Mizutex.com – Sebagian orang belum tau bedanya antara katun Jepang dan katun Toyobo. Jadi, ga jarang terjadi salah kaprah kalau membicarakan kedua kain katun ini. Padahal sudah jelas beda antara katun Jepang dan katun Toyobo impor dari Jepang.

Sebenarnya, katun Toyobo adalah kain katun yang asli diimpor dari Jepang, itulah mengapa kain ini dinamakan Toyobo Ori (Original from Japan). Sedangkan katun Jepang yang biasa kita kenal dengan labelnya Japan Design, adalah kain katun yang diproduksi oleh pabrik lokal yang mendapat lisensi dari Jepang.

Adapun penjelasan lebih lengkap tentang bahan katun Toyobo telah saya jabarkan pada artikel, “Bahan katun Toyobo seperti apa? Jenis kain istimewa yang patut diketahui

Jual katun Toyobo asli impor Jepang

Jual katun Toyobo asli impor Jepang

Japan Design, sebagai brand katun Jepang yang paling tenar di Indonesia, ternyata pabriknya ada di Bekasi dan nama perusahaannya adalah PT. Tokai Textprint Indonesia.

Mengapa kain katun Jepang tidak diimpor langsung dari Jepang?

Mengapa nama kain yang kita kenal katun Jepang itu pabriknya justeru ada di Indonesia dan kainnya tidak impor langsung dari Jepang?

Padahal, yang namanya orang Indonesia, kalau bukan barang imporan langsung, ada yang suka ragu dengan kualitasnya.

Nah, pertanyaan diatas pada dasarnya sama dengan pertanyaan, “Kenapa sepatu-sepatu mahal seperti Adidas dan Reebok tidak diimpor langsung dari negara asalnya?”

Jawabannya sederhana.

Kalau mesti impor dari negaranya langsung, sementara konsumen di Indonesia dan wilayah Asia sangat banyak, mereka akan banyak kena bea cukai yang besar.

Sehingga, secara hitungan ekonomis, biaya akan membengkak, keuntungan mereka akan semakin menipis dan harga produk menjadi lebih mahal.

Masyarakatpun jadi enggan untuk membeli.

Oleh karena itu, lebih simpelnya, mereka buat pabriknya di Indonesia untuk penjualan di wilayah Indonesia dan Asia.

Kasus ini juga hampir sama dengan produk minuman ion Pocari Sweat. Minuman ini dikenal sebagai minuman ion produksi dari Jepang. Padahal, minuman ini dibuat di pabrik lokal yang mendapatkan lisensi dari Jepang.

Karakteristik katun Jepang dan katun Toyobo

Secara kualitas kedua kain ini sama saja, walaupun perbedaan harganya cukup siginifikan. Katun Toyobo terbilang lebih mahal daripada katun Jepang produksi lokal. Sedangkan jika dinilai dari spesifik, kedua kain ini memiliki keunggulan masing-masing.

Disini, saya melakukan perbandingan katun Japan Design yang dikompair dengan katun Toyobo.

Katun Jepang bisa dibilang sebagai kain katun yang lebih lembut dan nyaman dikulit, dari pada katun Toyobo. Secara sepintas, rabaannya ga terlalu beda jauh.

Namun, kalau dirasakan lebih seksama, katun Jepang tekstur seratnya lebih nyaman. Sedangkan Toyobo terasa halus, licin.

Katun-jepang-motif-&-polos,-jual-bahan-kain-meteran-maupun-grosir

Katun Jepang dari label Japan design

Umumnya, katun Jepang dikenal dengan motifnya yang menarik dan variatif, sementara katun Toyobo kebanyakan yang beredar polos.

Katun Toyobo kainnya ringan dan tidak kaku, namun jenis kainnya juga tidak jatuh. Sedangkan katun Jepang kainnya memang agak kaku, tapi masih wajar dan nyaman dipakai.

Secara visual, katun Jepang warnanya tidak mengkilap seperti katun Toyobo yang rabaannya sedikit lebih licin. (Baca: Jual kain katun Toyobo asli impor dari Jepang).

Overall, kedua kain ini sama bagusnya dan sama ademnya. Kualitasnya juga sama. Tinggal anda lebih suka yang mana dan disesuaikan dengan kebutuhannya. Mungkin persepsi setiap orang berbeda ketika membandingkan kedua katun ini.

Mengetahui karakteristik kedua kain ini cukup penting, selain juga agar tidak mudah dibohongi oleh penjual yang nakal.

Demikian komparasi sederhana yang dapat saya gambarkan kepada anda untuk membedakan antara katun Jepang dan katun Toyobo impor dari Jepang. Artikel ini juga sebagai sharing ilmu dari tim Mizutex.com kepada pembaca semua. Barangkali setelah tau bedanya dan spesifikasi kainnya membuat anda berminat untuk membeli kain ini. Kabar baiknya, selalu ada harga murah di Mizutex.com. So, buat apa ragu beli disini?