Mizutex.com – Siapa sih yang tidak kenal dengan bahan kain katun Rayon yang sangat adem dan lembut? Jika anda pernah menggunakan mukena dari bahan katun yang sangat ringan dan jatuh atau pernah membeli selimut Bali, maka itulah bahan Rayon. Jenis bahan katun yang satu ini memang tidak perlu lagi diragukan kualitasnya. Kain katun Rayon biasanya digunakan untuk bahan mukena dan selimut. Berikut ini adalah penjelasan eksklusif dari redaksi Mizutex tentang Bahan Rayon seperti apa? Anda akan terkejut betapa adem & lembutnya kain ini.

Pada kesempatan kali ini, kami juga ingin memperkenalkan kepada anda tentang bahan katun Rayon Premium sebagaimana yang telah dijual oleh Mizutex. Dan sebelum menjabarkan bagaimana karakteristik dan keunggulan kain katun Rayon Premium, tidak ada salahnya jika kita mempelajari dahulu tentang kain Rayon pada umumnya.

Bahan Rayon seperti apa?

Bahan Rayon adalah jenis kain katun yang sangat ringan, sangat adem, halus dan lembut. Bahan katun Rayon merupakan diantara jenis bahan katun yang tipis dan biasanya diperuntukkan sebagai bahan mukena dan selimut. Jika anda masih bingung seperti apa bahan Rayon yang ada di sekitar anda, maka cobalah melihat selimut Bali.

Selimut Bali adalah selimut yang biasanya terbuat dari kain Rayon. Selimut ini pun telah diakui bahwa kainnya adem, halus, lembut dan ringan. Pada kedua ujung selimut Bali biasanya terdapat rumbai-rumbai benang yang diberi simpul-simpul kecil.

Nah, secara umum, seperti itulah gambaran bahan katun Rayon.

Bahan Rayon panas atau tidak?

Bahan Rayon adalah jenis kain yang sangat adem, halus, dingin dan lembut. Bahan Rayon sangat nyaman ketika bersentuhan dengan kulit, bahkan terasa sangat lembut sekali. Biasanya, bahan Rayon digunakan untuk selimut, mukena dan baju kemeja santai. Perlu diketahui, bahwa saat ini ada banyak beredar jenis Rayon versi murah yang tipis dan menerawang, sehingga kurang ideal jika untuk dijadikan sebagai mukena atau kemeja.

Bahan Rayon adalah jenis kain katun yang sangat adem dan lembut


Kain katun Rayon Super seperti apa?

Rayon Super adalah jenis katun Rayon Premium yang kualitasnya lebih baik daripada Rayon versi murah. Serat kain Rayon Super adalah lebih tebal dan tidak menerawang, bahkan kualitas dan ketahanan kainnya lebih baik daripada versi murah. Anda bisa mendapatkan katun Rayon kualitas super di Mizutex.com

Ciri-ciri dan karakteristik bahan Rayon yang patut diketahui

Ciri-ciri utama katun Rayon adalah ringan, tipis dan serat kainnya jika dilihat dari jarak dekat akan sangat rapat dan rapi. Karakteristik kain Rayon adalah sangat jatuh, lembut, dingin dan nyaman di kulit.

Dikarenakan kain Rayon adalah jenis kain katun, sudah otomatis kain ini menyerap keringat dan nyaman untuk dipakai di wilayah tropis.

Perlu untuk disebutkan, bahwa kain Rayon secara umum adalah tipis dan agak menerawang, kecuali bahan Rayon Premium yang dijual oleh Mizutex. Bahan Rayon Premium memiliki kerapatan serat yang sangat baik, sehingga tidak akan menerawang, meskipun tingkat ketebalannya hampir sama dengan Rayon versi murah.

Keunggulan kain katun Rayon

Keunggulan yang dimiliki kain katun Rayon adalah sangat banyak, namun juga disertai beberapa kekurangan yang perlu untuk dicatat. Selaku bahan kain yang ringan dan adem, Rayon tentu menjadi pilihan terbaik untuk bahan mukena “instan”.

Pada umumnya, Muslimah yang suka bepergian atau safar, merasa perlu untuk membawa mukena sendiri dari rumah. Selain karena kebersihan mukena akan lebih terjamin, kenyamanan saat melaksanakan ibadah Shalat juga bisa lebih mudah untuk dicapai.

Kain katun Rayon sangat “instan” dan praktis, karena kainnya tidak terlalu tebal dan jika dilipat-lipat bisa menjadi sangat kecil. Sehingga praktis untuk dibawa.

Artinya, tidak terlalu membebani anda saat bepergian kemana-mana, apalagi bagi yang tidak suka membawa barang-barang yang berat di dalam tasnya.

Tidak hanya diperuntukkan bagi yang suka bepergian, namun ada banyak juga para Muslimah yang membeli mukena dari bahan Rayon untuk digunakan sendiri di rumah. Alasannya, karena kain Rayon sangat nyaman dipakai, kapanpun dan dimanapun.

Keunggulan kain katun Rayon semakin terasa, ketika kita hendak mencuci baju atau mukena dari bahan kain ini. Yang namanya juga kain ringan, tentu tidak akan menyulitkan kita dalam mengucek, membilas atau mengeringkannya.

Kain katun Rayon memang praktis untuk digunakan dan praktis juga dalam proses pencuciannya. (Baca: Bahan katun yang bagus apa aja? Berikut ini jenis dan ciri-cirinya dijelaskan lengkap).

Bahan Rayon adalah jenis kain katun yang sangat adem dan lembut
Bahan Rayon Premium adalah kain yang ringan by Mizutex

Kekurangan bahan Rayon

Memang, bahan kain Rayon memiliki banyak keunggulan sebagaimana yang telah Mizutex sebutkan diatas. Dan meskipun kain Rayon menjadi salah satu jenis kain yang sangat direkomendasikan untuk dibeli, namun tidak ada salahnya jika kita pelajari beberapa poin kekurangan yang dimilikinya.

Kain Rayon ini karakteristiknya sangat jatuh dan tipis, oleh karena itu kain ini tidak cocok untuk digunakan sebagai baju, apalagi untuk baju gamis dan digunakan di luar rumah. Memang, kalau hanya untuk mukena sudah pantas, bagus dan banyak yang suka.

Akan tetapi, perlu diingat, bahwa ketika memakai mukena biasanya seorang muslimah sudah memakai baju atau gamis. Sehingga, meskipun mukena yang dipakai adalah mukena dari bahan Rayon, maka tetap aman-aman saja alias tidak akan tembus pandang.

Kain katun Rayon ketika dipakai untuk baju, maka akan dengan mudah membentuk format tubuh. Terutama jika berkeringat, bahan Rayon ini mungkin dapat dengan mudah menempel di badan.

Adapun jika bahan Rayon digunakan untuk kemeja formal, mungkin juga kurang pantas. Dikarenakan kerah pada kemeja akan terlihat lemas, tidak rapi dan mudah kusut. Padahal, kemeja formal biasanya menggunakan bahan katun yang agak kaku, sehingga kerah baju akan terlihat bagus dan lebih rapi. (Baca: 9 bahan baju koko berkualitas yang harus anda ketahui).

Seumpama kerah pada kemeja bahan Rayon ini diberi vinyl agar terkesan kaku, mungkin justeru tidak akan cocok dan agak aneh. Bisa tidak match dengan karakteristik kainnya yang jatuh dan lemas.

Pernah juga punya kemeja berbahan Rayon. Kainnya nyaman ketika dipakai dan bahannya sangat halus. Namun, harus rajin-rajin menyetrika sehingga selalu tampak rapi.

Menurut kami, kemeja dari bahan Rayon cocok digunakan untuk acara dan kegiatan yang bersifat non-formal atau untuk liburan.

Kekurangan kain Rayon yang lainnya adalah kainnya yang tipis, bahkan pada beberapa produk tertentu kain Rayon terkesan menerawang. Tetapi, jika anda mau mencoba bahan Rayon Premium yang dijual oleh Mizutex, kami yakin anda akan suka.

Karena Rayon Premium dari Mizutex adalah halus, lembut, tidak terlalu tipis dan tidak menerawang.

Sebagai kesimpulannya, bahwa bahan Rayon ini adalah kain yang tipis dan sangat jatuh. Sehingga tidak diperuntukkan sebagai bahan baju gamis atau jilbab untuk Muslimah. Karena, dapat dengan mudah membentuk format tubuh.

Sebagai alternatifnya, anda bisa memilih bahan katun Toyobo Original atau bahan Megumi Ledies. Keduanya adalah jenis bahan kain import Japan. (Baca: Bahan kain Toyobo seperti apa? Jenis katun istimewa yang patut diketahui).

Bahan Rayon adalah jenis kain katun yang sangat adem dan lembut
Pilihan warna Rayon Premium by Mizutex

Mengapa memilih kain katun Rayon?

Alasan utama yang membuat orang memutuskan untuk membeli kain Rayon adalah karena harganya yang murah dan kualitasnya yang bagus. Dengan harga yang berkisar antara 35.000/m sampai 40.000/m anda sudah bisa mendapatkan kain katun Rayon di toko-toko kain kesayangan anda.

Jika anda membeli jenis kain yang harganya sama dengan Rayon, mungkin belum tentu bisa mendapatkan tingkat keademan dan kehalusan yang sama. Dan hingga saat ini pun cukup sulit untuk mendapatkan jenis kain yang murah, adem, ringan dan halus seperti kain katun Rayon.

Bahan katun Rayon Premium

Sebagaimana yang telah disinggung sebelumnya, bahwa kain katun Rayon Premium adalah jenis kain Rayon yang adem, halus, jatuh dan tidak menerawang. Rayon Premium memiliki spesifikasi yang sangat baik dan lebih direkomendasikan daripada kain Rayon versi murah.

Terdapat peningkatan kualitas pada serat kain Rayon Premium. Dimana serat kainnya lebih kuat, lebih rapat dan tentunya akan lebih awet.

Kain katun Rayon Premium juga sangat jatuh dan cocok untuk digunakan sebagai bahan mukena atau selimut Bali. Bahan katun premium ini juga pantas untuk digunakan sebagai pakaian atau baju setelan untuk anak-anak. Khususnya untu bayi yang masih berumur kurang dari 1 tahun.

Perbedaan yang dapat dirasakan antara kain Rayon Premium dan Rayon versi murah adalah dari segi ketebalan kain, kepadatan serat kain, kualitas dan tingkat keawetannya.

Ima Polos
Bahan katun Ima Polos import by Mizutex

Perbandingan Rayon Premium dan Ima Polos

Kali ini, redaksi Mizutex ingin mencoba mengadakan studi komparasi antara kain katun Rayon Premium dan Ima Polos import Japan. Kedua kain ini adalah sesama jenis bahan katun dan keduanya juga merupakan jenis bahan katun yang harganya terbilang murah.

Ada beberapa kesamaan yang dimiliki oleh kain katun Rayon Premium dan Ima Polos sehingga pantas untuk dibandingkan.

Dengan adanya perbandingan ini pula, anda bisa lebih mantap untuk menentukan pilihan jenis kain yang sesuai dengan kebutuhan anda. Atau, setidaknya bisa memberikan wawasan yang lebih kepada pengunjung setia website Mizutex.com. (Baca: Mengenal bahan katun Ima berkualitas dan seperti apa ciri-cirinya).

Perbandingan berikut ini akan ditinjau dari beberapa aspek krusial, sebagaimana berikut:

Ditinjau dari segi ketebalan kain: Rayon Premium adalah terkesan lebih tebal daripada Ima Polos. Disamping itu, Rayon Premium terkesan lebih mantab untuk dipegang, karena kainnya tidak terlalu ringan. Oleh karena itu, dapat diperkirakan bahwa gramasi Rayon Premium bisa dibilang lebih berat.

Ditinjau dari segi kerapatan kain: Rayon Premium memiliki kerapatan serat kain yang lebih baik dan tidak menerawang. Sedangkan bahan Ima Polos terkesan agak menerawang.

Untuk membuktikannya, anda bisa meletakkan sumber cahaya dibalik kedua kain ini. Maka, anda akan menyaksikan bahwa Rayon Premium yang dijual oleh Mizutex adalah tidak menewarang.

Ditinjau dari tingkat kelembutan kain: Setelah dilakukan perbandingan dengan seksama, dapat disimpulkan bahwa Rayon Premium sedikit lebih lembut daripada Ima Polos. Rayon Premium lebih halus dan lebih adem daripada Ima Polos. Padahal, telah kita mengetahui, bahwa kualitas katun Ima Polos import Japan sangat baik sebagaimana katun Toyobo Original. Namun, kali ini kita harus mau mengakui bahwa Rayon Premium terasa lebih lembut kainnya.

Ditinjau dari tingkat elastisitas kain: Rayon Premium dan bahan katun Ima Polos, kedua-duanya adalah jenis bahan kain yang tidak elastis dari berbagai sisi.

Perbandingan bahan Rayon Premium dan bahan Wolfis Premium

Setelah membandingkan katun Rayon Premium dan Ima Polos, kini saatnya redaksi Mizutex akan mencoba membandingkannya dengan kain Wolfis. Pertanyaannya, mengapa kita perlu membandingkan Rayon Premium dan Wolfis?

Jawabannya adalah, karena kedua kain ini memiliki karakteristik yang hampir sama. Yaitu ringan dan jatuh. Sedangkan selebihnya ada beberapa perbedaan yang cukup krusial dan perlu untuk dicatat. Oleh karena itu, kami merasa perlu untuk membandingkan keduanya.

Perlu diketahui, bahwa jenis Wolfis yang Mizutex gunakan sebagai acuan pada studi komparasi kali ini adalah jenis Wolfis Premium.

Studi komparasi antara bahan Rayon Premium dan bahan Wolfis Premium juga berguna bagi anda yang masih belum punya gambaran sama sekali tentang bahan Rayon Premium ini.

Studi komparasi ini akan ditinjau dari beberapa aspek krusial, sebagaimana berikut:

Ditinjau dari segi ketebalan kain: Pada sesi ini bisa dibilang cukup sulit untuk mendapatkan kesimpulan akhir. Karena, tingkat ketebalan Rayon Premium dan Wolfis Premium hampir sama. Namun, setelah dicoba beberapa metode praktis dan tanpa alat pengukur, bisa disimpulkan bahwa Wolfis Premium terkesan lebih tebal daripada bahan Rayon Premium.

Hal ini bisa dibuktikan dengan melipat kedua kain tersebut sebanyak 2 layer, kemudiannya menekannya dan keduanya dibandingnya. Maka, akan diperoleh hasilnya bahwa bahan Wolfis Premium terkesan lebih tebal.

Mengacu pada hal tersebut, dapat diperkirakan juga bahwa bahan Wolfis Premium terkesan lebih berat dan bahan Rayon Premium terkesan lebih ringan.

Ditinjau dari segi kerapatan kain: Setelah mencoba untuk diterawang dan membandingkannya dengan seksama, dapat disimpulkan bahwa bahan Wolfis Premium memiliki tingkat kerapatan serat kain yang lebih baik.

Terkait dengan tingkat kerapatan serat bahan Wolfis Premium yang sangat baik, hal ini telah dipaparkan secara mendetail pada artikel Mizutex tentang bahan Wolfis Premium. (baca: Bahan Wolfis itu apa? Inilah keunggulannya yang harus anda ketahui).

Dalam artikel tersebut dijelaskan, bahwa Wolfis Premium memiliki tingkat kepadatan serat yang sangat baik, sehingga tidak menerawang. Namun, lain halnya dengan bahan Wolfis murah yang seratnya longgar-longgar dan kainnya tembus pandang.

Ditinjau dari tingkat kelembutan kain: Kali ini dapat dipastikan bahwa Rayon Premium lebih unggul daripada bahan Wolfis Premium. Hal ini adalah wajar, karena Rayon Premium adalah jenis kain yang terbuat dari serat alami tanaman kapas atau katun. Sedangkan bahan Wolfis Premium terbuat dari 100% polyester. Oleh karena itu, sudah sepantasnya jika Rayon Premium akan lebih unggul.

Ditinjau dari tingkat elastisitas kain: Rayon Premium dan bahan Wolfis Premium, kedua-duanya adalah jenis bahan kain yang tidak elastis dari berbagai sisi.

Bahan katun Rayon Premium by Mizutex
Bahan katun Rayon Premium by Mizutex

Dimana dapat membeli Rayon Premium berkualitas?

Saat ini, untuk mendapatkan bahan Rayon sangatlah mudah. Pasalnya, sudah banyak toko-toko kain yang menyediakan bahan kain katun ini. Anda bisa dengan mudah mendapatkan kain Rayon di toko-toko kain di kota anda.

Adapun untuk Rayon Premium, mungkin masih jarang yang menjualnya. Dikarenakan belum banyak yang menyadari betapa unggulnya bahan Rayon Premium.

Disamping itu, bagi sejumlah toko kain offline, mungkin merasa agak kesulitan menjual kain katun Rayon Premium. Selain karena harganya yang lebih mahal, jangkauannya juga kurang tepat jika hanya mengandalkan pengunjung yang datang ke toko secara langsung.

Alhamdulillah, kini sudah ada Mizutex.com yang menyediakan kain katun Rayon Premium berkualitas dan bisa dikirim ke berbagai kota dan pelosok. Anda dapat menghubungi admin Mizutex untuk mendapatkan penawaran harga terbaik.

Mengambil artikel dan foto wajib mencantumkan nama Mizutex.com. Mengapa setiap gambar atau artikel Mizutex yang di-copy wajib menyertakan nama Mizutex.com
Mengambil artikel dan foto wajib mencantumkan sekurang-kurangnya “Sumber dari Mizutex.com”.

Sudahkah anda memiliki bahan Rayon Premium berkualitas?

Bahan Rayon Premium adalah bahan katun berkualitas yang sangat direkomendasikan oleh Mizutex. Arahannya adalah untuk baju setelan anak, mukena, baju bayi dan selimut. (Baca: Mengapa setiap gambar atau artikel Mizutex yang di-copy wajib menyertakan nama Mizutex.com?).

Bagi pengunjung Mizutex yang menyukai artikel dan foto-foto kami, serta ingin mempergunakannya untuk tujuan komersial (mendapatkan uang), dipersilahkan untuk meng-copy dengan catatan harus menyebutkan “Sumber dari Mizutex.com” sebagai bentuk tanggung jawab intelektual.

Bahan Rayon Premium masih tergolong murah dengan kualitas yang sangat memuaskan. Serat kainnya rapat dan tidak menerawang. Sedangkan, karakteristiknya adalah halus, lembut dan adem sekali. Jika anda berminat untuk mendapatkan Rayon Premium, silahkan menghubungi kontak Mizutex segera. Terima kasih telah membaca artikel Mizutex tentang, Bahan Rayon seperti apa? Anda akan terkejut betapa adem & lembutnya kain ini. Akhir kata, Yuk beli bahan Rayon Premium di Mizutex, karena ada harga murah untuk pembelian dalam jumlah besar. [Rizal]

Artikel Terkait: