WhatsApp-Button

Mizutex.com – Saat ini sudah banyak sekali jenis bahan kain polos untuk Jilbab gamis Syar’i yang beredar di pasaran. Meskipun tidak melulunya terbuat dari serat katun, jenis bahan kain polos untuk jilbab gamis Syar’i berikut ini juga tidak kalah ademnya ketika digunakan.

Jadi, jangan salah paham, kalau ternyata ada juga kain selain katun yang nyaman ketika dipakai.

Pada kesempatan kali ini, saya hanya akan membahas beberapa jenis kain yang paling sering digunakan. Terutama oleh rumah jahit muslimah untuk membuat jilbab dan gamis Syar’i.

Mungkin bagi yang belum tau, artikel ini sangat bermanfaat untuk menentukan jenis kain apa yang paling cocok dengan budget dan keinginan masing-masing. Dan bagi yang sudah tau, bisa diskip aja dan langsung lihat ke artikel saya lainnya tentang, “bahan kain Katun polos untuk jilbab dan gamis.”

Bahan kain Wolfis

Banyak nama yang disematkan untuk jenis kain yang satu ini. Diantaranya ada yang menyebutnya kain Arab dan ada juga yang menyebutnya Twiscone.

Whatever-lah, kalau menurut saya sih, varian nama untuk kain Wolfis itu kurang lebih sama aja.

Bahan kain Wolfis itu jika diraba tidak tipis dan tidak juga tebal.

Cukup, menurut saya.

Kain Wolfis termasuk kain yang lemas dan jatuh, namun tidak transparan. Kalau sudah dibikin jadi jilbab atau gamis, kain ini juga nyaman dan tidak bikin gerah. (Baca: Ciri dan keunggulan kain Wolfis sebagai bahan gamis Syar’i).

Kain Wolfis ini varian warnanya sangat banyak. Mulai dari yang soft pastel, sampai deep dark. Soal warna hitamnya memang masih kalah sama Jetblack.

Bahan kain Sutra Cina

Melihat kain Sutra Cina, tampak di permukaannya efek mengkilap dan kalau diraba agak licin. Tapi, setelah dicoba untuk khimar segi empat, ternyata ga terlalu licin juga ya.

Varian warna kain Sutra Cina cukup banyak dan khusus warna hitamnya kalau menurut saya lebih mirip ke abu-abu. Mungkin karena ada efek kilapnya itu.

Kain Sutra Cina dihargai beberapa tingkat lebih mahal dari pada kain Wolfis.

Bahan kain Amira

Belum lama tau kalau kain Amira ini ternyata ada juga bahan KW-nya. Jadi mesti waspada kalau membeli. Jangan terlalu tergiur dengan tawaran harga yang kelewat murah.

Pengalaman saya dulu pernah minta bahan ini sama penjahit. Amira KW bahannya lebih tipis. Namanya juga bukan yang ori. Harganya pun kalau dibandingkan yang asli selisih 10 ribuan per meter.

Bagi yang suka kain tebal, Amira ini paling cocok dan boleh jadi sebagai pilihan yang paling tepat.

Bahan kain Amira adalah jenis kain yang jatuh, adem, lembut dan ideal untuk bahan jilbab dan gamis Syar’i. Namun sayang, bahan kain Amira ini sudah mulai sulit didapatkan di sejumlah Suplier. Padahal, Amira adalah jenis bahan kain yang bagus kualitasnya.

Kabar baiknya, kini ada jenis bahan kain terbaru yang telah hadir untuk menggantikan bahan Amira yang sudah mulai jarang ditemui. Nama kainnya adalah Megumi Ladies. Pembahasan tentang kain ini sudah dijabarkan pada artikel kami, Bahan Megumi seperti apa? Jeni skain berkualitas yang belum banyak orang tau).

Bahan kain Jetblack

Sesuai namanya, kain ini warnanya sangat hitam dan cuma itu warna satu-satunya. Harganya bersaingan ketat dengan bahan kain Sutra Cina. Ketebalannya pun hampir sama.

Soal warna, bedanya pada efek kilapnya. Jetblack kainnya sangat hitam tanpa kilap. Bagi yang belum pengalaman, mungkin akan sulit untuk membedakan kedua kain ini.

Bahan kain Kasandra

Nama lainnya adalah kain hujan rintik. Dinamakan demikian karena ada motif halus hujan rintik pada permukaan kainnya. Motif tersebut disusun oleh benang mengkilat putus-putus layaknya hujan rintik-rintik.

Keunikan tersendiri ada pada kain ini.

Yaitu, meski tidak disetrika terlalu sering, kainnya tidak mudah kusut. Tetap mulus dan lurus.

Adapun untuk ketebalannya, menurut saya kain ini masuk dalam katagori kain yang tebal.

Bahan kain Yoris

Merupakan kain yang memiliki ketebalan cukup, tapi memiliki tekstur yang agak kasar. Hampir sebanding dengan kain Wolfis, bedanya terletak pada teksturnya.

Bahan kain Wollycrepe

Kain dengan tekstur kulit jeruk. Itulah mengapa kain ini dinamai “Crepe”. Varian tekstur dan warna ada banyak. Kain ini jatuh seperti bahan kain Wolfis dengan harga yang relatif murah. Perbedaannya hanya terletak pada teksturnya.

Jenis bahan kain polos untuk jilbab gamis Syar’i

Inilah jenis bahan kain polos untuk jilbab gamis Syar’i yang dapat kami sajikan untuk anda. Kalau mau mengeksplorasi lebih jauh, sebenarnya masih ada lagi pilihan bahan kain selain dari yang saya sebutkan disini. Seperti Jersey, Spandek Korea, Balotelli dan Crepe. Tapi, karena keterbatasan waktu dan tempat, barangkali ini sudah cukup untuk bahan perbandingan. (Baca: 4 jenis bahan kain jilbab dan gamis Syar’i yang wajib diketahui).