WhatsApp-Button

Cara sukses memulai usaha jualan baju online

Mizutex.com – Perkembangan dunia fashion bagitu meningkat tajam, seiring dengan meningkatnya pengguna internet. Banyak data yang menyebutkan bahwa transaksi jual beli secara online selalu mengalami peningkatan dari tahun ke tahunnya. Melihat peluang ini, tim Mizutex.com ingin berbagi ilmu bagaimana Cara sukses memulai usaha jualan baju online supaya laris.

Baju merupakan kebutuhan primer bagi setiap orang. Jadi sangat masuk akal kalau bisnis di bidang ini memiliki peluang yang cukup besar untuk meraup keuntungan. Namun demikian, persaingan di dunia online, ternyata juga tak kalah hebatnya dengan di dunia nyata.

Oleh karena itu, bagi anda yang sedang mencari referensi bagaimana sih memulai bisnis online itu?

Berikut ini tim Mizutex.com yang sudah berpengalaman bisnis online selama lebih dari 7 tahun akan mencoba berbagi ilmu kepada pembaca semua.

Cara sukses memulai usaha jualan baju online

Cara memulai usaha jualan baju online

Sesuai dengan judulnya, kesempatan kali ini kami akan berbicara tentang bagaimana memulai usaha jualan baju secara online. Meskipun topik pembicaraan ini hanya fokus pada jualan baju, tapi sebenarnya tidak jauh berbeda dengan bidang bisnis yang lainnya, misalnya jasa.

Jadi secara umum, tutorial ini juga akan berlaku jika anda ingin membuka bisnis di bidang yang lain. Langsung saja tahapan pertama yang harus dipersiapkan adalah sebagai berikut:

Cara sukses memulai usaha jualan baju online

Produk yang akan dijual

Tentukan dulu secara jelas produk fashion apa yang akan anda jual. Saran kami, jual hanya produk-produk yang berkualitas. Ingat, pengguna online itu kebanyakan adalah orang-orang berduit. Jika produk yang dijual tidak berkualitas, hal itu hanya membuat anda gagal sedari awal.

Baju koko kain linen lengan panjang, gaya Mandarin

Tentukan model fashion yang ingin anda jual, misalnya baju batik, gamis, jilbab, kemeja, fashion pria atau wanita? Sebisa mungkin anda fokus pada jenis pasar (katagori) tertentu. Hal ini akan jauh lebih baik dan lebih memudahkan anda menjalankan bisnis, daripada harus menjual semua jenis baju. (Baca: Kisah sukses jualan baju online omset puluhan juta).

Cara sukses memulai usaha jualan baju online

Riset pasar

Analisa pasar merupakan hal yang wajib anda lakukan sebelum terjun ke dunia online. Anda harus punya konsep yang jelas sebelum melangkah lebih jauh.

Riset atau penelitian dilakukan untuk mengetahui produk fashion apa yang laku dijual dan bisa bertahan lebih lama. Anda dapat memanfaatkan media sosial atau browsing melalui Google untuk mengumpulkan semua informasi yang ada.

Informasi tersebut dapat anda catat dan dianalisa sesuai dengan kebutuhan.

Perlu diingat bahwa riset ini mungkin bisa memakan waktu hingga berbulan-bulan, sampai anda mendapatkan inspirasi model fashion apa yang paling cocok untuk anda jalankan.

Pada tahapan ini, ada baiknya anda mencari referensi tempat-tempat kulakan fashion yang menawarkan harga yang murah. Sehingga dapat anda jual kembali secara online dengan harga yang lebih mahal.

Anda bisa memanfaatkan program keagenan, reseller, dropship atau program affiliate yang ditawarkan oleh produsen atau pabrik dimana produk fashion dibuat.

Boleh jadi anda juga memiliki rekan penjahit yang dapat diajak bekerjasama untuk membuat produk fashion anda. Hal itu akan jauh lebih baik, supaya anda mengetahui seluk-beluk membuat produk fashion secara mandiri. (Baca: 3 langkah mudah membuat baju dengan kain sendiri).

Cara sukses memulai usaha jualan baju online

Mengetahui keunggulan sebuah produk

Prinsip berjualan adalah anda menawarkan produk yang memiliki daya saing. Hal itu bisa ditinjau dari segi kualitas bahan, estetika yang baik (desain baju) atau yang lainnya.

Daya saing ini bisa juga disebut keunggulan suatu produk dibandingkan dengan yang lainnya. Sehingga akan membuat pembeli merasa lebih tertarik dengan produk yang anda jual.

Hal yang harus selalu diingat adalah, penting sekali untuk menyebut benefit dan keunggulan produk yang anda jual dibandingkan dengan kompetitor anda. Memiliki nilai jual atau daya saing adalah hal penting yang harus dimiliki, agar bisnis anda terus berkembang dan pelanggan tidak lari.

Baju koko lengan panjang kerah Shanghai

Baju koko lengan panjang kerah Shanghai

Prinsip ini juga berlaku untuk bisnis di bidang jasa atau yang lainnya dan inilah nilai terpenting yang banyak diabaikan pebisnis online.

Sayang, mental pengusaha online saat ini hanya berputar pada niat buruk bagaimana memanfaatkan kelengahan pembeli agar bisa meraup keuntungan yang banyak. Padahal, cara bisnis online seperti ini dapat merusa citra bisnis dan akan menghancurkan nama baik anda sendiri. (Baca:  Inspirasi kemeja dan baju koko pria gaya casual dari bahan linen).

Cara sukses memulai usaha jualan baju online

Mengemas produk dengan baik

Sebaik apapun dan seunggul apapun produk yang anda jual, jika tidak dikemas dengan baik, sulit rasanya untuk meyakinkan konsumen bahwa produk yang anda jual benar-benar berkualitas.

Kemasan atau packaging adalah variabel yang sangat berperan penting agar produk anda diakui mutunya. Selian itu, dengan adanya kemasan produk yang baik, konsumen juga merasa dimanjakan ketika membeli produk anda.

Terutama jika konsumen anda adalah pembeli yang teliti. Mereka mungkin akan membanding-bandingkan produk anda dengan merek yang lain. Sama seperti ketika anda membanding-bandingkan produk makanan yang ada di supermarket. Anda akan memutuskan membeli produk dengan kemasan yang baik dan rapi, daripada produk dengan kemasan yang rusak dan kumuh.

Cara sukses memulai usaha jualan baju online

Mengelola website dengan baik

Website adalah ujung tombak penjualan anda di dunia online. Mungkin ada yang bilang bahwa jualan online melalui media sosial sudah sangat menguntungkan dan sudah cukup.

Anggapan ini sama seperti dulu ketika kami baru memulai usaha secara online.

Website adalah faktor paling penting agar bisnis online anda dapat bertahan lebih lama. Terutama website dengan self hosting alias berbayar, seperti .com .net .co.id atau yang lainnya. Dan tidak seharusnya anda membuat website gratisan seperti .blogspot.com atau .wordpress.com

Website harus bisa dikelola dengan baik. Ketika anda memutuskan bisnis di dunia online, anda harus belajar bagaimana mengelola website secara mandiri.

Ada banyak sekali CMS (Content Management System) yang dapat anda manfaatkan untuk mengelola website. Dan kami menyarankan anda menggunakan CMS WordPress.

Sebelum memutuskan membuat website, anda harus banyak belajar dan melihat contoh-contoh website yang profesional yang banyak bertebaran di Google. Dari situ, anda akan mengetahui rahasianya, bahwa website yang baik dan profesional adalah wesbite yang sederhana dan ditata dengan rapi. (Baca: Kiat sukses usaha konveksi online di era kemajuan teknologi).

Cara sukses memulai usaha jualan baju online

Banyak berkonsultasi dan belajar

Ketika anda terjun di dunia online, guru merupakan hal yang wajib anda miliki. Sehingga anda dapat melangkah secara baik dan teratur, serta dapat menghindari resiko-resiko yang tidak perlu. Jika anda masih bingung, jangan ragu untuk bertanya-tanya dengan tim Mizutex.com

Demikianlah, sekelumit ilmu yang dapat kami bagikan kepada anda tentang cara memulai usaha jualan baju online. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat buat pembaca dan juga yang lainnya. Dan jangan lupa, kalau pesan bahan kain, hanya di Mizutex.com, selalu ada harga murah disini.

Cara sukses memulai usaha jualan baju online