Mizutex.com – Masih banyak penggemar bahan kain di dunia maya yang bertanya-tanya tentang seperti apa bahan kain Ceruti Babydoll. Meski sudah banyak website publisher yang menjabarkan tentang bakan kain crepe satu ini, namun banyak juga yang masih salah kaprah. Oleh karena itu, penting sekali untuk mendapatkan referensi yang tepat dan bisa dipercaya untuk mendapatkan penjelasan tentang bahan kain Ceruti yang benar. Dan Alhamdulillah, kali ini redaksi Mizutex berkenan untuk membahas secara tuntas tentang Bahan kain Ceruti Babydoll seperti apa, serta bagaimana ciri-ciri dan karakteristiknya secara detail.

Redaksi Mizutex merasa perlu untuk memberikan informasi yang akurat tentang bahan Ceruti ini. Pasalnya, setelah redaksi Mizutex melakukan pemantauan pada berbagai sumber di dunia maya, rupanya ada banyak informasi atau deskripsi yang salah tentang bahan Ceruti ini. Baik berupa foto, ciri-ciri, deskripsi hingga penjabarannya.

Hal ini pun, tidak menutup kemungkinan akan menyebabkan tersebarnya informasi yang salah kaprah dan menyesatkan banyak orang.

Hal ini pun kini dianggap semakin “wajar”, sebab saat ini mulai banyak menjamur website-website publisher dan juga website warta berita lainnya yang banyak mengupas tentang bahan kain. Namun, sayang sekali, mereka membahasnya bukan berdasarkan fakta atau realita, bahkan lebih mengarah kepada “tebak-tebakan” dan menggunakan ilmu kira-kira yang mereka peroleh dari browsing-browsing di internet.

Akhirnya, tidak mengherankan lagi, jika deskripsi, penjelasan dan gambarnya sangat membingungkan, bahkan cenderung tidak akurat dan kontradisi. Mengingat, tujuan mereka pun adalah bukan untuk memberikan informasi yang benar dan tepat, namun untuk meningkatkan trafik website-nya secara instan.

Pasalnya, ada beberapa artikel tentang jenis-jenis kain yang banyak dicari oleh warganet, yang hal itu kemudian dianggap sebagai peluang untuk dijadikan lahan sumber datangnya trafik yang banyak.

Cara jualan online yang laris bagaimana? Pelajari tips jitu berikut ini. Suplier bahan kain online dan jilbab gamis Syar'i by Mizutex (dot) com
Suplier bahan kain online dan jilbab gamis Syar’i – Mizutex.com

Mengapa perlu membaca artikel-artikel tentang kain tekstil di Mizutex?

Alhamdulillah, kini telah hadir di tengah-tengah kerancuan ini, salah satu website yang aktif memberikan review tentang bahan-bahan kain, sebut saja salah satunya adalah Mizutex.com.

Mizutex adalah warta kain tekstil yang berkomitmen untuk memberikan informasi yang tepat tentang jenis-jenis kain. Mizutex juga aktif memberikan review tentang berbagai jenis kain yang sering dipakai untuk kemeja formal, koko, baju kurtah, jilbab dan gamis Syar’i. Anda bisa follow akun instagram Mizutex di @mizutextile yang juga aktif menginformasikan tentang berbagai penjelasan jenis-jenis kain di social media.

Melalui berbagai platform yang ada dan memanfaatkannya dengan cara yang tepat, harapannya semua informasi yang disajikan oleh Mizutex bisa diambil manfaatnya oleh setiap pembaca. Khususnya lagi, bagi mereka yang ingin membeli bahan kain berkualitas atau sekedar mencari-cari referensi informasi yang tepat.

Mizutex selaku penjual kain online berkualitas, tentu sangat paham bagaimana mendeskripsikan jenis-jenis bahan kain. Disamping sudah berpengalaman selama bertahun-tahun, Mizutex juga bisa dengan mudah mendapatkan bahan kainnya secara aktual dihadapan mata, khususnya ketika hendak mendeskripsikan suatu bahan kain.

Kami pun bisa dengan mudah membanding-bandingkan berbagai jenis kain secara langsung sesuai dengan katalog produk yang ready di Mizutex. Oleh karena itu, penjabaran yang kami berikan bukanlah berdasarkan perkiraan yang (sebelumnya maaf) “ngawur”, seperti apa yang telah dilakukan oleh orang lain.

Sekali lagi, bahwa pembahasan kami berdasarkan pada fakta yang ada dan kami telah berinteraksi secara langsung dengan bahan kainnya sebelum membuat artikel. Inilah cara yang lebih tepat dan lebih baik.

Bahan kain Ceruti seperti apa?

Bahan kain Ceruti adalah salah satu jenis kain dari keluarga kain Crepe. Bahan kain Ceruti adalah jenis kain Crepe yang masih tetap membawa ciri khas Crepe kebanyakan, yaitu tekstur khas yang mirip seperti kulit jeruk. Bedanya dengan bahan Crepe lainnya adalah, bahwa kain Ceruti memiliki tingkat ketebalan yang sangat tipis. Bahkan, dapat dikatakan bahwa Ceruti adalah kain yang sangat tembus pandang atau menerawang.

Ciri-ciri yang paling mudah dikenali pada kain Ceruti adalah tekstur seperti berpasir yang dapat anda raba ketika memegang kain ini. Disamping itu, anda dapat memperhatikan, bahwa kain Ceruti adalah kain yang sangat transparan.

Setiap jenis kain Crepe memiliki keunggulan dan karakteristik kain yang berbeda-beda, tanpa terkecuali bahan Ceruti ini.

Kain Ceruti yang tipis dan menerawang biasanya digunakan untuk sebagai bahan Burdah atau Burqah. Kadang-kadang, juga digunakan sebagai bahan jilbab multi-layer atau untuk gamis yang ditambahi kain furing agar tidak menerawang. (Baca: Mengapa setiap gambar atau artikel Mizutex yang di-copy wajib menyertakan nama Mizutex.com?).

Ketika pertama kali rilis, bahan Ceruti biasa dikenal dengan nama Barbie Ceruti atau ada juga yang menamainya dengan Ceruti Babydoll. Yang terpenting untuk anda ketahui adalah, bahwa bahan Ceruti adalah jenis kain Crepe yang paling tipis, paling ringan, paling jatuh dan paling transparan.

Jenis kain Ceruti secara umum tidaklah elastis, namun karena serat-serat kainnya agak longgar, maka jika ditarik akan terkesan sedikit melar.

Bahan kain Barbie Ceruti ini cocok sekali untuk dijadikan sebagai bahan Burqah, alasannya adalah karena kainnya yang tipis dan menerawang.

Ciri-ciri bahan kain Ceruti Babydoll

Setelah mengetahui asal-usul bahan kain Ceruti, kini saatnya kita mempelajari tentang ciri-ciri bahan Ceruti. Dan patut untuk diketahui, bahwa mungkin jenis kain Ceruti yang ada di pasaran atau di toko kain yang anda kunjungi agak berbeda dengan yang redaksi Mizutex jabarkan disini. Hal ini boleh dibilang wajar, sebab ada banyak jenis kain Ceruti yang beredar di pasaran dan setiap toko memiliki grade kualitas yang berbeda.

Adapun penjabaran berikut ini adalah berdasarkan jenis bahan kain Ceruti yang dijual oleh Mizutex yang mutunya lebih baik dan bagus. Berikut ciri-ciri bahan Ceruti yang dapat kami jabarkan kepada anda:

Tekstur kain mirip seperti kulit jeruk

Sebagaimana yang telah dideskripsikan di awal artikel, bahwa kain Ceruti merupakan jenis kain yang mirip seperti kain Crepe lainnya. Ciri khas terpentingnya adalah tekstur yang mirip dengan kulit jeruk atau Crepe, karena itulah bahan kain ini juga dinamai Ceruti Crepe.

Bila diperhatikan lebih mendetail, maka tekstur kain Ceruti hampir sama dengan bahan Diamond Italiano. Akan tetapi, kain Ceruti tidaklah sama dan sangat berbeda sekali teksturnya dengan bahan kain Bubble Crepe. Karena ada salah satu sumber di internet yang menyatakan bahwa bahan Bubble Crepe adalah sama dengan bahan Ceruti dan menggunakan gambar di bawah ini:

Bahan Bubble Crepe by Mizutex
Detail bahan kain Bubble Crepe (bukan Ceruti). Foto: Mizutex

Tekstur pada kain Ceruti terlihat lebih soft, sedangkan tekstur pada kain Diamond Italiano adalah lebih jelas atau gentle. Sedangkan tekstur pada bahan Bubble Crepe adalah jauh lebih besar, atau bahkan dapat dikatakan sebagai jenis kain Crepe yang tekstur crepre-nya paling besar. (Baca: Jenis bahan kain Crepe itu apa aja? Penjelasan dan gambarnya lengkap).

Insya Allah, pada kesempatan ini juga akan dijelaskan perbandingan antara bahan Ceruti Babydoll dan bahan Diamond Italiano dengan pembahasan yang gamblang.

Berterkstur pasir

Jika anda melihat bahan kain Ceruti, maka anda akan percaya bahwa kain Crepe ini memang mirip seperti kulit jeruk. Namun, bagaimana kesan yang anda rasakan ketika meraba bahan kain ini?

Jawabannya adalah seperti berpasir.

Ya, inilah ciri-ciri bahan kain Ceruti yang mudah anda kenali.

Jika anda menempelkan kain Ceruti ke kulit anda atau meraba permukaan kainnya dengan jari-jari tangan, maka akan terasa seperti ada pasir-pasir pada permukaan kainnya. Inilah tekstur dan ciri khas yang ada di kain Ceruti.

Namun, perlu diingat, bahwa meskipun teraba teksturnya seperti pasir, namun bukan berarti bahwa kain Ceruti ini kasar. Bahkan, pada sebagian orang ada yang menganggapnya sebagai kain yang lembut. Terutama pada jenis bahan kain Ceruti Premium yang berkualitas dan bukan yang murahan.

Bahan kain Ceruti Premium adalah jenis kain Ceruti yang tidak panas, tidak kasar dan memiliki kualitas serat yang bagus (tidak acak-acakan).

Serat longgar dan agak melar

Ciri lain yang dapat anda temukan pada bahan Ceruti adalah serat kainnya yang longgar dan agak melar. Tingkat elastisitasnya cenderung satu arah, yaitu secara horizontal (sejajar dengan panjang kain). Jika diperhatikan dengan baik, anda juga dapat melihat bahwa ketika anda menarik kain Ceruti secara horizontal, maka serat-serat kainnya akan semakin melonggar.

Hal inilah yang membuat kain Crepe ini terkesan melar. Namun, pada takaran tertentu, elastisitasnya akan terhenti seketika dan tidak bisa dipaksa untuk lebih melar lagi.

Bahan kain yang tipis, menerawang, ringan dan jatuh

Bahan kain Ceruti adalah jenis kain Crepe yang ringan dan jatuh, tidak seperti yang dijabarkan oleh sumber yang lain yang mengatakan bahwa kain Ceruti memiliki masa yang agak berat. Sebagai kain yang berserat longgar dan transparan, tentu sangat logis jika Ceruti merupakan kain yang ringan dan jatuh.

Bahan kain Ceruti sangat flowy dan ringan sekali, sehingga akan mudah melambai jika diterpa angin.

Mengingat bahan kain ini sangat tipis, menerawang, jatuh, ringan dan mudah diterpa angin, oleh karena itu, tidak disarankan untuk dijadikan sebagai bahan dress atau gamis. Sebagai langkah yang tepat untuk menyiasati kekuarangan ini, anda dapat menggunakan tambahan kain furing, sehingga tidak terlihat transparan ketika dipakai untuk gamis.

Jika anda menyukai bahan kain yang jatuh namun tidak transparan, anda bisa mencoba bahan Wolfis Premium dengan harga yang cukup terjangkau. Namun, jika anda menginginkan kualitas yang lebih superior, anda dapat beralih ke bahan Megumi Japan import. (Baca: Bahan Wolfis itu apa? Inilah keunggulannya yang harus anda ketahui).

Sebagai informasi tambahan, sebelum membeli bahan kain Ceruti, tidak ada salahnya jika anda menanyakan terlebih dahulu apakah Ceruti yang dijual transparan atau tidak. Kami pernah mendengar bahwa ada bahan Ceruti yang tidak transparan.

Saran kami adalah, jika anda terbiasa membeli bahan Ceruti yang tidak transparan kemudian ingin beralih supplier, penting untuk menanyakan jenis Ceruti yang ingin dibeli (apakah transparan atau tidak).

Karakteristiknya tidak panas dan bertekstur

Bahan kain Ceruti yang berkualitas tentu tidaklah panas, namun kesan tekstur Crepe yang dimilikinya tetap terasa di permukaan kulit. Dan perlu diingat, bahwa bahan Ceruti Crepe bukanlah jenis kain dari serat alami, karena itu, Ceruti bukan kain yang dapat menyerap keringat.

Mungkin ada yang beranggapan, dikarenakan bahan Ceruti berserat longgar tentunya kain ini akan breathable seperti bahan katun.

Jawaban kami adalah: Memang benar Ceruti memiliki serat yang longgar dan breathable, namun ia bukanlah jenis kain yang memiliki daya serap yang baik terhadap keringat. Sedangkan jika ditanya, mengapa bahan katun itu terkesan dingin dan adem, bukankah karena ia adalah kain yang breathable? Jawabannya adalah dikarenakan ia adalah kain yang terbuat dari serat alami.

Sedangkan karakteristik kain dari serat alami itu pada umumnya memiliki 4 keunggulan, yaitu menyerap keringat, breathable, tidak panas dan lembut di kulit.

Keempat faktor itulah yang membuat bahan katun menjadi nyaman digunakan dan terkesan adem ketika dipakai.

Sebagai contohnya adalah bahan katun Toyobo Import Japan, sebagai bahan katun yang paling populer dan diperuntukkan bagi busana muslim seperti jilbab, gamis, baju koko, kemeja formal hingga baju setelan anak-anak. Bahan katun Toyobo adalah bahan katun import yang bagus dan nyaman digunakan. (Baca: Bahan katun Toyobo seperti apa? Jenis kain istimewa yang patut diketahui).

Kain katun Toyobo FODU impor premium
Bahan kain katun Toyobo Fodu import premium by Mizutex

Kegunaan bahan kain Ceruti Babydoll

Setelah mendapatkan penjabaran tentang apa dan bagaimana bahan kain Ceruti, mungkin anda sudah dapat menggambarkan diperuntukkan pada fashion yang seperti apa bahan kain Crepe ini. Tentu ada banyak sekali jawabannya, khususnya bagi para penjahit yang suka bereksperimen untuk memberikan kejutan yang baru bagi para pelanggan setianya.

Adapun berikut ini adalah beberapa opsional yang dapat dijabarkan oleh redaksi Mizutex berdasarkan kegunaan bahan Ceruti Babydoll pada umumnya.

Jilbab multi-layer

Membuat jilbab dengan multi-layer atau berlapis-lapis adalah menjadi kegemaran anak muda saat ini. Banyak yang menggunakan bahan Ceruti ini sebagai bahan jilbab multi-layer. Adapun apa alasan yang membuat orang harus membuat jilbab multi-layer ketika menggunakan bahan Ceruti sebagai kain jilbab?

Jawabannya adalah karena untuk mengatasi kekurangan kainnya yang tergolong tipis dan transparan.

Disamping itu, jilbab multi-layer dibuat berdasarkan pertimbangan agar terkesan kekinian (menurut mereka, red)

Akan tetapi, imbas dengan dibuatnya jilbab menjadi berlapis-lapis adalah akan memakan biaya produksi lebih mahal. Karena, bahan yang dibutuhkan adalah 2-3 kali lipat dibandingkan ketika membuat jilbab 1 layer.

Gamis multi layer (wajib menggunakan furing)

Selain dapat digunakan sebagai bahan jilbab multi-layer, bahan Ceruti Crepe juga dapat digunakan untuk bahan gamis, namun tetap wajib memakai furing.

Bagi sebagian orang, kain Ceruti dianggap sebagai kain yang sangat diminati. Boleh jadi, alasannya adalah karena tekstur Crepe yang dimilikinya tergolong unik, sehingga terkesan elegant dan memiliki karaktiristik yang khas.

Penggunaan kain furing merupakan langkah yang bijak supaya anda tidak perlu menghabiskan kain Ceruti 2x atau 3x lebih banyak, atau bahkan mungkin lebih banyak lagi, supanya bisa membuat kain Ceruti tidak terlihat transparan.

Saat ini ada banyak sekali kain furing yang dijual di pasaran dengan harga yang relatif murah dan dengan pilihan warna yang banyak. Dengan demikian, anda bebas menyesuaikan warna dan mutu kain furing yang tepat agar match untuk dipasangkan dengan bahan Ceruti pilihan anda. (Baca: Jenis kain untuk gamis dan jilbab Syar’i yang berkualitas).

Gamis anak

Bahan kain Ceruti juga sangat cocok untuk digunakan untuk gamis anak dan jangan lupa untuk tetap menggunakan kain furing. Alasannya adalah sebagaimana yang telah kami jabarkan diatas, yaitu agar tidak terkesan transparan.

Bagi yang suka berpakaian yang serasi dengan putrinya ketika memakai jilbab dan gamis, mungkin bahan Ceruti bisa dijadikan pilihan.

Bisa dibayangkan, jika anak anda menggunakan bahan Ceruti yang memiliki tekstur yang unik, maka penampilan anak anda dapat semakin anggun.

Niqab, Burdah atau Burqah

Di kalangan Ummahat, bahan Ceruti yang bersifat transparan sangat dibutuhkan ketika membuat Burdah. Yaitu set cadar atau niqab yang memiliki tambahan kain tipis yang dapat digunakan untuk menutup kedua mata dan wajah.

Bahan Ceruti Crepe bisa menjadi pilihan alternatif selain Sifon ketika anda ingin membuat Burdah.

Daya pandang masih cukup baik ketika menggunakan Burdah dari kain Ceruti, bahkan warna-warna alam atau objek yang dilihat masih dapat teridentifikasi dengan baik.

Kelebihan bahan kain Ceruti Babydoll

Berikut ini akan dijelaskan kelebihan apa saja yang ada pada bahan Ceruti Babydoll dan kelebihannya yang tidak anda temui pada jenis kain yang lain. Perlu kami tekankan terlebih dahulu, bahwa acuan kami ketika mendeskripsikan bahan Ceruti ini adalah berdasarkan produk aktual yang ada di katalog Mizutex.

Produk kain Ceruti yang kami jual pun tergolong kain Ceruti yang berkualitas, bukan kain bermutu rendah yang serat-serat benangnya tidak beraturan dan terkesan panas.

Tidak menutup kemungkinan, anda akan mendapatkan penjabaran atau jenis Ceruti yang berbeda cirinya dan kualitasnya dengan apa yang dijabarkan oleh redaksi Mizutex. Adapun kelebihan bahan kain Ceruti Babydoll dapat kami rangkum sebagaimana berikut ini:

Memiliki tekstur yang unik

Bahan Crepe merupakan salah satu jenis kain populer setelah bahan katun dan linen. Umumnya diarahkan kepada kaum wanita sebagai target pasarnya. Alasannya adalah karena kaum wanita menyukai jenis kain dengan tekstur yang unik, salah satunya adalah bahan Crepe.

Perlu diingat, bahwa bahan Crepe ada banyak sekali jenisnya selain kain Ceruti ini. Mungkin ada kain Crepe yang teksturnya mirip dengan Ceruti, namun dengan karakteristik dan nama yang berbeda. (Baca: Jenis bahan kain Crepe itu apa aja? Penjelasan dan gambarnya lengkap)

Tekstur unik pada kain Ceruti bisa dianggap sebagai kelebihan tersendiri. Sedangkan teksturnya yang teraba seperti berpasir, boleh jadi juga menjadi salah satu alasan mengapa banyak kaum wanita yang suka dengan kain ini.

Sebagian penggemar kain Crepe, ada yang suka melengkapi koleksi mereka dari jenis-jenis kain Crepe yang pernah ada. Oleh karena itu, tidak sedikit diantara mereka yang punya berbagai jenis jilbab atau gamis dari berbagai kain Crepe. Misalnya Wollycrepe, Moscrepe Premium, Arabian Crepe, Amunzen Crepe dan jenis-jenis kain Crepe lainnya.

Ketahanan serat kain cukup baik

Memang patut diakui, bahan Ceruti adalah jenis kain Crepe yang tipis dan transparan. Namun, sepertinya dalam proses produksinya tetap mempertimbangkan durabilitas atau tingkat ketahanan kain yang baik. Terkhusus, dalam hal ini adalah jenis bahan Ceruti Babydoll yang berkualitas.

Setelah redaksi Mizutex melakukan pengamatan dengan baik dan telah dilakukan berbagai percobaan, patut diakui bahwa kain Ceruti ini tidak mudah sobek atau mudah terburai serat-serat benangnya. Padahal, sudah dicoba ditarik-tarik dengan cukup kuat.

Namun, bukan berarti bahan Ceruti ini adalah kain yang bebas resiko dan tidak mudah sobek. Justeru melakukan perawatan yang baik dan benar adalah suatu kewajiban agar bahan Ceruti milik anda tidak mudah berubah bentuk. Insya Allah, di akhir artikel ini akan dijelaskan bagaimana cara merawat bahan kain Ceruti dengan benar.

Penting untuk diketahui, bahwa jangan sampai kain Ceruti ini tersangkut oleh benda-benda yang runcing, seperti paku, ujung jarum atau serat-serat kayu yang tajam. Jika hal itu terjadi, maka kain ini akan mudah tersangkut dan seratnya akan terburai karena terjerat oleh benda-benda tajam tadi.

Apakah bahan Ceruti mudah tersangkut oleh benda-benda runcing dan tajam? Iya tentu saja, karena kain ini memiliki serat yang longgar. Jadi akan memudahkan partikel-partikel yang kecil dan runcing tersangkut pada rongga-rongga serat kainnya.

Namun, pada dasarnya, kebanyakan kain pun kalau tersangkut oleh benda-benda tajam, maka akan mudah terburai seratnya, tanpa terkecuali bahan Ceruti ini. Mungkin dapat dikatakan bahan Ceruti-lah yang lebih riskan.

Mudah dicuci dan ringan

Sebagai kain yang berserat longgar dan tidak menyerap air, tentu bahan Ceruti adalah jenis kain yang mudah untuk dicuci. Disamping itu, anda akan merasa mudah untuk mengucek atau membilas bahan kain Crepe ini.

Kotoran-kotoran pun akan mudah hilang, karena seratnya longgar dan kotoran juga tidak mudah menempel pada permukaan kainnya.

Ketika membilas bahan Ceruti anda tidak akan banyak kehabisan tenaga, karena kain ini tidak menyerap air.

Oleh karena itu, ketika anda mengangkat kain Ceruti yang sudah direndam dari ember atau tempat pencucian, maka air-air pun dapat dengan mudah berjatuhan. Karenanya, proses membilas dan mencuci jadi ringan dan tidak menguras tenaga.

Mungkin, akan sangat berbeda ketika anda mencuci atau membilas bahan kain Linen yang notabene-nya menyerap air dan berserat yang rapat. Tenaga anda akan lebih banyak terkuras, karena kain Linen akan terasa berat ketika basah dan butuh tenaga ekstra untuk memeras kainnya. (Baca: Bahan kain linen seperti apa? Yuk kita ketahui keunggulan dan karakteristiknya).

Kain katun Supernova by Mizutex
Kain katun Supernova by Mizutex

Serat-serat benang tidak mudah terburai

Berbeda dengan bahan Supernova, kain Ceruti Crepe adalah jenis kain yang serat benangnya tidak mudah terburai. Anda dapat melihat kain ini dari jarak yang sangat dekat, maka anda tidak akan menemukan serabut-serabut serat yang terburai sebagaimana yang ditemukan pada bahan katun Supernova. (Baca: Bahan Supernova adalah kain katun berkualitas yang harganya murah).

Mudah disetrika dan tidak mudah kusut

Bahan Ceruti Crepe adalah kain yang sangat mudah disetrika, bahkan tanpa suhu setrika yang panas  sekalipun kain ini mudah untuk dihaluskan. Ingat, bahwa anda membutuhkan tingkat kehati-hatian yang ekstra ketika menyetrika bahan Ceruti Babydoll, karena kain ini tidak tahan panas.

Selain mudah untuk disetrika, bahan Ceruti juga tergolong jenis kain yang tidak mudah kusut. Lain halnya dengan bahan kain casual seperti Linen Euro, yang mana kain linen ini mudah sekali disetrika, namun mudah pula kusut. Bahan Linen Euro adalah bahan kain mudah kusut dan diperuntukkan bagi mereka yang menyukai gaya casual. (Baca: Mengenal bahan Linen Euro kain untuk kemeja pria dengan gaya casual).

Jenis bahan katun yang bagus dan ciri-cirinya dijelaskan lengkap disini
Bahan Linen Euro atau Linen Viscouse by Mizutex

Apa kekurangan bahan kain Ceruti yang wajib anda ketahui?

Setiap jenis kain tentu memiliki kelebihan dan keunggulan yang tersendiri, tanpa terkecuali bahan kain Ceruti Babydoll. Sebagai bahan kain yang murah, tentu saja yang namanya kekurangan pasti ada, apalagi ini adalah kain yang tipis. Disamping kelebihan-kelebihan bahan kain Ceruti sebagaimana yang telah kami sebutkan diatas, berikut ini ada beberapa kekurangan kain Ceruti yang patut untuk anda catat.

Tipis dan transparan

Inilah kekurangan bahan kain Ceruti yang pertama kali patut untuk disorot, yaitu tipis dan transparan. Jika untuk dijadikan sebagai bahan gamis atau jilbab 1 layer, maka bahan Ceruti ini tidak pantas. Karena, bahan kain ini sangat transparan.

Namun, ada juga yang mengatasi kekurangan ini dengan menjadikannya berlapis-lapis (multi-layer) sebelum dijadikan sebagai jilbab atau gamis. Adapun menurut kami, cara yang lebih efektif adalah dengan menambahkan kain furing.

Sebagaimana yang telah kami sebutkan sebelumnya, bahwa ada juga yang menjual kain Ceruti yang tidak transparan. Apakah itu benar?

Sejauh ini redaksi Mizutex hanya mengetahui bahwa yang namanya bahan Ceruti, khususnya Ceruti Babydoll atau Ceruti Diamond sekalipun adalah bahan kain yang sangat transparan.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya sebelum anda membeli bahan kain Ceruti agar ditanyakan terlebih dahulu apa jenis Ceruti yang dijual dan apakah Ceruti yang dijual transparan atau tidak.

Mudah diterpa oleh angin

Sebagai bahan kain yang ringan dan tipis, wajar jika bahan Ceruti mudah diterpa oleh angin. Berdasarkan kekurangan ini, mungkin ada sebagian orang merasa tidak nyaman menggunakan bahan kain Ceruti. Karena, nantinya pakaian tidak bisa memproteksi diri ketika diterpa angin.

Boleh jadi, ketika suatu kain tidak bisa memberikan memproteksi diri yang baik saat diterpa oleh angin, maka pakaian dari kain Ceruti akan membuat format tubuh kelihatan. Sehingga, kain Ceruti ini tidaklah ideal dan tidak disarankan untuk dijadikan sebagai jilbab dan gamis Syar’i.

Bisa dibayangkan, jika kain yang ringan dan mudah diterpa oleh angin dijadikan pakaian, boleh jadi pakaian akan mudah tersingkap atau melekat pada bahan.

Nah, demikianlah kekurangan kain Ceruti, sebagai kain dengan gramasi cukup rendah. Adapun jika anda berencana membuat gamis dari bahan Ceruti multi-layer, tentu saja akan merepotkan.

Kami lebih menyarankan menggunakan bahan katun Toyobo Fodu import premium atau Megumi Japan untuk membuat gamis Syar’i yang bagus dan ideal. (Baca:  Bahan Megumi seperti apa? Jenis kain berkualitas yang belum banyak orang tau).

Kain Megumi Ladies, bahan jilbab & gamis Syar'i yang tebal. Jenis kain untuk gamis dan jilbab Syar'i yang berkualitas beserta gambarnya.
Bahan Megumi Ladies Japan import, bahan jilbab & gamis Syar’i berkualitas by Mizute

Tidak tahan panas ketika disetrika

Pernah suatu ketika kami menyetrika bahan kain Crezia Crepe, yang masih satu keluarga dengan bahan kain Ceruti. Tanpa disadari, suhu setrika yang kami set mendekati batas maksimal yang biasanya hanya diperuntukkan untuk kain katun.

Baru saja kami tempelkan ke permukaan kain Crezia Crepe tersebut, tiba-tiba setrika pun lengket di permukaan kain dan kain Crezia Crepe kami langsung leleh. Walhasil, kain Crepe dengan tekstur seperti wajik itu pun menjadi rusak dan tak enak dipandang.

Demikianlah sekelumit pengalaman kami ketika menyetrika kain Crepe. Hal ini pun menjadi pelajaran penting buat anda agar tidak sembarangan dalam menyetrikan bahan kain Crepe.

Sangat disarankan, sebaiknya mengelompokkan jenis-jenis kain terlebih dahulu sebelum anda menyetrika. Kemudian, dahulukanlah kelompok-kelompok kain Crepe untuk disetrika lebih awal, sebelum jenis-jenis kain dari bahan katun dan linen yang mana keduanya adalah jauh lebih tahan terhadap panas.

Adapun bahan Ceruti adalah jenis kain Crepe yang lebih tipis daripada Crezia Crepe. Nah, jika bahan Crezia Crepe saja tidak tahan terhadap suhu setrika yang panas, maka terlebih bahan kain Ceruti.

Kabar baiknya adalah, bahwa karena Ceruti adalah kain yang tidak tahan terhadap suhu setrika yang panas, maka kain ini akan lebih mudah disetrika ketimbang bahan kain yang terbuat dari katun.

Sebagai bonusnya lagi, bahwa bahan kain Ceruti ini termasuk kain yang tidak mudah kusut. Namun, khusus pada bagian-bagian lipatan, baik yang pernah disetrika atau tidak, biasanya bekas lipatan bisa bertahan cukup lama.

Perlu menggunakan furing atau multi-layer

Inilah kekurangan kain Ceruti yang kadang-kadang tidak bisa ditolerir. Karena, jika hendak digunakan sebagai bahan gamis, maka perlu membeli bahan kain tambahan untuk dijadikan sebagai furing. Atau bisa juga membeli bahan kain Ceruti yang lebih banyak, sehingga bisa dibuat multi-layer.

Akan tetapi, kalangan Ummahat yang membeli bahan Ceruti Babydoll, biasanya hanya diperuntukkan sebagai bahan Burqah. Hal ini mengingat kain ini dapat menutupi kedua mata, namun tetap bisa memberikan daya pandang yang baik bagi penggunanya.

Bahan kain Ceruti Babydoll juga bisa dijadikan sebagai alternatif lain untuk bahan Burqah selain kain Sifon.

Perbedaan bahan kain Ceruti dan Sifon

Bahan kain Ceruti dan Sifon merupakan dua jenis kain transparan yang mirip, yaitu sama-sama tipis, ringan dan transparan. Perbedaannya terletak pada teksturnya, dimana kain Sifon tidaklah memiliki tekstur Crepe yang khas sebagaimana bahan Ceruti.

Dapat disimpulkan, bahwa kain Sifon adalah jenis kain yang mirip dengan Wolfis jika ditinjau dari segi teksturnya. Bahkan, ada juga yang menyimpulkan bahwa Sifon adalah kain Wolfis itu sendiri, namun dengan gramasi yang sangat tipis dan transparan.

Pendapat ini tidak salah, sebab memang betul bahwa Sifon itu sama saja seperti Wolfis. Hanya saja, Sifon itu kainnya sangat tipis dan transparan.

Adapun bahan Ceruti adalah kain yang tipis dan transparan seperti Sifon, namun kain Ceruti memiliki tekstur Crepe yang khas.

Jika ditinjau dari mutu dan kualitas mungkin dapat dikatakan kurang-lebih alias sama saja. Namun, jika ditinjau dari keunggulannya, mungkin bisa dibilang bahwa kain Ceruti lebih unggul, karena tekstur Crepe yang unik yang dimilikinya.

Jika ditinjau dari segi harga, biasanya Ceruti dihargai lebih mahal. Konon, kain Sifon biasa dijual 25.000/m, sedangkan kain Ceruti dijual sekitar 35.000/m.

Lumayan ‘kan perbedaannya?

Jadi, menurut anda, mana yang lebih prefer antara bahan Ceruti atau Sifon?

Perbedaan bahan kain Ceruti dengan kain Crepe lainnya

Setelah berbicara panjang lebar tentang apa itu kain Ceruti, ciri-cirinya, kelebihan dan kekurangannya, kini saatnya redaksi Mizutex ingin mengajak anda untuk membandingkannya dengan jenis Crepe lainnya. Patut untuk diinformasikan, bahwa kain Crepe ada banyak jenisnya dan setiap jenis kain Crepe punya keunggulan tersendiri.

Tidak jarang, beberapa jenis kain Crepe itu mirip secara tekstur dan karakteristiknya, namun ada beberapa step atau grade perbedaan secara mutu dan kualitas. Kali ini Mizutex akan memberikan beberapa perbandingan khusus bahan Ceruti Crepe dengan 2 jenis Crepe yang lainnya, Yaitu bahan Diamond Italiano dan Wollycrepe Premium.

Semoga sesi perbandingan yang disajikan oleh redaksi Mizutex ini bisa diambil manfaatnya oleh pembaca yang ingin belanja kain.

Peringatan: Bagi yang suka intip-intip artikel menarik yang dibuat oleh Mizutex untuk dikopas dan diterbitkan di social media-nya atau website-nya untuk tujuan komersial dan tanpa menyebutkan sumbernya dari Mizutex.com, siap-siap akan kami viralkan.

Jual bahan Diamond Italiano by Mizutex
Bahan Diamond Italiano by Mizutex

Perbedaan bahan kain Ceruti dan Diamond Italiano

Pertama-tama Mizutex ingin mengajak anda untuk membandingkan bahan Ceruti dengan jenis Crepe Diamond atau dikenal juga dengan nama Diamond Italiano.

Nah, bahan Diamond Italiano ini adalah salah satu jenis Crepe yang juga populer di kalangan pecinta kain Crepe. Tekstur crepe yang dimiliki oleh bahan Diamond Italiano ini dapat dikatakan mirip, namun dengan perbedaan kontur yang cukup signifikan.

Adalah kontur pada bahan Diamond Italiano lebih jelas dan lebih terasa ketika diraba. Lebih dari itu, bahan Diamond Italiano juga tergolong kain yang sangat transparan. Namun, tidak seperti bahan Ceruti, karena serat kain Diamond itu sedikit lebih padat.

Ditinjau dari segi karakteristik bahan kainnya, Diamond Italiano juga tergolong kain yang ringan, mudah diterpa angin, jatuh dan cukup melar.

Karakteristik yang terakhir itulah yang membuat bahan Diamond Italiano menjadi sangat berbeda dengan Ceruti. Yaitu, bahwa kain Diamond adalah kain yang melar dan elastis, namun grade elastisitasnya masih di bawah bahan Crezia Crepe.

Patut diinformasikan pula, bahwa daya lentur yang dimiliki oleh kain Diamond Italiano adalah bersifat horizontal alias dua arah. Lebih tepatnya, bahwa arah melar kain Diamond ini searah (menuju ke arah) panjang kain, bukan lebar kain (150cm).

Ditinjau dari ketebalan bahan dan gramasi kain, dapat disimpulkan bahwa antara bahan Ceruti dan Diamond Italiano adalah sama.

Perbedaan antara bahan Diamond Italiano dan Ceruti dapat diringkas pada tabel berikut ini:

Jenis CrepeKarakteristikKontur KainElastisitasKetebalan/Gramasi
Ceruti BabydollRingan, jatuh, tipis dan sangat menerawang.Seperti crepe atau kulit jeruk, kontur gentle.Sedikit melar, 2 arah (horizontal) dan grade minimal.Tipis dan ringan
Diamond ItalianoRingan, jatuh, tipis dan menerawang.Seperti crepe atau kulit jeruk dan seperti kulit keriput, kontur cukup jelas.Cukup melar, 2 arah (horizontal) dan grade medium.Tipis dan ringan
Crezia CrepeRingan, jatuh, agak tipis dan cukup menerawang.Seperti diagram wajik persegi empat, kontur jelas.Sangat melar, 4 arah dan grade maksimum.Tidak tipis dan cukup ringan.
Tabel dibuat oleh Mizutex.com pada 4 Juni 2020
Note: Bahan Crezia Crepe sebagai variabel kontrol.

Bahan Wollycrepe itu apa? Ciri dan keunggulannya yang harus anda tau
Bahan Wollycrepe Premium by Mizutex

Perbedaan bahan kain Ceruti dan Wollycrepe

Setelah membandingkan bahan kain Ceruti Babydoll dengan kain Diamond Italiano dan Crezia Crepe, kini saatnya redaksi Mizutex mengajak anda untuk membandingkannya dengan Wollycrepe Premium. Perlu diingat kembali, bahwa perbandingan yang kami lakukan ini berpatokan pada produk kain crepe yang dijual oleh Mizutex. Dan telah diketahui, bahwa jenis-jenis bahan kain di Mizutex adalah jenis kain yang mutu dan kualitasnya baik.

Tidak menutup kemungkinan, anda akan mendapatkan beberapa hal yang sangat kontras dan berbeda jika anda membandingkannya di toko kain yang lain.

Jika ada yang bertanya, mengapa Mizutex perlu untuk membandingkan antara bahan Ceruti dan Wollycrepe Premium?

Jawabannya adalah sederhana: Karena hingga saat ini keduanya adalah jenis kain crepe yang banyak dipakai dan ditanyakan oleh netter. Disamping itu, masih banyak pengguna internet yang dibingungkan dengan banyaknya penjelasan di internet terkait kedua jenis kain ini.

Supaya tidak mendapatkan informasi yang salah atau informasi yang tidak akurat (yang banyak bertebaran di dunia maya), oleh karena itu Mizutex berkomitmen untuk memberikan informasi yang lebih tepat terkait kedua kain ini.

Patut untuk disebutkan pula, bahwa bahan Wollycrepe juga termasuk jenis kain crepe. Namun, kali ini teksturnya adalah lebih halus dibandingkan dengan jenis crepe yang lainnya. Grade kontur yang dimilikinya juga nyaris tidak terlihat dan kalau diraba halus tak terasa. Rabaannya empuk, keset dan tidak licin. (Baca: Bahan Wollycrepe itu apa? Ciri dan keunggulannya yang harus anda tau).

Kain Wollycrepe ini terasa lebih empuk dan lebih halus daripada bahan Ceruti atau Diamond Italiano. Jika ditarik pun tidak akan melar dari dan ke berbagai sisi.

Kain Wollycrepe Premium juga terkesan lebih kokoh daripada bahan Ceruti, serta tidak begitu transparan.

Ditinjau dari segi gramasi dan ketebalan kain, sudah barang tentu bahan Wollycrepe Premium adalah lebih berat dan sedikit lebih tebal.

Bahan Wollycrepe Premium sebenarnya lebih mirip dan serupa jika dibandingkan dengan Wolfis dan pembahasan ini telah dijabarkan secara panjang lebar pada artikel Mizutex tentang Perbedaan bahan Wolfis dan bahan Wollycrepe yang harus anda ketahui.

Agar lebih mudah membandingkan antara bahan kain Ceruti Crepe dan Wollycrepe Premium, berikut ini Mizutex menyajikan detail keduanya melalui tabel berikut:

Jenis CrepeKarakteristikKontur KainElastisitasKetebalan/Gramasi
Ceruti BabydollSangat ringan, jatuh, tipis dan sangat menerawang.Seperti crepe atau kulit jeruk, kontur gentle.Sedikit melar, 2 arah (horizontal) dan grade minimal.Tipis dan sangat ringan
Wollycrepe PremiumRingan, jatuh, tidak tipis dan agak menerawang.Tekstur mirip bahan Wolfis, namun dengan perpaduan kontur crepe.Tidak melar dari berbagai arah.Tidak tipis dan ringan
Tabel dibuat oleh Mizutex.com pada 4 Juni 2020

Cara merawat bahan kain Ceruti

Bahan kain Crepe merupakan jenis kain dengan kontur yang unik dan menarik. Masing-masing kain Crepe memiliki tingkat ketahanan yang berbeda-beda berdasarkan jenis Crepenya. Bahan Ceruti Babydoll sendiri adalah jenis kain Crepe yang paling rentan mengalami kerusakan jika tidak dijaga dan dirawat dengan baik.

Berikut ini tips perawatan bahan kain Ceruti yang harus anda ketahui agar pakaian anda lebih awet dan serat-serat Crepe pada kain Ceruti tetap terlihat bagus. Tips perawatan ini juga berlaku untuk jenis kain Crepe yang lainnya secara umum.

Redaksi Mizutex telah merangkum secara singkat tentang bagaimana merawat bahan kain Ceruti Crepe yang baik dan benar, sebagaimana berikut:

Menghindari penggunaan mesin cuci

Menghindari penggunaan mesin cuci ketika mencuci bahan Ceruti Babydoll adalah keputusan yang bijak. Alasannya adalah, agar pakaian dari bahan Ceruti tidak mudah kusut dan tidak menggumpal dengan pakaian yang lainnya. Hal ini jika dibiarkan akan membuat serat-serat kain Ceruti akan tertarik kuat, sehingga membuatnya mudah rusak atau rapuh.

Mungkin, ketika anda mencuci dengan mesin cuci, anda akan mencampur cucian anda dengan berbagai jenis pakaian. Mungkin ada celana, sprei, sarung bantal atau handuk. Adapun bahan Ceruti jika dibandingkan dengan item-item cucian yang telah disebutkan tadi, tentu Ceruti adalah pakaian yang kainnya paling rapuh.

Bisa dibayangkan jika bahan Ceruti dicampur dalam 1 kali penggilingan, tentu ia akan menggumpal atau terjerat dengan jenis kain-kain yang lain sehingga membuat serat-seratnya menjadi kusut, rusak atau dapat pula menjadi longgar.

Jika memang harus menggunakan mesin cuci, kami menyarankan anda menggunakan mesin cuci bukaan depan dengan mode soft atau mode hijab. Sehingga pakaian dalam tabung mesin cuci tidak “digiling” dalam torsi yang sangat kuat dan cepat.

Sangat disarankan agar anda mencuci pakaian bahan Ceruti secara manual saja, agar serat-serat kainnya yang longgar tidak mudah rusak atau berubah bentuk.

Tidak menggunakan sikat manual untuk membersihkan noda

Agar pakaian bahan Ceruti dapat lebih awet, tidak disarankan pula menggunakan sikat manual ketika membersihkan noda yang membandel. Jika hal ini tetap anda lakukan, tidak bisa tidak, serat-serat kain Crepe pada bahan Ceruti akan mengalami kerusakan dan susunan benangnya dapat mengalami perubahan.

Sebagai jenis kain yang memiliki banyak celah, tentu ujung-ujung sikat yang anda gosok pada permukaan kain Ceruti dapat tersangkut dan dapat memaksa satu-persatu serat benangnya putus. Jika hal ini terjadi, maka pakain dari bahan Ceruti akan terlihat tidak bagus. Bahkan, boleh jadi kain Ceruti milik anda akan bolong atau lama kelamaan akan mudah robek.

Menggunakan deterjen cair

Agar memudahkan anda dalam proses pencucian, disarankan agar menggunakan deterjen cair yang saat ini mudah ditemukan di minimarket atau supermarket. Deterjen cair telah dipercaya dapat mengangkat kotoran lebih mudah dibandingkan dengan deterjen serbuk.

Rendamlah pakaian anda dengan menggunakan air yang telah dicampur dengan deterjen cair sekitar 10-15 menit. Setelah itu, anda dapat dengan mudah mengucek dan membersihkan kotoran yang membandel pada pakaian anda dengan mudah tanpa butuh tenaga ekstra.

Hanya dengan kekuatan yang gentle atau ringan, kotoran-kotoran yang sulit dibersihkan akan dengan mudah dapat diangkat. Terlebih, bahan Ceruti adalah jenis kain yang memiliki serat yang longgar, tentu mengucek kain ini tidaklah merepotkan.

Perlu diingat, bahwa harap baca petunjuk penggunaan deterjen cair sesuai dengan yang tertera pada kemasan produk yang anda beli. Sebaiknya, tidak merendam pakaian melebihi batas waktu yang telah ditentukan (misalnya lebih dari 6 jam). Sebab, hal ini dapat membuat pakaian anda menjadi lebih rapuh atau mudah sobek.

Jika dalam situasi darurat dan anda tidak bisa menemukan deterjen cair, solusi lain yang dapat kami sarankan adalah dengan menggunakan sabun mandi batang (non-cair).

Caranya, gosokkanlah secara perlahan sabun mandi batang ke permukaan pakaian yang terdapat noda membandel. Setelah itu, cobalah anda mengucek bagian tersebut secara gentle dan sedikit lebih kuat, hingga noda-noda membandel dapat dihilangkan secara sempurna.

Peras pakaian dengan kekuatan ringan

Agar susunan serat dan keutuhan serat bahan kain Ceruti tetap terjaga, sebaiknya tidak memeras bahan Ceruti terlalu kuat. Cukup dikibaskan secara perlahan atau peras pakaian anda secukupnya saja sekedar untuk mengurangi kadar air pada pakaian. Harap jangan memaksa diri anda untuk menggunakan tenaga ekstra dalam memeras pakaian dari bahan Ceruti.

Bahan Ceruti tidaklah seperti bahan Linen atau katun, dimana seratnya cukup rentan rusak atau berubah bentuk ketika anda memerasnya secara berlebihan.

Bahan Ceruti adalah bahan kain yang tidak bersifat menyerap air dan serat-seratnya juga terbilang longgar-longgar. Oleh karena itu, ketika anda mengentaskan bahan kain Ceruti dari rendaman air, tentu saja partikel-partikel air akan mudah jatuh dan pakaian akan lebih cepat kering.

Tidak menjemur di bawah terik matahari secara langsung

Hampir dapat dikatakan bahwa seluruh jenis kain, baik crepe, katun, linen, sutra, batik dan polyester sekalipun, tidak disarankan untuk dijemur dibawah terik matahari secara langsung. Khusus untuk bahan kain Ceruti Babydoll, seharusnya anda tidak perlu risau berapa lama pakaian anda akan mengering jika tidak dijemur dibawah terik matahari.

Sebagai kain yang tipis dan transparan, tentu saja bahan kain Ceruti akan lebih cepat kering, dikarenakan seratnya yang longgar, tembus pandang, serta tidak menyerap air.

Oleh karena itu, anda tidak perlu menjemur bahan Ceruti dibawah terik matahari secara langsung. Cukup diletakkan di luar ruangan dengan sirkulasi udara yang baik, maka pakaian dari bahan Ceruti akan cepat kering.

Jangan lupa untuk membentangkan pakaian dari bahan Ceruti ketika anda menjemurnya. Upayakan tidak ada bagian-bagian yang terlipat atau saling bertumpuk. Tujuannya adalah agar pakaian anda bisa “bernafas” dan mudah kering meskipun tidak dijemur dibawah terik matahari.

Menjemur kain di bawah terik matahari secara langsung, tentu saja dapat merusak komposisi warna yang dimiliki oleh setiap jenis bahan kain. Jika anda tidak ingin hal ini terjadi pada pakaian kesayangan anda, harap hindari cara menjemur pakaian seperti ini.

Dimana bisa mendapatkan bahan kain Ceruti Babydoll?

Apakah anda menyukai penjabaran bahan kain Ceruti Babydoll yang disajikan oleh Mizutex? Apakah anda merasa tertarik untuk mendapatkan bahan kain Ceruti?

Jika demikian halnya, saat ini anda sudah berada di tempat yang tepat. Karena Mizutex juga telah menyediakan bahan kain Ceruti Babydoll yang bermutu dan berkualitas bagi pembaca yang berminat untuk membeli. Spesifikasi bahan kain Ceruti yang kami jual adalah sebagaimana deskripsi yang telah kami jabarkan pada artikel ini.

Mizutex menjual bahan kain Ceruti dengan harga yang relatif murah, yaitu 35.000/m dengan asumsi lebar kain adalah 150 cm.

Selain menjual bahan kain Ceruti Babydoll, redaksi Mizutex juga menjual aneka bahan Crepe lainnya seperti Moscrepe Premium, Arabian Crepe, Amunzen Crepe dan Wollycrepe Premium.

Jika anda ingin membeli bahan kain yang lebih bagus dari jenis bahan kain Crepe, kami juga menyediakan bahan premium lainnya seperti bahan Toyobo Fodu import premium dan bahan Megumi Japan import. Silahkan mengunjungi Daftar Produk kami untuk mendapatkan keterangan dan pilihan produk yang lebih lengkap.

Akhirnya, kita telah sampai pada ujung pembahasan kita tentang bahan Ceruti Babydoll. Semoga artikel tentang Bahan kain Ceruti Babydoll seperti apa, serta bagaimana ciri-ciri dan karakteristiknya secara detail dapat memberikan penjelasan yang gamblang dan dapat diambil manfaatnya. Jika anda berminat untuk berbelanja bahan kain di Mizutex, segera hubungi admin dan dapatkan penawaran harga menarik sekarang juga. [Rizal]

Artikel Terkait: