Mizutex.com — Ada banyak sekali bahan baju yang sekarang di jual di toko kain yang menawarkan banyak kelebihan dan keunggulan pada tiap jenis bahannya. Jika anda hendak membuat baju seragam, baju anak, baju koko, jilbab atau gamis Syar’i, mungkin anda bertanya-tanya bahan kain apa ya yang paling tepat? Supaya tidak dibingungkan dengan banyak pilihan, berikut ini kami hadirkan artikel tentang 10+ bahan baju yang bagus dan contohnya yang harus anda ketahui.

bahan kain baju yang bagus dan contohnya yang harus anda ketahui

Tentukan spesifikasi dan tujuan bahan baju pilihan anda

Sebelum anda memutuskan untuk mencari bahan kain di toko kain offline maupun online, penting sekali untuk menentukan apa jenis pakaian yang ingin dibuat? Misalnya seragam kantor, baju TPA anak, baju koko, jilbab atau gamis?

Adapun untuk baju-baju formal seperti seragam kerja, seragam sekolah atau baju TPA, saran kami sebaiknya menggunakan bahan kain katun yang polos dan tanpa tekstur. Sedangkan untuk bahan baju koko, jilbab atau gamis, bisa menggunakan bahan katun atau selain katun. Atau bahan kain yang memiliki tekstur khas, baik katun Linen maupun bahan lainnya. (Baca: Bahan baju koko berkualitas yang harus anda ketahui).

Di Mizutex.com anda bisa mendapatkan berbagai bahan baju yang bagus, mulai dari jenis kain katun maupun jenis kain yang lainnya. Kami menjual kain berkualitas dengan harga yang relatif murah. Bahan baju yang kami jual diantaranya ada yang impor dan ada juga yang produk lokal. Umumnya, produk tekstil yang sering dijual dipasar, seperti baju koko, jilbab dan gamis, kebanyakan menggunakan bahan seperti yang kami jual. (Baca: Mengapa setiap gambar atau artikel Mizutex yang di-copy wajib menyertakan nama Mizutex.com?).

bahan kain baju yang bagus dan contohnya yang harus anda ketahui

Bahan Linen Premium
Bahan baju dari jenis kain Linen Premium by Mizutex

Jenis bahan baju dari kain katun

Jenis bahan kain baju dari kain katun merupakan jenis bahan yang paling direkomendasikan buat kamu yang ga betah dengan efek gerah. Katun merupakan bahan kain paling disukai kebanyakan orang. Karena memiliki banyak keunggulan.

Diantaranya adalah kainnya adem, halus, lembut dan tidak menimbulkan efek gerah ketika digunakan sebagai bahan baju. Katun itu sendiri jenisnya ada dua:

Pertama, Katun (cotton) yang dipintal dan ditenun dari bahan serat alami tanaman kapas. (Baca: Apa itu kain katun, asal-muasal dan proses pembuatannya).

Kedua, Linen yang dipintal dan ditenun dari serat alami tanaman rami. Jenis yang kedua ini juga disebut katun, namun katun Linen. Juga merupakan bahan yang bagus sebagaimana katun pada umumnya.

Katun Linen sendiri adalah bahan kain yang jarang ditemui, karena banyak faktor. Akan tetapi, katun Linen memiliki ketahanan yang lebih baik dan serat yang lebih kuat daripada katun biasa. (Baca: Bahan kain linen seperti apa? Yuk kita ketahui keunggulan dan karakteristiknya).

Perlu diingat, bahwa jenis bahan baju dari kain katun memiliki jenis yang banyak dan kualitas yang berbeda-beda. Jadi, kain katun ada juga yang murah dan ada juga yang mahal. Berikut ini kami urutkan mulai dari yang termurah.

bahan baju yang bagus

10+ bahan baju yang bagus dan contohnya yang harus anda ketahui
Kain katun Supernova by Mizutex

1. Katun Supernova

Kain katun Supernova adalah jenis kain yang adem, lembut dan halus. Karakteristik bahannya ringan, tetapi tidak jatuh sebagaimana halnya kain Wolfis. (Baca: Bahan Wolfis itu apa? Inilah keunggulannya yang harus anda ketahui).

Pengalaman saya ketika hunting di Supermarket, ternyata banyak juga merek-merek pakaian yang menggunakan bahan kain ini. Berarti, bahan kain Supernova merupakan bahan kain yang banyak peminatnya. Selain harganya yang murah, katun Supernova adalah bahan kain yang nyaman dan adem dibikin baju.

Perlu diinfokan, bahwa serat benang halus pada kain katun Supernova ini agak berbeda dari kebanyakan bahan kain katun pada umumnya. Jika dilihat dari jarak dekat, anda bisa melihat serat benang halus yang terlihat terburai. Atau dalam bahasa Jawanya “njabrut”.

Sebenarnya itu bukan masalah, dan justeru merupakan ciri khas bahan kain katun secara umum. Bahan kain katun Supernova merupakan saran pertama untuk menjadi bahan baju yang bagus dan cocok untuk dipergunakan sebagai kemeja atau koko formal/non-formal. Harga eceran bahan katun Supernova dijual 27.000/meter.

bahan baju yang bagus dan contohnya yang harus anda ketahui

Ima Polos adalah diantara 10+ bahan baju yang bagus dan contohnya yang harus anda ketahui
Bahan katun Ima Polos import by Mizutex

2. Katun Ima Polos import Japan

Bahan katun Ima Polos import Japan memang menjadi salah satu kain katun favorit untuk bahan baju yang bagus. Selain karena harganya yang relatif murah, katun Ima Polos juga sudah diakui kualitasnya. Karakteristik bahan Ima Polos adalah ringan, halus, lembut dan cukup jatuh. Kain ini sangat cocok untuk kemeja formal pria, setelan anak-anak dan bisa juga untuk bahan jilbab segi empat.

Bahan kain katun Ima Polos merupakan produk import dari Jepang, dengan spesifikasi dan ketebalan kain yang hampir sama dengan kain katun Supernova. Akan tetapi, kualitas bahan kain Ima Polos masih diatas katun Supernova. Begitu pula dengan harganya.

Perlu diketahui bahwa kini banyak beredar bahan kain katun Ima yang merupakan produk lokal. Oleh karena itu, tanyakan dulu sebelum membeli, apakah katun Ima yang dijual merupakan produk import atau lokal. Karena kualitas dan harga tentu saja berbeda. Saran saya, jangan sampai tergiur dengan harga murah. (Baca: Mengenal bahan katun Ima berkualitas dan seperti apa ciri-cirinya).

Bahan katun Jepang Ima seratnya cenderung lebih rapi daripada Supernova. Sehingga anda tidak perlu khawatir dengan adanya serat halus yang terburai pada permukaan kainnya.

Kain katun Ima adalah kain katun yang adem, lebih ringan dan agak lebih tipis daripada kain katun Toyobo. Meski keduanya adalah sesama bahan kain yang diimpor dari Jepang, namun ada perbedaan harga yang cukup signifikan dari keduanya. Katun Ima dihargai lebih murah daripada katun Toyobo.

Oleh karena itu, jangan asal tergiur jika anda ditawari kain katun asli impor Jepang dengan harga murah meriah. Pastikan dulu, yang dimaksud kain katun Ima Polos atau kain katun Toyobo, dan jangan sampai memilih kain katun Jepang KW. (Baca: Bagaimana membedakan katun Toyobo dan katun Ima agar anda tidak terkecoh?).

Harga eceran kain katun Ima Polos import Japan dijual 35.000/meter.

bahan kain baju yang bagus dan contohnya yang harus anda ketahui

Bahan kain Toyobo seperti apa? Jenis katun istimewa yang patut diketahui. 10+ bahan baju yang bagus dan contohnya yang harus anda ketahui
Toyobo Fodu Premium import Japan

3. Katun Toyobo Original import Japan

Kain katun Toyobo adalah jenis kain impor yang menjadi bahan rekomendasi saya. Bahannya ringan, adem, halus dan berkualitas. Bahan kain ini cocok untuk digunakan sebagai baju formal maupun non-formal. Kualitasnya paling bagus daripada 2 jenis bahan kain yang telah saya sebutkan sebelumnya.

Ketebalan bahan kain katun Toyobo sangat pas dan serat kainnya tersusun rapat. Sehingga anda tidak akan mendapati serabut yang njabrut pada permukaan kainnya. Katun Toyobo adalah bahan kain yang lebih tebal dan kualitas bahannya lebih baik. Bahan kain katun Toyobo cocok untuk baju seragam formal, koko, jilbab dan gamis Syar’i.

Perlu hati-hati, bahwa bahan kain katun Toyobo ini banyak beredar yang KW, jadi jangan sampai salah tempat ketika anda membelinya.

Jika anda sedang mencari bahan baju yang bagus dari katun berkualitas, Toyobo Original adalah jawabannya. anda bisa mendapatkan bahan kain ini di Mizutex.com dengan harga ecerannya 45.000/meter.

Kabar baiknya adalah, jika anda masih belum puas dengan bahan katun Toyobo Original import Japan, kini telah ada jenis bahan katun Toyobo Fodu Premium. Kualitas dari katun Toyobo Fodu adalah lebih baik dan berbedaannya teletak pada mutu serat bahan katun yang menyusunnya. (Baca: Bahan kain Toyobo seperti apa? Jenis katun istimewa yang patut diketahui).

bahan kain baju yang bagus dan contohnya yang harus anda ketahui

Jenis bahan katun yang bagus dan ciri-cirinya dijelaskan lengkap disini. 10+ bahan baju yang bagus dan contohnya yang harus anda ketahui
Kain katun Linen Euro atau Linen Viscouse

4. Bahan Linen Euro

Bahan Linen Euro adalah jenis kain yang memiliki serat cukup besar, jika dibandingkan dengan bahan kain katun secara umum. Demikianlah ciri umum pada bahan kain Linen, yaitu seratnya yang cukup besar namun tetap dalam Batasan wajar.

Karakteristik bahan kain Linen Euro ini adem, agak kaku, halus, lembut dan tidak jatuh. Itulah mengapa bahan Linen Euro ini cocok untuk pakaian dengan gaya yang casual.

Bahan kain Linen Euro jika diperhatikan agak menerawang. Itu menurut penilaian saya. Mungkin karena serat benangnya yang agak longgar itu tadi. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu dan setelah dilakukan pencucian berulang, rupanya serat-serat benang yang longgar dari bahan Linen Euro bisa menjadi rapat. Hal ini menandakan, bahwa Linen Euro adalah jenis bahan kain yang tidak mengalami penyusutan.

Dikarenakan Linen masih masuk dalam keluarga katun, sebab itulah bahan Linen Euro adalah bahan yang adem dan nyaman di kulit. Ia juga memiliki sifat menyerap keringat, sebagaimana hal itu menjadi sifat utama bahan katun secara umum. (Baca: Bahan katun yang bagus apa aja? Berikut ini jenis dan ciri-cirinya dijelaskan lengkap).

Sejauh ini saya berinteraksi dengan berbagai jenis kain, saya akui, bahwa Linen Euro ini adalah kain yang adem dan lembut di kulit. Kalau digunakan untuk bahan baju, insya Alloh bahan ini adem dan nyaman banget. (Baca: Mengenal bahan Linen Euro kain untuk kemeja pria dengan gaya casual).

bahan kain baju yang bagus dan contohnya yang harus anda ketahui

10+ bahan baju yang bagus dan contohnya yang harus anda ketahui
Bahan kain Linen Premium (Linen Italy) by Mizutex

5. Bahan Linen Italy Premium (Pure Linen)

Bahan kain Linen Premium (Pure Linen) adalah jenis kain linen yang paling mahal diantara bahan Linen Premium yang dijual oleh Mizutex. Linen Italy merupakan jenis kain linen yang lebih lembut dan lebih lemas dibandingkan Linen Euro. Karakteristiknya adem dan halus, namun bersifat agak kaku dan terlihat casual.

Serat kain Linen Italy lebih kecil ketimbang Linen Euro. Susunan serat-serat benangnya pun terkesan lebih rapat. Berbeda halnya dengan Linen Euro, dimana serat-serat benangnya agak besar-besar dan longgar (namun setelah dicuci serat Linen Euro bisa lebih rapat, red).

Pertama kali anda menerima bahan Linen Italy, mungkin anda akan mengira bahwa kain Linen ini kaku. Namun, ternyata setelah melalui proses pencucian dengan deterjen, justeru bahan Linen Premium ini terasa lebih lembut, lemas dan lebih nyaman.

Karakteristik kainnya pun jadi lebih jatuh dan bagus. (Baca: New Arrival: 3 kain Linen Premium Mizutex sebagai pengganti Linen Euro).

Jenis bahan kain baju yang bagus dan contohnya yang harus anda ketahui

Bahan katun Rayon Premium by Mizutex
Bahan katun Rayon Premium by Mizutex

6. Bahan katun Rayon Premium

Bahan Rayon adalah jenis kain katun yang sangat ringan, sangat adem, halus dan lembut. Bahan katun Rayon merupakan diantara jenis bahan katun yang tipis dan biasanya diperuntukkan sebagai bahan mukena dan selimut. Jika anda masih bingung seperti apa bahan Rayon yang ada di sekitar anda, maka cobalah melihat selimut Bali.

Selimut Bali adalah selimut yang biasanya terbuat dari kain Rayon. Selimut ini pun telah diakui bahwa kainnya adem, halus, lembut dan ringan. Pada kedua ujung selimut Bali biasanya terdapat rumbai-rumbai benang yang diberi simpul-simpul kecil.

Nah, secara umum, seperti itulah gambaran bahan katun Rayon.

Ciri-ciri bahan katun Rayon adalah ringan, tipis dan serat kainnya jika dilihat dari jarak dekat akan sangat rapat dan rapi. Karakteristik bahan kain Rayon adalah sangat jatuh, lembut, dingin dan nyaman di kulit.

Dikarenakan bahan kain Rayon adalah jenis kain katun, sudah otomatis kain katun ini menyerap keringat dan nyaman untuk dipakai di wilayah tropis.

Perlu untuk disebutkan, bahwa kain Rayon secara umum adalah tipis dan agak menerawang, kecuali bahan Rayon Premium yang dijual oleh Mizutex. Bahan Rayon Premium memiliki kerapatan serat yang sangat baik, sehingga tidak akan menerawang, meskipun tingkat ketebalannya hampir sama dengan Rayon versi murah.

Lebih lengkap penjelasan tentang bahan katun Rayon berkualitas, silahkan mengunjungi artikel Mizutex berjudul, Bahan Rayon seperti apa? Anda akan terkejut betapa adem & lembutnya kain ini.

Jenis bahan kain baju yang bagus dan contohnya yang harus anda ketahui

Katun Linen Kenzo foto by Mizutex
Katun Linen Kenzo foto by Mizutex

7. Katun Linen Kenzo

Bahan kain katun yang satu ini sedikit berbeda dengan bahan kain katun yang telah disebutkan sebelumnya. Karena, kain katun Kenzo adalah kain katun yang dibuat dari serat Linen tanaman rami. Ciri khas dari bahan kain katun Linen adalah serat kainnya yang tebal dan besar. Jadi, jangan ragu lagi dengan ketahanan dan kekokohannya sebagai bahan baju.

Kain katun Linen Kenzo adalah kain katun yang adem, lembut dan menyerap keringat. Memiliki keunggulan dan ketahanan yang lebih baik daripada kain katun yang dibuat dari tanaman kapas. Kain katun Linen Kenzo lebih tebal dan lebih berat daripada bahan kain Toyobo Original. Adapun soal harga, tentu lebih mahal daripada kain katun biasa. Harga ecerannya 55.000/meter. (Baca:  Mengapa kain linen berikut ini memiliki banyak keunggulan? Ini alasannya!).

bahan baju yang bagus

Jenis bahan baju yang bukan dari katun

Berikut ini merupakan diantara bahan baju yang bagus yang dapat kami sarankan kepada untuk dijadikan sebagai bahan baju untuk seragam formal maupun non-formal. Mengingat draft bahan baju berikut ini merupakan bahan yang dibuat dari serat non-alami, mungkin anda akan merasakan hal yang berbeda ketika menggunakan bahan kain katun. Misalnya bahan kain yang tidak menyerap keringat, yang berakibat pada bau badan yang tidak sedap.

Jenis bahan kain baju dan contohnya yang harus anda ketahui

Bahan-Maxmara-Lux-Polos-by-Mizutex
Bahan Maxmara Lux polos yang lembut by Mizutex

1. Maxmara Lux Polos

Jika anda suka dengan seragam resmi dengan bahan kain yang halus dan mengkilap, bahan kain Maxmara polos adalah rekomendasi kami. Maxmara polos jika diraba terasa adem, lembut dan licin. Karakteristik kainnya jatuh, ringan dan seratnya kainnya tersusun rapat.

Secara sepintas, bahan kain Maxmara polos hampir sama dengan kain Satin. Namun, setelah diraba dan diperhatikan dengan seksama, kain Maxmara polos jauh lebih baik dari kain Satin.

Kain Maxmara memiliki grade yang berbeda-beda. Mulai dari yang termahal adalah Maxmara Lux, Maxmara Galaxy dan Maxmara Midi. Sedangkan Maxmara polos gradenya diantara Maxmara Lux dan Maxmara Galaxy. (Baca: Jenis kain Maxmara yang harus anda ketahui).

Kain Maxmara adalah jenis kain yang akhir-akhir ini laris dijual dan termasuk dalam salah satu top keyword yang banyak dicari orang. Terutama bahan kain Maxmara motif (Maxmara Lux, Galaxy dan Midi). Bahan kain ini dihargai cukup mahal yaitu 45.000/meter.

Jenis bahan kain baju dan contohnya yang harus anda ketahui

Bahan Balotelly itu apa? Keunggulan dan karakteristiknya untuk gamis Syar'i. 10+ bahan baju yang bagus dan contohnya yang harus anda ketahui
Bahan Balotelly by Mizutex

2. Balotelly Original

Umumnya, bahan kain Balotelly adalah bahan kain yang diperuntukkan sebagai bahan jilbab dan gamis Syar’i, disamping itu iuga bagus untuk digunakan sebagai baju koko lengan pendek atau lengan panjang.

Bahan Balotelly memiliki ciri khas yang unik pada permukaan kainnya. Yaitu pola tersusun berupa kotak-kotak kecil yang membentuk garis-garis.

Karakteristik kain Balotelli secara umum sedikit kaku, jatuh dan agak licin. Tergolong kain yang ringan sebagaimana bahan kain katun Supernova, Ima dan Toyobo.

Bahan Balotelly menarik untuk anda coba dijadikan sebagai bahan kemeja non-formal atau baju seragam anak TPA. Meskipun kainnya polos, namun memiliki tekstur unik pada permukaan kainnya. (Baca: Bahan Balotelly itu apa? Keunggulan dan karakteristiknya untuk gamis Syar’i).

Bahan kain Balotelly harga eceran 35.000/meter.

Jenis bahan baju dan contohnya yang harus anda ketahui

Kain Bubble Crepe paket 3 meter
Bahan kain Bubble Crepe by Mizutex

3. Bubble Crepe

Bahan baju berikut ini adalah jenis bahan kain yang agak berbeda daripada sebelumnya. Dikarenakan ada tekstur yang khas seperti kulit jeruk (crepe). Oleh karena itu, sebaiknya jenis kain ini lebih bagus jika hanya digunakan untuk bahan baju yang bersifat non-formal, seperti jilbab dan gamis.

Bahan kain Bubble Crepe adalah jenis kain yang ringan, jatuh, agak melar dan tidak menyerap keringat. Keunggulannya jika dijadikan sebagai bahan jilbab dan gamis, adalah tidak terasa berat seperti beratnya katun Linen.

Bahan kain Bubble Crepe adalah jenis kain yang tidak mudah kusut, serta cukup mudah ketika disetrika. Dan yang harus diperhatikan adalah untuk setiap kain Crepe tidak boleh disetrika dengan suhu yang terlalu panas. Karena dapat mengakibatkan kain Crepe rusak atau meleleh.

Terkahir, bahwa bahan kain Bubble Crepe kalau diraba-raba, mungkin kain ini tergolong agak tipis, namun tidak menerawang. (Baca: Bahan kain Bubble Crepe itu apa? Cari tau apa keunggulan dan karakteristiknya).

Bahan kain Bubble Crepe harga eceran 32.500/meter

Jenis bahan kain baju yang bagus dan contohnya yang harus anda ketahui

Kain Moss Crepe untuk bahan gamis Syar'i by Mizutex
Bahan Moscrepe untuk bahan gamis Syar’i by Mizutex

4. Moscrepe

Bahan kain berikut ini masih satu keluarga dengan bahan kain Bubble Crepe, namun dengan tekstur yang sedikit berbeda. Jika Bubble Crepe memiliki tekstur jeruk yang besar-besar, lain halnya dengan bahan Moscrepe yang teskturnya lebih mirip dengan butiran pasir kecil-kecil.

Keunggulan khusus yang dimiliki oleh kain Moscrepe dibanding jenis Crepe yang lainnya, adalah serat kainnya yang agak melar ketika ditarik. Moscrepe kainnya agak tebal dan tidak transparan. Atau dapat juga dikatakan bahwa bahan Moscrepe ini ketebalannya pas untuk bahan jilbab dan gamis Syar’i. Karakteristik kainnya juga jatuh sebagaimana jenis kain Crepe yang lainnya.

Bahan Moscrepe ini termasuk jenis kain yang bagus untuk dijadikan sebagai bahan baju gamis. Feel-nya nyaman dan kalau dijadikan jilbab dan gamis Syar’i, insya Alloh tidak akan bikin gerah.

Kain Moscrepe dapat dikatakan sebagai bahan kain dengan harga yang cukup terjangkau. Kain ini sangat direkomendasikan bagi usaha tekstil rumahan, untuk dijadikan sebagai bahan jilbab dan gamis Syar’i. Dengan memanfaatkan keunikan teksturnya, mungkin bisa memberikan daya tarik tersendiri bagi konsumen. (Baca: Mengenal bahan Moscrepe lebih dekat dan seperti apa penjelasannya secara detail).

Perlu diingt, untuk jenis bahan kain seperti Moscrepe ini ada duplicate-nya, yaitu Arabian Crepe. Penampilan kain sama persis, perbedaannya ada pada letak tingkat kehalusan dan kelembutannya.

Keunggulan bahan Moscrepe Premium adalah cocok di hampir segala segmen. Mulai dari anak-anak hingga dewasa. Untuk baju koko bisa dan untuk jilbab-gamis Syar’i pun bisa. Kain ini dapat menjadi referensi pula untuk seragam keluarga. (Baca: Daftar bahan kain rekomendasi untuk menyambut bulan Ramadhan & ‘Idul Fithri).

Bahan Moscrepe ini memang tidak jatuh banget seperti Megumi Japan, namun setidaknya dapat mengimbangi. Dan dikarenakan bahan Moscrepe ini tidak terlalu jatuh, maka justeru disitulah keunggulannya, karena bisa cocok juga untuk koko pria. Lain halnya dengan Arabian Crepe Premium yang menurut kami kalau digunakan untuk koko pria mungkin tidak terlalu cocok, karena bahan Arabian Premium terlalu bersifat jatuh. (Baca: Bahan Megumi seperti apa? Jenis kain berkualitas yang belum banyak orang tau).

Jenis bahan baju yang bagus dan contohnya yang harus anda ketahui

Sudahkah anda menentukan pilihan bahan baju yang bagus?

Demikianlah beberapa contoh bahan baju yang bagus yang harus anda ketahui. Dengan bermodalkan pengalaman ini, anda sudah memiliki gambaran bahan apa yang akan anda gunakan untuk baju atau gamis impian anda. Jika anda  sedang mencari referensi yang tepat untuk bisa mendapatkan bahan baju yang bagus dan berkualitas, Mizutex adalah jawabannya! Kami menyediakan aneka bahan kain yang bagus untuk baju koko, kemeja formal, jilbab dan gamis Syar’i. Segera hubungi kami sekarang, untuk mendapatkan penawaran menarik dari kami.

Terima kasih berkenan membaca artikel kami tentang 10+ bahan baju yang bagus dan contohnya yang harus anda ketahui. Semoga artikel ini dapat memberikan wawasan kepada anda yang masih belum memiliki modal pengetahuan tentang jenis-jenis bahan kain. Jika anda merasa mendapatkan manfaat dari artikel Mizutex, mohon bantu sebarkan artikel kami dan tetap menyebutkan sumbernya Mizutex.com. [Rizal]

bahan baju yang bagus dan contohnya yang harus anda ketahui

Artikel Terkait: