Mizutex.com – Sebagai jenis kain yang paling populer, sangat wajar jika banyak yang bertanya-tanya tentang apa itu bahan Wolfis. Karena, bahan kain ini sudah lazim dicari orang dan diakui memiliki harga yang sangat terjangkau. Tentunya, dengan spesifikasi bahan kain yang cukup baik. Berikut tim Mizutex.com akan mengupas secara singkat tentang Bahan Wolfis itu apa? Inilah keunggulannya yang harus anda ketahui.

Bahan Wolfis itu apa?

Bahan Wolfis atau Woolpeach adalah kain yang tidak dibuat dari serat campuran, baik dari sutra maupun katun, sebagaimana asumsi keliru yang banyak beredar. Oleh karena itu, keunggulan bahan Wolfis pada dasarnya masih berada di bawah kain katun maupun sutra. Bahan Wolfis merupakan jenis kain yang terbuat dari 100% polyester.

Wolfis atau nama aslinya Woolpeach, merupakan bahan kain yang memiliki karakteristik yang lembut, halus, jatuh dan tidak bikin gerah. Tekstur kainnya cukup halus dan serat kain yang dimilikinya hampir tidak terlihat. Bagi yang awam dengan jenis-jenis kain, mungkin untuk pertama kalinya sulit mengenali kain Wolfis.

Namun, uniknya kebanyakan orang justeru mengenal kain Wolfis untuk pertama kali sebelum jenis kain yang lainnya.

Dikarenakan harganya yang ekonomis, wajar jika bahan Wolfis menjadi pilihan nomor 1 untuk produksi busana muslimah. Selain juga murah dan ringan, Wolfis merupakan kain yang tidak transparan, meskipun ia tergolong jenis kain yang tipis.

Wolfis menjadi bahan yang paling lazim digunakan oleh konveksi untuk membuat jilbab dan gamis Syar’i. Alasannya, karena Wolfis memiliki karakteristik kain yang cukup baik dengan harga yang sangat terjangkau. (Baca:  Bahan Woolpeach berkualitas seperti apa? Berikut penjelasannya lengkap).

Detail serat Wolfis
Detail serat bahan kain Wolfis

Bahan Wolfis bukan dari campuran sutra atau katun

Perlu ditekankan kembali, bahwa kain Wolfis ini bukanlah seperti apa yang dikira oleh kebanyakan orang. Sebagaimana informasi yang terlanjur beredar, bahwa Wolfis dianggap sebagai kain yang dibuat dari serat campuran sutra atau katun atau yang lainnya. Padahal hal ini tidaklah benar. Mizutex telah menjabarkan persoalan ini pada artikel khusus, Benarkah bahan Wolfis terbuat dari campuran sutra, katun dan sintetis?

Ciri bahan Wolfis

Secara tekstur, Wolfis memang tidak memiliki ciri khas tersendiri seperti kain Balotelli dengan tekstur garis-garisnya.  Atau seperti kain Bubble Crepe dengan tekstur seperti kulit jeruk yang kasat mata. Sedangkan tekstur Wolfis ini tidak terlalu nampak dan tidak memiliki ciri yang khas. Jika diraba, akan terasa cukup halus, agak tipis, namun tidak menerawang.

Sebagaimana yang telah kami singgung sebelumnya, bahwa Wolfis bukanlah kain yang terbuat dari serat katun. Oleh karena itu, jangan membandingkan kualitasnya dengan jenis-jenis kain katun. Betul, kalau kain Wolfis ini ketika digunakan memang tidak bikin gerah, tapi juga tidak bisa diberi predikat kain yang sangat adem sebagaimana ademnya kain katun. (Baca: Apa itu kain katun, asal-muasal dan proses pembuatannya?).

Bahan Wolfis itu seperti apa?

Bahan Wolfis atau Woolpeach adalah kain yang tidak dibuat dari serat campuran, baik dari sutra maupun katun, sebagaimana asumsi keliru yang banyak beredar. Oleh karena itu, keunggulan bahan Wolfis pada dasarnya masih berada di bawah kain katun maupun sutra. Bahan Wolfis merupakan jenis kain yang terbuat dari 100% polyester. Jenis kain Wolfis yang beredar di pasaran secara garis besar ada 2 jenis; Wolfis Premium dan Wolfis versi ekonomis (murah). Bahan Wolfis premium dan Wolfis murah seperti apa? Yuk kita ketahui perbedaannya.

Bahan Woolpeach (Wolfis) Premium by Mizutex


Apakah bahan Wolfis itu bagus?

Pertanyaan ini masih terbilang relatif, sebab kain Wolfis itu sendiri memiliki grade kualitas yang sangat banyak. Menurut redaksi Mizutex, pada umumnya bahan Wolfis adalah kain yang bagus dan murah. Karakteristinya juga halus, ringan dan jatuh. Namun, perlu hati-hati dengan Wolfis harga murah-meriah dengan kualitas rendah. Karena, selain serat kainnya tidak rapat dan menerawang, namun juga ketika diraba terasa kasar dan panas.


Bahan Wolfis apakah menyerap keringat?

Kain Wolfis bukanlah jenis kain dari bahan katun, bahkan ia terbuat dari 100% polyester. Oleh karena itu, bahan Wolfis tidaklah memiliki daya serap yang baik terhadap keringat sebagaimana bahan katun. Namun, bukan berarti pula bahwa kain Wolfis itu panas. (Baca: Bahan katun yang bagus apa aja? Berikut ini jenis dan ciri-cirinya dijelaskan lengkap).

Keunggulan bahan Wolfis

Keunggulan Wolfis cukup banyak jika ditinjau dari segala sisi. Diantaranya yang paling penting adalah harganya yang terbilang ekonomis, dengan spesifikasi kain yang cukup memuaskan. Dengan demikian, banyak usaha konveksi jilbab dan gamis Syar’i yang mengandalkan Wolfis untuk produk mereka.

Walhasil, produk-produk gamis yang dibuat dari kain Wolfis bisa dijual dengan harga yang terjangkau. Sehingga dapat memberikan daya tarik tersendiri bagi pembeli.

Sebagai perbandingan saja, sebenarnya ada jenis kain yang tidak kalah bagusnya dengan Wolfis. Yaitu kain katun Supernova, yang terbuat dari serat alami (serat katun) dengan harga yang sama-sama murah dengan Wolfis. (Baca: Bahan Supernova adalah kain katun berkualitas yang harganya murah).

Keunggulan kain Wolfis yang lainnya adalah karakter kainnya yang jatuh dan ringan. Tidak seperti kain katun, yang mungkin bagi sebagian orang dirasa kurang jatuh. Terutama pada jenis kain katun Linen. Akan tetapi, masing-masing jenis kain punya keunggulan tersendiri. Banyak juga saat ini jenis kain katun yang karakteristiknya jatuh.

Bahan Supernova adalah kain katun berkualitas yang harganya murah
Bahan kain katun Supernova murah berkualitas by Mizutex

Kekurangan bahan Wolfis

Kalau dari segi kekurangan Wolfis, mungkin setiap orang memiliki persepsi masing-masing. Adapun versi redaksi Mizutex, kekurangan Wolfis adalah terletak pada kualitas kain yang tidak sebagus kain katun.

Karena, sensitifitas dan rabaan orang mungkin agak berbeda, ada yang menilai bahwa Wolfis terasa gerah ketika dipakai. Terutama pada sebagian orang yang tidak cocok menggunakan bagan kain sintetis seperti Wolfis.

Wolfis (Woolpeach) 100% Polyester
Wolfis (Woolpeach) 100% Polyester

Selain itu, pada beberapa produk keluaran tertentu, ada yang menjual bahan Wolfis dengan kualitas yang tidak bagus, bahkan transparan sekali. Oleh karena itu, anda harus pandai memilih dimana tempat yang menjual bahan Wolfis dengan kualitas yang baik.

Mengapa bisa demikian? Hal ini tidak lain, dikarenakan kain Wolfis ini tidak dibuat oleh 1 pabrik saja. Sehingga anda akan mendapatkan perbedaan kualitas bahan Wolfis pada beberapa toko kain yang anda kunjungi.

Bahkan, mungkin tidak jarang ketika anda membeli bahan kain Wolfis di lain waktu, kualitasnya berbeda ketika anda pertama kali membeli. Meskipun di toko yang sama.

Mengenai hal ini, sebaiknya anda tidak perlu khawatir lagi. Karena kini sudah banyak pabrikan yang bisa memproduksi kain Wolfis dengan kualitas yang baik dan rabaan yang cukup adem di kulit. Akan tetapi, bahan Wolfis yang kualitasnya superior, sangat langka dan jarang yang komitmen untuk menjualnya secara berkesinambungan.

Di lain sisi, umumnya pembeli mencari kain Wolfis dilandasi oleh alasan untuk mendapatkan harga yang paling murah. Sedangkan bahan Wolfis yang kualitasnya superior dihargai sedikit lebih mahal.

Pilihan warna bahan Wolfis yang sangat variatif

Pilihan warna yang sangat variatif, bisa dianggap sebagai kelebihan kain Wolfis atau sekaligus sebagai kekurangannya. Warna kain Wolfis pada seri yang lama, biasanya akan berbeda dengan warna pada seri yang baru.

Katalog warna by Mizutex
Katalog warna kain Wolfis meteran dan roll an by Mizutex

Jika anda membeli kain Wolfis di toko yang sama dan di waktu yang berbeda, mungkin akan sulit untuk mendapatkan warna yang sama seperti ketika anda pertama kali membeli. Sebagaimana diketahui, bahwa rumah produksi kadang-kadang diharuskan untuk mendapatkan warna yang sama berdasarkan permintaan pembeli.

Tidak jarang, anda juga akan menemukan perbedaan kontras warna untuk bahan Wolfis, meskipun pada warna-warna basic seperti hitam, navy, maroon, mocca dan coklat.

Namun, jika pilihan warna yang variatif adalah alasan utama anda untuk membeli bahan kain, maka Wolfis merupakan pilihan yang tepat bagi anda. Kerena hampir dapat dikatakan bahwa, Wolfis memiliki varian warna yang lengkap. Akan tetapi, anda jangan kaget kalau kualitasnya mungkin berbeda-beda untuk setiap warna, atau kontras warna akan sedikit berbeda jika sudah berbeda gulungan (roll). Karena seperti itulah kain Wolfis. (Baca: Mengapa setiap gambar atau artikel Mizutex yang di-copy wajib menyertakan nama Mizutex.com?).

Wolfis premium vs Wolfis murah

Perlu diketahui lagi, bahwa Wolfis itu grade kualitasnya berbeda-beda. Sebenarnya, tidak hanya dua ini saja, namun ada beberapa varian. Misalnya Jasmine, Miracle, Monalisa dan lain-lain. Dan kesemuanya adalah Wolfis.

Oleh karena itu, tidak elok kalau membanding-bandingkan harga antar satu toko dengan toko yang lainnya, tanpa mengetahui wujud bahan kainnya secara langsung.

Secara garis besar, ada Wolfis premium, ada Wolfis murah. Perbedaannya sangat mencolok ya ummah.

Daftar kain jilbab dan gamis by Mizutex
Wolfis premium (pink) dan Wolfis murah (peach) by Mizutex

Wolfis Premium adalah jenis kain Wolfis yang karakteristiknya jatuh, halus dan tidak transparan. Berbeda halnya dengan Wolfis murah, yang karakteristiknya jatuh, halus namun seratnya longgar dan transparan.

Perbedaannya nyata sekali ketika dibandingkan secara bersamaan dan aktual. Jadi, jangan keburu berkesimpulan Wolfis di tetangga lebih murah, sedangkan Wolfis di sebelah kemahalan. Padahal belum membandingkan secara langsung. (Baca: Bahan Wolfis premium dan Wolfis murah, yuk kita ketahui perbedaannya).

Catatan tambahan untuk kekurangan kain Wolfis

Sebenarnya, masih ada lagi catatan lain untuk kekurangan Wolfis yang patut untuk diketahui, yaitu kainnya yang agak tipis.

Memang, kalau dibandingkan dengan Siffon, Ceruti atau katun Ima dan katun Supernova sekalipun, kainnya masih tebal Wolfis. Akan tetapi, menurut hemat redaksi Mizutex, kain Wolfis kalau untuk dijadikan sebagai jilbab dan gamis Syar’i masih kurang ideal, jika ditinjau dari sisi kualitas dan kenyamanannya. Kami sangat merekomendasikan bahan Megumi Ladies import Japan (Baca: Bahan Megumi seperti apa? Jenis kain berkualitas yang belum banyak orang tau).

Karena sifat kainnya yang agak tipis dan jatuh itulah, Wolfis terkadang masih membentuk lekuk tubuh pada gerakan tertentu, meskipun dengan size yang longgar. Terutama untuk gerakan membungkuk atau duduk. Padahal, ‘kan kebanyakan rumah produksi jilbab dan gamis Syar’i mengandalkan bahan kain yang satu ini.

Berbeda halnya dengan katun Toyobo, yang kainnya memang jatuh, namun tidak terlalu jatuh sebagaimana Wolfis. Sehingga dengan size yang longgar tidak terlalu membentuk lekuk tubuh. (Baca: Bahan katun Toyobo seperti apa? Jenis kain istimewa yang patut diketahui).

Kain katun Toyobo FODU impor premium
Kain katun Toyobo FODU import premium

Bagaimana cara mengenali kain Wolfis?

Supaya lebih jelas tentang kain Wolfis, terutama yang sedang mencari referensi bahan kain, berikut ini redaksi Mizutex akan mencoba memberikan gambaran singkat bagaimana mengenali bahan Wolfis.

Bagi yang belum pernah melihat dan meraba langsung kain Wolfis, mungkin bisa diingat-ingat lagi dulu ketika masih PKL (praktek kerja lapangan). Biasa kain ini dijadikan bahan untuk rok warna hitam punya anak-anak PKL. Meskipun tidak semuanya, tapi beberapa kali ketemu yang namanya seragam PKL, biasanya untuk bawahannya manggunakan kain Wolfis.

Bahan Wollycrepe itu apa? Ciri dan keunggulannya dijelaskan disini
Wolfis (mocca, magenta dan biru), Wollycrepe (hijau), foto: Mizutex.

Bahan Wolfis itu apa? Inilah keunggulannya yang harus anda ketahui

Demikianlah beberapa poin yang dapat Mizutex jabarkan untuk menjelaskan tetang kain Wolfis. Sebagai jenis kain yang paling populer, harga terjangkau dan spesifikasi kain yang cukup baik. Sebagai informasi tambahan, ternyata ada juga jenis bahan kain yang adem dan halus meskipun bukan dari jenis kain katun. Karakteristiknya juga jatuh seperti Wolfis, namun jauh lebih bagus lagi. Mizutex menyebutnya bahan “Megumi Ladies”. (Baca: Bahan Megumi seperti apa? Jenis kain berkualitas yang belum banyak orang tau).

Bagi pengunjung Mizutex dipersilahkan untuk mengcopy artikel kami dengan catatan harus menyebutkan sumbernya dari Mizutex.com sebagai tanggung jawab intelektual.

Jika anda ingin mencari referensi membeli kain Wolfis dengan kualitas yang baik, insya Alloh sekarang anda berada di tempat yang tepat. Mizutex adalah suplier kain online yang menjual aneka jenis kain polos berkualitas. Belanja kain disini anda akan dapat harga yang murah. Silahkan hubungi admin Mizutex untuk mendapatkan penawaran menarik. [Rizal]