai kelebihan yang tersendiri.

Redaksi Mizutex menilai, bahwa kekurangan bahan Baloteli terletak pada karakteristik kainnya yang sedikit agak kaku. Bahan Baloteli ini tidak se-jatuh kain Wolfis. Mungkin juga dikarenakan faktor tingkat kepadatan serat kainnya yang berbeda. Dimana bahan Baloteli ini memiliki tingkat kepadatan yang lebih baik dari pada bahan Wolfis. Sehingga wajar bahannya tidak terlalu jatuh seperti Wolfis  (Baca: Bahan Wolfis itu apa? Inilah keunggulannya yang harus anda ketahui).

Akan tetapi, kekurangan ini bisa dimanfaatkan oleh muslimah agar pakaiannya bisa longgar dan tidak terlalu membentuk format tubuh.

Pada keluaran bahan Baloteli versi murah, ditemukan sensasi Baloteli yang kasar, kaku dan gerah ketika dipakai. Kainnya juga tidak flowy, jadi kurang begitu menyesuaikan format fashion jilbab dan gamis yang size-nya longgar.

Mungkin anda salah satu yang berpendapat bahwa Baloteli adalah kain yang panas dan bikin gerah? Jika benar, perlu Mizutex sebutkan bahwa itu adalah bahan Baloteli versi ekonomis alias murah.

Nah, kini telah hadir di katalog Mizutex, bahan Baloteli Ar-Raihan, merupakan jenis Baloteli grade A+ yang memiliki karakteristik kain yang lebih jatuh, lebih lembut dan jauh lebih adem daripada bahan Baloteli versi ekonomis. Ada juga pilihan kain ekonomis selain Baloteli, yaitu bahan Moscrepe Premium. (Baca: Bahan Moscrepe seperti apa? Berikut ini penjelasannya secara detail).

Baloteli versi ekonimis dan Baloteli grade A+

Jika tadi telah dipaparkan tentang pengertian kain Baloteli, karakteristiknya dan juga keunggulannya, kini saatnya untuk mengetahui tentang varian jenis Baloteli yang beredar di pasaran.

Bagi pembeli yang baru pertama kali mengenal jenis-jenis kain, barangkali tidak menganggap penting tentang apa saja varian jenis kain Baloteli yang ada di pasaran. Walhasil, setelah merasa kurang puas dengan jenis Baloteli yang sudah didapat, dengan cepat menyimpulkan bahwa Baloteli adalah kain yang kurang berkualitas.

Oleh karena itu, melalui artikel ini, Mizutex ingin merubah mindset.

Bahwa untuk varian jenis kain Baloteli ini ada banyak sekali kelas-kelasnya. Ada yang versi ekonomi dan ada yang versi premiumnya. Artinya, ada harga ada kualitas.

Jenis kain Baloteli premium-lah yang memiliki karakteristik dan kualitas yang superior, ketimbang yang versi ekonomis. Perbedaannya, sangat mencolok dan redaksi Mizutex sudah membuktikannya sendiri.

Mengingat tingkat kenyamanan menggunakan kain ini merupakan faktor penting agar seseorang betah mengenakan pakaian, oleh karena itu mengetahui perbandingan antara Baloteli ekonomis dan Baloteli premium adalah penting.

Perbedaan jenis kain Baloteli by Mizutex
Perbandingan varian Baloteli, serupa namun berbeda kualitas. Foto by Mizutex

Perbedaan jenis kain Baloteli ini sudah menjadi hal yang cukup penting untuk diketahui. Karena ia adalah menjadi faktor penentu keputusan anda dalam memilih jenis kain Baloteli. Mungkin, dikarenakan jenis kain Baloteli yang beredar di pasar sangat banyak, akan membuat pembeli menjadi bingung.

Dimanakah tempat yang dapat menyediakan kain Baloteli berkualitas dengan harga yang relatif murah, namun dengan kualitas yang superior?

Dikarenakan pada setiap toko memiliki grade kain Baloteli yang berbeda-beda, oleh karena itu harga yang mahal sekalipun bukanlah menjadi patokan akan mutu dan kualitasnya. Tidak ada cara lain untuk membuktikan kualitasnya yang sebenarnya kalau belum merabanya secara langsung.

Jika anda pernah mendapati kain Baloteli yang bertekstur kaku, kasar dan panas? Mungkin anda perlu sekali untuk mencoba Baloteli grade A+ ada di katalog Mizutex.

Baloteli Ar-Raihan grade A+

Tidak ada salahnya untuk memperkenalkan tentang Baloteli Ar-Raihan Grade A+ kepada pembaca setia Mizutex. Mulanya, hal ini berangkat pada komitmen kami untuk menyediakan bahan kain berkualitas untuk baju koko, jilbab dan gamis Syar’i. Banyak waktu yang dihabiskan untuk bisa mendapatkan jenis-jenis kain berkualitas sehingga terkumpul menjadi satu katalog di perbendaharaan jenis kain Mizutex.

Tidak terkecuali Baloteli Ar-Raihan ini. Tak sedikit supplier yang harus kami kejar untuk mendapatkan kain berkualitas yang satu ini. Adapun nama Balloteli Ar-Raihan adalah penamaan dari redaksi untuk membedakan jenis atau varian Baloteli yang ada di pasaran.

Mungkin ada yang sempat membaca posting Mizutex sebelumnya tentang Zegna Italiano, yang sempat menjadi primadona di katalog Mizutex. Namun, berjalannya waktu dan dengan pertimbangan yang lebih efektif, Mizutex putuskan untuk menghentikan supply bahan Zegna Italiano. Sebagai gantinya, kami menyuguhkan kepada pelanggan setia Mizutex Baloteli premium yang berkualitas superior, Baloteli Ar-Raihan grade A+. (Baca:  Mengenal bahan Baloteli Ar-Raihan, kain tekstil dengan kualitas superior).

Kain Balotelli Ar-Raihan grade A+ (penerus Zegna Italiano) by Mizutex.
Bahan Baloteli Ar-Raihan grade A+ (penerus Zegna Italiano) by Mizutex

Perlu ditegaskan kembali, bahwa Baloteli Ar-Raihan grade A+ merupakan jenis Baloteli superior yang kualitasnya jauh diatas Baloteli versi murah. Bisa dibuktikan jika anda masih ragu akan kualitasnya.

Memang, perbedaan diantara keduanya tidak terlalu mencolok dan jika dilihat secara kasat mata, masih sama persis. Namun, kualitasnya sangat berbeda!

Ketika anda sudah merabanya secara langsung, anda baru bisa merasakan perbedaannya secara nyata. Baloteli Ar-Raihan ini kainnya lebih halus dan lebih dingin daripada Baloteli versi murah. (Segera hadir! Bahan Barbie Crepe premium, jenis kain crepe dengan kualitas yang superior).

Baloteli Ar-Raihan memiliki tekstur kain yang lebih jatuh dan lebih nyaman daripada Baloteli versi murah atau dari Baloteli grade A sekalipun. Kualitas, Baloteli Ar-Raihan ini benar-benar terasa unggulnya dibanding Baloteli yang lainnya.

Jika anda merasakan bahwa Baloteli versi murah teraba kaku, kasar, mudah kusut dan panas, lain halnya dengan Baloteli Ar-Raihan. Kainnya lebih lemas, jatuh, tidak mudah kusut dan lebih lembut.

Kami menyarankan, jika anda hendak menggunakan bahan Baloteli untuk produk fashion, utamakanlah grade-nya yang lebih baik, yaitu Baloteli Ar-Raihan. Anda bisa menghubungi admin Mizutex untuk mendapatkan katalog warna dan harga terbaik.

*Pembahasan tentang perbedaan jenis bahan Baloteli lebih lengkap bisa anda lihat pada artikel kami, Kain Balotelli: Sudahkah anda tau berapa jenisnya yang dijual di pasaran?

Perbandingan Baloteli dengan Wolfis

Sebagai parameter perbandingan, saya akan mencoba menjelaskan secara singkat apa perbedaan Baloteli dengan kain Wolfis. Sehingga, ada gambaran sederhana sebelum anda membeli bahan kain ini.

Redaksi Mizutex sengaja menjadikan bahan Wolfis sebagai perbandingan, karena bahan ini sudah lazim dikenal oleh masyarakat secara umum, terkhusus bagi yang baru saja mengenal tentang dunia kain tekstil.

Bahan Wolfis itu apa? Inilah keunggulannya yang harus anda ketahui
Bahan Wolfis itu apa? Inilah keunggulannya yang harus anda ketahui

Parameter untuk perbandingan ini adalah untuk Baloteli versi murah dan bahan Wolfis premium. (Baca: Bahan Wolfis premium dan Wolfis murah, yuk kita ketahui perbedaannya).

Jika dibandingkan Wolfis, kain Baloteli lebih kaku. Kain Baloteli dapat dikatakan sedikit lebih tebal daripada kain Wolfis dan harganya juga lebih mahal.

Bahan kain ini tidak terlalu jatuh sebagaimana kain Wolfis. Oleh karena itu, mungkin anda akan merasakan hal yang berbeda ketika pertama kali menggunakan Baloteli.

Perbedaan lainnya yang dapat anda temukan adalah, pola unik berupa kotak-kotak kecil yang membentuk garis kotak-kotak pada kain Baloteli. Lain halnya dengan dengan kain Wolfis, yang cenderung polos dan tidak memiliki ciri khas tertentu. (Baca: Ciri dan keunggulan kain Wolfis sebagai bahan gamis Syar’i)

Dapatkan kain Baloteli berkualitas di katalog Mizutex

Kini Mizutex menyediakan bahan Baloteli Ar-Raihan sebagai jenis kain Baloteli berkualitas yang secara selektif kami sajikan kepada pelanggan kami. Kami menawarkan transaksi pembelian kain Baloteli secara meteran, grosir dan juga roll an. Semakin besar transaksi yang anda lakukan, semakin besar peluang untuk mendapatkan harga yang murah. Jangan sungkan untuk menghubungi admin Mizutex untuk mendapatkan penawaran menarik secara langsung.

Sebagai kesimpulan pada artikel ini, bahwa Baloteli adalah kain yang memiliki varian jenis mutu yang berbeda-beda. Ada yang agak kasar, cukup lembut dan ada yang paling lembut. Jika anda ingin mendapatkan kualitas bahan Baloteli yang baik, anda harus cermat dalam membeli kain di toko online maupun offline terpercaya.

Cukup banyak yang kecewa dengan kualitas kain Baloteli versi murah dan hal itu tidak lain dikarenakan keliru dalam memilih jenis kain ini. Redaksi Mizutex sendiri sering mendapatkan keluhan dari pembeli online yang kecewa dengan mutu yang versi murah.

Sudah tau keunggulan bahan Baloteli untuk jilbab dan gamis Syar’i?

Bahan Baloteli adalah bahan kain gamis yang lagi ngetrend baru-baru ini. Banyak rumah produksi yang menggunakan Baloteli sebagai produk andalan mereka. Terkhusus Baloteli Ar-Raihan grade A+, kainnya bagus, halus dan lembut. Harga yang ditawarkan juga tidak terlalu mahal. Sangat tepat sekali diperuntukkan kepada mereka yang lebih mengutamakan kualitas dan kenyamanan dalam berpakaian.

Tekstur Baloteli versi ekonomis mungkin bisa jadi sama dengan versi Ar-Raihan, namun apakah kualitas juga akan sama? Yuk buktikan perbedaannya dengan membeli Baloteli Ar-Raihan di Mizutex.

Demikianlah penjelasan redaksi Mizutex tentang Bahan Baloteli seperti apa? Inilah keunggulan dan karakteristiknya lengkap. Jika anda sedang mencari referensi yang bagus untuk membeli jenis kain Baloteli yang berkualitas, kini anda sudah berada di tempat yang tepat. Segera hubungi admin Mizutex untuk mendapatkan harga terbaik.

Artikel Terkait: