Cara membuat kerajinan dari kain perca beserta gambarnya

Mizutex.com — Terkadang anda akan kesulitan mendapatkan motif kain yang cocok untuk anak-anak dan yang sesuai dengan ekspektasi anda. Tutorial berikut ini mungkin dapat menginspirasi anda. Dengan hanya memanfaatkan kain perca, cat dan sejumlah perlengkapan sederhana, anda dapat mendapatkan motif kain perca sendiri. Cara membuat kerajinan dari kain perca beserta gambarnya.

hasil kreasi kain flanel motif

hasil kreasi kain perca motif, source: madeeveryday.com

Ketika anda tidak menemukan bahan kain yang anda inginkan dan sudah berusaha mencari kesana-kemari, lalu tidak ada hasilnya. Saat itu, adalah waktu yang tepat untuk menguji seberapa kreatifkah anda untuk membuat sendiri kerajinan kain perca.

Pertanyaannya, apakah kreatif itu adalah hal yang sulit? Kalau saya bukan orang yang kreatif, terus bagaimana?

Semua akan terasa mudah dengan mengaplikasikan apa yang disusun oleh tim Mizutex berikut ini.

Yaitu, tentang bagaimana memanfaatkan perlengkapan dan bahan yang sederhana, agar anda bisa membuat kerajinan kain perca yang unik dan menarik. Bisa jadi bernilai jual tinggi. Meng-ha-yal.

membuat motif dengan cat tipis

membuat motif dengan cat tipis, source: madeeveryday.com

Barangkali ini adalah percobaan pertama anda atau yang kesekian kalinya. Semoga pada kesempatan kali ini anda akan berhasil. Ayo semangat!

Pada kesempatan sebelumnya, tim Mizutex pernah membagi beberapa tips dan inspirasi tentang kerajinan bahan kain perca (Baca: Inspirasi bisnis menguntungkan dari kerajinan kain perca).

Cara membuat kerajinan dari kain perca beserta gambarnya

Perlengkapan dan peralatan yang diperlukan

Semuanya bisa anda dapatkan dengan mudah dan tidak dituntut sesuai dengan gambar yang kami contohkan. Gunakan ide anda dan silahkan tuangkan kreatifitas anda.

Diantara perlengkapan yang akan digunakan kali ini adalah:

  • Gulungan kertas pada tisu toilet, anda juga bisa membuatnya sendiri
  • Sisir
  • Selotip
  • Cat
  • Kain perca polos
  • Dan apa saja yang anda miliki, ambil dan marilah berkreasi.

Jika anda mengikuti tutorial berikut ini dengan baik, dalam waktu dekat anda akan memiliki hiasan kain perca imut dengan berbagai pilihan motif menarik…

Cara membuat kerajinan dari kain perca beserta gambarnya

Membuat alat cetakan sablon dan stempel sendiri

Agar tampak rapi dan kreatif, perlu sekali untuk mencoba membuat semacam cetakan atau stempel sendiri. Cetakan atau stempel ini akan berguna dalam proses pembuatan motif pada bahan kain perca.

Untuk cetakan, anda bisa memanfaatkan kertas kemasan odol untuk membuat motif-motif sederhana. Dan untuk stempelnya, bisa menggunakan alas karpet karet, busa atau sejenisnya.

membuat adonan cat

membuat adonan cat, source: madeeveryday.com

Jika anda tidak memiliki cat kain, anda bisa menggunakan cat akrilik, yang sangat murah dan tersedia dengan berbagai pilihan warna. Sedangkan untuk pengaplikasian cat akrilik pada bahan kain, disarankan agar mencampurnya dengan cat kain Medium Fabric (mungkin cat sablon yang bisa berbeda nama pada wilayah tertentu).

Karena cat akrilik ini sebenarnya bukan untuk kain, jadi harus ada campuran lain supaya bisa fleksibel. Agar hasil pewarnaan cat pada bahan kain lebih terasa lembut ketika dicuci dan dipakai.

Tapi kalau anda merasa ragu-ragu, anda bisa melukis bahan kain tanpa menggunakan bahan tersebut dan carilah bahan cat kain yang lebih baik.

Selanjutnya, jika anda sudah mendapatkan cat kain bermerek Medium Fabric, ikuti aturan pakai yang tertera pada bagian belakang botol. Biasanya, perbandingan adonan cat dua banding satu. Misalnya 2 gram diambil dari cat Medium dan 1 gram dari cat akrilik.

Adapun untuk tempat membuat adonan cat, sepertinya bekas mangkok bayi yang tidak terpakai cocok untuk proyek sederhana ini…

Perlu diingat, bahwa cat atau spidol sekalipun akan memiliki hasil yang berbeda terhadap semua jenis bahan kain. Kain yang tipis dapat menyerap cat dengan cepat, sedangkan bahan kain yang memiliki serat yang halus dan rapat akan bersifat seperti kanvas. Yaitu, cat akan tetap di permukaan dan sulit untuk menyerap.

Oleh karena itu, sebelum mengaplikasikan pada kain sesungguhnya, sangat disarankan anda mencoba dulu beberapa kali pada potongan kain yang lain. Hingga anda mendapatkan hasil yang sesuai dengan keinginan anda sendiri.

Beberapa eksperimen berikut ini akan berlaku pada seluruh bahan kain. Mungkin, hasilnya nanti dapat anda gunakan sebagai hiasan dinding, celana anak-anak, kaos oblong, tas, jaket atau topi sekalipun.

Oh ya… saran saya, anda juga bisa menggunakan hair dryer atau setrika, untuk mengeringkan cat nantinya, supaya bisa lebih cepat kering. Lalu anda dapat melanjutkan step by step tutorial ini dengan cepat.

Tapi ini hanya bersifat saran, kalau anda mau bersabar, menggunakan terik matahari juga sudah cukup. Ting…!

Baiklah, selanjutnya mari dimulai. Apakah anda setuju dengan beberapa ide berikut ini?

Cara membuat kerajinan dari kain perca beserta gambarnya

Mulai membuat motif dengan stempel sendiri

Ada banyak cara untuk membuat stempel motif atau cap yang sederhana. Namun, kali ini kita akan mencoba dengan perlengkapan apa adanya yang bisa diperoleh di sekitar rumah kita.

Ingat, ini hanyalah satu saran, anda bisa menggunakan cara anda sendiri.

membuat motif kain sendiri

membuat motif kain sendiri, source: madeeveryday.com

Potonglah bentuk segitiga dari bahan alas karpet busa. Kalau bahan yang anda punya terlalu tipis, bisa dirangkap dua dan dilem. Selanjutnya, rekatkan busa tersebut ke tutup botol minuman mineral.

Nah, sekarang anda sudah memiliki stempel untuk membuat motif sederhana pada bahan kain perca anda.

Cara ini merupakan cara yang tepat: bahwa permukaan busa yang berfungsi sebagai stempel sebaiknya diusap oleh penyeka busa khusus, yang berguna untuk mengoleskan cat.

teknik mengecap yang benar

teknik mengecap yang benar, source: madeeveryday.com

Jadi bukannya stempel yang dicelupkan dalam adonan cat, karena cara tersebut akan membuat hasil cap tidak bagus. Dan juga akan boros bahan cat.

Perlu diingat, anda bukan hendak menyetempel surat MoU untuk teken kontrak. Tapi, sekarang anda sedang menjadi orang seni kali ini. Karenanya, jangan samakan penggunaan stempel ini dengan stempel konvensional, yang hanya tinggal “dok-deg, dok-deg…”

Penggunaannya simpel bukan? Setiap kali anda mengoleskan cat pada stempel, maka tempelkan stempel kreasi anda di permukaan bahan kain secara teratur. Sesuaikan jarak setempel dan penataannya agar tampak rapi.

Bila sudah selesai melakukan penyetempelan, harap terus mengikuti prosedur yang tertera pada botol cat pilihan anda. Untuk menjaga kualitas pengecapan cat yang lebih baik.

Dan agar hasil cetakan yang anda lakukan dapat bertahan pada bahan kain, serta tidak akan memudar dalam jangka waktu yang cepat.

proses mengeringkan cat

proses mengeringkan cat, source: madeeveryday.com

Supaya cat dapat mengeras dengan baik di bahan kain yang dilakukan treatment, sebaiknya setrika hasil cap anda.

Tentunya dengan melapisi selimut diatasnya kain percanya. Agar panas setrika tidak membuatnya menempel pada besi setrika itu sendiri. Lakukanlah tahapan finishing ini selama kurang lebih dua menit.

hasil cap dengan gulungan tisu

hasil cap dengan gulungan tisu, source: madeeveryday.com

Cara membuat kerajinan dari kain perca beserta gambarnya

Membuat motif kain baru dengan cara yang unik

Mungkin terlihat aneh, tapi untuk saat ini abaikanlah rasa heran untuk mendapatkan jiwa seni yang kreatif. Karena memang seperti itulah orang yang mau terjun ke dunia seni.

Mereka harus bisa memanfaatkan hal-hal yang berada diluar perkiraan kebanyakan orang, sehingga ia bisa membuat karya yang jenius.

teknik mengecap motif lingkaran

teknik mengecap motif lingkaran, source: madeeveryday.com

Ambil kertas gulungan tisu toilet atau benda lingkaran apa pun yang ada di sekitar rumah dan gunakanlah untuk cap!

Melalui perlengkapan baru ini, ulangi trik pada stempel pertama dan beri sedikit inovasi. Buatlah motif dengan warna cat dan penataan cap yang sistematis, acak-acakan, ngawur atau… nyleneh sekalipun.

alat alternatif lainnya untuk motif lingkaran

alat alternatif lainnya untuk motif lingkaran, source: madeeveryday.com

Cara membuat kerajinan dari kain perca beserta gambarnya

Eksperimen berbeda untuk hasil yang luar biasa

Saya berharap, eksperimen ini bisa berhasil dan bisa lebih baik daripada sebelumnya. Meskipun, anda harus melakukannya beberapa kali percobaan dan sedikit kesalahan.

Tapi itu bukan masalah, yang penting go ahead…!

teknik membuat motif dengan sisir

teknik membuat motif dengan sisir, source: madeeveryday.com

Seperti bayi yang baru berjalan, perlu waktu untuk bisa terampil dan segala sesuatu tidak ada yang instan. Tekun dan sabarlah… kemudian anda akan menyaksikan bahwa karya anda benar-benar menakjubkan.

motif garis-garis dengan sisir

motif garis-garis dengan sisir, source: madeeveryday.com

Teknik yang satu ini sangat sederhana dan anda bisa memodifikasi teknik treatment dengan garis lurus, melengkung, zig-zag atau memutar.

Cara membuat kerajinan dari kain perca beserta gambarnya

Anda suka motif lorek-lorek?

Seperti seragam parkir Wong Solo (orang Solo), tapi mungkin dengan komposisi warna yang berbeda. Kalau anda suka garis-garis yang lebar, anda bisa mendapatkan caranya seperti ini:

motif seragam parkir lorek-lorek wong Solo

motif seragam parkir lorek-lorek wong Solo, foto JIBI

Pertama-tama, sebaiknya anda mengambil bahan kain polos berwarna putih, sebagai warna yang netral. Jangan bayangkan betapa lamanya melukis banyak meteran bahan kain, sehingga bisa dipakai untuk bahan membuat baju.

Lakukan dan enjoy-lah dengan eksperimen anda. Ingat, tetap eling pada waktu anda. Jadikanlah eksperimen ini sebagai cara untuk mengisi waktu kosong anda.

Gunakanlah selotip kertas dengan ukuran yang sesuai dengan kesukaan anda. Tempelkan pada permukaan bahan kain dan atur jaraknya dengan baik. Nantinya, selotip akan menjaga cat agar membentuk motif lorek-lorek yang rapi.

membuat motif lorek-lorek

membuat motif lorek-lorek, source: madeeveryday.com

Kendala yang mungkin anda hadapi adalah, anda akan kesulitan untuk mempertahankan posisi bahan kain tetap lurus. Karena sewaktu anda mengusap cat pada kain, ia akan lengket atau bergeser. Jadi, mungkin untuk eksperimen awal, hasilnya kurang rapi dan agak bergelombang.

eksperimen motif lorek-lorek

eksperimen motif lorek-lorek, source: madeeveryday.com

Trik yang bisa anda gunakan adalah, tekan bagian atas bahan kain dengan tangan kiri anda. Lalu, oleskan cat dengan tangan kanan dan arahkan gerakan olesan cat sejajar dari atas ke bawah.

Nah, setelah semuanya selesai, apakah anda yakin akan menggunakan hasil motif kain lorek-lorek anda?

Cara membuat kerajinan dari kain perca beserta gambarnya

Membuat motif lorek-lorek saling silang

Mungkin motif berikut ini menarik untuk dijadikan sebagai bahan saku untuk kaos anak laki-laki. Atau mungkin juga dapat digunakan untuk saku celana, bahan tas tote bag atau bahan lengan baju kaos anak. Aturlah ukuran garis dan jaraknya supaya cocok dengan tujuan anda.

cara membuat motif saling silang

cara membuat motif saling silang, source: madeeveryday.com

Cara membuat kerajinan dari kain perca beserta gambarnya

Membuat cetakan sablon kaos distro sederhana

Barangkali cara ini adalah teknik favorit bagi sebagian orang. Terutama yang sangat menyukai gaya retro-vintage. Melalui cara ini, anda dapat dengan mudah melukis diatas kaos seperti ketika menggunakan sablon.

membuat cap kaos distro

membuat cap kaos distro, source: madeeveryday.com

Jadi, anda tidak perlu khawatir dengan hasil sablon akan berbeda pada bahan kaos selanjutanya.

Cetakan sablon sederhana ini mungkin akan menginspirasi pengusaha kaos distro, supaya mereka bisa membuat produk dari karya sendiri.

cara membuat cap kaos distro

cara membuat cap kaos distro, source: madeeveryday.com

Cara membuat kerajinan dari kain perca beserta gambarnya

Motif kotak-kotak besar

Caranya, selotip kertas kemasan odol ke meja kaca atau lantai keramik. Berilah garis tepi dengan ukuran persegi empat 10 x 10 cm, atau sesuai yang anda inginkan.

motif kotak-kotak besar

motif kotak-kotak besar, source: madeeveryday.com

Di bagian tengah kotak, buatlah ukuran kotak-kotak kecil tersusun ukuran 2 x 2 cm. Kemudian, anda bisa memotong motif-motif kotak tersebut dengan cutter atau gunting. Gunakanlah kreatifitas anda, bagaimana cara yang paling mudah untuk melakukannya.

cat, keringkan dan kupas

cat, keringkan dan kupas, source: madeeveryday.com

Potonglah bagian tepi kertas ukuran 10 x 10 cm tersebut, lalu tempelkan terlebih dahulu pada bahan kain yang ingin diberi treatment. Setelah itu, baru tempelkan satu demi satu kotak kecil seperti papan catur. Kemudian, mulailah mencat pada ruang kosong diantara 2 kotak.

Cat, setrika dan kupas. Motif kotak-kotak sudah jadi!

Cara membuat kerajinan dari kain perca beserta gambarnya

Gunakan semua yang mungkin bisa dimanfaatkan

Ada begitu banyak benda di sekitar rumah yang dapat dimanfaatkan untuk membuat desain menarik. Ingat, perlengkapan orang seni itu sederhana, yang mahal adalah idenya…

teknik sablon sederhana

teknik sablon sederhana, source: madeeveryday.com

Terkadang saat melukis di permukaan kain yang lebih gelap, dibutuhkan beberapa lapisan cat untuk membuatnya benar-benar terlihat.

Oleh karena itu, dibutuhkan teknik khusus agar hasil cat bisa lebih optimal.

Mungkin anda bisa membuat adonan cat yang sedikit lebih encer agar cat terlihat tipis namun cukup enak dilihat. Lakukanlah dengan cara membuat cetakan seperti sablon, namun dengan motif yang lebih sederhana.

Hasilnya, warna cat tidak terlalu kontras.

membuat motif dengan cat tipis

membuat motif dengan cat tipis, source: madeeveryday.com

Akan tetapi, dengan pemilihan warna yang tepat, treatment yang tepat dan efek transparan yang pas, warna cat akan menyatu dengan baik di permukaan bahan kain perca.

sablon dengan cat encer

sablon dengan cat encer

Cara membuat kerajinan dari kain perca beserta gambarnya

Sebuah ilusi atau kreasi?

Faux Bois (baca: “fu bwah”), artinya “kayu palsu” dalam bahasa asalnya, perancis. Merupakan eksperimen yang sangat menyenangkan dan patut untuk anda coba.

Tentu saja teknik tersebut tidaklah sesulit yang anda bayangkan.

hasil motif kayu palsu

hasil motif kayu palsu, source: madeeveryday.com

Anda melukis garis panjang dengan sedikit lengkungan di sana-sini dan beberapa simpul sebagai intinya. Tidak ada peraturan baku yang akan membuat anda merasa kesulitan disini.

Silahkan anda lakukan dengan beberapa kali pengulangan media, kanvas dan cat yang berbeda-beda, lalu lihatlah hasilnya.

Anda mungkin akan mencoba dengan spidol warna yang sangat gampang pengaplikasiannya (gambar tengah). Namun, jika kualitas spidol tidak bagus, maka hasilnya pun kurang memuaskan. Ia mungkin cepat mengering, akan tetapi tidak bisa bertahan lama pada berbagai jenis bahan kain.

cata membuat kayu palsu

cata membuat kayu palsu, source: madeeveryday.com

Atau mungkin anda mau mencoba spidol merek Sharphie. Kualitasnya akan lebih baik dan garis tipis yang dihasilkan sangat cocok untuk membuat motif kayu palsu.

motif kayu palsu

motif kayu palsu, source: madeeveryday.com

Dan yang terakhir, patut juga anda coba, yaitu menggunakan bahan cat akrilik. Ada baiknya menggunakan kuas yang tipis, sehingga garis-garis yang dihasilkan tidak terlalu tebal. Tapi, kalau ditujukan untuk ukuran kanvas yang lebih besar, kuas dengan ukuran sedang akan lebih baik.

membuat kayu palsu dengan cat akrilik

membuat kayu palsu dengan cat akrilik, source: madeeveryday.com

Ups… kalau selama anda bereksperimen anda ditemani oleh anak anda, mengapa anda tidak menyuruhnya untuk mencoba?

Hal ini sangat bermanfaat sekali untuk melatih daya imaginasi, kepercayaan diri, kreatifitas dan kemampuan motorik halusnya. Sehingga, ia akan menjadi orang yang terampil di masa depan.

Cara membuat kerajinan dari kain perca beserta gambarnya

Cara membuat kerajinan dari kain perca beserta gambarnya

Kini anda telah sampai pada penghujung tutorial kerajinan membuat motif dari kain perca. Mungkin setelah ini anda akan berencana untuk mencobanya kembali atau memiliki pandangan untuk membuat usaha di bidang kerajinan kain perca. (Baca: Dipandang sebelah mata, bisnis kerajinan kain perca bisa raup keuntungan ratusan juta).

Gantungkanlah karya-karya anda di dinding dan mintalah pendapat teman-teman anda.

tempelkan hasilnya di dinding

tempelkan hasilnya di dinding, source: madeeveryday.com

Lakukan evaluasi dan anda bisa mengulanginya berulang kali, dengan teknik atau eksperimen yang lain.

Merupakan suatu kebanggaan tersendiri, jika anda bisa membuatkan baju piama anak melalui bahan kain yang motifnya anda buat sendiri. Menarik bukan?

contoh baju dari motif bahan kain sendiri

contoh baju dari motif bahan kain sendiri, source: madeeveryday.com

membuat motif pada kain perca

membuat motif pada kain perca, source: madeeveryday.com

Kalau saya pasti akan merasa bangga memiliki sesuatu yang keren seperti itu.

Selamat mencoba!

Jika anda menyukai artikel Mizutex ini, silahkan di share-kan dengan menyebutkan sumbernya!!

Baca juga artikel tentang tutorial, Kerajinan dari kain perca cara membuat selimut motif menarik.

Cara membuat kerajinan dari kain perca beserta gambarnya