Mizutex.com – Mencuci adalah hal yang paling menyenangkan bagi sebagian ibu rumah tangga. Anda bisa bebas bermain air dengan buih busa yang melimpah dan bergelembung halus. Namun, bagi yang tidak ingin repot, menggunakan jasa laundry adalah langkah yang paling jitu. Dan kalau ingin baju kain katun anda tetap awet, hindari cara mencuci seperti ini.

Menggunakan banyak detergen, mesin cuci bukaan atas dan menjemur langsung di bawah terik matahari, adalah faktor yang saya rangkum sebagai sumber penyebab rusaknya baju. Terutama yang terbuat dari serat katun, sebagai kain yang dibuat dari serat alami.

Jika salah dalam melakukan treatment, bukannya bersih yang akan didapat, tapi mungkin masalah baru yang muncul.

Kebiasaan mencuci baju yang tidak tepat, adalah diantara faktor yang turut mempengaruhi usia pemakaian baju.

Warna yang cepat luntur, kusam atau serat yang robek, biasanya dipengaruhi oleh cara mencuci yang salah.

Oleh karena itu, penting sekali untuk menghindari hal-hal berikut ini jika ingin baju kain katun anda tetap awet.

Menggunakan terlalu banyak detergent

Menggunakan detergent terlalu banyak ketika mencuci, ternyata berdampak besar terhadap keawetan baju, terutama dari bahan kain katun.

Lebih-lebih jika detergent yang anda gunakan tidak soft, alias termasuk detergent dengan pembersih kuat.

Cirinya adalah rasa panas ketika digunakan untuk mengucek.

Hal itu dikarenakan adanya zat kimia tambahan untuk pembersih ekstra.

Jika tetap nekat menggunakan detergent ini, dikhawatirkan warna pada baju anda akan mulai pudar dan serat kainnya akan rapuh.

Menggunakan mesin cuci

Sangat disarankan untuk mencuci baju katun dengan cara dikucek. Sedikit merepotkan, tapi demi baju kesayangan anda, tentu hal tersebut merupakan sebuah keniscayaan.

Mengucek dengan tangan akan membuat anda dapat mengontrol seberapa kuat tenaga yang dibutuhkan untuk membersihkan noda-noda di baju. Serta dapat melokalisir tempat noda dan membersihkannya dengan mudah.

Berbeda dengan mesin cuci, terutama dengan bukaan atas. Meskipun kekuatan putaran mesin dapat diatur, tapi tetap saja baju anda akan kusut dan terlilit dengan pakaian yang lain.

Selain itu, daerah rawan noda tidak mendapatkan treatmen yang tepat, sehingga kadang belum bersih ketika selesai mencuci.

Seandainya tidak ada cara lain kecuali harus dengan menggunakan mesin cuci, saya sarankan anda membeli mesin cuci deng pintu depan.

Jenis mesin cuci seperti ini biasanya tidak akan membuat baju anda terlilit dalam proses pencucianyan.

Lebih dari itu, baju anda akan lebih awet ketimbang dicuci dengan mesin cuci konvensional pada umumnya.

Menjemur di bawah terik matahari langsung

Salah satu cara mengeringkan baju yang salah adalah ketika anda menjemur baju cucian di bawah terik matahari langsung. Tindakan seperti ini seperti anda memanggang baju di dalam oven.

Tidak hanya membuat warnanya kusam dan luntur, namun juga akan membuat serat kainnya menjadi kaku dan kasar.

Cara menjemur yang baik adalah dengan menggantungkannya di tempat yang teduh dan tempat yang khusus untuk menjemur. Misalnya di ruangan dengan atap seng atau fiber.

Sehingga baju mendapatkan panas matahari yang tidak berlebihan dan ketika hujan datang, baju anda juga tidak akan basah kuyup.

Hindari cara mencuci yang salah agar baju katun tetap awet

Itulah 3 cara mencuci dan menjemur baju kain katun yang harus anda hindari, jika ingin pakaiannya anda tetap awet. Semoga artikel saya ini dapat diambil manfaatnya dan bisa menjadi sarana berbagi ilmu dengan pembaca Mizutex khususnya.

 

 

Baca juga artikel berikut ini: