WhatsApp-Button

Inspirasi bisnis menguntungkan dari kerajinan kain perca

Mizutex.com – Banyak yang mengira kalau kain perca adalah “limbah” yang tak bernilai, sehingga hanya akan berujung di tong sampah. Tapi siapa sangka, meskipun dianggap oleh kebanyakan orang sebagai limbah, ternyata kain perca bisa jadi inspirasi bisnis kerajinan yang menguntungkan.

Kain perca merupakan istilah yang dikonotasikan pada sisa-sisa kain dari proses produksi baju atau pakaian. Setiap penjahit pasti akan menyisakan potongan kain ini ketika selesai membuat pakaian.

Sepintas, potongan kain sisa ini adalah kain yang tidak bernilai. Padahal, jika bisa mengolah kain perca sebagai produk kerajinan tangan, anda dapat meraup keuntungan hingga ratusan juta. (Baca: Dipandang sebelah mata, bisnis kerajinan kain perca raup keuntungan ratusan juta).

Inspirasi bisnis menguntungkan dari kerajinan kain perca

Sejarah singkat tentang kerajinan kain perca

Kerajinan kain perca ternyata memiliki umur yang sudah tua. Teknik menggabungkan kain perca menjadi motif kain baru dengan ukuran tertentu, sudah dilakukan sejak ribuan tahun yang lalu. Beberapa abad yang lalu, kerajinan kain perca digunakan untuk melapisi baju prajurit yang terbuat dari besi.

Seiring berjalannya waktu, teknik kerajinan ini semakin berkembang dan meluas ke seluruh dunia. Orang-orang Eropa kemudian mengembangkan kerajinan ini untuk dijadikan sebagai perlengkapan rumah tangga, seperti selimut, baju, tirai dan lain sebagainya.

Di era modern, perkembangan kerajinan kain perca semakin pesat. Kegunaannya tidak hanya sebatas pada perlengkapan rumah tangga. Namun, juga sebagai aksesoris dan hiasan, seperti lukisan, bando, gelang, keset dan lain-lain.

Tingkat kesulitan, jumlah bahan yang dihabiskan dan lamanya pengerjaan untuk menghasilkan satu produk kerajinan kain perca, membuatnya bisa dihargai lebih mahal. Bahkan, ada yang mencapai hingga 1 juta rupiah. (Baca: Cara membuat kerajinan dari kain perca beserta gambarnya).

Inspirasi bisnis menguntungkan dari kerajinan kain perca

Aneka kerajinan dari kain perca

Kreatifitas kerajinan kain perca memang tak ada batasnya. Produk yang dapat dihasilkan dari kerajinan potongan kain ini sangat bervariatif. Mulai dari perlengkapan rumah tangga, hingga aksesoris dan hiasan dinding.

Dalam perkembangannya, produk kerajinan berbasis potongan kain ini, ternyata bahan dasarnya sudah tidak terbatas pada kain perca saja. Beberapa produk kreatif kemudian dikombinasikan dengan bahan kain motif dan frame tertentu sehingga dapat meningkatkan harga jualnya. (Baca: Jual kain katun Jepang motif dan polos).

Untuk lebih jelas, berikut ini adalah beberapa sampel gambar hasil kerajinan kain perca yang dapat menginspirasi anda:

 Inspirasi bisnis menguntungkan dari kerajinan kain perca

Peluang usaha kerajinan kain perca

Usaha kerajinan dengan memanfaatkan kain perca adalah bisnis yang bisa dilakoni oleh siapapun dan dimanapun, khususnya ibu rumah tangga. Sambil mengisi waktu luang, karya seni dengan memanfaatkan kain perca layak untuk dijadikan sebagai sumber penghasilan tambahan. (Baca: Kreatifitas tanpa batas, kerajinan kain perca bisa berpeluang sukses)

Di era modern, kreatifitas kerajinan tangan dapat berkembang sangat pesat dan referensi bisa diperoleh dengan sangat mudah. Misalnya melalui Google atau katalog ide di Pinterest.

Pembahasan selanjutnya tentang inspirasi bisnis menguntungkan dari kerajinan kain perca dapat dilihat pada artikel selanjutnya, Kreatifitas tanpa batas, kerajinan kain perca bisa berpeluang sukses. Dan semoga artikel inspirasi usaha yang telah disusun oleh Mizutex.com ini dapat memotivasi anda untuk memulai bisnis secara mandiri. Pantang menyerah, terus berikhtiar dan doa, sukses adalah buah dari kerja keras dan ketekunan. (Baca: Kerajinan dari kain perca cara membuat selimut motif menarik).

Inspirasi bisnis menguntungkan dari kerajinan kain perca