Mizutex.com — Belum lama ini telah hadir bahan kain terbaru di katalog produk Mizutex, namanya adalah Megumi. Bagi yang belum familiar dengan kain gamis Syar’i yang satu ini, mungkin masih bertanya-tanya seperti apa bahan Megumi tersebut? Langsung saja redaksi hadirkan Bahan Megumi seperti apa? Jenis kain berkualitas yang belum banyak orang tau.

Sebagai bocorannya, bahwa bahan Megumi ini aslinya adalah produk yang sudah lama beredar. Namun, dengan membawa nama Amira. Seiring berkembangnya jenis bahan kain, lambat laun kain Amira tenggelam dan sulit untuk didapatkan di sejumlah suplier.

Padahal, peminatnya cukup banyak, terutama bagi Ummahat yang suka dengan jenis bahan kain gamis Syar’i yang lembut, jatuh dan tidak nerawang. Amira adalah rekomendasi terbaik.

Menurut perkiraan redaksi Mizutex, dengan masih banyaknya peminat bahan Amira, oleh karena itu salah satu pabrik ingin memanfaatkan momentum. Akhirnya, hadir kembali jenis kain cloning dari kain Amira, namun dengan nama yang berbeda, yaitu Megumi.

Produksi bahan kain saat ini memang sudah seperti itu perhelatannya. Namanya juga tidak ada hak paten terhadap setiap kreasi hasil tenun bahan kain, jadi setiap pabrik bisa bebas memproduksi kain apapun, asalkan nama tidak boleh sama. Kalau sama atau plesetan, itu namanya produk KW.

Setiap pabrik biasanya juga selalu ingin produk kainnya tidak sama dengan cloningnya dan berupaya menghadirkan kualitas yang lebih baik. Misalnya pada bahan kain dari keluarga Crepe atau keluarga Balotelly.

Baca:  Jenis bahan kain Crepe itu apa aja? Penjelasan dan gambarnya lengkap.
Baca: Perbedaan bahan kain Balotelli yang belum diketahui banyak orang

Bahan Megumi seperti apa?

Bahan Megumi adalah jenis bahan kain yang adem, halus, jatuh dan tidak nerawang. Bahan Megumi sangat direkomendasikan untuk jilbab dan gamis Syar’i. Karena sepesifikasi bahan kain ini sangat ideal dengan ketebalan kain yang pas.

Bahan Megumi adalah jenis kain yang mirip sekali dan bahkan dapat dikatakan sama dengan kain Amira. Namun, dengan kualitas yang masih berada diatas kain Amira. Jika dibandingkan dengan bahan katun Toyobo, agak lebih tebal Megumi. Namun jangan salah, dan jangan pula menyangka kalau bahan Megumi ini berat. Sama sekali tidak ya…

Karakteristik bahan Megumi

Masih penasaran dengan bahan Megumi? Asal tau aja, Megumi ini karakteristiknya adem, tidak bikin gerah, kainnya jatuh, halus dan lembut. Jenis kain ini bukanlah jenis katun, jadi masih ada sisi yang mungkin kalah dibanding bahan katun, misalnya katun Toyobo Original.

Karena, bahan katun itu bersifat menyerap keringat, sedangkan Megumi sebagai kain yang bukan katun tentu tidak menyerap keringat.

Keunggulan yang dimiliki oleh Megumi ini adalah tebal dan tidak menerawang. Sangat ideal jika diperuntukkan untuk bahan jilbab dan gamis Syar’i.

Rekomendasi untuk jilbab dan gamis Syar’i
Dua bahan kain premium: Katun Exclusive (biru telur asin) dan Megumi Japan (tosca). Foto by Mizutex

Kain Megumi ini juga tergolong tidak mudah kusut, sehingga tidak terlalu menjadi masalah kalau pas lagi ga sempat menyetrika gamis. Hmmm… maklum ya, menyetrika gamis itu perlu perjuangan ekstra dibandingkan baju yang ukurannya mini.

Ohya, kain Megumi ini menurut saya cocoknya hanya untuk para ladies dan tidak cocok untuk gentleman. Sebab itulah, nama jenis kain ini adalah Megumi Ladies, jadi target audiensnya adalah untuk ledies, bukan gentleman.

Alasan sederhananya, mungkin dikarenakan karakteristik dan tampilan bahan kainnya yang lebih kearah feminim. Berbeda dengan bahan katun Toyobo yang lebih universal, cocok buat semua kalangan.

Mirip seperti kain Amira

Sebagaimana seperti yang saya singgung sebelumnya, bahwa kain Megumi ini memang mirip dengan kain Amira. Atau lebih tepatnya adalah sama persis. Hampir tidak bisa dibedakan. Jadi, lebih baik dikatakan bahwa bahan Megumi ini adalah cloning dari kain Amira. Namun, dengan seabreg peningkatan kualitas.

Perbandingan Megumi dan Amiral. Foto Mizutex
Perbandingan bahan kain Megumi dan Amiral. Foto by Mizutex

Antara kedua kain Amira dan Megumi memiliki perbedaan secara kualias yang signifikan. Sehingga, harga jualnya tentu ada perbedaan dan lumayan terasa.

Pada kain Amira yang dulu pernah beredar, harganya berkisar 50.000/m sampai 55.000/m. Sedangkan untuk kain Megumi ini harganya bisa sampai 60.000/m.

Lumayan bukan?

Namun, jangan terlalu khawatir dan jangan terlalu lama dipikir-pikir, karena kualitasnya sangat sebanding dengan harganya. Sudah banyak pelanggan Mizutex yang membuktikannya, bahkan sampai ada yang mendapat pujian karena menggunakan gamis dari kain Megumi.

Perbandingan Megumi dan kain Amira

Agar lebih marem ketika membahas kain Megumi, redaksi Mizutex mencoba untuk mendeskripsikan dan menjelaskan perbedaan antara Megumi dan Amira. Perbandingannya bisa dibedakan dari beberapa aspek berikut ini:

Ketebalan bahan kain: Dari segi ketebalan bahan kain, setelah diteliti dengan baik dapat dikatakan, bahwa Megumi dan Amira memiliki ketebalan yang sama. Tidak ada perbedaan ketebalan kain yang signifikan atau kurang lebih sama saja.

Kelembutan bahan kain: Ditinjau dari segi kelembutan, sudah mulai terasa perbedaannya. Kain Megumi terasa lebih halus dan lembut dibanding kain Amira. Kalau untuk yang masih awam dengan bahan kain, mungkin tidak terlalu teliti untuk membedakannya. MUngkin baru menyadari perbedaannya saat sudah dipakai untuk jilbab atau gamis. Adapun bagi yang sudah sering berinteraksi dengan kain, mungkin dapat dengan cepat memberikan kesimpulan bahwa Megumi adalah kain yang lebih lembut dan halus dibandingkan kain Amira.

Kelenturan bahan kain: Kalau ditinjau dari segi kelenturan bahan kain. Kedua-duanya adalah sama-sama tidak lentur alias tidak melar. Tapi kalau ditinjau dari segi kadar flowy-nya, Megumi ini sifatnya lebih jatuh dibandingkan kain Amira. Disamping itu, pada kain Amira, jika diperhatikan dengan seksama, akan terasa sedikit lebih kaku dibandingkan Megumi.

Perbandingan Megumi dan Toyobo Original

Membandingkan jenis kain yang berbeda material bahan, tentu bukanlah hal yang elok untuk dibicarakan. Namun, jika hanya bertujuan untuk edukasi, insya Alloh tidak apa-apa.

Bagi sebagian pembeli online, informasi ini cukup peting untuk bahan komparasi ketika hendak membeli bahan yang ideal untuk busana mereka. Terutama untuk tenaga medis atau untuk kondisional tertentu.

Perbedaan antara kain Megumi dan katun Toyobo cukup banyak jika diinjau dari berbagai sisi. Oleh karena itu, Mizutex tidak akan mengupas secara mendetail, akan tetapi hanya pada hal-hal yang pokok saja.

Perbandingan Megumi dan katun Toyobo Original. Foto Mizutex
Perbandingan bahan kain Megumi dan katun Toyobo Original. Foto by Mizutex

Pada intinya, kedua bahan kain ini sama bagusnya dan masng-masing memiliki kelebihan sendiri-sendiri.

Jika ditinjau dari segi material, kain Megumi bukanlah bahan dari serat alami seperti katun Toyobo. Sehingga, kain Megumi ini tidak menyerap keringat, sedangkan katun Toyobo adalah jenis kain yang menyerap keringat.

Kelebihan bahan baju yang terbuat dari kain yang menyerap keringat, adalah tidak bikin bau badan dan dapat mencegah pertumbuhan bakteri bau badan. Bagi yang mudah berkeringat, mungkin katun Toyobo lebih cocok bagi mereka. (Baca: Bahan katun Toyobo seperti apa? Jenis kain istimewa yang patut diketahui).

Akan tetapi, bahan Megumi ini adalah kain yang sangat breathable (mendukung untuk sirkulasi udara yang baik), sehingga bahan Megumi ini kainnya adem meskipun digunakan untuk baju kurung seperti setelah jilbab dan gamis Syar’i.

Tak perlu ragu dengan kenyamanan bahan Megumi untuk jilbab dan gamis Syar’i. Karena kainnya adem dan tidak bikin gerah lhoo

Sehingga, masih ada ruang untuk khiyar bagi yang kesemsem sama jenis kain yang jatuh ini (Megumi).

Megumi adalah jenis kain karakteristiknya jatuh dan tidak mudah kusut. Berbeda dengan bahan katun Toyobo. Sebagai jenis kain katun, meskipun kainnya ringan, namun tentu tidak jatuh seperti Megumi dan biasanya mudah kusut.

Meskipun katun Toyobo ini adalah jenis katun yang kualitasnya unggul dan karakteristiknya lumayan jatuh dan tidak tebal, tapi tetap saja kalah dibandingkan Megumi. Nah, itu kalau ditinjau dari segi sifat kainnya.

Ditinjau dari kualitasnya, pada dasarnya imbang-imbang saja dan untuk perkara ini bukanlah masalah yang besar.

Kain Megumi Ladies, bahan jilbab & gamis Syar'i yang tebal
Kain Megumi Ladies, bahan jilbab & gamis Syar’i yang berkualitas by Mizutex

Adapun dari segi ketebalan kain, memang Megumi terasa lebih tebal dibandingkan katun Toyobo. Perlu diingat, bahwa ketebalan kain disini tidak bisa disimpulkan bahwa Megumi lebih awet dibanding katun Toyobo.

Mungkin, pada sebagian orang, ada yang tidak suka dengan kain Megumi ini. Alasannya, karena terasa agak berat dibandingkan katun Toyobo. Akan tetapi, bagi sebagian orang lagi, bahan Megumi ini masih dalam batasan yang wajar dan tidak tergolong berat.

Kesimpulannya, manakah jenis kain yang lebih baik antara bahan Megumi dan katun Toyobo?

Jawabannya adalah tergantung pada tujuan dan kebutuhan masing-masing pihak. Pada dasarnya, keduanya memiliki keunggulan tersendiri. Dan kedua-duanya adalah jenis bahan kain yang kualitasnya bagus, adem, halus, tidak licin dan tidak bikin gerah. (Baca: Mengenal bahan Moscrepe lebih dekat dan seperti apa penjelasannya secara detail).

Bahan kain Megumi itu adalah kain yang berkualitas

Demikianlah, sekelumit penjelasan yang dapat saya sajikan untuk anda yang sedang penasaran dengan bahan kain Megumi. Semoga dapat memberikan gambaran yang jelas dan gamblang. Jika anda sedang mencari referensi bahan kain, termasuk bahan Megumi, maka anda sudah berada di tempat yang tepat. Silahkan menghubungi admin Mizutex.com untuk mendapatkan penawaran harga terbaik. [Rizal]