Mizutex.com – Jika anda adalah seseorang yang sangat suka membuat kerajinan tangan dari kain perca, saat ini Mizutex hendak berbagi tutorial yang menarik. Pada kesempatan ini, saya akan memberikan tutorial cara membuat tas totebag dari kain perca yang menawan.

Tutorial ini akan dijelaskan secara rinci dan gamblang sehingga bisa memberikan anda penjabaran yang tepat dan mudah difahami.

Sebelum memulai, pastikan anda sudah memiliki seperangkat alat untuk menjahit dan bahan-bahan utama untuk membuat tas totebag dari kain perca.

Jika anda memiliki kain apa saja yang tidak terpakai, maka tutorial ini bisa menjadi ajang mengisi waktu dan memberikan kepada anda kesibukan yang bermanfaat.

Perlu diketahui, bahwa saat ini ada banyak sekali kain-kain perca yang tidak terpakai dan bisa dikatakan sebagai limbah produksi konveksi, rumah jahit atau garmen. (Baca: Inspirasi bisnis menguntungkan dari kerajinan kain perca).

Di luar sana, ada banyak sekali penjual kain perca yang masih menyediakan berbagai jenis kain yang beraneka ragam warna dan motifnya. Rata-rata, kain yang dijual sudah cukup untuk dijadikan sebagai bahan kerajinan kain perca dan harganya terbilang murah.

Jika anda tidak memiliki kain perca untuk ajang praktek pada tutorial kali ini, tidak ada salahnya anda membeli bahan kain yang masih baru yang tersedia di katalog Mizutex.

Ayo langsung saja kita mulai tutorialnya…

Alat-alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat totebag

  1. Kain utama untuk outer tas totebag 1 meter (kain outer). Dapat menggunakan katun quilt kualitas terbaik, namun dapat juga menggunakan bahan kain tas seperti linen, blacu atau kanvas yang lebih kaku dan kuat.
  2. Kain untuk alas 1 meter (kain lining). Dapat menggunakan bahan kain linen, kain kanvas atau kain untuk dekorasi rumah.
  3. Bahan untuk lapisan kain (kain interfacing) 4 meter. Dapat menggunakan kain vinyl yang tipis, halus dan lebih ringan.
  4. Benang dengan warna yang serasi.
  5. Benang dengan warna yang kontras atau yang memiliki warna cerah (untuk topstitching)

Langkah demi langkah membuat totebag kain perca

Berikut ini redaksi Mizutex akan menjelaskan langkah demi langkah cara membuat tas totebag dari kain perca yang menawan. Semoga penjelasan ini bisa difahami dengan baik dan dapat dilakukan tanpa ada rintangan.

Jika ada hal yang kurang jelas atau ingin ditanyakan, silahkan meninggalkan pesan di kolom komentar.

Waktu yang dibutuhkan kira-kira: 1 jam dan 30 menit.


Membuat tas totebag dari kain perca adalah sesuatu yang menarik untuk dicoba. Mungkin akan terlihat rumit bagi yang belum pernah melakukannya, apalagi jika memang masih minim pengetahuan tentang menjahit. Namun, setelah dipelajari step by step cara membuat totebag dari kain perca ini, insya Allah, anda dapat menikmati proses pembuatan ini dengan baik.

Bagi yang sudah punya pengalaman menjahit dengan baik, terlebih jika memiliki bahan-bahan yang sudah tersedia, tentu proses pembuatannya akan jauh lebih cepat.

Semoga tutorial yang disajikan oleh Mizutex ini dapat dipraktekkan tanpa ada kendala sedikitpun.

  1. Langkah 1 :


    Mulailah dengan kain outer.

    Lipat kain tersebut dan sesuaikan secara tepat dari ujung ke ujung. Jika potongan kain anda belum rapi, potong terlebih dahulu pada sisi tepinya sehingga nampak rapi dan sempurna.

    Potongan kain yang tersedia harus menjadi 2 bagian dan terdiri dari 4 lembar kain terpisah, dengan detail ukuran sebagaimana berikut:

    Pertama, berukuran 19 x 21 inchi sebanyak 2 lembar.
    Kedua, berukuran 2 x 21 inchi sebanyak 2 lembar.

    Jangan lupa menyesuaikan pola atau motif kain, sehingga bentuknya akan terliat serasi dan tampak baik ketika sudah jadi. Pada contoh ini anda bisa menyesuaikan motif lurik disusun secara horizontal atau vertikal.

    Sebagai informasi tambahan, bahwa ukuran 21 inchi nantinya akan menjadi ukuran lebar tas totebag, sedangkan 19 inchi akan menjadi ukuran tinggi tas tote bag.

    Ukuran kain perca untuk membuat tas totebag

  2. Langkah 2 :


    Ambil kain alas (lining), lipat dan sesuaikan dengan tepat ujungnya dari tepi ke tepi. Kemudian potong menjadi 3 bagian dan terdiri dari 6 lembar kain terpisah, dengan detail ukuran sebagaimana berikut:

    Pertama, berukuran 19 x 21 inchi sebanyak 2 lembar.
    Kedua, berukuran 9,5 x 21 inchi sebanyak 2 lembar.
    Ketiga, berukuran 2 x 21 inchi sebanyak 2 lembar.

    Jangan lupa tetap perhatikan arah polanya agar tetap sesuai dan serasi.

    Sebagai informasi tambahan, bahwa 21 inchi adalah untuk lebar tas totebag dan 19 inchi untuk tinggi tas totebag. Sedangkan untuk 9,5 inchi adalah untuk tinggi alas yang ada di samping tas totebag.

    Ukuran kain perca untuk membuat tas totebag

  3. Langkah 3


    Ambil kain interfacing. Potonglah menjadi 3 bagian dan terdiri dari 10 lembar kain terpisah, dengan detail sebagaimana berikut:

    Pertama, berukuran 19 x 21 inchi sebanyak 4 lembar
    Kedua, berukuran 9,5 x 21 inchi sebanyak 2 lembar
    Ketiga, berukuran 2 x 21 inchi sebanyak 4 lembar

    Ukuran kain perca untuk membuat tas totebag

  4. Langkah 4 :


    Sekarang, anda sudah memiliki semua potongan kain perca. Periksa kembali apakah anda sudah memiliki semua jenis ukurannya.

    Jika sudah, ayo lanjut.

    Cara membuat totebag dari kain perca

  5. Langkah 5 :


    Setrika kain interfacing (kain vinyl) yang sudah dipasangkan ke setiap bagian kain, baik untuk kain outer maupun untuk kain lining.

  6. Langkah 6 :


    Potonglah setiap kain interfacing yang dianggap lebih untuk setiap bagian tas, sehingga tampak sejajar.

  7. Langkah 7 :


    Ambil kain outer yang sudah dipotong tadi dan pasangkan dengan kain lining. Pasangkan setiap sisi kain yang berukuran 21 inchi secara horizontal. Tumpuklah kain lining sejauh ukuran 8,5 inchi terhadap kain outer-nya.

  8. Langkah 8 :


    Kunci penataan yang sudah anda lakukan tadi dengan menggunakan jarum pentul. Ulangi langkah 7 dan 8 pada bagian-bagian tas totebag kain perca yang lainnya. Lihat gambar untuk mengetahui secara pasti mana bagian kain perca yang harus “dikunci” dengan jarum pentul.

  9. Langkah 9 :


    Pilih benang dengan warna yang sesuai, kemudian jahit pada sepanjang sisi yang telah dikunci dengan jarum pentul. Tingkat kerapatan jahitan setidaknya berkisar ½ inchi.

  10. Langkah 10 :


    Lipat kain lining yang sudah dijahit tadi, kemudian setrika lipatannya. Ulangi langkah ini pada bagian tas yang lain (lihat gambar). 

  11. Langkah 11 :


    Dengan menggunakan benang berwarna kontras, jahit pada sepanjang lipatan tadi. Kerapatan jahitan bisa disesuaikan sesuai kebutuhan.

  12. Langkah 12 :


    Lakukan lagi topstitch dengan menggunakan kerapatan ¼ inchi di bawah baris topstitch yang pertama.

  13. Langkah 13 :


    Ulangi langkah 11-12 pada bagian kain outer lainnya.

    Cara membuat totebag dari kain perca

  14. Langkah 14 :


    Tumpuk kain outer yang sudah dijahit tadi menjadi satu, pasangkan sisi outer tanpa vinyl dengan sisi outer tanpa vinyl yang lainnya (lihat gambar). Pastikan anda mensejajarkan jahitan panel dasar.

    Jika sudah, kunci seluruh tepinya dengan menggunakan jarum pentul, kecuali pada sisi atas tas totebag yang akan menjadi lubang kantong.

  15. Langkah 15 :


    Ambil warna benang yang serasi, jahit di sekitar tepi kain outer pada sisi bawahnya, yaitu yang memiliki lebar 21 inchi.

    Ingat, yang dijahit bukan sisi yang bagian atas yang akan menjadi lubang tas totebag.
    Set kerapatan dengan nilai ½ inchi.

    Sangat disarankan jika anda menjahit setiap 3 sisi (kanan, kiri dan bawah) untuk tas totebag sebanyak 2 kali, sehingga memiliki kekuatan yang ekstra.

  16. Langkah 16 :


    Ambil lagi 2 pcs kain lining ukuran 19 x 21 inchi yang sudah diberi vinyl, lalu tumpukkan dan rekatkan menggunakan jarum pentul.

  17. Langkah 17 :


    Jahitlah pada sisi bawahnya menggunakan tingkat kerapatan 5/8 inchi. Jangan lupa untuk menyisakan celah pada sisi bawahnya untuk dibalik/dilipat.

  18. Langkah 18 :


    Setrika dengan baik lipatannya.

  19. Langkah 19 :


    Sekarang beralih ke kain outer yang sudah dijahit pada langkah 15 tadi dan kita akan membuat lipatan tepi atau sudut.

    Sekarang fokus ke salah satu ujung jahitan (kanan atau kiri).

    Buatlah bentuk sudut seperti segitiga dengan melipat kain seperti pada gambar diatas, kemudian rekatkan dengan jarum pentul.

    Ukurlah sekitar 3,5 inchi dari titip puncak segitiga, lalu buat garis mendatar (panjang garis mendatar harus senilai 7 inchi).

  20. Langkah 20


    Ambil warna benang yang sesuai, jahit sepanjang garis yang telah anda buat tadi. Pastikan anda melakukan backstitch di ujungnya.

    Sangat disarankan agar menjahit berulang kali pada sepanjang garis ini, sehingga sudut tas totebag nantinya akan memiliki kekuatan ekstra.

    Note: Pada gambar ini terlihat 2 garis. Abaikan saja garis yang di sisi kanan itu, karena sebelumnya ada kesalahan ukur.

  21. Langkah 21 :


    Ulangi langkah 19 pada sudut satunya, tanpa mengukur 3,5 inchi dari puncak segitiga, tapi langsung saja buat garis mendatar dengan ukuran sekitar 6,5 inchi. Kemudian, ulangi langkah 20.

    Jangan lupa untuk menjahit beberapa kali sehingga memiliki kekuatan ekstra.

    Cara membuat totebag dari kain perca

  22. Langkah 22 :


    Potong kedua sudut segitiga yang tidak dijahit dengan jarak sekitar ½ inchi dari jahitan yang baru saja dibuat.

  23. Langkah 23 :


    Sekarang persiapan untuk membuat tali tas totebag.

    Tumpuklah kain outer dan kain lining berukuran 2 x 21 inchi yang tersedia 1 pasang. Tumpuk dengan sisi vinyl berada di bagian luar. Kemudian rekatkan dengan jarum pentul.

  24. Langkah 24 :


    Dengan menggunakan warna benang yang serasi, jahit kedua sisi yang memanjang. Jahitlah dengan tingkat kerapatan ¼ inchi.

  25. Langkah 25 :


    Balik tali tersebut yang sisi luar menjadi sisi dalam, sehingga warna cerah berada di luar dan sisi yang memiliki vinyl berada di dalam.

  26. Langkah 26 :


     Setrika masing-masing tali untuk tas totebag kain perca.

  27. Langkah 27 :


    Dengan menggunakan benang yang berwarna kontras, lakukan topstitch pada sisi yang memanjang dengan menggunakan tingkat kerapatan ¼ inchi.

    Topstitch lagi dengan kerapatan ¼ inchi dari garis topstitich yang pertama.

    Cara membuat totebag dari kain perca

  28. Langkah 28 :


    Sekarang ambil kain lining yang sudah dijahit pada langkah 17, lalu ambil kain tali dan rekatkan ke kain lining tersebut dan meletakkannya sekitar 5,5 inchi dari sisi tepi (pinggir). Sisi kain lining yang direkatkan dengan kain tali adalah yang berwarna cerah (tanpa vinyl).

    Pastikan sisi kain lining dan tali sejajar dan anda harus memiliki kira-kira 5 inchi diantara setiap tali.

    Ulangi langkah ini untuk bagian tali tas totebag yang lainnya.

  29. Langkah 29 :


    Masukkan kain outer anda ke dalam kain lining, sehingga setiap bagiannya menyatu di dalamnya.

    Cara membuat totebag dari kain perca

  30. Langkah 30 :


    Mulailah merekatkan bagian atas, khususnya pada bagian lipatannya atau jahitan. Kemudian rekatkan dengan menggunakan jarum pentul. Kemudian sekali lagi, sesuaikanlah letak jahitannya satu sama lain.

  31. Langkah 31 :


    Lanjutkan merekatkan setiap bagian tepi tas totebag menggunakan jarum pentul.

  32. Langkah 32 :


    Dengan menggunakan warna benang yang serasi, jahit seluruh bagian tepi yang sudah direkatkan dengan tingkat kerapatan ½ inchi. Boleh juga menjahit pada bagian ini beberapa kali sehingga memiliki kekuatan ekstra.

    Pastikan bahwa anda melakukan perhatian khusus pada bagian tali berada dan lakukan jahitan tambahan supaya lebih kuat dan memiliki kekuatan ekstra.

  33. Langkah 33 :


    Balik tas totebag yang sudah hampir jadi, sehingga kain lining semuanya berada di sisi dalam tas totebag.

    Nah, kreasi tas totebag dari kain perca sudah hampir jadi.

  34. Langkah 34 :


    Sekarang alihkan perhatian anda bada sisi dalam bagian bawah tas totebag. Sesuaikan dan sejajarkanlah dengan sisi atas (lubang kantong tas totebag) dan rekatkan dengan jarum pentul.

    Cara membuat totebag dari kain perca

  35. Langkah 35 :


    Dengan menggunakan benang berwarna kontras, lalu jepit dengan alat jahit dan jangan lupa untuk mensejajarkannya pada sisi atas tas totebag (lihat tanda panah).

    Lakukan topstitich dengan tingkat kerapatan ¼ inchi dari baris topstitch yang pertama.

    Cara membuat totebag dari kain perca

  36. Langkah 36 :


    Horee… tas totebag dari kain perca yang anda buat sudah jadi. Sekarang waktunya untuk melakukan finishing dengan menyetrika keseluruhan permukaan tas yang sudah jadi.

    Cara membuat totebag dari kain perca

Kreasi membuat tas dari kain perca redaksi Mizutex sudah jadi!

Demikianlah, cara membuat tas totebag dari kain perca yang dapat Mizutex sajikan kepada anda. Semoga anda senang dengan tutorial cara membuat tas totebag dari kain perca yang telah saya buat.

Dan semoga anda merasa puas dengan hasil kerja payah yang telah dicurahkan dalam membuat tas ini, melalui tutorial ini.

Berdasarkan ukuran jadi, insya Allah, ukuran tas yang anda buat tadi adalah berkisar antara 13 x 14 ichi dengan lebar bawah sekitar 7 inchi.

Sebagai saran tambahan, sebaiknya kreasi tas ini hanya untuk digunakan sendiri dan tidak untuk dijual atau diperdagangkan.

Cara membuat totebag dari kain perca

Jika anda ingin mendapatkan tutorial kerajinan kain perca lainnya, silahkan mengunjungi tutorial kami berjudul Cara membuat selimut dari kain perca.

Terima kasih telah mempelajari tutorial cara membuat tas totebag dari kain perca. Semoga bermanfaat dan jika masih ada yang ingin ditanyakan, silahkan tinggalkan pesan di kolom komentar. Jika ingin membeli bahan kain meteran atau rollan, anda bisa menghubungi admin Mizutex untuk mendapatkan penawaran harga terbaik. [Rizal]

Jika anda ingin melakukan copas terhadap artikel kami, wajib mencantumkan sekurang-kurangnya “Sumber dari Mizutex.com“.

Sumber artikel dan gambar: bijoulovelydesigns.com