Mizutex.com — Bahan katun adalah jenis kain yang terbuat dari serat alami tanaman kapas (cotton). Kain katun dalam dunia tekstil sangat banyak ragam dan jenisnya, baik dari segi harga, mutu dan kualitas. Taukah anda, bahwa saat telah tersedia di pasaran bahan katun premium dan bahan katun ekonomis? Apa saja perbedaan dan keunggulan yang dimiliki oleh setiap jenis bahan katun? Berikut ini pembahasan eksklusif dari redaksi Mizutex tentang Bahan katun itu apa? Inilah definisi, jenis kain dan keunggulannya lengkap.

Bahan kain katun memang sudah menjadi jenis kain yang sangat diminati, baik oleh kaum pria maupun wanita. Konon, bahan katun adalah jenis kain yang nyaman ketika dipakai, terlebih katun yang dimaksud adalah jenis katun premium. Meski dihargai lebih mahal daripada jenis kain katun kebanyakan, katun premium tetap saja memiliki tempat dihati pencinta bahan katun.

Dan sebenarnya tidak hanya katun premium, jika kita melihat kepada bahan katun ekonomis yang dihargai murah, pun sebenarnya tidak kalah bagusnya dengan katun premium. Tidak sedikit pula kain katun ekonomis memiliki mutu yang bagus dan dengan kualitas yang lebih konsisten dari bahan Wolfis. (Baca:  Bahan Woolpeach berkualitas seperti apa? Berikut penjelasannya lengkap).

Bahan katun itu seperti apa?

Bahan katun adalah jenis kain yang terbuat dari serat alami tanaman kapas yang diproses melalui tahapan yang cukup kompleks. Mulai dari dipintal (spinning), digulung (Winding), tenun (weaving) hingga finishing (dyeing). Sebelum serat katun (kapas) dapat diproses menjadi lembaran kain, serat alami tersebut harus dibersihkan terlebih dahulu dari unsur lemak, lilin dan protein, sehingga dapat diperoleh kapas murni. Dalam proses pengoalahan bahan katun inipun diyakini hanya menyisakan limbah sekitar 10% dari berat kotornya.

Jenis bahan katun ada banyak sekali dan akan terus berkembang seiring dengan perkembangan teknologi pengolahan bahan kain katun. Secara garis besar, bahan katun dapat dibedakan menjadi dua: bahan katun permium dan bahan katun ekonomis.

Apa itu kain katun, asal-muasal dan proses pembuatannya
Cotton field – Image by © L. Nelson

Sebagai orang yang tinggal di daerah tropis, saya paling suka dengan bahan katun, baik katun premium maupun katun ekonomis. Katun adalah jenis kain yang adem di kulit dan tidak bikin gerah. Semakin betah berpakaian formal maupun non-formal.

Jika digunakan untuk baju koko atau gamis, kenyamanan kain jenis katun sudah tidak perlu diragukan lagi. Terlebih bahwa saya adalah tipe orang yang suka merasa sumuk, jadi ketika milih-milih bahan baju, bahan katun yang selalu menjadi incaran saya.

Memang patut diakui, bahwa untuk mendapakan gaya yang pas dengan keinginan saya, saya sekarang lebih suka membuat baju dengan kain sendiri. Soalnya kalau harus beli baju-baju branded, tentu harganya akan jauh lebih mahal, padahal spesifikasi bahan kainnya menurut saya bisa didapatkan dengan harga lebih murah jika beli sendiri.

Hal ini mungkin juga tidak dialami oleh saya sendiri. Mungkin anda juga salah satu orang yang lebih suka membeli bahan kain sendiri untuk dibuat baju koko, kemeja formal ataupun baju gamis. Mengingat jenis bahan katun yang kini beredar di pasaran cukup banyak, tak heran membuat sebagian orang merasa dilema ketika memilih jenis katun yang terbaik.

Artikel Mizutex berikut ini mungkin bisa menjadi referensi yang tepat bagi anda yang sedang berburu bahan katun berkualitas. (Baca: Mengapa setiap gambar atau artikel Mizutex yang di-copy wajib menyertakan nama Mizutex.com?).

Bahan katun itu seperti apa?

Bahan katun adalah jenis kain yang terbuat dari serat alami tanaman kapas yang diproses melalui tahapan yang cukup kompleks. Mulai dari dipintal (spinning), digulung (Winding), tenun (weaving) hingga finishing (dyeing). Sebelum serat katun (kapas) dapat diproses menjadi lembaran kain, serat alami tersebut harus dibersihkan terlebih dahulu dari unsur lemak, lilin dan protein, sehingga dapat diperoleh kapas murni dan alami. Dalam proses pengolahan bahan katun ini pun diyakini hanya menyisakan limbah sekitar 10% dari berat kotornya.

Bahan kain Toyobo seperti apa? Jenis katun istimewa yang patut diketahui


Apa itu bahan katun?

Katun adalah bahan tekstil yang diperoleh dari serat alami tanaman kapas (cotton). Adapun kapas atau cotton diperoleh dari serat halus yang menyelubungi biji tanaman kapas (Gossypium). Serat kapas pada tahap berikutnya dapat diproses dengan cara dipintal menjadi helaian benang katun sebelum ditenun menjadi lembaran kain katun. Gossypium disebut juga tanaman “semak” dan merupakan penghasil kapas terbaik. Sebelum menjadi produk bahan kain tekstil, serat kapas harus melalui proses produksi yang cukup panjang. Tujuannya adalah untuk memisahkan antara Struktur Selulosa yang alami dan murni dari unsur lemak, lilin dan komponen residu lainnya. Selulosa yang murni dan alami merupakan bahan baku vital produk tekstil katun yang memiliki daya tahan yang baik. (Baca: Apa itu bahan katun, asal muasal dan proses pembuatannya).


Bahan katun apakah bagus?

Setiap kain yang terbuat dari bahan katun (cotton) tentu merupakan jenis kain yang bagus. Karakteristik bahan katun secara umum adalah ringan, adem, halus, lembut dan memiliki daya serap yang baik terhadap keringat. Hal ini akan memberikan efek yang adem dan tidak bikin gerah ketika di pakai untuk pakaian. Patut untuk diketahui, bahwa jenis bahan katun adalah sangat banyak dan rekomendasi terbaik Mizutex adalah bahan katun Toyobo. (Baca: Bahan kain Toyobo seperti apa? Jenis katun istimewa yang patut diketahui).


Apakah bahan katun itu panas?

Kain dari bahan katun tidaklah panas, karena ia terbuat dari serat alami tanaman kapas (cotton). Dan Kain yang terbuat dari bahan katun lebih bersifat breathable, sehingga terasa lebih adem dan tidak bikin gerah. Telah banyak diakui pula, bahwa selain lebih nyaman ketika disandang, namun kain katun juga lebih awet digunakan dalam jangka waktu yang lama. Asalkan, jenis kain katun tersebut adalah jenis kain katun yang berkualitas dan mutunya sudah diakui. (Baca: 10+ bahan baju yang bagus dan contohnya yang harus anda ketahui).

Asal muasal bahan katun yang patut untuk diketahui

Katun adalah sebuah nama yang dinisbatkan pada serat halus yang menyelubungi biji tanaman kapas (cotton). Serat kapas pada tahap berikutnya dapat diproses dengan cara dipintal menjadi helaian benang katun, sebelum ditenun menjadi lembaran kain katun.

Bahan katun termasuk jenis kain yang mudah perawatannya dan tidak mudah luntur warnanya. Seratnya juga cukup kuat dan awet digunakan dalam waktu yang lama.

Katun itu sendiri jenisnya ada dua:

Pertama, Katun (cotton) yang dipintal dan ditenun dari bahan serat alami tanaman kapas. (Baca: Apa itu bahan katun, asal-muasal dan proses pembuatannya?).

Kedua, Linen yang dipintal dan ditenun dari serat alami tanaman rami. Jenis yang kedua ini juga disebut katun, namun katun Linen. Juga merupakan bahan yang bagus sebagaimana kain katun pada umumnya.

Katun Linen itu sendiri adalah kain yang popularitasnya masih kalah dengan kain katun (cotton). Hal ini adalah dikarenakan banyak faktor. Pada umumnya, kain Linen juga dihargai lebih mahal dan itulah mengapa banyak orang yang tidak memilih kain jenis ini. Padahal, katun Linen memiliki ketahanan yang lebih baik dan serat yang lebih kuat daripada kain katun biasa. Bahkan, kualitas yang ditawarkan juga tidak kalah bagusnya dengan kain katun biasa. (Baca: Kain katun Linen itu seperti apa? Cari tau jenis dan asal-usulnya).

Kain katun Linen itu seperti apa. Cari tau jenis dan asal usulnya

Perlu diingat, bahwa kain katun memiliki jenis yang banyak dan kualitas yang berbeda-beda. Oleh karenanya, kain katun ada juga yang harganya murah dan ada juga yang mahal.

Kalau menurut hemat saya, terutama untuk orang dewasa, sebaiknya jangan eman (jangan nanggung) kalau membeli bahan kain untuk diri sendiri. Soalnya, beli bahan kain adalah untuk prospek jangka panjang, yaitu dipakai untuk beberapa tahun.

Sementara kain katun itu adalah jenis bahan kain yang awet dan nyaman ketika dipakai. Jadi, kalau membeli kain katun sebaiknya pilihlah yang paling bagus, karena akan dipakai dalam jangka waktu yang lama.

Anda mungkin akan merasa tidak nyaman dan gerah dengan pakaian yang murah, namun bahan kainnya dari jenis polyester. Sebagai jenis bahan kain yang suka bikin sumuk ga ketulungan.

Akhirnya, karena tidak nyaman dipakai, anda akan berfikir untuk membeli pakaian atau bahan kain yang baru lagi dan lagi. Walhasil, sama aja boros ‘kan?

Toh, seandainya kain katun yang anda beli hanya untuk seragam kantor, tentu di lain waktu bisa dipakai untuk harian. Jadi cukup dengan melepas “label” perusahaannya dan seragam kantor bisa dipakai harian di rumah.

Itung-itung juga bisa dihibahkan kepada kerabat dekat yang sedang kekurangan dari segi pakaian.

Memilih bahan kain katun yang bagus

Karena saya sekarang jualan kain, tentu bukan hal sulit bagi saya untuk menemukan bahan kain katun yang bagus dan berkualitas. Serta, dengan harga yang paling sesuai di kantong saya. (Baca: 3 langkah mudah membuat baju dengan kain sendiri).

Berkebalikan halnya dengan apa yang saya dapati di dunia maya, kebanyakan para pembeli bahan kain online masih awam. Lebih khusus, tentang bagaimana memilih kain katun yang bagus dan berkualitas.

Harus diakui, antusias para konsumen terhadap kain katun ternyata cukup besar. Akan tetapi, mereka suka bingung, bagaimana memilih kain katun yang bagus dan tepat dengan budget mereka. (Baca: 29+ jenis kain dalam industri tekstil dan gambarnya yang wajib diketahui).

Jenis bahan katun yang bagus adalah sebagai berikut:

Berikut ini saya paparkan beberapa bahan katun yang bagus dan paling saya rekomendasikan buat anda. Diluar sana mungkin bejibun (banyak sekali) bahan katun yang anda temui, dengan nama-nama yang seabreg.

Tapi mungkin, anda masih ragu-ragu dan bingung. Belum lagi, ada banyak produk-produk KW (imitasi) bergentayangan dimana-mana. Kalau tidak pengalaman dan tidak hati-hati, hanya karena tergiur harga murah, anda akan mendapatkan produk katun tapi kualitas KW. Mengecewakan tho

 Supernova adalah kain katun berkualitas yang harganya murah
Katun supernova murah berkualitas, by Mizutex

1. Bahan katun Supernova, jenis bahan katun casual yang ekonomis

Pertama, kain katun Supernova. Adalah jenis kain yang adem, lembut dan halus. Karakteristik bahannya ringan, tetapi tidak jatuh sebagaimana halnya kain Wolfis. (Baca: Bahan Wolfis itu apa? Inilah keunggulannya yang harus anda ketahui).

Katun Supernova merupakan rekomendasi pertama saya, Selain harganya yang murah, katun Supernova adalah bahan kain yang nyaman dan adem dibikin baju. Bahan Supernova ini, serat kainnya jika diraba terasa umpuk, halus dan tidak licin. Spesifikasi bahan cukup baik.

Pengalaman saya ketika hunting di Supermarket, ternyata banyak juga merek-merek pakaian yang menggunakan bahan kain ini. Berarti, bahan kain Supernova merupakan bahan kain yang banyak peminatnya.

Perlu saya informasikan dulu, bahwa serat benang halus pada kain katun Supernova ini agak berbeda dari kebanyakan kain katun pada umumnya. Jika dilihat dari jarak sangat dekat, anda bisa melihat serat benang halus yang terlihat terburai atau dalam bahasa Jawanya “njabrut”, di permukaan kainnya.

Sebenarnya itu bukan masalah, dan justeru merupakan ciri khas kain katun secara umum.

Bahan kain katun Supernova sesuai untuk membuat baju formal, baju koko, jilbab dan gamis Syar’i. (Baca: Bahan Supernova adalah kain katun berkualitas yang harganya murah).

Ima Polos
Katun Ima Polos import by Mizutex

2. Katun Ima polos dan Ima Slub import

Katun Ima polos dan Ima Slub adalah sama dari berbagai sisi. Perbedaannya, jika pada katun Ima polos permukaan kainnya mulus dan polos, maka lain halnya dengan katun Ima Slub.

Sesuai dengan namanya, “slub”, maka anda akan melihat tekstur benang yang saling-silang pada pemukaan kainnya. Jadi ada tekstur atau ciri khas khusus untuk jenis Ima Slub.

Kain yang satu ini merupakan produk import dari Jepang, dengan spesifikasi dan ketebalan kain yang hampir sama dengan kain katun Supernova. Akan tetapi, kualitas dan ketahanan bahan kain, insya Alloh, masih diatas katun Supernova.

Karena, katun Ima memiliki serat benang katun yang lebih baik daripada katun Supernova. Serat kainnya juga lebih rapi. Tidak ada serat halus yang njabrut sebagaimana yang ditemui pada katun Supernova.

Katun Ima lebih kokoh dan teraba agak licin kalau dibandingkan dengan Supernova. Jenis kainnya ringan dan tergolong agak tipis, namun tidak menerawang. Secara umum, katun Ima adalah bahan yang bagus, harganya juga tidak terlalu mahal. Cocok untuk produk fashion, seragam, baju koko, jilbab dan gamis Syar’i.

Di Mizutex.com anda bisa mendapatkan bahan kain ini 35.000/meter. Jika berminat untuk tujuan konveksi, anda bisa mendapatkan harga jauh lebih murah untuk transaksi pembelian minimal 1 roll. Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan katalog warna katun Ima. (Baca: Mengenal bahan katun Ima berkualitas dan seperti apa ciri-cirinya).

Katun Ima lokal

Perlu diketahui, bahwa kini banyak beredar kain katun Ima yang merupakan produk lokal. Oleh karena itu, tanyakan dulu sebelum membeli, apakah katun Ima yang dijual merupakan produk import atau lokal. Karena, kualitas dan harga tentu saja berbeda. Saran saya, jangan sampai tergiur dengan harga murah.

Katun Ima merupakan “adik” dari katun Toyobo Original. Hanya saja, bahan katun Ima dijual lebih murah dan kualitas masih dibawah bahan kain katun Toyobo Original. (Baca: Bagaimana membedakan katun Toyobo dan katun Ima agar anda tidak terkecoh?).

Ciri-ciri dan keunggulan kain katun Jepang yang harus anda ketahui
Katun Jepang, Japan Design, by Mizutex

3. Bahan katun Jepang polos Tokai Senko

Kain katun Jepang polos Tokai Senko merupakan jenis kain katun yang diproduksi lokal, namun kualitasnya bagus. Jenis kain katun yang satu ini agak berbeda daripada Supernova, Ima dan Toyobo. Karena dia lebih kaku, namun tergolong ringan dan serat benangnya sangat rapat.

Perlu diketahui, meskipun membawa embel-embel nama “katun Jepang”, kain ini bukanlah diimpor dari Jepang, namun dari pabrik lokal yang mendapat lisensi dari Jepang. Nama perusahaannya adalah PT. Tokai Textprint Indonesia.

Katun Jepang Tokai Senko lebih terkenal produk kainnya yang motif. Peminatnya sangat banyak dan bahan kain ini laris-manis dijual. Umum dikenal dengan labelnya, “Japan Design Tokai Senko”.

Walaupun lebih dikenal sebagai produsen bahan kain motif, Tokai Senko ternyata juga memproduksi katun Jepang polos. Dengan kualitas bahan sebagaimana katun Jepang yang motif.

Sayangnya, produk katun Jepang polos dari Tokai Senko tidak didapati “label” perusahaannya, sebagaimana yang didapati pada katun Jepang, Japan Design motif. (Baca: Ciri-ciri dan keunggulan kain katun Jepang yang harus anda ketahui).

Katun-jepang-motif-&-polos,-jual-bahan-kain-meteran-maupun-grosir
Katun Jepang dari label Japan design

Oleh karena itu, jika belum pernah meraba langsung produk katun Jepang yang motif, mungkin akan kesulitan untuk mendeteksi katun Jepang polos dari Tokai Senko.

Adapun untuk harga, sayangnya Mizutex.com tidak menjualnya secara ecer. Produk ini hanya dijual untuk transaksi 1 roll.

Keunggulan katun Jepang Tokai Senko

Kain katun Jepang Tokai Senko memang telah diakui akan kualitas dan mutunya. Oleh karena itu, banyak sekali brand fashion yang telah meliriknya untuk dijadikan sebagai bahan mukena, kebaya maupun yang lainnya.

Keunggulan yang dimilikinya rangkum dalam 4 poin berikut:

Lebih tebal: Serat kain yang menyusunnya lebih rapat dan ukuran benang katun lebih tebal. Sehingga, bahan kainnya akan terasa lebih baik dan lebih tebal daripada katun lokal ataupun kain katun Jepang KW.

Lebih halus: Selain seratnya yang diraba lebih tebal, katun Jepang Tokai Senko memang diakui sebagai bahan katun dengan tekstur kain yang lebih lembut. Oleh karena itu, bahan katun ini akan terasa lebih nyaman dan adem ketika dipakai.

Warna lebih awet: Tak hanya bagus ketika masih baru, kain katun Jepang Tokai Senko memiliki warna yang awet dan tidak mudah pudar atau luntur.

Serat tidak terurai: Satu lagi keunggulan katun Jepang Tokai Senko yang harus anda ketahui. Bahwa serat kainnya tidak mudah terurai (njabrut atau brudul), meskipun sudah berulang kali dipakai dan dicuci.

Jual katun Toyobo Original impor Jepang bu Mizutex
Kain katun Toyobo original import, by Mizutex

4. Bahan katun Toyobo original import

Katun Toyobo adalah jenis kain import yang menjadi bahan paling saya rekomendasikan. Katun Toyobo adalah tidak kaku, ringan, adem, halus dan kainnya agak licin.

Katun Toyobo adalah kain yang cocok untuk digunakan sebagai baju formal maupun non-formal. Kualitasnya yang paling baik dari jenis-jenis kain katun yang saya sebutkan sebelumnya.

Ketebalan katun Toyobo sangat pas menurut saya dan serat kainnya tersusun rapat, sehingga tidak menerawang.

Serabut halusnya juga rapi dan jika dilihat dari jarak dekat tidak njabrut seperti katun Supernova. Lebih dari itu, katun Toyobo lebih tebal dari katun Ima dan katun Toyobo merupakan “kakak”-nya dari segi mutu dan kualitas. (Baca: Bahan katun Toyobo seperti apa? Jenis kain istimewa yang patut diketahui).

Sudah banyak yang memanfaatkan bahan katun Toyobo untuk seragam kantor, baju koko, jilbab dan gamis Syar’i. Kain ini juga merupakan kain populer yang menjadi incaran brand fashion hijab yang memprioritaskan kualitas bahan yang terbaik.

Perlu hati-hati, bahwa katun Toyobo ini banyak beredar yang versi KW (imitasi), jadi jangan sampai salah tempat ketika anda membelinya.

Jika anda sedang mencari bahan katun yang bagus dan berkualitas, Toyobo Original import Japan adalah jawabannya. Anda bisa mendapatkan bahan kain ini di Mizutex.com dengan harga ecerannya 45.000/meter. Beli minimal 1 roll akan dapat harga jauh lebih murah.

Perbedaan katun Jepang Tokai Senko dengan katun Toyobo import Japan

Jika ditinjau dari segi kualitas, antara bahan katun Tokai dan katun Toyobo hampir sama saja, meskipun ada perbedaan harga yang cukup siginifikan. Dimana katun Toyobo dihargai lebih mahal daripada katun Jepang Tokai Senko.

Adapun jika ditinjau dari segi spesifik, kedua kain ini memiliki keunggulan masing-masing. Dan jika dinilai dari kelembutan bahan kain dan kehalusan kainnya, maka katun Toyobo memang lebih unggul. Karena, katun Jepang Tokai Senko terkesan lebih kaku, tidak jatuh seperti katun Toyobo.

Dari segi ketebalan, keduanya imbang. Sedangkan kalau dibandingkan dari segi rabaan, maka katun Toyobo terasa lebih licin. Adapun katun Jepang Tokai Senko rabaannya terasa keset.

Jika ditanya, “mana yang lebih bagus?”

Jawabannya kembali kepada anda. Lebih suka yang agak kaku, atau yang agak jatuh. Lebih suka yang agak licin, atau agak keset. Selain itu, pilihan warna juga berbeda dari kedua merek tersebut. Oleh karena itu, mana yang diprioritaskan? Warna atau spesifikasi bahannya? (Baca: Beda antara katun Jepang dan katun Toyobo import dari Jepang).

Waspada terhadap katun Toyobo KW

Mungkinkah pernah ada orang terdekat atau kerabat anda yang komplain dengan bahan kain Toyobo yang mereka dibeli? Apakah kainnya tipis, menerawang, kasar atau serat-serat benangnya longgar?

Jika demikian halnya, menurut hemat kami, anda patut curiga, jangan-jangan bahan kain Toyobo yang dibeli bukanlah jenis katun Toyobo Original import Japan.

Harga yang murah mungkin menjadi sebab tergiurnya seorang konsumen untuk deal membeli bahan katun Toyobo versi murah. Bersamaan dengan itu, bahwa kini telah ada label atau merek “mirip” dari bahan katun Toyobo Original Japan. Namanya adalah “Toyabo”, “Toyoboo”, “Foyobo” dan “Toyobo” namun bukan Toyobo import Japan. 

Berdasarkan pengalaman redaksi Mizutex, bahwa pernah ada seseorang yang menelfon kepada kami dan menanyakan harga kain katun Toyobo yang kami jual.

Kami mengatakan, “Harga meteran 45.000/meter…”
Secara spontan dia kemudian berbicara, “saya dapat harga 24.000”.
Seloroh kami pun menjawab, “itu yang KW… bukan yang asli…”

Kami sangat faham harga-harga katun Toyobo yang beredar di pasaran dan dapat dipastikan bahwa tidak mungkin mendapatkan harga semurah itu. Kecuali, supplier sedang mengadakan promo besar-besaran atau mengadakan program cuci gudang. 

Siapa yang tidak ingin harga murah? Kami pun bersedia berlangganan jika diberi harga semurah itu, asalkan… itu adalah brand Toyobo Original import Japan. 

Percakapan kami pun berakhir singkat dan penelfon mengakhiri pembicaraannya dengan berkata, “Saya orang (pasar) Tanah Abang.”

Jawab kami dalam hati, meskipun dia orang Tanah Abang dan pembelian hanya berskala meteran, maka hal itupun masih tidak mungkin. Kecuali jika itu adalah Toyobo versi murah atau karena ada diskon besar-besaran.

Nah, dari percakapan ini dapat disimpulkan, bahwa masih banyak dan mungkin akan semakin banyak jenis-jenis kain katun Toyobo versi murah yang beredar di pasaran. 

Pernah suatu ketika kami browsing di salah satu Marketplace dan kami menemukan salah satu produk bahan katun bernama “Toyobo”. Kami melihat harga yang dipampang adalah hampir sama dengan harga yang Mizutex tawarkan, yaitu sekitar 45.000/m.

Namun, jenis Toyobo yang kami lihat bukanlah label Toyobo Royalmix sebagaimana yang kami jual. Disana tertulis “Toyobo”, namun tidak ada keterangan detail tentang merek, nama perusahaan atau keterangan lainnya berupa stiker dari brand tertentu. Yang ada hanyalah kertas kuning yang melingkar di tepi kain dan kalau tidak salah tulisan “Toyobo”-nya berwarna merah.

 Toyobo Fodu import by Mizutex
Bahan Toyobo Fodu import by Mizutex

5. Katun Toyobo Fodu import premium, jenis bahan katun paling rekomended

Bahan katun Toyobo Fodu merupakam grade yang lebih bagus daripada Toyobo original. Keduanya sama-sama produk import. Hanya saja, untuk Toyobo Fodu ini memiliki kualitas serat kain yang sedikit lebih tebal dan rapat. Penampilan bahan Toyobo Fodu juga terkesan lebih elegan daripada bahan Toyobo Original.

Selain itu, bahan katun Toyobo fodu jika dilihat pada permukaan kainnya akan tampak sedikit kilap. Jadi, semakin membuat bahan Toyobo Fodu ini tampak berkelas. Kilap yang dimilikinya juga tidak norak banget dan tidak kilap banget.

Ketahui 4 perbedaan antara Toyobo Fodu dan Toyobo Original sebagaimana yang telah Mizutex paparkan pada artikel Bahan katun Toyobo seperti apa? Jenis kain istimewa yang patut diketahui.

Ketika anda memutuskan untuk membeli kain katun Toyobo, penting untuk diketahui bahwa ini adalah katun import yang memiliki banyak jenis. Selain itu, ada banyak sekali produk KW yang beredar dimana-mana. Dengan nama yang mirip-mirip, seperti Toyoboo, Tooyobo, Toyabo, Foyobo, Foyabo dan lain-lainnya.

Jika anda tidak yakin dimana harus membeli bahan kain Toyobo Original ini, pastikan anda mencari tempat membeli bahan kain yang terpercaya. Lebih baiknya lagi anda membeli bahan Toyobo berdasarkan rekomendasi teman yang sudah berpengalaman.

Bahan kain yang adem dan jatuh untuk jilbab Syar'i
Katun Madinah, by Mizutex

6. Katun Madinah

Pertama kali saya berinteraksi dengan katun Madinah ini, saya merasakan sentuhan kelembutan dan adem yang tiada tara. Katun Madinah adalah salah satu jenis katun yang memiliki karakteristik ringan, jatuh dan tidak menerawang.

Ketebalan kainnya sangat pas untuk dijadikan sebagai bahan kain gamis Syar’i. Kalau untuk jilbab dan gamis Syar’i, menurut saya katun Madinah adalah kain yang pas, tidak berat dan tidak pula tipis.

Sebagai bahan kain yang terbuat dari katun, sudah barang tentu katun Madinah ini adalah kain yang adem dan menyerap keringat, sehingga cocok untuk kita yang tinggal di daerah tropis.

Ketika diperhatikan secara mendetail, katun Madinah ini secara karaktier mirip katun Supernova. Dan jika dilihat dari dekat akan tampak serabut halus yang melambai-lambai dari serat kainnya.

Namun, harus diingat ya, bahwa antara katun Madinah dan katun Supernova ini memiliki perbedaan kualitas bahan kain yang cukup jauh . Sudah pasti, katun Madinah adalah lebih baik, sebagaimana juga diketahui harganya juga lebih mahal daripada katun Supernova.

Tentang bahan katun Madinah ini, sudah ada penjelasan lengkapnya pada halaman kami, Mengenal katun Madinah bahan kain gamis yang jatuh dan lembut.

Linen Euro
Kain katun Linen Euro atau Linen Viscouse

7. Linen Euro, jenis bahan katun untuk kemeja casual

Bahan kain linen yang satu ini merupakan bahan kain yang paling kaku dan memiliki serat benang yang paling longgar dan besar. Adapun kalau untuk besaran serat benangnya, masih dalam batas wajar untuk kelas kain linen.

Bahan kain Linen Euro jika diperhatikan agak menerawang. Itu menurut penilaian saya. Mungkin karena serat benangnya yang agak longgar itu tadi. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu dan setelah dilakukan pencucian berulang, rupanya serat-serat benang yang longgar dari bahan Linen Euro bisa menjadi rapat. Hal ini menandakan, bahwa Linen Euro adalah jenis bahan kain yang tidak mengalami penyusutan.

Kalau dari segi kualitas, memang ketika saya rasakan, bahan kain Linen Euro adem dan lembut di kulit. Kalau digunakan untuk bahan baju, insya Alloh bahan ini adem banget. (Baca: New Arrival: 3 kain Linen Premium Mizutex sebagai pengganti Linen Euro).

Inspirasi baju koko casual by Mizutex
Inspirasi baju koko casual

Karakteristik bahan kain Linen Euro ini adem, agak kaku, halus, lembut dan tidak jatuh. Itulah mengapa bahan Linen Euro ini cocok untuk pakaian dengan gaya yang casual.

Untuk mengetahui definisi bahan kain katun Linen Euro lebih jauh, silahkan merujuk pada artikel Mizutex berjudul, Mengenal bahan Linen Euro kain untuk kemeja pria dengan gaya casual.

Katun Ima Royal Platinum, kain berkualitas dengan harga murah
Bahan katun Ima Royal Platinum berkualitas by Mizutex

8. Ima Royal Platinum

Bahan Ima Royal Platinum adalah kain dari keluarga katun yang memiliki ciri berupa tekstur kotak-kotak kecil yang terlihat pada permukaan kainnya.

Karakteristik kainnya adalah ringan, tidak menerawang dan tidak terlalu jatuh. Sebagian orang menilai, bahan Ima Royal Platinum memiliki sedikit efek kilap, namun tidak terlalu mencolok.

Mengkilapnya juga tidak seperti kain Maxmara polos, tapi lebih seperti bahan Balotelly. Kesan yang dirasakan ketika berinteraksi dengan katun Ima Royal Platinum adalah kainnya terasa adem dan tidak licin.

Meskipun kainnya tergolong ringan, tapi tidak seperti bahan Wolfis yang jatuh dan flowy. Katun Ima Royal Platinum bukanlah kain yang lunglai atau melambai (flowy), namun bukan juga dapat disebut sebagai kain yang kaku. (Baca: Bahan katun Ima Royal Platinum, kain berkualitas dengan harga murah).

Ketika anda sudah mendengar nama Ima Royal Platinum, maka anda juga mungkin pernah mendengar yang namanya Ima Platinum (tanpa kata “Royal”).

Dua jenis kain yang mirip dan penamaannya juga mirip, akan tetapi memiliki kualitas yang tidak sama.

Perbandingan Ima Royal Platinum (biru muted) dan Ima Platinum (hijau tosca tua) by Mizutex
Dari kiri: Perbandingan Ima Platinum (IP) dan Ima Platinum (IRP) by Mizutex

Wujud kain antara keduanya identik sekali, namun ada perbedaan kualitas yang cukup jauh antara Ima RoyalPlatinum (IRP) dan Ima Platinum (IP).

Pernah ada pengalaman dari seseorang yang kepingin punya katun Ima Royal Platinum (IRP).

Setelah beli dan barang diterima, ternyata kain yang didapat adalah Ima Platinum (IP), bukan Ima Royal Platinum (IRP). Oleh karena itu, pilih tempat membeli bahan kain yang berkualitas dan terpercaya.

Bahan katun Rayon Premium by Mizutex
Bahan katun Rayon Premium by Mizutex

9. Bahan katun Rayon Premium

Bahan katun Rayon Premium adalah jenis kain katun yang sangat ringan, sangat adem, halus dan lembut. Katun Rayon Premium merupakan diantara jenis kain katun yang agak tipis dan biasanya diperuntukkan sebagai bahan mukena dan selimut. Jika anda masih bingung seperti apa bahan Rayon yang ada di sekitar anda, maka cobalah melihat selimut Bali.

Selimut Bali adalah selimut yang biasanya terbuat dari kain Rayon, namun selimut Bali menggunakan jenis Rayon versi murah. Sejauh ini, selimut Bali pun telah diakui bahwa kainnya adem, halus, lembut dan ringan. Pada kedua ujung selimut Bali biasanya terdapat rumbai-rumbai benang yang diberi simpul-simpul kecil.

Nah, secara umum, seperti itulah gambaran tentang kain katun Rayon.

Ciri-ciri katun Rayon adalah ringan, tipis dan serat kainnya jika dilihat dari jarak dekat akan sangat rapat dan rapi. Karakteristik bahan kain Rayon adalah sangat jatuh, lembut, dingin dan nyaman di kulit.

Dikarenakan bahwa kain Rayon adalah termasuk jenis kain dari serat alami tanaman kapas (cotton), sehingga sudah otomatis kain ini menyerap keringat dan nyaman untuk dipakai di wilayah tropis.

Perlu untuk disebutkan, bahwa kain Rayon secara umum adalah tipis dan agak menerawang, kecuali bahan Rayon Premium yang dijual oleh Mizutex. Bahan Rayon Premium memiliki kerapatan serat yang sangat baik, sehingga tidak akan menerawang, meskipun tingkat ketebalannya hampir sama dengan Rayon versi murah.

Lebih lengkap penjelasan tentang bahan katun Rayon berkualitas, silahkan mengunjungi artikel Mizutex berjudul, Bahan Rayon seperti apa? Anda akan terkejut betapa adem & lembutnya kain ini.

Mengenal bahan katun Ima berkualitas dan seperti apa ciri-cirinya
Merawat kain katun harus dengan cara yang tepat. Foto by Mizutex

Cara merawat pakaian dari bahan katun

Mencuci adalah hal yang paling menyenangkan bagi sebagian ibu rumah tangga. Anda bisa bebas bermain air dengan buih busa yang melimpah dan bergelembung halus. Namun, bagi yang tidak ingin repot, menggunakan jasa laundry adalah langkah yang paling jitu. Dan kalau ingin baju kain katun anda tetap awet, hindari cara mencuci seperti ini.

Menggunakan banyak detergen, mesin cuci bukaan atas dan menjemur langsung di bawah terik matahari, adalah faktor yang saya rangkum sebagai sumber penyebab rusaknya baju. Terutama yang terbuat dari serat katun, sebagai kain yang dibuat dari serat alami.

Jika salah dalam melakukan treatment, bukannya bersih yang akan didapat, tapi mungkin masalah baru yang muncul.

Kebiasaan mencuci baju yang tidak tepat, adalah diantara faktor yang turut mempengaruhi usia pemakaian baju.

Warna yang cepat luntur, kusam atau serat yang robek, biasanya dipengaruhi oleh cara mencuci yang salah. (Baca: Ingin baju kain katun anda tetap awet, hindari cara mencuci seperti ini

Sudah tau ciri-ciri katun premium dan katun ekonomis?

Bahan katun yang bagus dan berkualitas cukup bervariatif. Sebagaimana telah diketahui bahwa jenis katun itu jenisnya ada dua, oleh karena itu pada kesempatan ini saya cukupkan dulu pembahasannya sebatas pada jenis katun yang berbahan dasar tanaman kapas (cotton).

Masih ada lagi daftar bahan katun linen rekomendasi kami yang perlu untuk anda ketahui. Simak penjelasannya lebih lengkap di katalog Mizutex. Adapun untuk pembahasan bahan katun linen dan jenisnya, silahkan merujuk pada artikel saya, Bahan kain linen seperti apa? Yuk kita ketahui keunggulan dan karakteristiknya.

Dipersilahkan untuk meng-copy artikel dan foto Mizutex dengan catatan harus menyebutkan “Sumber dari Mizutex.com” sebagai tanggung jawab intelektual dan tidak diperkenankan pula untuk meng-crop atau menghilangkan watermark logo Mizutex.

Terima kasih telah membaca artikel saya Bahan katun itu apa, definisinya dan jenis-jenisnya secara lengkap. Semoga bermanfaat buat anda dan keluarga. Jika anda menyukai artikel Mizutex ini, silahkan di-share-kan dan wajib mencantumkan nama Mizutex.com. Kalau ingin berbelanja kain katun yang berkualitas dimana? Di Mizutex.com jawabannya. [Rizal]

Artikel terkait: