Manfaat madu asli (organic raw honey) untuk kesehatan yang harus anda ketahui

Mizutex.com — Setiap orang tentu sangat menyukai madu, terlebih madu yang lezat dan masih segar yang dipanen dari sarang lebah (Organic Raw Honey). Kali ini, redaksi Mizutex ingin berbagi informasi menarik tentang manfaat madu asli untuk kesehatan.

Madu adalah makanan yang mengandung aneka zat gizi seperti karbohidrat , protein, asam amino, vitamin, mineral, dekstrin, pigmen tumbuhan, dan komponen aromatik.

Bahkan dari hasil penelitian ahli gizi dan pangan, madu mengandung karbohidrat yang paling tinggi di antara produk ternak lainnya; susu, telur, daging, keju, dan mentega. Yaitu sekitar 82,3% lebih tinggi.

Setiap 100 gram madu murni bernilai 294 kalori. Dengan kata lain, tiap 1000 gram madu murni setara dengan 50 butir telur ayam atau 5,675 liter susu atau 1680 gram daging. Dari hasil penelitian terbaru didapat bahwa zat-zat atau senyawa yang ada di dalam madu sangatlah kompleks, yaitu mencapai 181 jenis .

Manfaat madu asli untuk kesehatan apa saja?

Manfaat madu asli adalah sangat banyak dan beragam, khususnya adalah madu asli yang berkualitas dan dipanen langsung dari sarang tanpa melalui proses produksi. Madu jenis ini disebut juga dengan madu organik, madu mentah atau Organic Raw Honey.

Manfaat madu asli untuk kesehatan dapat dirasakan dari berbagai jenjang usia, mulai dari balita, anak-anak, remaja, dewasa lansia dan bahkan sangat baik bagi ibu hamil dan menyusui. Diantara manfaat madu yang patut anda ketahui adalah sebagaimana berikut:

Bagi Janin: Madu adalah sangat baik bagi ibu dan janin. Madu juga dapat memperkuat janin yang lemah dalam kandungan (rahim).

Ibu Hamil: Madu dapat membantu menjaga stamina dan kesehatan selama mengandung bayi. Selain itu, madu merupakan sumber gizi yang sangat baik untuk mendukung pertumbuhan janin selama dalam kandungan .

Balita: Madu akan sangat membantu mendukung perkembangan otak bayi. Apakah anda tau, bahwa setiap harinya, otak bayi terus berkembang sampai dengan usia 5 tahun. Oleh karena itu, bayi sangat membutuhkan dukungan gizi dan nutrisi yang cukup untuk pertumbuhan yang lebih baik. Pertumbuhan dan perkembangan otak seorang anak sangat terkait dengan kecerdasan pikiran (IQ) dan kecerdasan mental (EQ). Perlu untuk diingat, sebaiknya bayi mulai diberikan madu organik jika usia sudah lebih dari 1 tahun.

Anak-anak: : Madu membantu meningkatkan nafsu makan dan menambah asupan nutrisi. Sebagai seorang anak yang aktif dalam belajar, bermain dan bereksplorasi, mereka sangat membutuhkan nutrisi yang lengkap. Pasalnya, mereka sangatlah aktif dan oleh karenanya harus memiliki asupan nutrisi yang memadai. Jika asupan nutrisi anak baik, maka seorang anak tumbuh sehat, lincah, riang dan tidak mudah sakit.

Remaja: Pertumbuhan pada seorang remaja sangatlah pesat. Oleh karena itu, keberadaan madu adalah sangat penting. Gizi yang terdapat pada madu dapat mendukung pertumbuhan semakin sempurna.

Dewasa: Tingkat kelelahan dan pekerjaan yang menumpuk mengakibatkan stress yang terus berkelanjutan. Hal ini dapat membuat tubuh menjadi lemah dan mudah sakit. Setiap orang memiliki tingkat stress dan beban kerja yang berbeda-beda, demikian pula kebutuhan asupan nutrisi setiap orang pun berbeda-beda. Madu adalah makanan terbaik yang mudah diserap dan dicerna oleh tubuh, dengan demikian orang dewasa dapat memulikah energi mereka setelah berlelah-lelah dengan segera. Kandungan nutrisi yang lengkap pada madu juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh orang dewasa.

Lanjut Usia: Lansia adalah umur ketika tubuh sudah mulai melemah dan sulit untuk mencerna makanan. Pada usia senja, biasanya seseorang sudah mulai banyak pantangan. Alhamdulillah, madu adalah asupan nutrisi yang pada umumnya dapat dikonsumsi oleh kaum lansia. Sebagai makanan terbaik, madu sangat diperlukan bagi manula. Sebab, madu adalah sumber energi dan gizi yang dapat diserap langsung oleh tubuh. Ketika organ pencernaan sudah mulai menurun kemampuannya, maka mengkonsumsi madu secara rutin adalah cara yang terbaik untuk tetap sehat di usia senja.

Mengapa madu asli sangat kaya akan manfaat?

Madu adalah cairan kental yang dihasilkan oleh lebah madu dari nektar (cairan manis yang ada di dalam bunga). Madu mengandung banyak nutrisi dan gizi yang lengkap. Madu juga mengandung sejumlah mineral penting seperti magnesium, kalium, kalsium, natrium dan lain-lainnya. Selain itu, madu juga memiliki kandungan vitamin yang lengkap, diantaranya adalah vitamin A, C, B1, B2, B6 dan B3 yang komposisinya berubah-ubah sesuai dengan kualitas dan jenis nektar madu.

Setelah menjabarkan tentang apa saja manfaat madu asli untuk kesehatan, kali ini akan disebutkan diantara alasan mengapa madu adalah “makanan” yang sangat baik untuk dikonsumsi, sebagaimana poin-poin berikut ini:

Membantu pembentukan sel darah merah.Dapat mencegah kerusakan dan penyempitan pembuluh darah atau aterosklerosis.Madu memiliki kandungan yang dapat membunuh bakteri, baik untuk pencernaan maupun ketika dioleskan ke kulit.Madu mengandung antiseptik sehingga mampu mengobati luka luar. Luka menjadi steril setelah mendapat pengobatan dengan menggunakan madu.Madu mengandung antibiotik yang aktif melawan serangan berbagai patogen penyebab penyakit batuk, demam, infeksi saluran pernafasan.Madu sebagai antioksidan yang baik, sehingga dapat menurunkan resiko terjadinya kanker.Madu dapat menguatkan jantung.Glukosa yang terkandung di dalam madu baik untuk tubuh dan menjadi sumber tenaga bagi otot dan jantung.Mengatasi sakit lambung dan pencernaan, meskipun terasa perih pada tahap awal mengonsumsi madu.Dan masih banyak lagi manfaat madu yang baik bagi tubuh manusia.

Dapatkan sekarang! Madu Organik Premium di Katalog Mizutex

Apa saja kandungan istimewa yang terdapat dalam madu asli?

Manfaat yang luar biasa pada madu asli tidak bisa dipungkiri karena kandungan nutrisinya yang istimewa, oleh karenanya sangat baik untuk kesehatan. Taukah anda, bahwa madu memiliki komponen kimiawi yang memiliki efek koligemik yakni asetilkolin.

Zat Asetilkolin ini berfungsi untuk melancarkan peredaran darah dan mengurangi tekanan darah tinggi. Adapun glukosa yang terdapat dalam madu adalah sangat mudah diserap oleh darah, sehingga mampu menghasilkan energi yang bisa diraih secara cepat. Daya serap yang cepat glukosa dari madu adalah lebih cepat daripada glukosa lainnya yang dapat diperoleh dari selain madu.

Di samping kandungan glukosa yang baik, madu juga mengandung zat lain seperti tepung sari dan berbagai enzim pencernaan. Terlebih, madu mengandung berbagai vitamin yang lengkap, seperti vitamin A, B1, B2 dan lain-lain.

Tidak kalah pentingnya, madu juga mengandung berbagai unsur mineral alami seperti kalsium, natrium, kalium, magnesium, besi dan bahkan radium. Selain itu, madu juga mengandung antibiotik dan berbagai asam organik seperti asam malat, tartarat, sitrat, laklat dan oksalat.

Bagaimanapun bentuk atau rupa madu yang kita temukan, sebenarnya semua madu memiliki kandungan sebagai berikut (dengan kadar yang mungkin berbeda-beda):

Pertama, kandungan glukosa. Kandungan zat ini dapat mencapai kira-kira 75%. Kandungan glukosa (zat gula) dalam madu akan mudah diserap oleh darah.

Kedua, beberapa zat asam organik yang jumlahnya mungkin dapat mencapai 80%.Ketiga, protein dalam kuantitas yang kecil.Keempat, zat ragi (enzim) dalam jumlah yang tidak berlebihan yang sangat penting untuk menggerakkan proses metabolisme di dalam tubuh. Beberapa di antaranya adalah:

Enzim Amilase, yaitu zat yang bertugas mengubah zat pati menjadi glukosa.Enzim Invertase, yaitu zat yang bertugas mengubah gula putih (gula tebu) menjadi zat gula berstruktur tunggal (glukosa dan fruktosa) yang dapat diserap tubuh.Enzim Katalase dan Peroxidase, yang penting bagi kinerja oksida dan pemulihan kondisi tubuh.Enzim Lipase, yang memiliki tugas khusus untuk mencerna lemak dan bahan-bahan berlemak lainnya.

Kelima, bahan-bahan mineral dengan persentase kira-kira 18%. Meskipun jumlahnya kecil, namun ia memiliki peran yang penting. Karena madu dapat menjadi makanan yang memiliki kemampuan alkalik untuk menghancurkan asam. Ia juga sangat penting dalam proses penyembuhan penyakit-penyakit yang menyerang organ pencernaan yang disebabkan adanya kelebihan kandungan asam dan peradangan

Keenam, sejumlah zat-zat mineral seperti potasium, sulfur, kalsium, sodium, fosfor, magnesium, zat besi dan mangan. Semuanya adalah unsur-unsur mineral yang sangat penting dalam proses pembentukan jaringan tubuh manusia.

Ketujuh, sejumlah kecil vitamin yang memiliki tugas fisiologis yang penting, seperti misalnya vitamin C dan konsentrat vitamin B. Zat-zat ini sangat penting untuk membantu tubuh dalam proses produksi protein, hormon, dan pembentukan selaput bagian dalam dari sel darah. Serta untuk melindungi diri kita dari berbagai jenis penyakit, seperti yang terkandung di dalam vitamin B1 dan B2.

Cara menyimpan madu yang baik

Madu adalah sumber nutrisi yang baik dan merupakan makanan paling awet di dunia. Madu dapat bertahan selama berbulan-bulan ketika disimpan, meskipun tidak perlu ditambahkan bahan pengawet di dalamnya.

Namun demikian, meskipun madu adalah sumber makanan yang sangat awet, bukan berarti madu dapat disimpan di sembarang tempat dan di sembarang suhu ruangan. Berikut ini beberapa tips penting yang patut untuk diketahui ketika anda menyimpan madu.

Pertama, simpan madu dalam suhu ruangan. Sebaiknya disimpan pada suhu antara 36°C sampai 38°C dengan kadar kelembapan 75% sampai 78% (lihat jurnal Analis Kesehatan Devyana Dyah Wulandari, Jurnal Kimia Riset, Volume 2 No. 1, Juni 2017).

Kedua, dikarenakan madu memiliki sifat higroskopis (dengan kata lain) madu mudah sekali menyerap zat-zat yang ada di lingkungan sekitarnya. Oleh karena itu, wadah madu harus tertutup dengan baik dan jauhkan dari zat-zat yang berbau tajam.

Ketiga, wadah yang bagus untuk madu adalah berbahan kaca atau beling. Hal ini berguna untuk menghambat proses fermentasi dan kristalisasi.

Keempat, tidak dianjurkan untuk menyimpan madu di dalam lemari es (refrigerator), karena akan mempercepat terjadinya kristalisasi dan fermentasi. Jauhkan pula madu dari sumber panas dan sinar matahari secara langsung, karena dapat merusak kualitas madu.

Kelima, madu tidak boleh disimpan dalam wadah logam. Hal ini untuk mencegah pengkaratan dan penyerapan unsur logam berbahaya ke dalam madu. Madu yang rusak biasanya akan terasa lebih asam.

Catatan: Harap memperhatikan proses penyimpanan madu sebaik mungkin, sehingga manfaat yang baik bagi madu asli untuk kesehatan dapat dijaga dan dirasakan khasiatnya.

Mengapa Organic Raw Honey menjadi madu yang terbaik?

Apakah anda belum familiar dengan istilah Organic Raw Honey? Hal ini tentu sangat wajar, karena pada umumnya yang kita kenal adalah istilah madu asli atau madu murni. Adapun Organic Raw Honey (Madu Organik) biasa dikenal dengan istilah madu mentah.

Meskipun namanya terdengar aneh, namun jangan salah, bahwa madu mentah sebenarnya lebih baik daripada madu pada umumnya.

Mengapa demikian?

Karena madu organik adalah madu yang tidak melalui proses produksi yang panjang. Sehingga, kandungan nutrisi madu lebih kaya akan manfaat.

Dikatakan sebagai madu mentah (Organic Raw Honey) adalah karena setelah madu dipanen dari sarang lebah, maka madu akan langsung dikemas dan dipasarkan. Madu organik tidak mengalami proses pemanasan, pasteurisasi dan proses pengolahan apapun.

Oleh karena itu, segala nutrisi yang terkandung di dalam madu masih terjaga dengan baik. Hal ini bertolak belakang dengan madu komersial yang telah melalui berbagai proses pengolahan, seperti pemanasan, pengurangan kadar air ataupun penambahan vitamin.

Lantas apa keunggulan Organic Raw Honey?

Kandungan nutrisi yang masih “asli” dari sarang lebah adalah alasan mengapa Organic Raw Honey adalah lebih unggul.

Terlepas dari kesukaan orang yang berbeda-beda akan jenis madu (ada yang suka dimasak dan ada yang lebih suka organik), pada intinya madu organik memiliki kandungan fitonutrien yang banyak.

Adapun manfaat dari fitonutrien yang terkandung di dalam madu adalah sebagai antioksidan dan anti peradangan. Kandungan inipun memiliki manfaat lain yang tidak kalah pentingnya bagi kesehatan tubuh dan untuk mengobati dari berbagai penyakit. Misalnya, untuk mengobati radang tenggorokan atau masalah pencernaan yang disebabkan oleh bakteri.

Penting untuk diketahui, bahwa meskipun Organic Raw Honey sangat kaya akan manfaat, namun madu jenis ini tidak boleh diberikan kepada bayi usia dibawah 1 tahun. Alasannya adalah karena pencernaan pada si bayi masih belum siap untuk menerima jenis madu mentah (Organic Raw Honey).

Hal lain yang harus anda ketahui adalah, dikarenakan madu mentah tidak melalui proses produksi setelah dipanen, oleh karena itu wajar jika madu ini mudah mengkristal.

Mengapa?

Karena madu mentah masih mengandung serat-serat bee pollen, serpihan sarang lebah, propolis, bahkan juga mungkin ada serpihan sayap lebah.

Jika disimpan dalam suhu ruangan, apalagi disimpan dalam lemari pendingin, Organic Raw Honey akan membentuk granule, mengkristal dan memadat. Terlebih jika disimpan selama berbulan-bulan.

Madu organik lebih kaya akan manfaat. Madu organik memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Keputusan untuk membeli madu organik adalah keputusan yang bijak. Karena anda bebas mengolah madu jenis ini sebelum dikonsumsi (dihangatkan atau dikukus, sesuai dengan kebutuhan dan selera).

Kandungan nutrisi yang masih alami dan “asli” dalam madu organik dapat dirasakan khasiatnya oleh tubuh secara langsung. Insya Allah.

Demikianlah beberapa hal penting yang patut untuk diketahui tentang manfaat madu asli bagi kesehatan adan apa saja kelebihan Organic Raw Honey. Jika anda berminat untuk membeli madu organik, saat ini sudah tersedia di Mizutex. Silahkan menghubungi kami melalui Whatsapp untuk pemesanannya. [Rizal]

Produk Organic Raw Honey (Madu Organik), tersedia di Mizutex dalam 3 jenis (@330 gr): Madu Multifora, Madu Hutan dan Madu Kelengkeng.

Baca lebih lajut

Social Distancing bagi muslimah adalah suatu kewajiban meskipun tidak ada Corona (Covid-19)

Mizutex.com — Peristiwa yang tidak pernah terduga dan terjadi pada era milenial saat ini adalah munculnya virus Corona atau Covid-19. Keberadaan virus Conona ini telah merubah pola hidup, situasi, aturan dan lain sebagainya. Salah satunya adalah penerapan Social Distancing atau jaga jarak antara satu orang dengan orang yang lainya. Taukah anda, bahwa Social Distancing itu bagi muslimah bukanlah hal yang baru, khususnya bagi kalangan ummahat atau para akhwat. Karena mereka telah menyadari sebelumnya bahwa hal ini merupakan salah satu kewajiban yang Syar’i.

Namun, pada hari ini, kegiatan Social Distancing tidak lagi terkhusus bagi kaum muslimah, namun hampir diterapkan oleh semua orang. Banyak yang kaget, merasa jenuh dan serba susah ketika Social Distancing harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari di tempat-tempat umum. Akan tetapi, karena motivasinya adalah untuk menjaga kesehatan, banyak orang yang patuh terhadap aturan ini.

Bagi seorang muslimah, tentunya Social Distancing bukanlah perkara yang harus dipersoalkan, karena sedari awal mereka sudah menyadari pentingnya Social Distancing bagi diri mereka. Jauh-jauh hari, sebelum Corona ada.

Tanpa disuruh oleh seseorang pun, seorang muslimah akan tetap menerapkan hal ini pada dirinya. Karena, itu adalah perintah Allah ﷻ dan ini adalah motivasinya yang paling agung yang membuatnya terus istiqamah, walaupun ketika Corona sudah tidak ada lagi. Insya Allah.

Social Distancing bagi seorang muslim dan muslimah bisa bernilai ibadah

Sebagai seorang muslim atau muslimah, memang sudah seharusnya mengamalkan Social Distancing, ketika bertemu dengan lawan jenisnya. Mereka berkenan mengamalkan hal tersebut dilandasi oleh ilmu dan perintah yang datang dari Nabi ﷺ. Sebagaimana yang sudah dicatat dalam kitab-kitab hadits Nabi ﷺ.

Ketika wabah Corona (Covid-19) muncul dan orang-orang mengharuskan untuk melakukan Social Distancing, maka saya sempat bergumam di dalam hati…

Dulu, yang namanya Social Distancing itu dianggap sesuatu yang aneh. Bahkan, sempat ada kesan yang seakan sudah beredar di lingkungan secara umum, sekolah atau kampus, yang secara tidak lugas menganggap orang yang melakukan Social Distancing antara laki-laki dan wanita yang bukan mahram dianggap orang yang sok suci.

Padahal, setau saya, orang-orang yang dulu menerapkan Social Distancing sama sekali tidak ada maksud menganggap diri sok suci. Justeru sebaliknya, Social Distancing yang diterapkan oleh kalangan ikhwan dan akhwat kala itu pada hakikatnya bertujuan untuk menjaga kesucian jiwa mereka khususnya dan kaum muslimin secara umum.

Supaya apa?

Supaya hati mereka bersih dan tidak terdorong untuk melampaui batas dalam pergaulan atau terjerumus dalam kemaksiatan yang buruk.

Penerapan Social Distancing dulu dan sekarang

Ada perbedaan yang cukup mencolok antara penerapan Social Distancing dulu dan sekarang. Yaitu, pada teknis penerapannya, Social Distancing pada hari ini tidak membedakan antara sesama jenis atau lawan jenis.

Pada intinya Social Distancing yang diterapkan pada hari ini adalah untuk mengatur jarak dengan siapapun. Yang ia kenal maupun yang tidak ia kenal. Selama tidak diketahui bagaimana status kesehatannya, apakah positif Corona atau tidak, apakah pernah berinteraksi dengan pasien Corona atau tidak, dan apakah pernah berinteraksi dengan orang-orang yang dicurigai pernah bertemu dengan pasien Corona ataukah tidak.

Namun demikian, penerapan Social Distancing hari ini biasanya tidak berlaku jika sesama anggota keluarga atau kerabat dekat yang diketahui secara pasti status kesehatannya. Motivasi utama Social Distancing pada hari ini adalah untuk mencegah penyebaran virus Corona (Covid-19)

Sedangkan penerapan Social Distancing yang dilakukan oleh kalangan ikhwan dan akhwat dulu dan sekarang adalah untuk mengatur jarak terhadap lawan jenis yang bukan mahram. Adapun motivasi mereka melakukan hal ini adalah untuk menta’ati perintah Allah ﷻ.

Oleh karena itu, Social Distancing itu sebenarnya sudah ada di dalam Islam sebelum orang-orang pada hari ini mengamalkannya. Ketika dulu kalangan ikhwan maupun akhwat megamalkan Social Distancing, kelihatannya terkesan aneh, namun tidak bagi mereka yang faham betul keharusan melakukan perintah ini.

Mereka menyadari, bahwa perintah untuk mengatur jarak dengan lawan jenis adalah untuk menyelamatkan jiwa-jiwa mereka dari noda-noda maksiat atau untuk menghindari godaan syaithan yang terkutuk.

Pada hari ini, khususnya setelah ada Corona, orang-orang ramai-ramai melakukan Social Distancing. Bahkan, kini diterapkan pula secara wajib di tempat-tempat yang dahulu tidak pernah peduli dengan Social Distancing. Penerapan ini pun meluas di berbagai tempat, misalnya di pasar, mall, minimarket, tempat antrian, rumah sakit, pusat keramaian publik, kampus, sekolahan, kantor, di bandara, di dalam pesawat dan tempat-tempat lainnya.

Ramai-ramai atur jarak atau Social Distancing ketika ada Corona (Covid-19)

Setelah hampir 1 (satu) tahun Corona mewabah, Social Distancing masih terus digalakkan. Hari ini, pada saat tulisan ini dibuat tanggal 6 Rabi’ul Awwal 1442 Hijrah (23/10/2020) penerapan Social Distancing masih berlaku.

Setiap kursi di ruang tunggu di manapun berada, baik di rumah sakit, stasiun, bandara, di dalam pesawat atau pada tempat-tempat keramaian lainnya, masih terpampang tanda silang. Artinya, setiap orang diwajibkan untuk menjaga jarak aman agar tidak mudah tertular virus Corona.

Biasanya, 1 baris kursi di ruang tunggu bisa duduki untuk 4 orang, kini hanya boleh 2 orang. Alasannya, untuk menerapkan Social Distancing agar penyebaran virus Corona bisa diminimalisir.

Memang, penerapan Social Distancing pada hari ini merupakan suatu protokol kesehatan yang tidak membedakan antara sesama lelaki atau wanita dan tidak terbatas pada antara lelaki dan sesama wanita.

Namun, ada hikmah lain dengan adanya penerapan Social Distancing yang telah diterapkan di banyak tempat saat ini. Yaitu, kaum muslimah lebih merasa “aman” dan leluasa menerapkan aturan jaga jarak, sebagaimana hal ini sudah mereka terapkan sejak dulu.

Seakan-akan, kini mereka merasa “banyak temannya” untuk melakukan Social Distancing. Pasalnya, jika dulu menerapkan Social Distancing, seakan merasa “sendirian”, khususnya ketika harus menyesuaikan jarak di tempat-tempat keramaian agar tidak bersenggolan dan berdekat-dekatan dengan lawan jenis.

Bagi muslimah yang sudah terbiasa melakukan Social Distancing, tentu mereka tidak akan merasa kaget bertemu dengan aturan ini dan situasi seperti sekarang ini.

Bersamaan dengan itu pula, ketika mereka mengunjungi tempat-tempat yang ramai, maka tidak lagi merasa khawatir seperti dulu. Misalnya ketika harus berbelanja sayur, berdiri di tempat antrian, pergi ke rumah sakit ataupun klinik. Mereka pun kini tidak lagi khawatir atau takut akan berjumpa dengan kerumunan orang yang banyak atau harus berjejal-jejalan atau bersenggolan dengan lelaki lain yang bukan mahramnya.

Seandainya orang-orang mau merenungkan, rangkaian peristiwa di akhir zaman ini memang mengandung banyak pelajaran penting yang datang dari Allah ﷻ.

Termasuk melalui wabah Corona ini.

Allah ﷻ telah memberikan pembelajaran yang sangat berharga untuk yang ke sekian kalinya kepada umat manusia.

Bahwa, kalau Allah sudah berkehendak, niscaya Dia akan mendatangkan suatu peristiwa yang pasti. Sehingga, mau tidak mau, terpaksa atau tidak terpaksa, manusia akan nurut dengan hukum dan takdir Allah ﷻ. Khususnya dalam hal Social Distancing.

Ketika dulu banyak yang anti-pati, maka sekarang mau tak mau harus dita’ati, kecuali jika sudah tidak peduli dengan kesehatan diri.

Oleh karena itu, sudah seharusnya seluruh kaum muslimin menyadari bahwa Social Distancing tidak perlu menunggu Corona datang ataupun pergi. Jaga jarak dengan lawan jenis semestinya mereka lakukan kapan pun, dimanapun.

Pembelajaran lainnya yang Allah berikan kepada umat manusia hari ini adalah berkenaan dengan masker…

Pada banyak tempat sekarang ini, yang namanya memakai masker adalah wajib. Kalau tidak mau pakai masker, malah bisa jadi akan kena denda.

Masih ingat dengan wacana larangan cadar? 

Nah… lagi-lagi Allah ﷻ telah memberikan pelajaran yang sangat berharga bagi seluruh umat manusia. Dulu sempat cadar dipermasalahkan padahal tidak ada kaitannya dengan interaksi sosial. Hingga akhirnya, badai Corona pun datang dan aturan pun berubah drastis. Sampai-sampai, ada orang tua yang berkata pada hari ini, “Dulu… cadar dilarang, sekarang semua orang disuruh pakai cadar…”

Allah ﷻ berfirman:

“Sesungguhnya urusan-Nya apa bila Dia menghendaki sesuatu terjadi, maka Dia akan berkata kepadanya, ‘Jadilah!’, maka terjadilah ia.” [Yasin: 82]

Jika demikian, sebagai manusia yang memiliki intelektualitas, kecerdasan, IQ yang tinggi, yang selalu kritis menilai sesuatu, yang Allah ﷻ sanjung ia sebagai makhluk terbaik, maka sudah seharusnya manusia itu mampu menggunakan nalurinya dan akalnya yang sehat untuk berfikir; mengapa Allah memberikan pelajaran seperti ini? Apakah ini peringatan ataukah hukuman dari Allah? 

Pada hari ini ya ikhwan wa akhwat… tidak ada yang mempermasalahkan jika ada wanita di tempat umum ataupun di dalam kantor pelayanan umum yang menggunakan penutup muka, penutup wajah, masker  ataupun cadar.

Bahkan, jika ada yang tidak menggunakan penutup wajah maka akan mendapatkan teguran dan diminta untuk menutup wajahnya. Sampai-sampai kita temui pada pesan singkat di ponsel kita, banyak sekali anjuran untuk memakai penutup wajah jika pergi keluar rumah.

Tidak hanya itu, kita juga diminta ketika bertemu dengan orang yang tidak menggunakan penutup wajah atau masker, maka jangan segan untuk menegurnya dan meminta untuk menggunakan masker. Jika mereka tidak memiliki masker, kita juga diminta untuk memberikan masker kepada orang yang tidak memakai masker.

Demikianlah situasi pada hari ini berbolak-balik dan hal ini adalah peristiwa yang tidak pernah kita fikirkan sebelumnya.

Ketika dulu banyak yang anti-pati, maka sekarang mau tak mau harus dita’ati, kecuali jika sudah tidak peduli dengan kesehatan diri.

Alhamdulillah, pada hari ini, dimana-mana ketika ada akhwat yang sudah memakai niqab atau cadar, maka tidak ada lagi yang menegurnya karena tidak pakai masker.

Seakan-akan, Allah ﷻ ingin menunjukkan kepada kita tanda-tanda kebesaran-Nya dengan adanya keharusan memakai penutup wajah dan mengatur jarak antara satu dengan yang lainnya.

Ketika manusia enggan untuk menta’ati perintah Agama-Nya, maka Dia berkuasa untuk mendatangkan situasi yang mengharuskan manusia untuk ta’at pada perintah Agama-Nya. Ketika ada yang berupaya untuk menentang aturan-Nya, maka justeru Allah balik keadaan mereka sehingga mau tidak mau akan menta’ati-Nya.

Saat ini, banyak sekali wanita yang biasanya tidak menggunakan cadar, pada akhirnya pun menggunakan cadar. Seakan-akan, mereka menganggap lebih nyaman memakai cadar daripada masker. Betul?

Saat ini, banyak wanita yang biasanya tidak mau Social Distancing dengan lawan jenis, pada akhirnya pun harus mau Social Distancing dengan lawan jenis. Seakan-akan, mereka menganggap lebih bisa menjaga diri melakukan Social Distancing daripada harus berbaur dengan lelaki lain yang mereka temui di tempat-tempat umum. Betul?

Pada akhrinya, semua orang bisa menerapkan hukum Allah ﷻ pada dirinya, padahal sebelumnya mereka banyak mengemukakan alasan untuk menolaknya.

Pada intinya, kalau manusia sudah termotivasi untuk melakukan sesuatu, pastilah mereka mampu untuk melakukannya. Persoalannya sebenarnya pada hatinya dan dorongan yang ada di dalam hatinya, apakah mau ta’at ataukah tidak mau ta’at. Betul?

Bagi muslimah, Social Distancing adalah kewajiban meskipun tidak ada Corona (Covid-19)

Sebagai tadzkirah bagi siapa saja dan bagi diri sendiri, bahwa Social Distancing itu pada dasarnya bisa bernilai pahala jika dilandasi sebagai ibadah dan berangkat dari ketaatan kepada Allah ﷻ dengan disertai ilmu.

Pertama, apa tujuan Social Distancing dalam Islam?

Tujuan dari Social Distancing atau jaga jarak dalam Islam sebenarnya adalah agar kaum lelaki dan wanita yang bukan mahram tidak saling bersentuhan.

Telah dikenal dan diketahui dengan baik dalam Silsilah Ash-Shahihah no. 226 yang menyebutkan tentang dalil berkenaan larangan bersentuhan.

Di dalam hadits marfu’ riwayat Ar-Ruyani dalam Musnadnya (227/2), berkata, “Nashr bin ‘Ali menceritakan kepada kami, dari ayahnya berkata, Syaddad bin Sa’id menceritakan kepada kami, dari Abul ‘Ala berkata: Ma’qal bin Yasar menceritakan kepadaku secara marfu’.”

لأَنْ يُطْعِنَ فِي رَأْسِ رَجُلٍ بِمِخْيَطِ مِنْ حَدِيْدٍ خَيْرٌ لَهُ مِنْ أَنْ يَمُسَّ امْرَأَةً لاَ تَحِلُّ لَهُ   

“Seseorang ditusuk kepalanya dengan jarum besi lebih baik daripada menyentuh wanita yang tidak halal baginya.”

Dikatakan pula dalam kitab tersebut, bahwa sanad hadits ini jayyid (bagus) dan dikatakan bahwa semua perawinya tsiqah dan termasuk perawi-perawi Bukhari-Muslim. Kecuali Syaddad bin Sa’id, bahwa ia hanya dipakai oleh Imam Muslim. 

Rasulullah ﷺ sebagai Nabi kita dan junjungan seluruh kaum muslimin, adalah beliau tidak pernah bersentuhan dengan wanita, meskipun ketika membai’at kaum wanita. 

Sebagaimana dalam riwayat Imam Ahmad dari Urwah, bahwa Aisyah Radhiyallahu ‘anha berkata, “Rasulullah ﷺ membai’at para wanita dengan ayat berikut ini; ‘Hendaklah kalian tidak menyekutukan Allah dengan sesuatupun…’ [Al-Mumtahanah: 12] (Aisyah) berkata, ‘Dan tangan beliau sama sekali tidak menyentuh tangan mereka kecuali wanita yang ia miliki (budak)’.” [Isnah Shahih menurut Syu’aib Al-Arna’uth]

Ikhwan fiddien, dari sini kita faham, bahwa tidak menyentuh lawan jenis adalah merupakan Sunnah Rasulullah ﷺ. Sudah sepatutnya bagi mereka yang mengaku cinta kepada beliau dan Sunnahnya, maka seharusnya ia melaksanakan Sunnah ini. Tanpa perlu berfikir, apakah itu membatalkan wudhu ataukah tidak membatalkan wudhu.

Kedua, tujuan Social Distancing adalah agar tidak terjadi ikhtilath atau saling berbaur antara lelaki dan wanita bukan mahram yang berada di tempat keramaian.

Mungkin, dulu ada yang merasa kesulitan kalau harus atur jarak dengan lawan jenis ketika berada di tempat-tempat umum. Salah satu alasannya adalah akan kesulitan memberikan ruang yang cukup untuk bisa menampung banyak orang dengan system jaga jarak dengan lawan jenis.

Padahal, sejatinya tidak serumit itu selama semua orang tau bahwa Social Distancing itu adalah suatu kewajiban bagi kaum muslimin. Artinya, kalau sudah sama-sama ngerti, toh semua orang bisa menerapkan aturan jaga jarak dengan lawan jenis. Bahkan, meskipun itu di rumah sakit, di bandara atau di dalam pesawat sekalipun.

Pada saat darurat Corona, Social Distancing berlaku terhadap siapa saja, meski terhadap sesama lawan jenis. Akan tetapi, apakah aturan ini juga berlaku terhadap keluarga? Kakak atau adik?

Artinya, Social Distancing itu tidaklah rumit dan masih ada kelonggaran atau kebolehan pada hal-hal tertentu.

Nah, demikianlah aturan Syari’at Allah ﷻ, walaupun kebanyakan orang menganggapnya terlalu mengekang, pada hakikatnya kelonggaran atau kebolehan pada banyak hal masih ada. Dan yang lebih penting untuk diketahui adalah, sisi positif dan manfaat yang akan diperoleh akan jauh lebih besar. Baik itu untuk kesehatan hati, jiwa maupun badan.

Pada intinya, semua tempat dan semua orang, ternyata bisa ya menerapkan Syari’at Allah dalam hal jaga jarak. Pada urusan yang lainnya bagaimana? Tentu akan bisa juga, selama punya tekat.

Dan kita telah melihat sendiri dampak penerapan Social Distancing di lingkungan kita, sebagaimana yang kita lihat sekarang ini. Di banyak tempat, justeru terkesan lebih bersih, rapi, tertib dan nyaman. Tidak pengap dan tidak perlu berdesak-desakan satu sama lain. 

Meskipun, pada akhirnya selama Corona ini masih ada, boleh jadi rasa was-was masih tetap ada karena takut tertular.

Nah, seandainya, dari dulu kita mau Social Distancing sebagai bentuk keta’atan kepada Allah, tentu itu jauh lebih baik. Ketika ada situasi seperti ini, maka kita pun sudah terbiasa dan alangkah baiknya lagi, jika keta’atan kepada Allah dilakukan secara ikhlas tanpa harus menunggu “dipaksa” oleh keadaan. 

Social Distancing bagi Muslimah untuk menghindari ikhtilath dan menjaga kesucian jiwa 

Situasi darurat Corona telah banyak mengubah pola hidup banyak orang dan cobaan ini telah mendorong manusia untuk merubah sikap. Sebagaimana penerapan Social Distancing yang terus digalakkan pada masa pandemi ini, ada hikmah lain lagi yang juga patut untuk direnungkan.

Ketika manusia tidak lagi bisa berdesak-desakan atau saling bersenggolan antara lelaki dan wanita yang bukan mahram, maka ada hikmah lain dari semua ini. Yaitu berkurangnya kemungkinan terjadi ikhtilath di tempat-tempat umum. Ya, tentu saja, karena setiap orang sudah saling menyadari untuk tidak berkerumun pada suatu ruangan atau suatu tempat sebagai bentuk ketertiban untuk jaga jarak.

Orang-orang saat ini sangat menyadari pentingnya untuk tidak berkerumun, karena hal ini dapat mencegah penybaran wabah Corona.

Apakah anda sudah tau, bahwa Allah ﷻ telah menetapkan Syari’at-Nya dalam perkaran ini sebelum ada Corona atau aturan Social Distancing di zaman ini?

Allah ﷻ sudah memerintahkan manusia untuk tidak melakukan ikhtilath atau bercampur-baurnya antara lelaki dan wanita yang bukan mahram di rumah, di lingkungan publik atau di tempat-tempat ibadah kaum muslimin. 

Mengapa larangan ikhtilath (bercampur baur antara lelaki dan wanita yang bukan mahram) harus mendapatkan perhatian oleh kaum muslimin?

Karena, larangan ikhtilath mengandung banyak mashlahat (kebaikan) yang tidak pernah terfikirkan oleh manusia sebelumnya. Apalagi dalam situasi darurat Corona, menahan diri agar tidak berbuat ikhtilath adalah salah jalan atau cara agar tidak tertular penyakit.

Jika demikian halnya, sudah seharusnya kita menyadari, ketika kaum muslimin menahan diri dari perbuatan ikhtilath, maka bukan hanya akan selamat dari penyebaran virus, namun juga selamat dari bahaya bisikan syaithan yang terus berusaha untuk menjerumuskan manusia untuk berbuat maksiat.

Dengan adanya situasi darurat Corona, manusia seakan dipaksa untuk ta’at pada aturan Allah agar tidak berbuat ikhtilath 

Dahulu, jika ada segolongan orang (ikhwan atau akhwat) yang ingin menahan diri dari berbuat ikhtilath, maka prasangka-prasangka buruk pun akan diarahkan kepada mereka. Mungkin ada yang menuduh kalangan tersebut adalah orang-orang yang sombong, angkuh, sok suci atau tuduhan-tuduhan buruk lainnya.

Padahal, itu tidaklah benar. Dan sebenarnya, mereka sedang berusaha untuk menta’ati perintah Allah untuk tidak berbuat ikhtilath dengan yang bukan mahram, sehingga hati mereka terjaga dan lebih selamat. Sayangnya, hal ini belum diketahui oleh kebanyakan orang, terutama yang tidak mengenalnya secara baik.

Larangan untuk berbuat ikhtilath adalah aturan yang sudah dibuat oleh Allah ﷻ sejak Rasulullah Muhammad ﷺ diutus kepada umat manusia

Larangan ini bukanlah larangan yang diada-adakan oleh sebagian kalangan. Larangan ini merupakan Syari’at Allah untuk seluruh manusia.

لَا يَخْلُوَنَّ رَجُلٌ بِامْرَأَةٍ وَلَا تُسَافِرْنَ امْرَأَةٌ إِلَّا وَمَعَهَا مَحْرَمٌ

“Janganlah seorang laki-laki berkhalwat (berduaan) dengan seorang wanita dan janganlah sekali-kali seorang wanita berpergian kecuali bersama dengan mahramnya.” (HR. Al-Bukhari dari Abdulullah bin Abbas Radhiyallahu ‘anhu)

Allah ﷻ berfirman:

“…Dan apabila kamu meminta sesuatu keperluan kepada mereka (isteri-isteri Nabi), maka mintalah dari belakang tabir. Cara yang demikian itu lebih suci bagi hatimu dan hati mereka…” [Al-Ahzab: 53]

Ikhwati fillah, ayat ini adalah ayat yang berkenaan tentang aturan dalam berbicara kepada lawan jenis yang diatur oleh Syari’at dan hukum dalam ayat ini bersifat global. Berkenaan dengan Social Distancing yang diatur dalam Islam, ayat ini adalah salah satu dalil yang mendasarinya.

Imam Al-Qurtubi rahimahullah menjelaskan tentang ayat ini bahwa, “Secara makna, semua wanita masuk dalam konteks (ayat ini). Dan berdasarkan kaidah Ushul Syar’i, bahwa seluruh apa yang ada pada seorang wanita, baik badan maupun suaranya adalah aurat. Semuanya tidak boleh diperlihatkan (di-zhahirkan, red), kecuali bila ada keperluan (yang Syar’i), seperti pada saat dia dilamar seseorang atau keperluan pengobatan terhadap penyakit yang ada di badannya.”

Pada dasarnya, berbaurnya antara lelaki dan wanita yang bukan Mahram itu boleh jadi didasari oleh berbagai alasan yang banyak. Namun demikian, seorang muslim harus tau, bahwa tidak semua alasan yang diutarakan manusia itu dapat diterima dan dibenarkan oleh Syari’at sehingga mereka dengan mudahnya bersenggolan antara lawan jenis yang bukan mahram atau saling bertatap muka.

Seandainya ada situasi yang mengharuskan mereka untuk berbicara dengan lawan jenis, maka ada hal-hal penting yang mengharuskan diperhatikan. Dan ketika mereka berbicara dengan lawan jenis, maka tidak boleh mengesampingkan adab dan akhlak yang sudah ditetapkan oleh Syari’at, yaitu harus berada di balik tabir atau dengan adanya mahram yang mendampinginya. (Baca: Dalil Syar’i wajibnya berada di balik tabir ketika berbicara dengan lawan jenis).

Ada Corona atau tidak, Social Distancing bagi muslim dan muslimah sudah menjadi kewajiban sejak Al-Qur’an diturunkan

Corona akan pergi, insya Allah, namun apakah seorang muslim dan muslimah juga akan meninggalkan kewajiban Social Distancing? Kami berharap hal itu tidak terjadi ya ikhwati…

Bukankah kita sudah diberi pelajaran oleh Allah dengan pelajaran yang sangat berarti dan akan terus kita ingat di tahun-tahun berikutnya? Oleh karena itu, apakah pembelajaran yang Allah berikan kepada kita di tahun ini akan kita lupakan begitu saja?

Dekade ini, seakan kita ditempa dengan sesuatu yang “baru” yang sebelumnya sempat ditolak mentah-mentah oleh banyak kalangan yang anti-pati terhadap Syari’at. Semoga, pelajaran ini terus kita ingat selama-lamanya. Jangan sampai, kita lupakan begitu saja, apalagi menyangka ini hanyalah fenomena alam yang akan datang dan pergi.

Jangan demikian.

Setiap segala sesuatu adalah berdasarkan kehendak Allah ﷻ dan di dalamnya terdapat pelajaran untuk menegur umat manusia. Sehingga, manusia itu mau berfikir, mau bertaubat dan kembali kepada-Nya.

Janganlah kita menganggap setiap kali ada musibah atau bencana, lantas mengira itu hanyalah fenomena alam biasa. Maka apakah kita juga akan mengatakan demikian ketika akan terjadi kiamat?

Allah ﷻ berfirman:

“Maka tatkala mereka melupakan peringatan yang telah Kami kepada mereka, Kami pun membukakan semua pintu-pintu kesenangan untuk mereka; sehingga apabila mereka bergembira dengan apa yang telah diberikan kepada mereka, Kami siksa mereka dengan sekonyong-konyong, maka ketika itu mereka terdiam berputus asa.” [Al-An’am: 44]

Pada hari ini, manusia bisa mamatuhi protokol kesehatan sebaik-baiknya disebabkan rasa tamak mereka untuk menjaga kesehatan. Jika demikian halnya, maka sudah sepatutnya seorang muslim jauh lebih sanggup untuk patuh kepada protokol Syari’at yang dibuat oleh Allah ﷻ.

Karena, Allah ﷻ adalah Maha Adil, Maha Bijaksana dan sama sekali tidak ingin menzhalimi hamba-hamba-Nya.

Setiap aturan Allah bukanlah untuk menyengsarakan hamba-hamba-Nya. Oleh karena itu, setiap muslim harus yakin dengan seyakin-yakinnya, bahwa Syari’at Allah itu adalah baik dan akan membawa kebaikan dimanapun ia ditegakkan.

Kebaikan yang akan diraih oleh seorang muslim adalah kebaikan yang tampak maupun tidak tampak. Kebaikan di dunia dan akhirat.

Ada Corona atau tidak, Social Distancing bagi seorang muslim dan muslimah sudah menjadi kewajiban sejak Al-Qur’an diturunkan. [Abdullah]

Baca lebih lajut

Cara membuat kerajinan kain perca beserta gambarnya

Mizutex.com — Terkadang anda akan kesulitan mendapatkan motif kain yang cocok untuk anak-anak dan yang sesuai dengan ekspektasi anda. Tutorial berikut ini mungkin dapat menginspirasi anda. Dengan hanya memanfaatkan kain perca, cat dan sejumlah perlengkapan sederhana, anda dapat mendapatkan motif kain perca sendiri. Cara membuat kerajinan dari kain perca beserta gambarnya.

hasil kreasi kain perca motif

Ketika anda tidak menemukan bahan kain yang anda inginkan dan sudah berusaha mencari kesana-kemari, lalu tidak ada hasilnya. Saat itu, adalah waktu yang tepat untuk menguji seberapa kreatifkah anda untuk membuat sendiri kerajinan kain perca.

Pertanyaannya, apakah kreatif itu adalah hal yang sulit? Kalau saya bukan orang yang kreatif, terus bagaimana?

Semua akan terasa mudah dengan mengaplikasikan apa yang disusun oleh tim Mizutex berikut ini.

Yaitu, tentang bagaimana memanfaatkan perlengkapan dan bahan yang sederhana, agar anda bisa membuat kerajinan kain perca yang unik dan menarik. Bisa jadi bernilai jual tinggi. Meng-ha-yal.

membuat motif dengan cat tipis

Barangkali ini adalah percobaan pertama anda atau yang kesekian kalinya. Semoga pada kesempatan kali ini anda akan berhasil. Ayo semangat!

Pada kesempatan sebelumnya, tim Mizutex pernah membagi beberapa tips dan inspirasi tentang kerajinan bahan kain perca (Baca: Inspirasi bisnis menguntungkan dari kerajinan kain perca).

Perlengkapan dan peralatan yang diperlukan

Semuanya bisa anda dapatkan dengan mudah dan tidak dituntut sesuai dengan gambar yang kami contohkan. Gunakan ide anda dan silahkan tuangkan kreatifitas anda.

Diantara perlengkapan yang akan digunakan kali ini adalah:

Gulungan kertas pada tisu toilet, anda juga bisa membuatnya sendiriSisirSelotipCatKain perca polosDan apa saja yang anda miliki, ambil dan marilah berkreasi.

Jika anda mengikuti tutorial berikut ini dengan baik, dalam waktu dekat anda akan memiliki hiasan kain perca imut dengan berbagai pilihan motif menarik…

Membuat alat cetakan sablon dan stempel sendiri

Agar tampak rapi dan kreatif, perlu sekali untuk mencoba membuat semacam cetakan atau stempel sendiri. Cetakan atau stempel ini akan berguna dalam proses pembuatan motif pada bahan kain perca.

Untuk cetakan, anda bisa memanfaatkan kertas kemasan odol untuk membuat motif-motif sederhana. Dan untuk stempelnya, bisa menggunakan alas karpet karet, busa atau sejenisnya.

membuat adonan cat

Jika anda tidak memiliki cat kain, anda bisa menggunakan cat akrilik, yang sangat murah dan tersedia dengan berbagai pilihan warna. Sedangkan untuk pengaplikasian cat akrilik pada bahan kain, disarankan agar mencampurnya dengan cat kain Medium Fabric (mungkin cat sablon yang bisa berbeda nama pada wilayah tertentu).

Karena cat akrilik ini sebenarnya bukan untuk kain, jadi harus ada campuran lain supaya bisa fleksibel. Agar hasil pewarnaan cat pada bahan kain lebih terasa lembut ketika dicuci dan dipakai.

Tapi kalau anda merasa ragu-ragu, anda bisa melukis bahan kain tanpa menggunakan bahan tersebut dan carilah bahan cat kain yang lebih baik.

Selanjutnya, jika anda sudah mendapatkan cat kain bermerek Medium Fabric, ikuti aturan pakai yang tertera pada bagian belakang botol. Biasanya, perbandingan adonan cat dua banding satu. Misalnya 2 gram diambil dari cat Medium dan 1 gram dari cat akrilik.

Adapun untuk tempat membuat adonan cat, sepertinya bekas mangkok bayi yang tidak terpakai cocok untuk proyek sederhana ini…

Perlu diingat, bahwa cat atau spidol sekalipun akan memiliki hasil yang berbeda terhadap semua jenis bahan kain. Kain yang tipis dapat menyerap cat dengan cepat, sedangkan bahan kain yang memiliki serat yang halus dan rapat akan bersifat seperti kanvas. Yaitu, cat akan tetap di permukaan dan sulit untuk menyerap.

Oleh karena itu, sebelum mengaplikasikan pada kain sesungguhnya, sangat disarankan anda mencoba dulu beberapa kali pada potongan kain yang lain. Hingga anda mendapatkan hasil yang sesuai dengan keinginan anda sendiri.

Beberapa eksperimen berikut ini akan berlaku pada seluruh bahan kain. Mungkin, hasilnya nanti dapat anda gunakan sebagai hiasan dinding, celana anak-anak, kaos oblong, tas, jaket atau topi sekalipun.

Oh ya… saran saya, anda juga bisa menggunakan hair dryer atau setrika, untuk mengeringkan cat nantinya, supaya bisa lebih cepat kering. Lalu anda dapat melanjutkan step by step tutorial ini dengan cepat.

Tapi ini hanya bersifat saran, kalau anda mau bersabar, menggunakan terik matahari juga sudah cukup. Ting…!

Baiklah, selanjutnya mari dimulai. Apakah anda setuju dengan beberapa ide berikut ini?

Mulai membuat motif dengan stempel sendiri

Ada banyak cara untuk membuat stempel motif atau cap yang sederhana. Namun, kali ini kita akan mencoba dengan perlengkapan apa adanya yang bisa diperoleh di sekitar rumah kita.

Ingat, ini hanyalah satu saran, anda bisa menggunakan cara anda sendiri.

membuat motif kain sendiri

Potonglah bentuk segitiga dari bahan alas karpet busa. Kalau bahan yang anda punya terlalu tipis, bisa dirangkap dua dan dilem. Selanjutnya, rekatkan busa tersebut ke tutup botol minuman mineral.

Nah, sekarang anda sudah memiliki stempel untuk membuat motif sederhana pada bahan kain perca anda.

Cara ini merupakan cara yang tepat: bahwa permukaan busa yang berfungsi sebagai stempel sebaiknya diusap oleh penyeka busa khusus, yang berguna untuk mengoleskan cat.

teknik mengecap yang benar

Jadi bukannya stempel yang dicelupkan dalam adonan cat, karena cara tersebut akan membuat hasil cap tidak bagus. Dan juga akan boros bahan cat.

Perlu diingat, anda bukan hendak menyetempel surat MoU untuk teken kontrak. Tapi, sekarang anda sedang menjadi orang seni kali ini. Karenanya, jangan samakan penggunaan stempel ini dengan stempel konvensional, yang hanya tinggal “dok-deg, dok-deg…”

Penggunaannya simpel bukan? Setiap kali anda mengoleskan cat pada stempel, maka tempelkan stempel kreasi anda di permukaan bahan kain secara teratur. Sesuaikan jarak setempel dan penataannya agar tampak rapi.

Bila sudah selesai melakukan penyetempelan, harap terus mengikuti prosedur yang tertera pada botol cat pilihan anda. Untuk menjaga kualitas pengecapan cat yang lebih baik.

Dan agar hasil cetakan yang anda lakukan dapat bertahan pada bahan kain, serta tidak akan memudar dalam jangka waktu yang cepat.

proses mengeringkan cat

Supaya cat dapat mengeras dengan baik di bahan kain yang dilakukan treatment, sebaiknya setrika hasil cap anda.

Tentunya dengan melapisi selimut diatasnya kain percanya. Agar panas setrika tidak membuatnya menempel pada besi setrika itu sendiri. Lakukanlah tahapan finishing ini selama kurang lebih dua menit.

hasil cap dengan gulungan tisu

Membuat motif kain baru dengan cara yang unik

Mungkin terlihat aneh, tapi untuk saat ini abaikanlah rasa heran untuk mendapatkan jiwa seni yang kreatif. Karena memang seperti itulah orang yang mau terjun ke dunia seni.

Mereka harus bisa memanfaatkan hal-hal yang berada diluar perkiraan kebanyakan orang, sehingga ia bisa membuat karya yang jenius.

teknik mengecap motif lingkaran

Ambil kertas gulungan tisu toilet atau benda lingkaran apa pun yang ada di sekitar rumah dan gunakanlah untuk cap!

Melalui perlengkapan baru ini, ulangi trik pada stempel pertama dan beri sedikit inovasi. Buatlah motif dengan warna cat dan penataan cap yang sistematis, acak-acakan, ngawur atau… nyleneh sekalipun.

alat alternatif lainnya untuk motif lingkaran

Eksperimen berbeda untuk hasil yang luar biasa

Saya berharap, eksperimen ini bisa berhasil dan bisa lebih baik daripada sebelumnya. Meskipun, anda harus melakukannya beberapa kali percobaan dan sedikit kesalahan.

Tapi itu bukan masalah, yang penting go ahead…!

teknik membuat motif dengan sisir

Seperti bayi yang baru berjalan, perlu waktu untuk bisa terampil dan segala sesuatu tidak ada yang instan. Tekun dan sabarlah… kemudian anda akan menyaksikan bahwa karya anda benar-benar menakjubkan.

motif garis-garis dengan sisir

Teknik yang satu ini sangat sederhana dan anda bisa memodifikasi teknik treatment dengan garis lurus, melengkung, zig-zag atau memutar.

Anda suka motif lorek-lorek?

Seperti seragam parkir Wong Solo (orang Solo), tapi mungkin dengan komposisi warna yang berbeda. Kalau anda suka garis-garis yang lebar, anda bisa mendapatkan caranya seperti ini:

motif seragam parkir lorek-lorek wong Solo, foto JIBI

Pertama-tama, sebaiknya anda mengambil bahan kain polos berwarna putih, sebagai warna yang netral. Jangan bayangkan betapa lamanya melukis banyak meteran bahan kain, sehingga bisa dipakai untuk bahan membuat baju.

Lakukan dan enjoy-lah dengan eksperimen anda. Ingat, tetap eling pada waktu anda. Jadikanlah eksperimen ini sebagai cara untuk mengisi waktu kosong anda.

Gunakanlah selotip kertas dengan ukuran yang sesuai dengan kesukaan anda. Tempelkan pada permukaan bahan kain dan atur jaraknya dengan baik. Nantinya, selotip akan menjaga cat agar membentuk motif lorek-lorek yang rapi.

membuat motif lorek-lorek

Kendala yang mungkin anda hadapi adalah, anda akan kesulitan untuk mempertahankan posisi bahan kain tetap lurus. Karena sewaktu anda mengusap cat pada kain, ia akan lengket atau bergeser. Jadi, mungkin untuk eksperimen awal, hasilnya kurang rapi dan agak bergelombang.

eksperimen motif lorek-lorek

Trik yang bisa anda gunakan adalah, tekan bagian atas bahan kain dengan tangan kiri anda. Lalu, oleskan cat dengan tangan kanan dan arahkan gerakan olesan cat sejajar dari atas ke bawah.

Nah, setelah semuanya selesai, apakah anda yakin akan menggunakan hasil motif kain lorek-lorek anda?

Cara membuat kerajinan dari kain perca beserta gambarnya

Membuat motif lorek-lorek saling silang

Mungkin motif berikut ini menarik untuk dijadikan sebagai bahan saku untuk kaos anak laki-laki. Atau mungkin juga dapat digunakan untuk saku celana, bahan tas tote bag atau bahan lengan baju kaos anak. Aturlah ukuran garis dan jaraknya supaya cocok dengan tujuan anda.

cara membuat motif saling silang

Membuat cetakan sablon kaos distro sederhana

Barangkali cara ini adalah teknik favorit bagi sebagian orang. Terutama yang sangat menyukai gaya retro-vintage. Melalui cara ini, anda dapat dengan mudah melukis diatas kaos seperti ketika menggunakan sablon.

membuat cap kaos distro

Jadi, anda tidak perlu khawatir dengan hasil sablon akan berbeda pada bahan kaos selanjutanya.

Cetakan sablon sederhana ini mungkin akan menginspirasi pengusaha kaos distro, supaya mereka bisa membuat produk dari karya sendiri.

cara membuat cap kaos distro

Motif kotak-kotak besar

Caranya, selotip kertas kemasan odol ke meja kaca atau lantai keramik. Berilah garis tepi dengan ukuran persegi empat 10 x 10 cm, atau sesuai yang anda inginkan.

motif kotak-kotak besar

Di bagian tengah kotak, buatlah ukuran kotak-kotak kecil tersusun ukuran 2 x 2 cm. Kemudian, anda bisa memotong motif-motif kotak tersebut dengan cutter atau gunting. Gunakanlah kreatifitas anda, bagaimana cara yang paling mudah untuk melakukannya.

cat, keringkan dan kupas

Potonglah bagian tepi kertas ukuran 10 x 10 cm tersebut, lalu tempelkan terlebih dahulu pada bahan kain yang ingin diberi treatment. Setelah itu, baru tempelkan satu demi satu kotak kecil seperti papan catur. Kemudian, mulailah mencat pada ruang kosong diantara 2 kotak.

Cat, setrika dan kupas. Motif kotak-kotak sudah jadi!

Gunakan semua yang mungkin bisa dimanfaatkan

Ada begitu banyak benda di sekitar rumah yang dapat dimanfaatkan untuk membuat desain menarik. Ingat, perlengkapan orang seni itu sederhana, yang mahal adalah idenya…

teknik sablon sederhana

Terkadang saat melukis di permukaan kain yang lebih gelap, dibutuhkan beberapa lapisan cat untuk membuatnya benar-benar terlihat.

Oleh karena itu, dibutuhkan teknik khusus agar hasil cat bisa lebih optimal.

Mungkin anda bisa membuat adonan cat yang sedikit lebih encer agar cat terlihat tipis namun cukup enak dilihat. Lakukanlah dengan cara membuat cetakan seperti sablon, namun dengan motif yang lebih sederhana.

Hasilnya, warna cat tidak terlalu kontras.

membuat motif dengan cat tipis

Akan tetapi, dengan pemilihan warna yang tepat, treatment yang tepat dan efek transparan yang pas, warna cat akan menyatu dengan baik di permukaan bahan kain perca.

sablon dengan cat encer

Sebuah ilusi atau kreasi?

Faux Bois (baca: “fu bwah”), artinya “kayu palsu” dalam bahasa asalnya, perancis. Merupakan eksperimen yang sangat menyenangkan dan patut untuk anda coba.

Tentu saja teknik tersebut tidaklah sesulit yang anda bayangkan.

hasil motif kayu palsu

Anda melukis garis panjang dengan sedikit lengkungan di sana-sini dan beberapa simpul sebagai intinya. Tidak ada peraturan baku yang akan membuat anda merasa kesulitan disini.

Silahkan anda lakukan dengan beberapa kali pengulangan media, kanvas dan cat yang berbeda-beda, lalu lihatlah hasilnya.

Anda mungkin akan mencoba dengan spidol warna yang sangat gampang pengaplikasiannya (gambar tengah). Namun, jika kualitas spidol tidak bagus, maka hasilnya pun kurang memuaskan. Ia mungkin cepat mengering, akan tetapi tidak bisa bertahan lama pada berbagai jenis bahan kain.

cata membuat kayu palsu

Atau mungkin anda mau mencoba spidol merek Sharphie. Kualitasnya akan lebih baik dan garis tipis yang dihasilkan sangat cocok untuk membuat motif kayu palsu.

motif kayu palsu

Dan yang terakhir, patut juga anda coba, yaitu menggunakan bahan cat akrilik. Ada baiknya menggunakan kuas yang tipis, sehingga garis-garis yang dihasilkan tidak terlalu tebal. Tapi, kalau ditujukan untuk ukuran kanvas yang lebih besar, kuas dengan ukuran sedang akan lebih baik.

membuat kayu palsu dengan cat akrilik

Ups… kalau selama anda bereksperimen anda ditemani oleh anak anda, mengapa anda tidak menyuruhnya untuk mencoba?

Hal ini sangat bermanfaat sekali untuk melatih daya imaginasi, kepercayaan diri, kreatifitas dan kemampuan motorik halusnya. Sehingga, ia akan menjadi orang yang terampil di masa depan.

Cara membuat kerajinan dari kain perca beserta gambarnya

Kini anda telah sampai pada penghujung tutorial kerajinan membuat motif dari kain perca. Mungkin setelah ini anda akan berencana untuk mencobanya kembali atau memiliki pandangan untuk membuat usaha di bidang kerajinan kain perca. (Baca: Dipandang sebelah mata, bisnis kerajinan kain perca bisa raup keuntungan ratusan juta).

Gantungkanlah karya-karya anda di dinding dan mintalah pendapat teman-teman anda.

tempelkan hasilnya di dinding, source: madeeveryday.com

Lakukan evaluasi dan anda bisa mengulanginya berulang kali, dengan teknik atau eksperimen yang lain.

Merupakan suatu kebanggaan tersendiri, jika anda bisa membuatkan baju piama anak melalui bahan kain yang motifnya anda buat sendiri. Menarik bukan?

contoh baju dari motif bahan kain sendiri

membuat motif pada kain perca

Kalau saya pasti akan merasa bangga memiliki sesuatu yang keren seperti itu.

Selamat mencoba!

Jika anda menyukai artikel Mizutex ini, silahkan di share-kan dengan menyebutkan sumbernya!!

Baca juga artikel tentang tutorial, Kerajinan dari kain perca cara membuat selimut motif menarik.

Source: madeeveryday.com

Cara membuat kerajinan dari kain perca beserta gambarnya

Baca lebih lajut

Inspirasi bisnis menguntungkan dari kerajinan kain perca

Mizutex.com – Banyak yang mengira kalau kain perca adalah “limbah” yang tak bernilai, sehingga hanya akan berujung di tong sampah. Tapi siapa sangka, meskipun dianggap oleh kebanyakan orang sebagai limbah, ternyata kain perca bisa jadi inspirasi bisnis kerajinan yang menguntungkan.

Kain perca merupakan istilah yang dikonotasikan pada sisa-sisa kain dari proses produksi baju atau pakaian. Setiap penjahit pasti akan menyisakan potongan kain ini ketika selesai membuat pakaian.

Sepintas, potongan kain sisa ini adalah kain yang tidak bernilai. Padahal, jika bisa mengolah kain perca sebagai produk kerajinan tangan, anda dapat meraup keuntungan hingga ratusan juta. (Baca: Dipandang sebelah mata, bisnis kerajinan kain perca raup keuntungan ratusan juta).

Sejarah singkat tentang kerajinan kain perca

Kerajinan kain perca ternyata memiliki umur yang sudah tua. Teknik menggabungkan kain perca menjadi motif kain baru dengan ukuran tertentu, sudah dilakukan sejak ribuan tahun yang lalu. Beberapa abad yang lalu, kerajinan kain perca digunakan untuk melapisi baju prajurit yang terbuat dari besi.

Seiring berjalannya waktu, teknik kerajinan ini semakin berkembang dan meluas ke seluruh dunia. Orang-orang Eropa kemudian mengembangkan kerajinan ini untuk dijadikan sebagai perlengkapan rumah tangga, seperti selimut, baju, tirai dan lain sebagainya.

Membuat selimut perca. Foto incolororder.com

Di era modern, perkembangan kerajinan kain perca semakin pesat. Kegunaannya tidak hanya sebatas pada perlengkapan rumah tangga. Namun, juga sebagai aksesoris dan hiasan, seperti lukisan, bando, gelang, keset dan lain-lain.

Tingkat kesulitan, jumlah bahan yang dihabiskan dan lamanya pengerjaan untuk menghasilkan satu produk kerajinan kain perca, membuatnya bisa dihargai lebih mahal. Bahkan, ada yang mencapai hingga 1 juta rupiah. (Baca: Cara membuat kerajinan dari kain perca beserta gambarnya).

Aneka kerajinan dari kain perca

Kreatifitas kerajinan kain perca memang tak ada batasnya. Produk yang dapat dihasilkan dari kerajinan potongan kain ini sangat bervariatif. Mulai dari perlengkapan rumah tangga, hingga aksesoris dan hiasan dinding.

Dalam perkembangannya, produk kerajinan berbasis potongan kain ini, ternyata bahan dasarnya sudah tidak terbatas pada kain perca saja. Beberapa produk kreatif kemudian dikombinasikan dengan bahan kain motif dan frame tertentu sehingga dapat meningkatkan harga jualnya.

Untuk lebih jelas, berikut ini adalah beberapa sampel gambar hasil kerajinan kain perca yang dapat menginspirasi anda:

Inspirasi bisnis dan usaha kerajinan kain perca

Usaha kerajinan dengan memanfaatkan kain perca adalah bisnis yang bisa dilakoni oleh siapapun dan dimanapun, khususnya ibu rumah tangga. Sambil mengisi waktu luang, karya seni dengan memanfaatkan kain perca layak untuk dijadikan sebagai sumber penghasilan tambahan. (Baca: Kreatifitas tanpa batas, kerajinan kain perca bisa berpeluang sukses)

Di era modern, kreatifitas kerajinan tangan dapat berkembang sangat pesat dan referensi bisa diperoleh dengan sangat mudah. Misalnya melalui Google atau katalog ide di Pinterest.

Pembahasan selanjutnya tentang inspirasi bisnis menguntungkan dari kerajinan kain perca dapat dilihat pada artikel selanjutnya, Kreatifitas tanpa batas, kerajinan kain perca bisa berpeluang sukses. Dan semoga artikel inspirasi usaha yang telah disusun oleh Mizutex.com ini dapat memotivasi anda untuk memulai bisnis secara mandiri. Pantang menyerah, terus berikhtiar dan doa, sukses adalah buah dari kerja keras dan ketekunan. (Baca: Cara jualan online yang laris bagaimana? Pelajari tips jitu berikut ini).

Baca lebih lajut

29+ jenis kain dalam industri tekstil dan gambarnya yang wajib diketahui

Mizutex.com — Sebelum berbelanja kain untuk kebutuhan fashion atau industri tekstil, anda tentu akan bertanya, “Apakah bahan kain yang tepat untuk konsumen saya?” Karena, ada banyak sekali jenis kain yang beredar saat ini. Pemilihan yang tepat sesuai dengan target pasar adalah keputusan yang cemerlang. Berikut ini kami sajikan artikel tentang, “29+ jenis kain dalam industri tekstil dan gambarnya yang wajib diketahui”.

Mizutex selain sebagai warta berita tentang kain tekstil, juga sebagai media pembelajaran untuk mengenal aneka jenis kain berkualitas. Jika anda merasa tertarik dengan salah satu jenis kain yang telah jabarkan, anda bisa langsung memesannya melalui katalog produk Mizutex.

Adapun jenis-jenis kain untuk bahan pakaian dan gamis adalah sebagaimana berikut:

Kain katun Toyobo original import, by Mizutex

1. Katun Toyobo Original import

Bahan katun yang satu ini ringan dan agak jatuh, meski tidak se-jatuh bahan Wolfis. Akan tetapi, bahan katun Toyobo ini tergolong bahan kain yang tidak kaku.

Serat kain yang menyusun bahan katun Toyobo sangat rapat dan tidak memiliki tekstur yang khas, seperti katun Ima Slub atau Linen Look. Walaupun begitu, serat kain katun Toyobo masih bisa dilihat dengan mudah.

Lebih lanjut, karakteristik bahannya adalah adem, halus, agak licin namun tidak mengkilap. Bahan kain ini cocok untuk seragam kantor, koko, gamis ikhwan, jilbab dan gamis Syar’i. (Baca: Bahan katun Toyobo seperti apa? Jenis kain istimewa yang patut diketahui).

Bahan Toyobo Fodu import by Mizutex

2. Katun Toyobo Fodu import

Bahan katun Toyobo Fodu merupakam grade yang lebih bagus daripada Toyobo original. Keduanya sama-sama produk import. Hanya saja, untuk Toyobo Fodu ini memiliki kualitas serat kain yang sedikit lebih tebal dan rapat.

Selain itu, bahan katun Toyobo fodu jika dilihat pada permukaan kainnya akan tampak sedikit kilap. Jadi, semakin membuat bahan Toyobo Fodu ini tampak bekelas. Kilap yang dimilikinya juga tidak norak banget dan tidak kilap banget. (Baca: Kain katun Toyobo FODU impor kualitas premium).

Dapatkan sekarang! Madu Organik Premium di Katalog Mizutex

Ketika anda memutuskan untuk membeli bahan katun Toyobo, penting untuk diketahui bahwa ini adalah katun import yang memiliki banyak jenis. Selain itu, ada banyak sekali produk KW yang beredar dimana-mana. Dengan nama yang mirip-mirip, seperti Toyoboo, Tooyobo, Toyabo, Foyobo, Foyabo dan lain-lainnya.

Jika anda tidak yakin dimana harus membeli bahan kain Toyobo Original ini, pastikan anda mencari tempat membeli bahan kain yang terpercaya. Lebih baiknya lagi anda membeli bahan Toyobo berdasarkan rekomendasi teman yang sudah berpengalman. (Baca: Mengapa setiap gambar atau artikel Mizutex yang di-copy wajib menyertakan nama Mizutex.com?).

Bahan kain Balotelly Original

3. Balotelly grade A

Bahan kain Balotelli adalah bahan kain yang memiliki tekstur khas berupa kotak-kotak kecil yang membentuk garis-garis. Pola garis-garis tersebut kalau dilihat dari kejauhan akan kembali membentuk skema kotak-kotak yang lebih besar dan tersusun teratur.

Perlu diketahui, grade untuk Balotelly yang beredar dipasaran ada banyak. Umumnya yang dijual adalah Balotelly original atau Balotelly Grade B. Teramat sulit menemukan bahan Balotelly yang berkualitas. Karena umumnya, bahan Balotelly yang beredar adalah kaku dan kasar. Berbeda sekali dengan Balotelly grade A yang jauh lebih halus dan jatuh alias tidak kaku. (Baca: Perbedaan bahan kain Balotelli yang belum diketahui banyak orang).

Balotelly grade A adalah jenis Balotelly yang rabaannya lebih halus dan lebih jatuh. Selain itu, bahan kainnya tidak kaku seperti kain Balotelly biasa. Sangat disarankan, setidaknya anda membeli bahan kain Balotelli grade A agar anda tidak kecewa.

Meskipun jika dilihat secara kasat mata antara Balotelly biasa dan Balotelly grade A tampak sama. Namun, kualitasnya sangat jauh. Apalagi dibandingkan dengan bahan Balotelly Ar-Raihan. Perbedaannya jauh banget.

Bahan kain Balotelly grade A+

4. Balotelly Ar-Raihan (Balotelly grade A+)

Menjadi pusat perbelanjaan bahan kain berkualitas adalah komitmen utama Mizutex. Oleh karena itu, kami terus berupaya untuk menyediakan bahan kain berkelas dengan harga yang terjangkau. Salah satu kain yang kami maksud adalah Balotelly Ar-Raihan. Adalah jenis bahan Balotelly yang kualitasnya diatas Balotelly grade A.

Bahan Balotelly Ar-Raihan adalah jenis Balotelly yang setara dengan Zegna Italiano.  Bahan Balotelly Ar-Raihan adalah lebih halus, lebih jatuh dan lebih lemas daripada bahan Balotelli grade A.

Diambaj lagi, Balotelly Ar-Raihan adalah jenis kain Balotelly yang paling nyaman, paling lembut dan paling adem. Jangan pernah bilang Balotelly yang anda pakai sudah halus dan adem kalau belum nyobain Balotelly Ar-Raihan.

Perlu diingat, mungkin standarisasi “grade” pada kain Balotelly di setiap toko akan berbeda-beda. Boleh jadi, Balotelly grade A di toko sebelah tidak lebih bagus daripada Balotelly biasa di penjual yang lain. Ada baiknya, sebelum anda membeli kain Balotelly agar mengeceknya secara langsung.

Kain Megumi Ladies, bahan jilbab & gamis Syar’i yang tebal

5. Amira Premium import (Megumi Japan)

Belum lama ini telah hadir bahan kain terbaru di katalog produk Mizutex, namanya adalah Megumi. Bagi yang belum familiar dengan kain gamis Syar’i yang satu ini, mungkin masih bertanya-tanya seperti apa bahan Megumi tersebut? (Baca: Bahan Megumi seperti apa? Jenis kain berkualitas yang belum banyak orang tau).

Bahan Megumi adalah jenis kain yang mirip sekali, bahkan dapat dikatakan sama dengan bahan Amira. Namun, dengan kualitas bahan yang diatas kain Amira, serta bahan Megumi adalah produk import Japan.

Bahan Megumi ini tidak nerawang dan ketebalannya cukup, kalau untuk takaran bahan kain gamis, bahan Megumi ini tergolong tebal. Jika dibandingkan dengan bahan katun Toyobo, masih lebih tebal bahan Megumi. Nah, tapi jangan menyangka kalau bahan Megumi ini berat. Sama sekali tidak ya…

Megumi ini karakteristiknya adem, tidak bikin gerah, kainnya jatuh, halus dan lembut. Bahannya bagus banget untuk dijadikan bahan gamis umbrella.

Jika ada yang menyangka bahan Megumi ini adalah kain Amira, boleh dibilang pernyataan itu tidak sepenuhnya salah. Namun, juga tidak bisa dikatakan sepenuhnya benar.

Karena bahan Megumi ini kualitasnya masih diatas kain Amira, meskipun secara penampakan serat kainnya sama. Bahan Megumi ini lebih halus, lebih adem dan lebih lembut daripada kain Amira. Oleh sebab itu, menurut hemat redaksi Mizutex, Megumi ini dapat disebut kain Amira premium.

Beberapa pembeli Mizutex telah membuktikan kualitas bahan Megumi dan Alhamdulillah mereka sangat puas.

Bahan kain Madame, by Mizutex

6. Madame

Ketika anda sudah mengenal bahan Megumi, tentunya anda juga akan mengenal bahan kain Madame S**y. Kedua jenis kain ini tergolong kain yang cukup mahal. Namun, sebanding dengan kualitasnya.

Khusus bagi mereka yang lebih mengutamakan kualitas dan demi kenyamanan berbusana Syar’i, kedua bahan kain ini sangat direkomendasikan sekali.

Bahan kain Megumi dan Madame secara karakteristik hampir sama. Pegangannya juga kurang lebih saja. Bahannya sama-sama adem seperti pakai katun, lembut dan juga halus.

Kalau dibandingkan kain katun Toyobo, bahan Megumi dan Madame jelas lebih jatuh. Namun, karena kedua jenis kain ini bukan dibuat dari serat alami tanaman kapas (katun), jadi keduanya bukanlah jenis kain yang menyerap keringat.

Meski bukan tergolong katun, bahan Megumi dan Madame adalah bahan kain yang halus dan adem layaknya kain katun.

Sebagai catatan tambahan, bahwa bahan kain Madam sedikit lebih tipis dibandingkan Megumi. Karena bahan kain Megumi ini seratnya rapat dan agak tebal, jadi tidak menerawang.

Bahan Wollycrepe Premium by Mizutex

7. Wollycrepe premium adalah jenis kain untuk jilbab segi empat

Bahan Wollycrepe adalah jenis kain crepe yang memiliki tekstur paling lembut dan halus dibandingkan dengan jenis bahan crepe lainnya. Kain Wollycrepe menurut saya sangat cocok untuk dijadikan sebagai bagan jilbab dan gamis Syar’i.

Dikarenakan bahan ini memiliki ketebalan yang cukup dan pas, susunan serat kainnya juga rapat dan tidak menerawang. (Baca: Bahan Wollycrepe itu apa? Ciri dan keunggulannya yang harus anda tau).

Perlu diketahui, bahwasanya bahan Wollycrepe itu jenisnya ada banyak dan grade yang paling bagus adalah Wollycrepe premium dan Barbie Crepe Ar-Raihan.

Bahan Wollycrepe premium adalah jenis kain Wollycrepe yang kualitasnya lebih halus, lebih jatuh dan lebih lembut.

Berbeda sekali dengan bahan Wollycrepe yang banyak beredar, biasanya cenderunh kasar, menerawang dan bikin gerah. Berbeda halnya dengan Wollycrepe premium.

Bahan kain Barbie Crepe grade A+

8. Barbie Crepe Ar-Raihan

Jenis bahan kain yang satu ini, secara sekilas memang terlihat sama dengan Wollycrepe premium. Namun, memiliki kualitas yang lebih baik dan lebih bagus secara kualitas. Barbie Crepe Ar-Raihan adalah jenis kain Crepe yang kualitasnya setara dengan Wollycrepe Caltry.

Menurut pantauan Mizutex, setelah melakukan perbandingan dari beberapa jenis bahan kain Wollycrepe, maka Barbie Crepe Ar-Raihan adalah jenis crepe yang paling bagus dengan harga jual yang tidak mahal. (Baca: Perbedaan kain Barbie Crepe dan Wolly Crepe Premium yang harus anda ketahui).

Bahan kain katun supernova murah berkualitas

9. Katun Supernova, salah satu jenis kain katun yang ekonomis

Apakah anda sedang mencari bahan kain katun yang harganya murah? Tidak lain dan tidak bukan, bahan Supernova jawabannya. Secara umum, karakteristik bahan ini bersifat adem, lembut, halus dan juga ringan.

Bahan Supernova adalah jenis kain katun yang memiliki feel kain yang halus, lembut dan adem. Bahannya ringan dan tergolong agak tipis. Ketika pertama kali meraba bahan Supernova, saya merasakan bahwa kain ini memang nyaman untuk dijadikan sebagai bahan baju, meskipun terdapat beberapa kekurangan.

Meskipun kualitas bahan Supernova ini diremehkan banyak orang, ternyata memiliki “keunggulan yang tersimpan”.

Memang, bahan kain Supernova tergolong kain yang tipis dan mudah kusut.

Dan ternyata, kain yang mudah kusut seperti bahan Supernova yang satu ini, disebut-sebut memiliki daya tarik tersendiri.

Mengapa?

Usut punya usut, bahan Supernova ini kusutnya dianggap natural dan dianggap keren, begitu pengakuan pelanggan Mizutex lainnya. Pembahasan lengkap tentang bahan Supernova ini dapat dibaca di artikel Mizutex, Bahan Supernova adalah kain katun berkualitas yang harganya murah.

Bahan Woolpeach (Wolfis) Premium by Mizutex

10. Wolfis Premium (Woolpeach grade A)

Bahan kain Woolpeach memiliki ciri-ciri serat benang yang halus dan hampir tidak terlihat. Jika anda menyentuh bahan kain ini, maka anda akan merasakan kain yang ringan, jatuh, mudah diatur dan tidak licin. Harga yang ditawarkan relatif murah, mulai dari 26.000/m sampai 35.000/m, tergantung pada grade kualitas yang dimiliki oleh kain Woolpeach tersebut.

Perlu diketahui lagi, bahwa Bahan Wolfis itu grade kualitasnya berbeda-beda. Ada Wolfis Premium dan ada Wolfis versi murah. Dan sebenarnya, tidak hanya dua ini saja jenis bahan Wolfis, namun ada beberapa varian lagi, misalnya Jasmine, Miracle, Monalisa dan lain-lain.

Dan kesemuanya adalah Wolfis.

Oleh karena itu, tidak elok kalau membanding-bandingkan harga antar satu toko dengan toko yang lainnya, tanpa mengetahui wujud bahan kainnya secara langsung.

Adapun bahan Wolfis premium adalah jenis kain Wolfis yang karakteristiknya jatuh, halus dan tidak transparan. Berbeda halnya dengan bahan Wolfis murah, yang karakteristiknya jatuh, halus namun seratnya longgar dan transparan. (Baca: Bahan Wolfis itu apa? Inilah keunggulannya yang harus anda ketahui).

Bahan kain Linen Look by Mizutex

11. Linen Look Burberry import

Bahan kain katun Linen Look Burberry adalah jenis kain katun yang istimewa. Bahan kainnya cukup tebal, kainnya lemas dan adem. Ketika saya pertama melihat dan meraba kain ini, saya langsung percaya bahwa kain ini memang kain yang berkualitas.

Bahan Linen Look ada benerapa jenis, misalnya Linen Look Nikobo, Sauloon, Lorita dan Burberry lokal.

Sedangkan Linen Look Burberry yang dijual oleh Mizutex adalah yang produk import. Karakteristik bahannya adalah yang paling lembut, paling halus dan paling jatuh dari jajaran bahan Linen Look yang pernah ada.

Bahan kain katun ini sudah umum digunakan untuk kemeja, jilbab dan gamis. Meskipun sebagian orang mengatakan kalau katun Linen Look terlalu tebal untuk dijadikan jilbab, tapi menurut Mizutex anggapan itu tidak sepenuhnya benar.

Bahan katun Linen Look ini juga bisa dijadikan sebagai bahan koko ataupun couple pasangan suami-istri. (Baca: Bahan baju koko berkualitas yang harus anda ketahui).

Kain katun Linen Euro atau Linen Viscouse

12. Linen Euro (Linen Viscouse) untuk jenis kain casual

Bahan kain linen yang satu ini merupakan bahan kain yang paling kaku dan memiliki serat benang yang paling longgar dan besar. Adapun kalau untuk besaran serat benangnya, masih dalam batas wajar untuk kelas kain linen.

Bahan kain Linen Euro jika diperhatikan agak menerawang. Itu menurut penilaian saya. Mungkin karena serat benangnya yang agak longgar itu tadi.

Kalau dari segi kualitas, memang ketika saya rasakan, bahan kain Linen Euro adem dan lembut di kulit. Kalau digunakan untuk bahan baju, insya Allah bahan ini adem banget.

Inspirasi baju koko casual

Karakteristik bahan kain Linen Euro ini adem, agak kaku, halus, lembut dan tidak jatuh. Itulah mengapa bahan Linen Euro ini cocok untuk pakaian dengan gaya yang casual. Untuk mengetahui definisi bahan kain katun Linen Euro lebih jauh, silahkan merujuk pada artikel Mizutex berjudul, Mengenal bahan Linen Euro kain untuk kemeja pria dengan gaya casual.

Katun Linen Kenzo, foto by Mizutex

13. Linen Kenzo

Linen Kenzo merupakan bahan kain katun linen yang belum lama beredar. Ketebalan bahan kain Linen Kenzo hampir sama dengan kain Linen Slub.

Demikian pula dengan karakteristik kainnya juga hampir mirip dengan Linen Slub.

Cenderung tidak adem dan terasa sedikit kasar. Biasanya, Linen Kenzo digunakan sebagai bahan blazer dan ada juga yang menggunakannya sebagai bahan koko atau gamis ikhwan. Spesifikasi bahan kainnya hampir sama dengan kain Linen Euro, tapi tidak terlalu kaku.

Bahan katun Madinah, by Mizutex

14. Katun Madinah

Bahan kain katun yang satu ini kalau menurut bahasa penyampaian Mizutex, adalah kain dari hasil perpaduan antara katun Ima Slub dan katun Linen Look.

Alhamdulillah setelah lama dinanti-nanti, kini telah hadir di katalog Mizutex bahan katun Madinah. Bahan ini adem, halus dan lembut. 

Tampilan bahan kain dan karakteristiknya hampir sama seperti bahan Linen Burberry. Hanya saja, serabut seratnya tidak sebesar Linen Burberry dan ketebalan kainnya masih di bawahnya. Ciri-cirinya mirip seperti Linen Look, tetapi tidak licin dan juga sedikit lebih tipis, namun lebih tebal jika dibandingkan dengan katun Ima Slub.

Bahan katun Madinah ini adalah tidak menerawang, tidak licin, kainnya bersifat jatuh dan menyerap keringat. Kualitasnya dengan Linen Burberry kurang lebih saja. 

Jika anda sudah pernah membeli katun Madinah di toko lain, mungkin merasa ada sedikit perbedaan dengan katun Madinah di Mizutex. Yaitu pada seratnya yang tidak memiliki slub (garis-garis) alias polos saja. Itu saja perbedaannya secara visual. Untuk penjelasan lebih lengkap silahkan merujuk ke halaman kami Mengenal katun Madinah bahan kain gamis yang jatuh dan lembut).

Bahan kain Maxmara polos by Mizutex

15. Maxmara Premium (Maxmara Lux Polos)

Bahan kain Maxmara adalah kain yang mirip dengan kain Satin. Namun, kain Maxmara memiliki tekstur yang lebih lembut, adem dan nyaman di kulit.

Bahan kain Maxmara tergolong kain yang tidak bikin gerah ketika dipakai. Kain Maxmara termasuk kain yang licin, ringan, jatuh dan tidak transparan. Kain Maxmara jika diraba akan terasa lembut dan jika dilihat lebih seksama, serat kainnya lebih rapi dan lebih baik daripada kain Satin.

Sebagai informasi tambahan bahwa kain Maxmara polos ada sedikit perbedaan kelas dibanding kain Maxmara motif. Pada kain Maxmara polos memiliki grade yang hampir mirip dengan Maxmara Lux, atau boleh dikatakan sama. Namun masih diatasnya Maxmara Galaxy. Kain Maxmara polos cenderung mengkilap, serat kainnya lembut hampir sama seperti Maxmara Lux. Kainnya jatuh dan tidak kaku seperti Maxmara Galaxy. (Baca: Jenis kain Maxmara yang harus anda ketahui).

Linen Lineza Slub

16. Linen Slub (Linenta Linen)

Kain Linen Slub adalah jenis kain linen yang susunan seratnya rapat dan ada tekstur saling silang pada permukaan kainnya. Bahan kainnya lebih tipis daripada kain Linen Look.

Karakteristik kain Linen Slub jauh berbeda dengan jenis kain linen yang sudah saya sebutkan sebelumnya. Baik dari segi tekstur kain, maupun feel atau rabaannya.

Bahan kain Linen Slub terasa lebih kasar dan cenderung tidak adem daripada kain Linen Look. Mungkin apakah karena tekstur “slub”-nya ataukah karena campuran bahan kainnya?

Secara umum, karakteristik kain Linen Slub adalah jatuh, agak kasar dan tidak mengkilap. Ciri khasnya sangat mudah dikenali, yaitu susunan “slub” atau garis serat benang yang putus-putus dan saling silang. (Baca: Kain Lineza Slub Stretch variasi baru dari bahan Linen).

Bahan katun Ima Royal Platinum (IRP) berkualitas by Mizutex

17. Katun Ima Royal Platinum

Masih dari jenis bahan kain katun, kali ini adalah Ima Royal Platinum. Jenis bahan katun yang satu ini memiliki ketebalan yang bisa dikatakan sama dengan Toyobo Original. Akan tetapi, kualitasnya masih berada di bawah Toyobo Original dari beberapa aspek.

Perlu hati-hati saat memilih janis kain Ima Royal Platinum, jangan sampai salah mampir ke jenis kain Ima Platinum (tanpa kata “Royal”). Perbedaannya sangat jauh.

Meskipun pembeli ketika membeli bahan kain meteran kadang tidak tau mana Ima Royal Platinum (IRP) dan mana yang Ima Platinum (IP). Tapi, pada dasarnya cara untuk membedakan keduanya cukup mudah.

Ada perbedaan yang cukup mendasar, meskipun pada hakikatnya keduanya identik atau sama.

Katun Ima Royal Platinum (IRP) teraba halus, lembut dan cukup jatuh. Berbeda dengan Ima Platinum (IP), kain ini mirip seperti plastik. Ima Platinum (IP) ini lebih cocok jika disebut kain mantel. Karena kesan sintetisnya terasa banget. Mungkin juga Ima Platinum (IP) adalah versi murahnya kain katun Ima Royal Platinum (IRP).

Lebih jelas tentang Ima Royal Platinum (IRP) dan Ima Platinum (IP) dapat dibaca pada artikel kami, Bahan katun Ima Royal Platinum, kain berkualitas dengan harga murah).

Bahan Ima Platinum (IP) by Mizutex

18. Katun Ima Platinum

Bahan kain yang satu ini lebih dominan komposisi bahan sintetisnya daripada bahan katunnya. Hal ini dapat dilihat dari tampilannya yang lebih mirip seperti plastik (mantel).

Secara penampilan, Ima Platinum (IP) adalah sama persis dengan Ima Royal Platinum (IRP), namun dengan beberapa kekurangan sebagaimana yang telah Mizutex jelaskan sebelumnya.

Bahan katun Ima Polos import by Mizutex

19. Katun Ima polos import Japan

Bahan katun Ima adalah jenis kain katun yang aslinya adalah produk impor dari Jepang. Jenis kainnya tergolong agak tipis, susunan serat kainnya rapat dan jika diraba bahannya halus.

Bahan katun Ima adalah kain yang memiliki serat yang halus, rapat dan rapi. Jika dilihat lebih dekat, tidak ada serat benang halus yang terburai atau njabrut. Berbeda sekali dengan bahan katun Supernova yang seratnya tampak brudul atau njabrut. (Baca: Mengenal bahan katun Ima berkualitas dan seperti apa ciri-cirinya).

Jual kain katun Ima Slub impor Jepang

20. Katun Ima Slub import

Bahan katun Ima Slub pada hakikatnya adalah sama dengan bahan katun Ima polos. Perbedaannya hanya terletak pada tekstur kainnya yang memiliki susunan slub (garis saling silang).

Bahan kain katun Ima polos dan Ima Slub, pada dasarnya adalah sama saja dari segi spesifik. Perbedaannya hanya terletak pada ciri khas atau tampilannya saja. (Baca: Bagaimana membedakan katun Toyobo Original dan katun Ima Original agar anda tidak terkecoh?).

Bahan katun Jepang, Japan Design

21. Katun Jepang

Kain katun Jepang merupakan jenis kain katun yang cukup mahal, namun sebanding dengan kualitas yang akan anda dapatkan. Mengingat kain ini banyak sekali peminatnya, tak ayal produk KW pun mulai bermunculan.

Sayangnya, banyak sekali yang suka keliru menilai jenis-jenis kain katun Jepang ini. Sebab, tidak semua katun Jepang memiliki kualitas yang sama. Bahan kain katun Jepang lebih dikenal motifnya yang menarik. Biasanya menggunakan motif khas Jepang. (Baca: Ciri-ciri dan keunggulan kain katun Jepang yang harus anda ketahui).

Itulah mengapa dinamakan katun Jepang, Japan Desain. Karena motif kainnya mengacu pada desain negeri sakura.

Pelopor untuk bahan katun Jepang adalah PT. Tokai Senko. Namun demikian, banyak juga yang menjadi kompetitor bagi perusahaan kain motif katun Jepang ini.

Sebagai informasi tambahan, produk katun Jepang ini ada yang motif dan ada juga yang polos. (Baca: Beda antara katun Jepang dan katun Toyobo impor dari Jepang).

Kain Moscrepe untuk bahan gamis Syar’i by Mizutex

22. Moscrepe

Bahan Moscrepe, adalah anggota bahan kain dari keluarga Crepe dengan tekstur jeruk seperti butiran pasir yang tersusun dan tersebar di seluruh permukaan kainnya. Jika dilihat dari jarak dekat, memang benar, seperti ada pasir-pasir yang menempel pada permukaan kainnya. Padahal, sebenarnya itu adalah bagian dari serat-serat kain itu sendiri.

Jika anda berkesempatan untuk meraba bahan kain Moscrepe, anda akan benar-benar merasakan tekstur seperti butiran pasir menempel di tangan. Meski demikian, Moscrepe adalah kain yang cukup halus, tidak kasar.

Karakteristik bahan kain Moscrepe cukup tebal, serat kainnya rapat dan tentu saja tidak menerawang. Berbeda sekali dengan bahan katun Linen Euro yang memiliki serat besar dan tebal, namun tersusun agak longgar. Jadi, jika diperhatikan, mungkin sedikit nerawang.

Bahan kain Moscrepe nyaman digunakan untuk jilbab dan gamis, walaupun ada sensasi butiran pasir (crepe). Redaksi Mizutex telah membahas secara mendetail tentang bahan Moscrepe ini pada artikel Mengenal bahan Moscrepe lebih dekat dan seperti apa penjelasannya secara detail.

Bahan Arabian Crepe, kain lembut dan jatuh

23. Arabian Crepe

Arabian Crepe adalah duplicate dari Moscrepe dengan grade ada diatasnya. Kain Arabian Crepe ini memiliki tampilan yang sama persis dengan kain Moscrepe.

Jika anda belum pernah memegang secara langsung kedua bahan kain Moscrepe dan Arabian Crepe, dijamin pasti ketukar.

Alhamdulillah, pada kesempatan ini Mizutex.com akan membocorkan perbedaannya kepada anda.

Bahan kain Arabian Crepe lebih halus, lebih dingin, lebih adem dan agak lebih tebal daripada Moscrepe. Harganya? Lebih mahal juga.

Jadi, secara kasat mata keduanya hampir tidak bisa dibedakan. Kalau diraba baru ketahuan perbedaannya. Kuncinya, jika anda melihat bahan kain Crepe yang teksturnya seperti butiran pasir, namun kalau diraba terasa halus dan dingin, maka kain itu insya Allah adalah Arabian Crepe.

Bahan Bubble Crepe (Bubble Pop) by Mizutex

24. Bubble Crepe (Bubble Pop)

Bubble Crepe adalah bahan kain dengan tekstur kulit jeruk yang sangat nampak dan jelas. Itulah mengapa kain ini diberi nama kain “Bubble”. Tekstur jeruknya sangat terasa ketika diraba dan terlihat jelas meskipun dari jarak yang tidak terlalu dekat.

Karakteristik bahan kain Bubble Crepe agak tipis, tapi tidak menerawang. Termasuk bahan kain yang jatuh, ringan dan agak melar.

Bahan kain Bubble Crepe ini cukup nyaman digunakan untuk sebagai bahan jilbab dan gamis. Karena ringan, tidak mudah kusut dan tidak bikin gerah ketika dipakai, meskipun bukan dari jenis bahan kain katun. Jenis kain Bubble Pop ini adalah tidak menyerap keringat. (Baca: Bahan Bubble Crepe itu apa? Cari tau apa keunggulan dan karakteristiknya).

Diamond Italiano by Mizutex

25. Diamond Crepe Italiano

Diamond Italiano adalah jenis bahan kain Crepe yang tekstur jeruknya seperti Moscrepe, bahkan jauh lebih jelas lengkungannya. Otomatis, rabaannya akan lebih kasar daripada Moscrepe. Karena, rabaan teksturnya sangat kerasa.

Karakteristik bahan kain Diamond Italiano adalah ringan, jatuh, cukup melar dan lebih melar daripada Moscrepe. Tetapi, kalau melarnya untuk menandingi Crezia Crepe masih belum sampai.

Bahan kain ini tergolong kain yang tipis dan menerawang. Jika dibandingkan Diamond Georgette, masih lebih halus kain Diamond Italiano ini.

Diamond Georgette by Mizutex

26. Diamond Crepe Georgette

Diamond Georgette adalah bahan kain yang hampir mirip dengan Diamond Italiano. Meskipun namanya sama-sama Diamond, tapi bahan kain ini bukanlah duplicate-nya.

Diamond Georgette memiliki perbedaan yang cukup signifikan dibandingkan kakaknya Diamond Italiano. Yaitu tekstur jeruk yang samar-samar, namun masih terlihat. Kalau secara susunan teksturnya, hampir sama saja dengan Diamond Italiano.

Karakteristik bahan kainnya hampir sama dengan Diamond Italiano, dengan ketebalan kurang lebih saja.

Crezia Crepe bahan kain sangat elastis by Mizutex

27. Crezia Crepe

Crezia Crepe adalah salah satu diantara keluarga bahan kain Crepe yang elastis, bahkan dapat dikatakan sangat elastis. Cuma ini rasanya bahan kain Crepe yang memiliki tingkat elastisitas yang sangat tinggi.

Untuk membuktikan elastisitasnya, anda bisa merenggangkan bahan kain ini secara diagonal, bukan secara horizontal atau vertikal.

Bentuk tekstur Crepe yang dimiliki oleh kain Crezia ini menurut saya paling unik. Karena, teksturnya membentuk garis-garis tersusun yang menyerupai objek wajik. Meskipun tidak terlalu jelas, tapi sepintas akan nampak bentuk wajiknya tersusun.

Karakteristik bahan kain Crezia Crepe adalah ringan, jatuh dan tidak mudah kusut. Merupakan bahan kain Crepe yang cukup adem ketika dipakai dan memiliki ketebalan yang cukup. Jika dibandingkan dengan Moscrepe, katebalannya kurang lebih saja.

Barbie Ceruty atau Baby Doll bahan burqah by Mizutex

28. Barbie Ceruty Crepe (Baby Doll)

Kain Barbie Ceruti, atau juga memiliki memiliki nama lain Babydoll, adalah bahan kain Crepe yang paling tipis, paling ringan, paling jatuh dan paling transparan. Jenis bahannya tidak elastis dan sangat menerawang. Menurut Mizutex, Ceruti merupakan jenis kain Crepe yang paling tipis diantara kain-kain Crepe lainnya.

Ciri-ciri kain ini adalah teksturnya yang juga seperti “berpasir” yang dapat anda raba ketika memegang kain ini.

Memang betul, setiap jenis kain Crepe memiliki keunggulan dan karakteristik kain yang berbeda-beda, tanpa terkecuali kain Ceruti. Namun, ada sebagian diantara kita yang memanfaatkan kekurangan kain Ceruti ini untuk tujuan tertentu, misalnya saja Burqah.

Ada juga di kalangan Ummahat yang menjadikan Ceruti Babydoll untuk digunakan untuk sebagai bahan Burdah atau Burqah. Karena kain ini juga sebagai alternatif lain disamping bahan Sifon.

Kadang-kadang, ada juga digunakan sebagai bahan jilbab multi-layer atau untuk gamis berlapis-lapis. Atau jika tidak mau multi-layer anda bisa menambahkan kain furing agar tidak terlihat menerawang. (Baca: Bahan kain Ceruti Babydoll seperti apa? Berikut ciri-ciri dan karakteristiknya detail).

Bahan kain Linen 3G by Mizutex

29. Linen 3G (Triji)

Bahan kain Linen 3G adalah jenis kain yang memiliki tekstur menyerupai serat kayu, tetapi dengan penampilan yang lebih modern dan Cutting Edge. Mungkin karena alasan inilah, kain ini dinamai Linen 3G.

Karakteristik bahan kain Linen 3G adalah tidak terlalu halus, ringan, jatuh dan tidak terlalu licin seperti Linen Look. Ciri khasnya adalah garis panjang yang lurus, rapat dan sejajar yang terlihat pada permukaan kainnya.

Kain Linen 3G memiliki ketebalan sedikit dibawah Linen Kenzo. Dan jika ditinjau dari spesifikasi bahan kain atau karakteristik kainnya, Linen 3G cocok untuk koko dan gamis ikhwan. Adapun jika diperuntukkan sebagai bahan celana, sepertinya kurang kompatibel menurut saya.

Tiga jenis bahan Linen Premium Mizutex

30. Jenis kain Linen Premium

Belum lama ini telah hadir di katalog produk Mizutex, tiga jenis bahan kain Linen Premium yang menjadi pengganti bagi Linen Euro yang sudah discontinued. Ketiga bahan kain Linen Premium terbaru ini memiliki beberapa peningkatan secara kualitas dari Linen Euro. Bahan Linen Premium tersebut ada tiga (3) jenis, yaitu; Linen Italy (Pure Linen), Linen Dubai dan Linen Muschino (dinamai juga Linen Italy). Ketiga jenis bahan kain linen ini sangat mudah dibedakan. Cukup melalui foto yang baik, jelas dan dengan pencahayaan yang bagus, anda sudah dapat mengetahui dengan baik perbedaan jenis kain linen ini.

Alhamdulillah, redaksi Mizutex berhasil mendokumentasikan ketiga foto untuk bahan kain Linen Premium ini melalui view yang tepat. Hal ini pun dapat memudahkan pembaca untuk mengetahui perbedaannya secara mendetail, insya Allah. Adapun penjelasan dari ketiganya berdasarkan deskripsi dan gambarnya, dapat dilihat pada artikel kami berjudul, New Arrival: 3 kain Linen Premium Mizutex sebagai pengganti Linen Euro.

Informasi jenis-jenis kain tekstil terlengkap ada di Mizutex.com

Demikianlah informasi tentang berbagai jenis bahan kain dalam industri tekstil yang dapat dibahas oleh redaksi Mizutex.

Perlu untuk ditegaskan, bahwa setiap informasi yang disajikan oleh Mizutex merupakan hak intelektual yang menjadi milik redaksi sepenuhnya. (Baca: Mengapa setiap gambar atau artikel Mizutex yang di-copy wajib menyertakan nama Mizutex.com?).

Oleh karena itu, setiap informasi yang diambil secara sebagian atau keseluruhan, wajib mencantumkan sekurang-kurangnya, “Sumber dari Mizutex.com”.

Jika anda berminat untuk membeli bahan kain dari jenis-jenis kain yang telah Mizutex jabarkan diatas, anda dapat memesannya melalui kontak admin. Terima kasih telah membaca artikel Mizutex tentang 29+ jenis kain dalam industri tekstil dan gambarnya yang wajib diketahui. Sampai jumpa lagi pada pembahasan kain tekstil berikutnya. [Rizal]

Baca lebih lajut