Mizutex.com – Perkembangan dunia fashion bagitu meningkat tajam, seiring dengan meningkatnya pengguna internet. Banyak data yang menyebutkan bahwa transaksi jual beli secara online selalu mengalami peningkatan dari tahun ke tahunnya. Melihat peluang ini, tim Mizutex.com ingin berbagi ilmu bagaimana Cara sukses memulai usaha jualan baju online supaya laris.

Baju merupakan kebutuhan primer bagi setiap orang. Jadi sangat masuk akal kalau bisnis di bidang ini memiliki peluang yang cukup besar untuk meraup keuntungan. Namun demikian, persaingan di dunia online, ternyata juga tak kalah hebatnya dengan di dunia nyata.

Oleh karena itu, bagi anda yang sedang mencari referensi bagaimana sih memulai bisnis online itu?

Berikut ini tim Mizutex.com yang sudah berpengalaman bisnis online selama lebih dari 9 tahun akan mencoba berbagi ilmu kepada pembaca semua.

Cara memulai usaha jualan baju online

Sesuai dengan judulnya, kesempatan kali ini kami akan berbicara tentang bagaimana memulai usaha jualan baju secara online. Meskipun topik pembicaraan ini hanya fokus pada jualan baju, tapi sebenarnya tidak jauh berbeda dengan bidang bisnis yang lainnya, misalnya jasa.

Jadi secara umum, tutorial ini juga akan berlaku jika anda ingin membuka bisnis di bidang yang lain. Langsung saja tahapan pertama yang harus dipersiapkan adalah sebagai berikut:

Produk yang akan dijual

Tentukan dulu secara jelas produk fashion apa yang akan anda jual. Saran kami, jual hanya produk-produk yang berkualitas. Ingat, pengguna online itu kebanyakan adalah orang-orang berduit. Jika produk yang dijual tidak berkualitas, hal itu hanya membuat anda gagal sedari awal.

Cara sukses memulai usaha jualan baju online

Tentukan model fashion yang ingin anda jual, misalnya baju batik, gamis, jilbab, kemeja, fashion pria atau wanita? Sebisa mungkin anda fokus pada jenis pasar (katagori) tertentu. Hal ini akan jauh lebih baik dan lebih memudahkan anda menjalankan bisnis, daripada harus menjual semua jenis baju. (Baca: Kisah sukses jualan baju online omset puluhan juta).

Riset pasar

Analisa pasar merupakan hal yang wajib anda lakukan sebelum terjun ke dunia online. Anda harus punya konsep yang jelas sebelum melangkah lebih jauh.

Riset atau penelitian dilakukan untuk mengetahui produk fashion apa yang laku dijual dan bisa bertahan lebih lama. Anda dapat memanfaatkan media sosial atau browsing melalui Google untuk mengumpulkan semua informasi yang ada.

Informasi tersebut dapat anda catat dan dianalisa sesuai dengan kebutuhan.

Perlu diingat bahwa riset ini mungkin bisa memakan waktu hingga berbulan-bulan, sampai anda mendapatkan inspirasi model fashion apa yang paling cocok untuk anda jalankan.

Pada tahapan ini, ada baiknya anda mencari referensi tempat-tempat kulakan fashion yang menawarkan harga yang murah. Sehingga dapat anda jual kembali secara online dengan harga yang lebih mahal.

Anda bisa memanfaatkan program keagenan, reseller, dropship atau program affiliate yang ditawarkan oleh produsen atau pabrik dimana produk fashion dibuat.

Boleh jadi anda juga memiliki rekan penjahit yang dapat diajak bekerjasama untuk membuat produk fashion anda. Hal itu akan jauh lebih baik, supaya anda mengetahui seluk-beluk membuat produk fashion secara mandiri. (Baca: 3 langkah mudah membuat baju dengan kain sendiri).

Mengetahui keunggulan sebuah produk

Prinsip berjualan adalah anda menawarkan produk yang memiliki daya saing. Hal itu bisa ditinjau dari segi kualitas bahan, estetika yang baik (desain baju) atau yang lainnya.

Daya saing ini bisa juga disebut keunggulan suatu produk dibandingkan dengan yang lainnya. Sehingga akan membuat pembeli merasa lebih tertarik dengan produk yang anda jual.

Hal yang harus selalu diingat adalah, penting sekali untuk menyebutkan benefit dan keunggulan produk yang anda jual dibandingkan dengan kompetitor anda. Memiliki nilai jual atau daya saing yang baik adalah hal yang sangat penting dan harus anda dimiliki, agar bisnis anda sukes, terus berkembang dan pelanggan tidak lari.

Cara sukses memulai usaha jualan baju online
Baju koko lengan panjang kerah Shanghai

Prinsip ini juga berlaku untuk bisnis di bidang jasa atau yang lainnya dan inilah nilai terpenting yang banyak diabaikan pebisnis online.

Sayang, mental pengusaha online saat ini hanya berputar pada niat buruk bagaimana memanfaatkan kelengahan pembeli agar bisa meraup keuntungan yang banyak. Padahal, cara bisnis online seperti ini dapat merusak citra bisnis dan akan menghancurkan nama baik anda sendiri. (Baca: Tips cerdas berbelanja kain online murah, aman dan terhindar dari penipuan).

Mengemas produk dengan baik

Sebaik apapun dan seunggul apapun produk yang anda jual, jika tidak dikemas dengan baik, sulit rasanya untuk meyakinkan konsumen bahwa produk yang anda jual benar-benar berkualitas.

Kemasan atau packaging adalah variabel yang sangat berperan penting agar produk anda mendapatkan perhatian publik dan diakui mutunya. Selian itu, dengan adanya kemasan produk yang baik, konsumen juga merasa dimanjakan ketika membeli produk anda.

Terutama jika konsumen anda adalah pembeli yang teliti, khususnya bagi kalangan menengah keatas. Mereka mungkin akan membanding-bandingkan produk anda dengan merek yang lain. Sama seperti ketika anda membanding-bandingkan produk makanan yang ada di supermarket atau minimarket.

Tentunya, anda akan memutuskan membeli produk dengan kemasan yang baik dan rapi, daripada produk dengan kemasan yang rusak dan kumuh. Dalam benak konsumen ada paradigma, bahwa dibalik kemasan yang bersih dan rapi terdapat produk yang bagus dan berkualitas.

Namun, amat disayangkan, ada juga produk-produk di sekitar kita yang sangat memperhatikan kemasan, branding, bahkan terus mengiklankan produk yang dijual. Tidak jarang pula, biaya promosi dan kemasan dimark-up sehingga menghabiskan dana yang tidak sedikit. Padahal, produknya masih kurang baik dan mutunya belum maksimal.

Menurut saya, cara seperti ini hanya akan berujung pada kekecewaan konsumen dan akan membuat mereka enggan untuk membeli lagi produk tersebut.

Adapun yang ingin saya tekankan disini adalah, sebaiknya jika anda sudah yakin mutu produk anda bagus, maka sangat direkomendasikan agar anda mengemasnya sebaik mungkin. Minimal, anda memiliki desain logo yang profesional yang dikerjakan oleh orang yang ahli di bidangnya, dalam hal ini adalah desainer logo. Mereka pun dapat memberikan saran terbaik agar performa brand anda tampil dalam wujud yang paling bagus dan optimal.

Namun, sekali lagi, mengingat desain logo itu sangat penting pada hari ini, namun bukan berarti anda harus terburu-buru memesan desain logo di sembarang tempat. Sebaiknya, lakukanlah survey terlebih dahulu melalui berbagai media yang ada, baik melalui Google, Instagram atau sosial media lainnya. Kumpulkan draf desainer-desainer logo dan identity terbaik yang sesuai dengan kriteria anda. Jangan lupa untuk menanyakan harga apakah sesuai dengan budget yang anda miliki.

Jika memang kualitasnya bagus, tentu harga yang diminta cukup mahal. Hal ini wajar, karena tidak semua orang bisa membuat desain logo yang baik, unik dan original yang memiliki daya saing yang tinggi. Saya sangat menekankan anda untuk oder desain logo di tempat penyedia jasa desain logo profesional yang paling sesuai menurut kriteria anda.

Mengelola website dengan baik

Website adalah ujung tombak penjualan anda di dunia online. Mungkin ada yang bilang bahwa jualan online melalui media sosial sudah sangat menguntungkan dan sudah cukup.

Anggapan ini sama seperti dulu ketika kami baru memulai usaha secara online. Dan saat ini kami justeru sangat menekankan untuk memiliki website sendiri yang bagus untuk menopang penjualan secara online.

Website adalah faktor paling penting agar bisnis online anda dapat bertahan lebih lama. Terutama website dengan self hosting alias berbayar, seperti .com .net .co.id atau yang lainnya. Dan tidak seharusnya anda membuat website gratisan seperti .blogspot.com atau .wordpress.com

Website harus bisa dikelola dengan baik. Ketika anda memutuskan bisnis di dunia online, anda harus belajar bagaimana mengelola website secara mandiri. Keuntungannya adalah biaya yang dibutuhkan akan jauh lebih murah dan anda bisa dengan mudah meng-update konten website setiap saat, kapanpun dan dimanapun.

Ada banyak sekali CMS (Content Management System) yang dapat anda manfaatkan untuk mengelola website. Dan kami menyarankan anda menggunakan CMS WordPress.

Sebelum memutuskan membuat website, anda harus banyak belajar dan melihat contoh-contoh website yang profesional yang banyak bertebaran di Google. Dari situ, anda akan mengetahui rahasianya, bahwa website yang baik dan profesional adalah wesbite yang sederhana dan ditata dengan rapi.

Banyak berkonsultasi dan belajar

Ketika anda terjun di dunia online, guru merupakan hal yang wajib anda miliki. Sehingga anda dapat melangkah secara baik dan teratur, serta dapat menghindari resiko-resiko yang tidak perlu. Saat ini ada banyak sekali forum-forum di internet yang menjelaskan berbagai macam cara dan tips untuk bisa sukses jualan online.

Diantara forum-forum yang kami sarankan untuk anda kunjungi adalah forum yang menjelaskan cara membuat dan mengelola website yang baik. Disamping itu, untuk mendukung lapak online anda semakin baik, disarankan untuk mempelajari cara penulisan produk dan deskripsi produk yang menarik.

Sangat disarankan pula, anda belajar menulis artikel yang berkaitan dengan apa yang anda jual, baik barang maupun jasa. Belajarlah tanpa henti untuk menulis keunggulan-keunggulan yang krusial dari produk atau jasa yang anda tawarkan. Hal ini, pada awalnya mungkin terasa sulit dan berat, namun seiring berjalannya waktu anda akan mulai terbiasa.

Tiga jenis bahan Linen Premium Mizutex
Bahan Linen Premium by Mizutex

Tidak ada salahnya, jika anda mempelajari cara foto produk yang baik untuk mendukung optimalnya jualan online yang anda jalankan. Foto adalah faktor penting agar produk anda yang tersebar di dunia maya dilihat dan diperhatikan oleh orang banyak.

Saya sangat menekankan, sebaiknya tidak mengambil foto produk milik orang lain, apalagi mengganti watermark logo produk milik orang lain. Karena hal ini akan membuat persaingan semakin tidak sehat dan dapat menjadi boomerang bagi bisnis online yang sedang anda jalankan. (Baca: Mengapa setiap gambar atau artikel Mizutex yang di-copy wajib menyertakan nama Mizutex.com?)

Upayakan untuk tidak menganti watermark pada gambar produk milik orang lain, jika memang anda terpaksa “meminjam” gambar mereka untuk mengawali usaha jualan online milik anda. Tidak perlu merasa gengsi untuk menyebutkan sumbernya dimana anda mendapatkan gambar tersbut. Toh, rezeki anda tidak akan lari, jika memang sudah ditakdirkan oleh Allah untuk menjadi milik anda.

Tidak ada salahnya, jika anda menginvestasikan uang untuk membeli kamera yang bagus, sehingga foto-foto produk milik anda dapat terlihat profesional. Jangan lupa untuk menyertakan watermark logo anda di foto produk, sehingga nama olshop atau alamat website anda bisa dilihat oleh orang lain. Disini saya ingin menekankan bahwa pada era digital saat ini, logo adalah sangat penting bagi usaha anda, sebagai identitas atau tanda mutu yang baik.

Ada banyak cara sukses jualan online yang tersebar di internet. Anda dapat memilah-milah mana saja tips yang paling relevan, paling akurat dan tepat. Anda pun bisa juga membuka channel-channel Youtube yang banyak mempublikasikan tutorial secara online.

Cara sukses jualan online adalah dengan banyak ikhtiar dan do’a

Inilah cara yang paling efektif untuk anda lakukan, agar usaja jualan online anda mencapai kesuksesan hakiki. Tidak ada cara praktis untuk mendapatkan kesuksesan kecuali dengan banyak berusaha, banyak ikhtiar dan diimbangi dengan do’a.

Tidak ada hal yang paling bisa merubah takdir, kecuali adalah do’a yang mustajab dan dengan idzin Allah Ta’ala. Mintalah dukungan do’a kepada istri, anak, orang tua dan kerabat, agar jualan online yang anda jalankan semakin berkah dan bermanfaat. Perbanyaklah sedekah dan ikhlaskanlah seluruh kebaikan hanya mengharap wajah Allah Ta’ala. Niscaya Dia akan membalas kebaikan kepada anda di dunia dan akhirat.

Setiap orang akan menilai perilaku anda baik di dunia offline maupun online. Dan jika akhlak anda baik, dedikasi anda baik, komitmen anda direalisasikan, serta jujur dalam berjualan online, maka orang lain pun, tanpa anda minta, mereka akan mendo’akan kebaikan bagi anda. Mereka akan mendo’akan agar usaha anda berjalan lancar dan terus mendapatkan kesuksesan.

Oleh karena itu, do’a-do’a mereka itulah, yang akan menjadi “bara” atau semangat bagi anda untuk menjalankan usaha jualan online dengan jujur, sehat dan amanah. Sehingga, rezeki yang akan anda peroleh pun semakin berkah dan bermanfaat. Alhamdulillah…

Jika anda masih bingung, jangan ragu untuk bertanya-tanya dengan tim Mizutex.com atau silahkan tinggalkan pesan di kolom komentar. (Baca: Kiat sukses usaha konveksi online di era kemajuan teknologi).

Demikianlah, sekelumit ilmu yang dapat kami bagikan kepada anda tentang cara memulai usaha jualan baju online. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat buat pembaca dan juga pengunjung Mizutex yang lainnya. Dan jangan lupa, kalau pesan bahan kain, hanya di Mizutex, karena selalu ada harga murah disini. [Rizal]