Mizutex.com — Setiap bahan kain memiliki ciri khas, keunggulan dan karakteristik yang berbeda, tak terkecuali pada bahan kain Crepe. Terdapat banyak jenis dan varian pada keluarga Crepe ini. Berikut ini secara eksklusif Mizutex.com menyajikan artikel tentang Jenis bahan kain Crepe itu apa aja? Penjelasan dan gambarnya lengkap.

Bahan Crepe itu apa?

Bahan Crepe adalah jenis kain yang memiliki tekstur seperti kulit jeruk, “Crepe” pada permukaan kainnya. Tekstur tersebut ternyata menjadi daya tarik tersendiri untuk bahan kain Crepe ini. Apalagi terdapat banyak pilihan tekstur dan jenisnya yang bervariatif. Mulai dari tekstur Crepe yang paling jelas adalah Bubble Crepe dan yang paling halus adalah Wollycrepe.

Setiap jenis kain Crepe memiliki keunggulan dan karakteristik kain yang berbeda-beda. Ada yang elastis dan ada yang tidak, serta masing-masing memiliki ketebalan yang berbeda pula. Bahkan, salh satu diantaranya ada yang sangat tipis dan transparan, yaitu Barbie Ceruti atau Baby Doll. (Baca: Mengapa setiap gambar atau artikel Mizutex yang di-copy wajib menyertakan nama Mizutex.com?).

Jenis bahan Crepe adalah sebagai berikut:

Mizutex.com secara eksklusif telah merangkum secara ringkas dan lengkap tentang bahan kain Crepe. Dengan penjelasan yang disertai oleh gambar.

Sehingga, pelanggan Mizutex.com dapat memilih dan menentukan pilihan yang tepat pada beberapa jenis bahan kain Crepe ini. Berikut ini, kami urutkan berdasarkan tekstur Crepe yang paling jelas.

Diwajibkan bagi pembaca yang hendak mengutip artikel kami meskipun hanya sebagian, agar menyebutkan sumbernya dan sekurang-kurangnya mencantumkan nama, “Mizutex.com”.

Kain Bubble by Mizutex
Jual kain Bubble Crepe bahan by Mizutex

1. Bahan Bubble Crepe

Bubble Crepe adalah kain dengan tekstur kulit jeruk yang sangat nampak dan jelas. Itulah mengapa kain ini diberi nama kain “Bubble”. Tekstur jeruknya sangat terasa ketika diraba dan terlihat jelas meskipun dari jarak yang tidak terlalu dekat.

Karakteristik kain Bubble Crepe agak tipis, tapi tidak menerawang. Termasuk bahan kain yang jatuh, ringan dan agak melar.

Penting untuk diketahui, bahwa sifat melar pada kain Bubble Crepe hanya bersifat semu. Karena, sebenarnya bahan kain ini tidak melar, tapi kok ada yang bilang melar?

Iya, menurut hemat saya, melar yang dimiliki oleh kain Babble Crepe diperoleh dari tekstur jeruknya yang saling melonggar ketika ditarik. (Baca: Jual kain Bubble Crepe untuk bahan gamis dan jilbab)

Kain Bubble Crepe ini cukup nyaman digunakan untuk sebagai bahan jilbab dan gamis. Karena ringan, tidak mudah kusut dan tidak bikin gerah ketika dipakai, meskipun bukan dari jenis bahan kain katun.

Sebagai perbandingan, bahwa Bubble Crepe ini merupakan jenis kain crepe yang berada diurutan kedua dari segi keringanannya. Bobotnya sedikit sedikit lebih berat daripada Ceruti atau Baby Doll. Sedangkan Ceruti adalah jenis kain yang sangat ringan sekali dan sangat tipis.

Kain Moscrepe untuk jilbab dan gamis Syar'i by Mizutex
Bahan Moscrepe untuk bahan gamis Syar’i by Mizutex

2. Bahan Moscrepe

Bahan Moscrepe, adalah anggota keluarga Crepe dengan tekstur jeruk seperti butiran pasir yang tersusun. Jika dilihat dari jarak dekat, memang seperti ada pasir-pasir yang menempel pada permukaan kainnya. Padahal, sebenarnya itu adalah bagian dari serat kain itu sendiri.

Jika anda berkesempatan untuk meraba bahan Moscrepe, anda akan benar-benar merasakan tekstur seperti butiran pasir menempel di tangan. Meski demikian, Moscrepe adalah kain yang cukup halus, tidak terlalu kasar.

Karakteristik bahan Moscrepe cukup tebal, serat kainnya rapat dan tentu saja tidak menerawang. Berbeda sekali dengan bahan katun Linen Euro yang memiliki serat besar dan tebal, namun tersusun agak longgar. Jadi, jika diperhatikan, mungkin sedikit nerawang.

Bahan Moscrepe nyaman digunakan untuk jilbab dan gamis, walaupun ada sensasi sedikit kasar. Entah karena tekstur butiran pasirnya atau memang karena jenis serat kainnya. Berbeda sekali dengan Arabian Crepe, dengan tekstur yang sama tapi lebih halus.

Karakteristik lainnya, bahwa ia termasuk jenis kain yang jatuh, ringan dan tidak mudah kusut. Jika ditarik, bahan Moscrepe sedikit elastis dan sedikit lebih elastis daripada kain Bubble Crepe. (Baca: Bahan Moscrepe seperti apa? Ini keunggulan dan karakteristiknya secara lengkap).

Arabian Crepe, kain lembut dan jatuh
Bahan Arabian Crepe, kain lembut dan jatuh, foto by Mizutex

3. Bahan Arabian Crepe

Arabian Crepe adalah duplicate dari kain Moscrepe, namun dengan grade kualitas yang diatasnya. Kain Arabian Crepe ini memiliki tampilan yang sama persis dengan Moscrepe. Jika anda belum pernah memegang secara langsung kedua bahan Moscrepe dan Arabian Crepe, dijamin sulit untuk membedakan.

Alhamdulillah, pada kesempatan ini Mizutex.com akan membocorkan perbedaannya kepada anda.

Kain Arabian Crepe adalah lebih halus, lebih dingin, lebih adem dan lebih jatuh daripada Moscrepe. Harganya? Lebih mahal juga. Namun kualitas kehalusannya dijamin beda, khususnya Arabian Premium yang ready di Mizutex.

Perbedaan Moscrepe dan Arabian by Mizutex
Perbedaan bahan Moscrepe dan Arabian Crepe by Mizutex

Jadi, secara kasat mata keduanya hampir tidak bisa dibedakan. Kalau diraba baru ketahuan perbedaannya. Kuncinya, jika anda melihat kain Crepe yang teksturnya seperti butiran pasir, namun kalau diraba terasa halus dan dingin, maka kain itu insya Alloh adalah Arabian Crepe.

Akan tetapi, kalau ternyata setelah diraba terasa agak kasar, tidak lembut dan tidak halus, mungkin itu adalah bahan Moscrepe versi murah yang harganya jauh di bawah Arabian Premium.

Crezia Crepe sangat elastis by Mizutex
Bahan kain Crezia Crepe sangat elastis by Mizutex

4. Bahan Crezia Crepe

Crezia Crepe adalah salah satu diantara keluarga kain Crepe yang elastis, bahkan dapat dikatakan sangat elastis. Cuma ini rasanya jenia kain Crepe yang memiliki tingkat elastisitas yang sangat tinggi.

Untuk membuktikan elastisitasnya, anda bisa merenggangkan bahan kain ini secara diagonal, bukan secara horizontal atau vertikal.

Bentuk tekstur Crepe yang dimiliki oleh kain Crezia ini menurut saya paling unik. Karena, teksturnya membentuk garis-garis tersusun yang menyerupai objek wajik. Meskipun tidak terlalu jelas, tapi sepintas akan nampak bentuk wajiknya tersusun.

Karakteristik kain Crezia Crepe adalah ringan, jatuh dan tidak mudah kusut. Merupakan jenis kain Crepe yang cukup adem ketika dipakai dan memiliki ketebalan yang cukup. Jika dibandingkan dengan bahan Moscrepe, katebalannya kurang lebih saja.

Perlu diingat, bahwa Crezia Crepe kainnya agak transparan, jika dibandingkan dengan Moscrepe atau Wollycrepe. Dikarenakan bahan kain ini seratnya agak longgar.

Jual bahan Diamond Italiano by Mizutex
Jual bahan Diamond Italiano by Mizutex

5. Diamond Italiano

Diamond Italiano adalah jenis bahan kain Crepe yang tekstur jeruknya seperti bahan Moscrepe, bahkan jauh lebih jelas lengkungannya. Otomatis, rabaannya akan lebih kasar daripada bahan Moscrepe. Karena, rabaan teksturnya sangat kerasa.

Karakteristik bahan kain Diamond Italiano adalah ringan, jatuh, cukup melar dan lebih melar daripada bahan Moscrepe. Tetapi, kalau melarnya untuk menandingi Crezia Crepe masih belum sampai.

Bahan kain ini tergolong kain yang tipis dan menerawang. Jika dibandingkan Diamond Georgette, masih lebih halus kain Diamond Italiano ini.

Adapun jika ditinjau dari ketebalan kainnya, masih lebih tipis dan lebih ringan daripada Crezia Crepe.

Bahan kain Diamond Georgette by Mizutex
Bahan kain Diamond Georgette by Mizutex

6. Diamond Georgette

Diamond Georgette adalah bahan kain yang hampir mirip dengan Diamond Italiano. Meskipun namanya sama-sama Diamond, tapi bahan kain ini bukanlah duplicate-nya.

Diamond Georgette memiliki perbedaan yang cukup signifikan dibandingkan kakaknya Diamond Italiano. Yaitu tekstur jeruk yang samar-samar, namun masih terlihat. Kalau secara susunan teksturnya, hampir sama saja dengan Diamond Italiano.

Karakteristik bahan kainnya hampir sama dengan Diamond Italiano, dengan ketebalan kurang lebih saja. Akan tetapi, bahan kainnya sedikit lebih kasar dari kakaknya, serta termasuk kain yang cukup melar.

Jual bahan Barbie Ceruti atau Baby Doll bahan burqah by Mizutex
Jual bahan Barbie Ceruti atau Baby Doll bahan burqah by Mizutex

7. Barbie Ceruti atau Babydoll

Kain Barbie Ceruti, atau juga memiliki memiliki nama lain Babydoll, adalah bahan kain Crepe yang paling tipis, paling ringan, paling jatuh dan paling transparan. Jenis bahannya tidak elastis dan sangat menerawang. Menurut Mizutex, Ceruti merupakan jenis kain Crepe yang paling tipis diantara kain-kain Crepe lainnya.

Ciri-ciri kain ini adalah teksturnya yang juga seperti “berpasir” yang dapat anda raba ketika memegang kain ini.

Memang betul, setiap jenis kain Crepe memiliki keunggulan dan karakteristik kain yang berbeda-beda, tanpa terkecuali kain Ceruti. Namun, ada sebagian diantara kita yang memanfaatkan kekurangan kain Ceruti ini untuk tujuan tertentu, misalnya saja Burqah.

Ada juga di kalangan Ummahat yang menjadikan Ceruti Babydoll untuk digunakan untuk sebagai bahan Burdah atau Burqah. Karena kain ini juga sebagai alternatif lain disamping bahan Sifon.

Kadang-kadang, ada juga digunakan sebagai bahan jilbab multi-layer atau untuk gamis berlapis-lapis. Atau jika tidak mau multi-layer anda bisa menambahkan kain furing agar tidak terlihat menerawang.

Ada yang pernah berkata bahwa ada kain Ceruti yang tidak tipis dan transparan, apakah itu benar?

Sejauh ini redaksi Mizutex belum pernah mengetahui kalau ada kain Ceruti yang tidak menerawang. Mungkin alangkah bijaknya jika anda ingin membeli bahan Ceruti Babydoll agar menanyakan dulu, apakah jenis Ceruti tersebut menerawang atau tidak.

Selengkapnya tentang bahan Ceruti ini dapat dilihat pada artikel Mizutex berjudul Bahan kain Ceruti Babydoll: Berikut ciri-ciri dan karakteristiknya detail).

Bahan Wollycrepe itu apa? Ciri dan keunggulannya yang harus anda tau
Bahan Wollycrepe by Mizutex

8. Wollycrepe Premium untuk bahan jilbab segi empat

Wollycrepe adalah jenis bahan kain Crepe yang tekstur kulit jeruknya paling halus (tidak nampak), daripada jenis Crepe yang lainnya. Dapat dikatakan bahwa terkstur Crepe-nya tidak kelihatan.

Bahan kain ini harganya sama dengan kain Bubble Crepe. Dengan sejumlah perbedaan nyata pada karakteristik kainnya. (Baca: Bahan Wollycrepe itu apa? Ciri dan keunggulannya dijelaskan disini)

Karakteristik kainnya jatuh, ringan, tidak mudah kusut dan nyaman untuk dijadikan sebagai bahan jilbab dan hamis Syar’i. Oleh karena itu, Bahan kain Wollycrepe banyak sekali peminatnya, karena memiliki banyak keunggulan.

Kain ini memiliki ketebalan yang cukup dan kainnya tidak menerawang. Jika dibandingkan dengan bahan Moscrepe, ketebalannya kurang lebih saja. Akan tetapi, Wollycrepe sama sekali tidak memiliki sifat elastis sedikitpun.

Wollycrepe adalah kain yang memiliki serat yang rapat, rabaannya cukup halus dan cukup adem. Harga jual bahan kain ini cukup terjangkau atau sebanding dengan bahan kain Balotelly, yaitu 40.000/meter.

Jual kain Barbie Crepe grade A+ dari Wolly Crepe by Mizutex
Jual kain Barbie Crepe grade A+ dari Wollycrepe by Mizutex

9. Barbie Crepe

Barbie Crepe adalah bahan kain yang nasibnya sama seperti Arabian Crepe. Yaitu merupakan duplicate dari saudara kembarnya sesama Crepe.

Kalau Arabian Crepe adalah kembarannya bahan Moscrepe, maka Barbie Crepe adalah kembarannya Wollycrepe.

Karakteristik kain Barbie Crepe jika dibandingkan dengan Wollycrepe adalah sama persis. Namun memiliki spesifikasi atau grade diatasnya.

Bahan kain Barbie Crepe lebih adem, lebih dingin dan lebih nyaman jika dibandingkan Wollycrepe.  (Baca: Perbedaan kain Barbie Crepe dan Wollycrepe Premium yang harus anda ketahui).

Perbedaan serat kain Wollycrepe dan Barbie Crepe by Mizutex
Perbedaan serat kain Wollycrepe dan Barbie Crepe by Mizutex

Secara kasat mata, sama persis. Baru terasa perbedaannya jika diraba secara langsung.

Barbie Crepe ini harganya cukup mahal. Mizutex.com menjual bahan kain ini hanya untuk rollan saja.

Diluar sana, rasanya sulit juga mendapatkan bahan Barbie Crepe ini yang dijual secara eceran. Kalaupun ada, harganya pasti sangat mahal.

Jika anda tertarik dengan bahan kain ini, silahkan hubungi admin Mizutex.com sekarang.

Keunggulan bahan Crepe secara umum

Setiap bahan kain, tentu memiliki karakteristik dan keunggulan yang tersendiri. Demikian pula halnya dengan bahan kain Crepe ini.

Setelah anda membaca artikel kami, anda sudah mengetahui bahwa keunggulan jenis-jenis kain Crepe cukup banyak jika ditinjau dari berbagai sisi. Demikian perbedaannya pada tiap-tiap jenis kainnya.

Yang jelas, bahan kain Crepe termasuk kain yang unik dengan tekstur jeruk yang dimilikinya.

Keunggulan lainnya adalah kainnya yang elastis pada jenis bahan tertentu. Dimana keunggulan tersebut bisa dimanfaatkan untuk membuat baju yang longgar atau all size.

Perlu diperhatikan, bahwa setiap bahan kain Crepe harus hati-hati ketika menyetrika. Pastikan menggunakan suhu yang low, terutama pada jenis kain Crezia Crepe, Diamond dan Ceruti. Jika terlalu panas, maka kain anda akan rusak dan meleleh. (Baca:  Bahan Wolfis itu apa? Inilah keunggulannya yang harus anda ketahui).

Cara merawat bahan kain Crepe secara umum

Bahan kain Crepe merupakan jenis kain dengan kontur yang unik dan menarik. Masing-masing kain Crepe memiliki tingkat ketahanan yang berbeda-beda tergantung pada jenis Crepe-nya. Jenis kain Crepe sendiri adalah jenis kain yang paling rentan mengalami kerusakan jika tidak dijaga dan dirawat dengan baik.

Berikut ini tips perawatan kain Crepe yang harus anda ketahui agar pakaian anda lebih awet dan agar serat-serat Crepe-nya tetap terlihat bagus. Tips perawatan ini berlaku untuk jenis Crepe secara umum.

Redaksi Mizutex telah merangkum secara singkat tentang bagaimana merawat bahan kain Crepe yang baik dan benar, sebagaimana berikut:

Disarankan untuk tidak penggunaan mesin cuci

Menghindari penggunaan mesin cuci ketika mencuci jenis kain Crepe adalah keputusan yang baik. Alasannya adalah, agar pakaian dari bahan Crepe tidak mudah kusut dan tidak menggumpal dengan pakaian yang lain. Jika ini terjadi (menggumpal dengan kain yang lain saat mencuci dengan mesin cuci), maka akan membuat serat-serat kain Crepe akan “terjerat”, sehingga akan membuatnya rusak atau rapuh.

Mungkin, ketika anda mencuci dengan mesin cuci, anda akan mencampur cucian anda dengan berbagai jenis pakaian. Mungkin ada celana, sprei, sarung bantal atau handuk. Adapun jenis kain Crepe ini, jika dibandingkan dengan item-item cucian yang telah disebutkan tadi, tentu kain Crepe adalah kain yang daya tahannya paling rendah atau dapat dikatakan lebih rapuh.

Bisa dibayangkan jika bahan Crepe dicampur dalam 1 kali penggilingan dalam tabung mesin cuci bersamaan dengan pakaian-pakaian berserat besar dan kuat. Maka, tentu kain Crepe akan menggumpal atau terjerat dengan jenis kain-kain yang lain sehingga membuat serat-seratnya menjadi kusut, rusak atau dapat pula menjadi longgar.

Jika memang harus menggunakan mesin cuci, kami menyarankan anda menggunakan mesin cuci bukaan depan dengan mode soft atau mode hijab, sehingga tidak terlalu beresiko bagi jenis kain Crepe. Lebih dari itu, juga dapat menghindari resiko pakaian dalam tabung mesin menggumpal tak beraturan.

Sangat disarankan agar anda mencuci pakaian bahan Crepe secara manual saja, agar serat-serat kainnya yang longgar tidak mudah rusak atau berubah bentuk. Ketika anda mencuci dengan tangan (manual), maka anda pun bisa menyesuaikan berat-ringannya kucekan yang cukup dan sesuai kebutuhan.

Tidak menggunakan sikat yang biasa digunakan untuk pakaian

Agar pakaian dari kain Crepe dapat lebih awet dan memiliki umur yang panjang, tidak disarankan mencuci dengan menggunakan sikat. Baik itu saat ada noda membandel atau noda-noda yang ringan. Jika hal ini tetap anda lakukan, tidak bisa tidak, serat-serat kain Crepe akan mengalami kerusakan dan susunan serat benangnya dapat mengalami perubahan.

Sebagai jenis kain yang pada umumnya tipis (kecuali Moscrepe, Arabian Crepe dan Amunzen), tentu ujung-ujung sikat yang anda gosok pada permukaan kain Crepe dapat tersangkut dan dapat memaksa satu-persatu serat benangnya menjadi putus. Jika hal ini terjadi, maka pakain dari bahan Crepe akan terlihat tidak bagus. Bahkan, boleh jadi kain Crepe milik anda tidak akan awet, kemudian bolong atau lama kelamaan akan sobek.

Disarankan untuk menggunakan deterjen cair

Agar memudahkan anda dalam proses pencucian, disarankan agar menggunakan deterjen cair. Deterjen jenis ini pun saat ini mudah ditemukan di minimarket atau supermarket. Deterjen cair juga telah dipercaya dapat mengangkat kotoran lebih mudah dibandingkan dengan deterjen serbuk.

Rendamlah pakaian anda dengan menggunakan air yang telah dicampur dengan deterjen cair sekitar 10-15 menit. Setelah itu, anda dapat dengan mudah mengucek dan membersihkan kotoran yang membandel pada pakaian anda dengan mudah tanpa butuh tenaga ekstra.

Hanya dengan kekuatan yang gentle atau ringan, kotoran-kotoran yang sulit dibersihkan akan dengan mudah dapat diangkat. Terlebih, bahan kain Crepe umumnya adalah jenis kain dari serat polyester yang memiliki, tentu membersihkan noda dari kain ini tidaklah merepotkan.

Perlu diingat, bahwa harap baca membaca terlebih dahulu petunjuk penggunaan deterjen cair sesuai dengan yang tertera pada kemasan produk yang anda beli. Sebaiknya, tidak merendam pakaian melebihi batas waktu yang telah ditentukan (misalnya lebih dari 6 jam). Sebab, hal ini dapat membuat pakaian anda menjadi lebih rapuh atau mudah sobek.

Jika dalam situasi darurat dan anda tidak bisa menemukan deterjen cair, solusi lain yang dapat kami sarankan adalah dengan menggunakan sabun mandi batang (non-cair).

Adapun teknik penggunaannya adalah: gosokkanlah secara perlahan sabun mandi batang ke permukaan pakaian yang terdapat noda membandel. Setelah itu, cobalah anda mengucek bagian tersebut secara gentle dan sedikit lebih kuat, hingga noda-noda membandel dapat dihilangkan secara sempurna.

Peras pakaian dengan kekuatan ringan

Agar susunan serat dan keutuhan serat bahan kain Crepe tetap terjaga, sebaiknya tidak memeras bahan kain ini terlalu kuat. Cukup dikibaskan secara perlahan atau peras pakaian secukupnya saja sekedar untuk mengurangi kadar air pada pakaian. Harap jangan memaksa diri anda untuk menggunakan tenaga ekstra dalam memeras pakaian dari bahan Crepe.

Jenis kain Crepe tidaklah seperti jenis kain Linen atau katun, dimana serat Crepe ini cukup rentan rusak atau berubah bentuk ketika anda memerasnya secara berlebihan. Sedangkan serat-serat jenis kain Linen atau Katun itu biasanya kuat dan tidak mengapa jika diperas lebih kuat.

Jenis kain Crepe adalah kain yang tidak bersifat menyerap air dan serat-seratnya juga terbilang longgar-longgar. Oleh karena itu, ketika anda mengentaskan kain Crepe dari rendaman air, tentu saja partikel-partikel air akan mudah jatuh dan pakaian akan lebih cepat kering. Jadi, memeras dengan kuat pada jenis kain ini mungkin dapat dikatakan boros tenaga.

Janganlah menjemur kain Crepe di bawah terik matahari

Hampir dapat dikatakan bahwa seluruh jenis kain, baik crepe, katun, linen, sutra, batik dan polyester sekalipun, tidak disarankan untuk dijemur dibawah terik matahari secara langsung. Kabar baiknya adalah bahwa jenis kain Crepe itu pada umumnya adalah jenis kain yang cepat kering, meskipun tidak dijemur di bawah terik matahari secara langsung.

Oleh karena itu, cukup letakkan saja kain Crepe anda yang sudah di cuci diluar ruangan dengan sirkulasi udara yang baik, maka pakaian Crepe pun akan cepat kering.

Jangan lupa untuk membentangkan setiap pakaian dari kain Crepe ketika anda menjemurnya. Upayakan tidak ada bagian-bagian yang terlipat atau saling bertumpuk. Tujuannya adalah agar pakaian anda bisa “bernafas” dan mudah kering meskipun tidak dijemur dibawah terik matahari.

Menjemur kain di bawah terik matahari secara langsung, tentu saja dapat merusak komposisi warna yang dimiliki oleh setiap jenis bahan kain. Jika anda tidak ingin hal ini terjadi pada pakaian kesayangan anda, harap hindari cara menjemur pakaian seperti ini.

Dapatkan aneka bahan Crepe berkualitas di Mizutex

Sekarang anda sudah pada penghujung pembahasan singkat tentang jenis-jenis kain Crepe. Semoga artikel Mizutex.com ini bisa diambil manfaatnya dan anda bisa menentukan bahan apa yang tepat sesuai dengan kebutuhan anda. (Baca: Bahan katun yang bagus apa aja? Berikut ini jenis dan ciri-cirinya dijelaskan lengkap).

Jika berkenan, anda bisa men-share-kan artikel kami dan jangan lupa untuk menyebutkan sumbernya, sebagai tanggung jawab intelektual.

Kami ucapkan terima kasih atas segala perhatian dan kerjasamanya yang baik. Dan jika anda sedang mencari aneka jenis bahan-bahan kain Crepe, sekarang anda berada di tempat yang tepat. Silahkan hubungi admin Mizutex.com untuk mendapatkan harga terbaik! [Rizal]

Artikel terkait: