WhatsApp-Button

Jenis-jenis kain dalam industri tekstil dan karakteristiknya dibahas lengkap

Mizutex.com — Sebelum berbelanja kain untuk kebutuhan fashion atau industri tekstil, anda tentu akan bertanya, “Apakah bahan kain yang tepat untuk konsumen saya?” Karena, ada banyak sekali jenis kain yang beredar saat ini. Pemilihan yang tepat sesuai dengan target pasar adalah keputusan yang cemerlang. Berikut ini kami sajikan artikel tentang, “Jenis-jenis kain dalam industri tekstil dan karakteristiknya dibahas lengkap”.

Mizutex selain sebagai warta berita tentang kain tekstil, juga sebagai media pembelajaran untuk mengenal aneka jenis kain berkualitas. Jika anda merasa tertarik dengan salah satu jenis kain yang telah jabarkan, anda bisa langsung memesannya melalui katalog produk Mizutex.

Adapun jenis-jenis kain untuk bahan baju dan gamis adalah sebagaimana berikut:

Jenis-jenis kain dalam industri tekstil dan karakteristiknya dibahas lengkap

Jual bahan katun Toyobo Original impor Jepang bu Mizutex
Kain katun Toyobo original import, by Mizutex

1. Katun Toyobo Original import

Bahan katun yang satu ini ringan dan agak jatuh, meski tidak se-jatuh bahan Wolfis. Akan tetapi, bahan katun Toyobo ini tergolong bahan kain yang tidak kaku.

Serat kain yang menyusun bahan katun Toyobo sangat rapat dan tidak memiliki tekstur yang khas, seperti katun Ima Slub atau Linen Look. Walaupun begitu, serat kain katun Toyobo masih bisa dilihat dengan mudah.

Lebih lanjut, karakteristik bahannya adalah adem, halus, agak licin namun tidak mengkilap. Bahan kain ini cocok untuk baju seragam kantor, koko, gamis ikhwan, jilbab dan gamis Syar’i. (Baca: Bahan katun Toyobo seperti apa? Jenis kain istimewa yang patut diketahui).

Jenis-jenis kain dalam industri tekstil dan karakteristiknya dibahas lengkap

Bahan Toyobo Fodu import by Mizutex
Bahan Toyobo Fodu import by Mizutex

2. Katun Toyobo Fodu import

Bahan katun Toyobo Fodu merupakam grade yang lebih bagus daripada Toyobo original. Keduanya sama-sama produk import. Hanya saja, untuk Toyobo Fodu ini memiliki kualitas serat kain yang sedikit lebih tebal dan rapat.

Selain itu, bahan katun Toyobo fodu jika dilihat pada permukaan kainnya akan tampak sedikit kilap. Jadi, semakin membuat bahan Toyobo Fodu ini tampak bekelas. Kilap yang dimilikinya juga tidak norak banget dan tidak kilap banget. (Baca: Kain katun Toyobo FODU impor kualitas premium).

Ketika anda memutuskan untuk membeli bahan katun Toyobo, penting untuk diketahui bahwa ini adalah katun import yang memiliki banyak jenis. Selain itu, ada banyak sekali produk KW yang beredar dimana-mana. Dengan nama yang mirip-mirip, seperti Toyoboo, Tooyobo, Toyabo, Foyobo, Foyabo dan lain-lainnya.

Jika anda tidak yakin dimana harus membeli bahan kain Toyobo Original ini, pastikan anda mencari tempat membeli bahan kain yang terpercaya. Lebih baiknya lagi anda membeli bahan Toyobo berdasarkan rekomendasi teman yang sudah berpengalman.

Jenis-jenis kain dalam industri tekstil dan karakteristiknya dibahas lengkap

Bahan kain Balotelly biasa by Mizutex 2
Bahan kain Balotelly Original

3. Balotelly grade A

Bahan kain Balotelli adalah bahan kain yang memiliki tekstur khas berupa kotak-kotak kecil yang membentuk garis-garis. Pola garis-garis tersebut kalau dilihat dari kejauhan akan kembali membentuk skema kotak-kotak yang lebih besar dan tersusun teratur.

Perlu diketahui, grade untuk Balotelly yang beredar dipasaran ada banyak. Umumnya yang dijual adalah Balotelly original atau Balotelly Grade B. Teramat sulit menemukan bahan Balotelly yang berkualitas. Karena umumnya, bahan Balotelly yang beredar adalah kaku dan kasar. Berbeda sekali dengan Balotelly grade A yang jauh lebih halus dan jatuh alias tidak kaku. (Baca: Perbedaan bahan kain Balotelli yang belum diketahui banyak orang).

Balotelly grade A adalah jenis Balotelly yang rabaannya lebih halus dan lebih jatuh. Selain itu, bahan kainnya tidak kaku seperti kain Balotelly biasa. Sangat disarankan, setidaknya anda membeli bahan kain Balotelli grade A agar anda tidak kecewa.

Meskipun jika dilihat secara kasat mata antara Balotelly biasa dan Balotelly grade A tampak sama. Namun, kualitasnya sangat jauh. Apalagi dibandingkan dengan bahan Balotelly Ar-Raihan. Perbedaannya jauh banget.

Jenis-jenis kain dalam industri tekstil dan karakteristiknya dibahas lengkap

Mengapa bahan Balotelli yang satu ini menjadi kain yang diunggulkan?
Bahan kain Balotelly grade A+

4. Balotelly Ar-Raihan (Balotelly grade A+)

Menjadi pusat perbelanjaan bahan kain berkualitas adalah komitmen utama Mizutex. Oleh karena itu, kami terus berupaya untuk menyediakan bahan kain berkelas dengan harga yang terjangkau. Salah satu kain yang kami maksud adalah Balotelly Ar-Raihan. Adalah jenis bahan Balotelly yang kualitasnya diatas Balotelly grade A.

Bahan Balotelly Ar-Raihan adalah jenis Balotelly yang setara dengan Zegna Italiano.  Bahan Balotelly Ar-Raihan adalah lebih halus, lebih jatuh dan lebih lemas daripada bahan Balotelli grade A.

Diambaj lagi, Balotelly Ar-Raihan adalah jenis kain Balotelly yang paling nyaman, paling lembut dan paling adem. Jangan pernah bilang Balotelly yang anda pakai sudah halus dan adem kalau belum nyobain Balotelly Ar-Raihan.

Perlu diingat, mungkin standarisasi “grade” pada kain Balotelly di setiap toko akan berbeda-beda. Boleh jadi, Balotelly grade A di toko sebelah tidak lebih bagus daripada Balotelly biasa di penjual yang lain. Ada baiknya, sebelum anda membeli kain Balotelly agar mengeceknya secara langsung.

Jenis-jenis kain dalam industri tekstil dan karakteristiknya dibahas lengkap

Kain Megumi Ladies, bahan jilbab & gamis Syar'i yang tebal
Kain Megumi Ladies, bahan jilbab & gamis Syar’i yang tebal

5. Amira Premium import (Megumi Japan)

Belum lama ini telah hadir bahan kain terbaru di katalog produk Mizutex, namanya adalah Megumi. Bagi yang belum familiar dengan kain gamis Syar’i yang satu ini, mungkin masih bertanya-tanya seperti apa bahan Megumi tersebut? (Baca: Bahan Megumi seperti apa? Jenis kain berkualitas yang belum banyak orang tau).

Bahan Megumi adalah jenis kain yang mirip sekali, bahkan dapat dikatakan sama dengan bahan Amira. Namun, dengan kualitas bahan yang diatas kain Amira, serta bahan Megumi adalah produk import Japan.

Bahan Megumi ini tidak nerawang dan ketebalannya cukup, kalau untuk takaran bahan kain gamis, bahan Megumi ini tergolong tebal. Jika dibandingkan dengan bahan katun Toyobo, masih lebih tebal bahan Megumi. Nah, tapi jangan menyangka kalau bahan Megumi ini berat. Sama sekali tidak ya…

Megumi ini karakteristiknya adem, tidak bikin gerah, kainnya jatuh, halus dan lembut. Bahannya bagus banget untuk dijadikan bahan gamis umbrella.

Jika ada yang menyangka bahan Megumi ini adalah kain Amira, boleh dibilang pernyataan itu tidak sepenuhnya salah. Namun, juga tidak bisa dikatakan sepenuhnya benar.

Karena bahan Megumi ini kualitasnya masih diatas kain Amira, meskipun secara penampakan serat kainnya sama. Bahan Megumi ini lebih halus, lebih adem dan lebih lembut daripada kain Amira. Oleh sebab itu, menurut hemat redaksi Mizutex, Megumi ini dapat disebut kain Amira premium.

Beberapa pembeli Mizutex telah membuktikan kualias bahan Megumi dan Alhamdulillah mereka sangat puas.

Jenis

-j

Bahan kain Madam, by Mizutex
Bahan kain Madam, by Mizutex

enis kain dalam industri tekstil dan karakteristiknya dibahas lengkap

6. Madame

Ketika anda sudah mengenal bahan Megumi, tentunya anda juga akan mengenal bahan kain Madame S**y. Kedua jenis kain ini tergolong kain yang cukup mahal. Namun, sebanding dengan kualitasnya.

Khusus bagi mereka yang lebih mengutamakan kualitas dan demi kenyamanan berbusana Syar’i, kedua bahan kain ini sangat direkomendasikan sekali.

Bahan kain Megumi dan Madame secara karakteristik hampir sama. Pegangannya juga kurang lebih saja. Bahannya sama-sama adem seperti pakai katun, lembut dan juga halus.

Kalau dibandingkan kain katun Toyobo, bahan Megumi dan Madame jelas lebih jatuh. Namun, karena kedua jenis kain ini bukan dibuat dari serat alami tanaman kapas (katun), jadi keduanya bukanlah jenis kain yang menyerap keringat.

Meski bukan tergolong katun, bahan Megumi dan Madame adalah bahan kain yang halus dan adem layaknya kain katun.

Sebagai catatan tambahan, bahwa bahan kain Madam sedikit lebih tipis dibandingkan Megumi. Karena bahan kain Megumi ini seratnya rapat dan agak tebal, jadi tidak menerawang.

Jenis-jenis kain dalam industri tekstil dan karakteristiknya dibahas lengkap

Bahan Wollycrepe itu apa? Ciri dan keunggulannya yang harus anda tau
Bahan kain Wollycrepe

7. Wollycrepe premium

Bahan Wollycrepe adalah jenis kain crepe yang memiliki tekstur paling lembut dan halus dibandingkan dengan jenis bahan crepe lainnya. Kain Wollycrepe menurut saya sangat cocok untuk dijadikan sebagai bagan jilbab dan gamis Syar’i.

Dikarenakan bahan ini memiliki ketebalan yang cukup dan pas, susunan serat kainnya juga rapat dan tidak menerawang. (Baca: Bahan Wollycrepe itu apa? Ciri dan keunggulannya yang harus anda tau).

Perlu diketahui, bahwasanya bahan Wollycrepe itu jenisnya ada banyak dan grade yang paling bagus adalah Wollycrepe premium dan Barbie Crepe Ar-Raihan.

Bahan Wollycrepe premium adalah jenis kain Wollycrepe yang kualitasnya lebih halus, lebih jatuh dan lebih lembut.

Berbeda sekali dengan bahan Wollycrepe yang banyak beredar, biasanya cenderunh kasar, menerawang dan bikin gerah. Berbeda halnya dengan Wollycrepe premium.

Jenis-jenis kain dalam industri tekstil dan karakteristiknya dibahas lengkap

Jual kain Barbie Crepe grade A+ dari Wolly Crepe by Mizutex
Bahan kain Barbie Crepe grade A+

8. Barbie Crepe Ar-Raihan

Jenis bahan kain yang satu ini, secara sekilas memang terlihat sama dengan Wollycrepe premium. Namun, memiliki kualias yang lebih baik dan lebih bagus secara kualitas. Barbie Crepe Ar-Raihan adalah jenis kain Crepe yang kualitasnya setara dengan Wollycrepe Caltry.

Menurut pantauan Mizutex, setelah melakukan perbandingan dari beberapa jenis bahan kain Wollycrepe, maka Barbie Crepe Ar-Raihan adalah jenis crepe yang paling bagus dengan harga jual yang tidak mahal. (Baca: Perbedaan kain Barbie Crepe dan Wolly Crepe Premium yang harus anda ketahui).

Jenis-jenis kain dalam industri tekstil dan karakteristiknya dibahas lengkap

Bahan Supernova adalah kain katun berkualitas yang harganya murah
Bahan kain katun supernova murah berkualitas

9. Katun Supernova

Apakah anda sedang mencari bahan kain katun yang harganya murah? Tidak lain dan tidak bukan, bahan Supernova jawabannya. Secara umum, karakteristik bahan ini bersifat adem, lembut, halus dan juga ringan.

Bahan Supernova adalah jenis kain katun yang memiliki feel kain yang halus, lembut dan adem. Bahannya ringan dan tergolong agak tipis. Ketika pertama kali meraba bahan Supernova, saya merasakan bahwa kain ini memang nyaman untuk dijadikan sebagai bahan baju, meskipun terdapat beberapa kekurangan.

Meskipun kualitas bahan Supernova ini diremehkan banyak orang, ternyata memiliki “keunggulan yang tersimpan”.

Memang, bahan kain Supernova tergolong kain yang tipis dan mudah kusut.

Dan ternyata, kain yang mudah kusut seperti bahan Supernova yang satu ini, disebut-sebut memiliki daya tarik tersendiri.

Mengapa?

Usut punya usut, bahan Supernova ini kusutnya dianggap natural dan dianggap keren, begitu pengakuan pelanggan Mizutex lainnya. Pembahasan lengkap tentang bahan Supernova ini dapat dibaca di artikel Mizutex, Bahan Supernova adalah kain katun berkualitas yang harganya murah.

Jenis-jenis kain dalam industri tekstil dan karakteristiknya dibahas lengkap

Kain Wolfis polos bahan jilbab dan gamis
Kain Wolfis premium grade A bahan gamis Syar’i by Mizutex

10. Wolfis premium (woolpeach grade A)

Perlu diketahui lagi, bahwa Bahan Wolfis itu grade kualitasnya berbeda-beda. Sebenarnya, tidak hanya dua ini saja, namun ada beberapa varian. Misalnya Jasmine, Miracle, Monalisa dan lain-lain.

Dan kesemuanya adalah Wolfis.

Oleh karena itu, tidak elok kalau membanding-bandingkan harga antar satu toko dengan toko yang lainnya, tanpa mengetahui wujud bahan kainnya secara langsung.

Bahan Wolfis premium adalah jenis kain Wolfis yang karakteristiknya jatuh, halus dan tidak transparan. Berbeda halnya dengan bahan Wolfis murah, yang karakteristiknya jatuh, halus namun seratnya longgar dan transparan. (Baca: Bahan Wolfis itu apa? Inilah keunggulannya yang harus anda ketahui).

Jenis-jenis kain dalam industri tekstil dan karakteristiknya dibahas lengkap

Bahan kain Linen Look by Mizutex
Bahan kain Linen Look by Mizutex

11. Linen Look Burberry import

Bahan kain katun Linen Look Burberry adalah jenis kain katun yang istimewa. Bahan kainnya cukup tebal, kainnya lemas dan adem. Ketika saya pertama melihat dan meraba kain ini, saya langsung percaya bahwa kain ini memang kain yang berkualitas.

Bahan Linen Look ada benerapa jenis, misalnya Linen Look Nikobo, Sauloon, Lorita dan Burberry lokal.

Sedangkan Linen Look Burberry yang dijual oleh Mizutex adalah yang produk import. Karakteristik bahannya adalah yang paling lembut, paling halus dan paling jatuh dari jajaran bahan Linen Look yang pernah ada.

Bahan kain katun ini sudah umum digunakan untuk kemeja, jilbab dan gamis. Meskipun sebagian orang mengatakan kalau katun Linen Look terlalu tebal untuk dijadikan jilbab, tapi menurut Mizutex anggapan itu tidak sepenuhnya benar.

Bahan katun Linen Look ini juga bisa dijadikan sebagai bahan baju koko ataupun couple pasangan suami-istri. (Baca: Bahan baju koko berkualitas yang harus anda ketahui).

Jenis-jenis kain dalam industri tekstil dan karakteristiknya dibahas lengkap

Jenis bahan katun yang bagus dan ciri-cirinya dijelaskan lengkap disini
Kain katun Linen Euro atau Linen Viscouse

12. Linen Euro (Linen Viscouse)

Bahan kain linen yang satu ini merupakan bahan kain yang paling kaku dan memiliki serat benang yang paling longgar dan besar. Adapun kalau untuk besaran serat benangnya, masih dalam batas wajar untuk kelas kain linen.

Bahan kain Linen Euro jika diperhatikan agak menerawang. Itu menurut penilaian saya. Mungkin karena serat benangnya yang agak longgar itu tadi.

Kalau dari segi kualitas, memang ketika saya rasakan, bahan kain Linen Euro adem dan lembut di kulit. Kalau digunakan untuk bahan baju, insya Alloh bahan ini adem banget.

Inspirasi baju koko casual by Mizutex
Inspirasi baju koko casual, by Mizutex

Karakteristik bahan kain Linen Euro ini adem, agak kaku, halus, lembut dan tidak jatuh. Itulah mengapa bahan Linen Euro ini cocok untuk pakaian dengan gaya yang casual. Untuk mengetahui definisi bahan kain katun Linen Euro lebih jauh, silahkan merujuk pada artikel Mizutex berjudul, Mengenal bahan Linen Euro kain untuk kemeja pria dengan gaya casual.

Jenis-jenis kain dalam industri tekstil dan karakteristiknya dibahas lengkap

Katun Linen Kenzo foto by Mizutex
Katun Linen Kenzo, foto by Mizutex

13. Linen Kenzo

Linen Kenzo merupakan bahan kain katun linen yang belum lama beredar. Ketebalan bahan kain Linen Kenzo hampir sama dengan kain Linen Slub.

Demikian pula dengan karakteristik kainnya juga hampir mirip dengan Linen Slub.

Cenderung tidak adem dan terasa sedikit kasar. Biasanya, Linen Kenzo digunakan sebagai bahan blazer dan ada juga yang menggunakannya sebagai bahan koko atau gamis ikhwan. Spesifikasi bahan kainnya hampir sama dengan kain Linen Euro, tapi tidak terlalu kaku.

Jenis-jenis kain dalam industri tekstil dan karakteristiknya dibahas lengkap

Bahan katun Madinah, by Mizutex
Bahan katun Madinah, by Mizutex

14. Katun Madina

Bahan kain katun yang satu ini kalau menurut bahasa penyampaian Mizutex, adalah kain dari hasil perpaduan antara katun Ima Slub dan katun Linen Look.

Alhamdulillah setelah lama dinanti-nanti, kini telah hadir di katalog Mizutex bahan katun Madinah. Bahan ini adem, halus dan lembut. 

Tampilan bahan kain dan karakteristiknya hampir sama seperti bahan Linen Burberry. Hanya saja, serabut seratnya tidak sebesar Linen Burberry dan ketebalan kainnya masih di bawahnya. Ciri-cirinya mirip seperti Linen Look, tetapi tidak licin dan juga sedikit lebih tipis, namun lebih tebal jika dibandingkan dengan katun Ima Slub.

Bahan katun Madinah ini adalah tidak menerawang, tidak licin, kainnya bersifat jatuh dan menyerap keringat. Kualitasnya dengan Linen Burberry kurang lebih saja. 

Jika anda sudah pernah membeli katun Madinah di toko lain, mungkin merasa ada sedikit perbedaan dengan katun Madinah di Mizutex. Yaitu pada seratnya yang tidak memiliki slub (garis-garis) alias polos saja. Itu saja perbedaannya secara visual. Untuk penjelasan lebih lengkap silahkan merujuk ke halaman kami Mengenal katun Madinah bahan kain gamis yang jatuh dan lembut).

Jenis-jenis kain dalam industri tekstil dan karakteristiknya dibahas lengkap

Jual kain maxmara polos bahan yang lembut by Mizutex
Bahan kain Maxmara polos by Mizutex

15. Maxmara premium

Bahan kain Maxmara adalah kain yang mirip dengan kain Satin. Namun, kain Maxmara memiliki tekstur yang lebih lembut, adem dan nyaman di kulit.

Bahan kain Maxmara tergolong kain yang tidak bikin gerah ketika dipakai. Kain Maxmara termasuk kain yang licin, ringan, jatuh dan tidak transparan. Kain Maxmara jika diraba akan terasa lembut dan jika dilihat lebih seksama, serat kainnya lebih rapi dan lebih baik daripada kain Satin.

Sebagai informasi tambahan bahwa kain Maxmara polos ada sedikit perbedaan kelas dibanding kain Maxmara motif. Pada kain Maxmara polos memiliki grade yang hampir mirip dengan Maxmara Lux, atau boleh dikatakan sama. Namun masih diatasnya Maxmara Galaxy. Kain Maxmara polos cenderung mengkilap, serat kainnya lembut hampir sama seperti Maxmara Lux. Kainnya jatuh dan tidak kaku seperti Maxmara Galaxy. (Baca: Jenis kain Maxmara yang harus anda ketahui).

Jenis-jenis kain dalam industri tekstil dan karakteristiknya dibahas lengkap

Bahan Linen Lineza Slub aka Linen Slub Stretch by Mizutex
Linen Lineza Slub

16. Linen Slub (Linenta Linen)

Kain Linen Slub adalah jenis kain linen yang susunan seratnya rapat dan ada tekstur saling silang pada permukaan kainnya. Bahan kainnya lebih tipis daripada kain Linen Look.

Karakteristik kain Linen Slub jauh berbeda dengan jenis kain linen yang sudah saya sebutkan sebelumnya. Baik dari segi tekstur kain, maupun feel atau rabaannya.

Bahan kain Linen Slub terasa lebih kasar dan cenderung tidak adem daripada kain Linen Look. Mungkin apakah karena tekstur “slub”-nya ataukah karena campuran bahan kainnya?

Secara umum, karakteristik kain Linen Slub adalah jatuh, agak kasar dan tidak mengkilap. Ciri khasnya sangat mudah dikenali, yaitu susunan “slub” atau garis serat benang yang putus-putus dan saling silang. (Baca:
Kain Lineza Slub Stretch variasi baru dari bahan Linen).

Jenis-jenis kain dalam industri tekstil dan karakteristiknya dibahas lengkap

Bahan katun Ima Royal Platinum berkualitas by Mizutex
Bahan katun Ima Royal Platinum berkualitas by Mizutex

17. Katun Ima Royal Platinum

Masih dari jenis bahan kain katun, kali ini adalah Ima Royal Platinum. Jenis bahan katun yang satu ini memiliki ketebalan yang bisa dikatakan sama dengan Toyobo Original. Akan tetapi, kualitasnya masih berada di bawah Toyobo Original dari beberapa aspek.

Perlu hati-hati saat memilih janis kain Ima Royal Platinum, jangan sampai salah mampir ke jenis kain Ima Platinum (tanpa kata “Royal”). Perbedaannya sangat jauh.

Perbandingan Ima Royal Platinum (biru muted) dan Ima Platinum (hijau tosca tua) by Mizutex
Dari kiri: Perbandingan Ima Platinum (IP) dan Ima Platinum (IRP) by Mizutex

Meskipun pembeli ketika membeli bahan kain meteran kadang tidak tau mana Ima Royal Platinum (IRP) dan mana yang Ima Platinum (IP). Tapi, pada dasarnya cara untuk membedakan keduanya cukup mudah.

Ada perbedaan yang cukup mendasar, meskipun pada hakikatnya keduanya identik atau sama.

Katun Ima Royal Platinum (IRP) teraba halus, lembut dan cukup jatuh. Berbeda dengan Ima Platinum (IP), kain ini mirip seperti plastik. Ima Platinum (IP) ini lebih cocok jika disebut kain mantel. Karena kesan sintetisnya terasa banget. Mungkin juga Ima Platinum (IP) adalah versi murahnya kain katun Ima Royal Platinum (IRP).

Lebih jelas tentang Ima Royal Platinum (IRP) dan Ima Platinum (IP) dapat dibaca pada artikel kami, bahan katun Ima Royal Platinum, kain berkualitas dengan harga murah).

Jenis-jenis kain dalam industri tekstil dan karakteristiknya dibahas lengkap

Bahan Ima Platinum (IP) by Mizutex
Ima Platinum (IP)

18. Katun Ima Platinum

Bahan kain yang satu ini lebih dominan komposisi bahan sintetisnya daripada bahan katunnya. Hal ini dapat dilihat dari tampilannya yang lebih mirip seperti plastik (mantel).

Secara penampilan, Ima Platinum (IP) adalah sama persis dengan Ima Royal Platinum (IRP), namun dengan beberapa kekurangan sebagaimana yang telah Mizutex jelaskan sebelumnya.

Jenis-jenis kain dalam industri tekstil dan karakteristiknya dibahas lengkap

Jual kain katun Ima polos impor Jepang by Mizutex
Bahan kain katun Ima polos impor Jepang by Mizutex

19. Katun Ima polos import

Bahan katun Ima adalah jenis kain katun yang aslinya adalah produk impor dari Jepang. Jenis kainnya tergolong agak tipis, susunan serat kainnya rapat dan jika diraba bahannya halus.

Bahan katun Ima adalah kain yang memiliki serat yang halus, rapat dan rapi. Jika dilihat lebih dekat, tidak ada serat benang halus yang terburai atau njabrut. Berbeda sekali dengan bahan katun Supernova yang seratnya tampak brudul atau njabrut. (Baca: Mengenal bahan katun Ima berkualitas dan seperti apa ciri-cirinya).

Jenis-jenis kain dalam industri tekstil dan karakteristiknya dibahas lengkap

Mengenal bahan katun Ima berkualitas dan seperti apa ciri-cirinya
Jual kain katun Ima Slub impor Jepang

20. Katun Ima Slub import

Bahan katun Ima Slub pada hakikatnya adalah sama dengan bahan katun Ima polos. Perbedaannya hanya terletak pada tekstur kainnya yang memiliki susunan slub (garis saling silang).

Bahan kain katun Ima polos dan Ima Slub, pada dasarnya adalah sama saja dari segi spesifik. Perbedaannya hanya terletak pada ciri khas atau tampilannya saja. (Baca: Bagaimana membedakan katun Toyobo Original dan katun Ima Original agar anda tidak terkecoh?).

Jenis-jenis kain dalam industri tekstil dan karakteristiknya dibahas lengkap

Ciri-ciri dan keunggulan kain katun Jepang yang harus anda ketahui
Bahan katun Jepang, Japan Design

21. Katun Jepang

Kain katun Jepang merupakan jenis kain katun yang cukup mahal, namun sebanding dengan kualitas yang akan anda dapatkan. Mengingat kain ini banyak sekali peminatnya, tak ayal produk KW pun mulai bermunculan.

Sayangnya, banyak sekali yang suka keliru menilai jenis-jenis kain katun Jepang ini. Sebab, tidak semua katun Jepang memiliki kualitas yang sama. Bahan kain katun Jepang lebih dikenal motifnya yang menarik. Biasanya menggunakan motif khas Jepang. (Baca: Ciri-ciri dan keunggulan kain katun Jepang yang harus anda ketahui).

Itulah mengapa dinamakan katun Jepang, Japan Desain. Karena motif kainnya mengacu pada desain negeri sakura.

Pelopor untuk bahan katun Jepang adalah PT. Tokai Senko. Namun demikian, banyak juga yang menjadi kompetitor bagi perusahaan kain motif katun Jepang ini.

Sebagai informasi tambahan, produk katun Jepang ini ada yang motif dan ada juga yang polos. (Baca: Beda antara katun Jepang dan katun Toyobo impor dari Jepang).

Jenis-jenis kain dalam industri tekstil dan karakteristiknya dibahas lengkap

Kain Moss Crepe untuk bahan gamis Syar'i by Mizutex
Kain Moss Crepe untuk bahan gamis Syar’i by Mizutex

22. Mosscrepe

Moss Crepe, adalah anggota keluarga Crepe dengan tekstur jeruk seperti butiran pasir yang tersusun. Jika dilihat dari jarak dekat, memang seperti ada pasir-pasir yang menempel pada permukaan kainnya. Padahal, sebenarnya itu adalah bagian dari serat kain itu sendiri.

Jika anda berkesempatan untuk meraba bahan kain Moss Crepe, anda akan benar-benar merasakan tekstur seperti butiran pasir menempel di tangan. Meski demikian, Moss Crepe adalah kain yang cukup halus, tidak terlalu kasar.

Karakteristik bahan kain Moss Crepe cukup tebal, serat kainnya rapat dan tentu saja tidak menerawang. Berbeda sekali dengan bahan katun Linen Euro yang memiliki serat besar dan tebal, namun tersusun agak longgar. Jadi, jika diperhatikan, mungkin sedikit nerawang.

Bahan kain Moss Crepe nyaman digunakan untuk jilbab dan gamis, walaupun ada sensasi sedikit kasar.

Jenis-jenis kain dalam industri tekstil dan karakteristiknya dibahas lengkap

Bahan Arabian Crepe, kain lembut dan jatuh
Bahan Arabian Crepe, kain lembut dan jatuh

23. Arabian Crepe

Arabian Crepe adalah duplicate dari Moss Crepe dengan grade ada diatasnya. Kain Arabian Crepe ini memiliki tampilan yang sama persis dengan kain Moss Crepe.

Jika anda belum pernah memegang secara langsung kedua bahan kain Moss Crepe dan Arabian Crepe, dijamin pasti ketukar.

Alhamdulillah, pada kesempatan ini Mizutex.com akan membocorkan perbedaannya kepada anda.

Bahan kain Arabian Crepe lebih halus, lebih dingin, lebih adem dan agak lebih tebal daripada Moss Crepe. Harganya? Lebih mahal juga…

Jadi, secara kasat mata keduanya hampir tidak bisa dibedakan. Kalau diraba baru ketahuan perbedaannya. Kuncinya, jika anda melihat bahan kain Crepe yang teksturnya seperti butiran pasir, namun kalau diraba terasa halus dan dingin, maka kain itu insya Alloh adalah Arabian Crepe.

Jenis-jenis kain dalam industri tekstil dan karakteristiknya dibahas lengkap

Kain Bubble Crepe paket 3 meter
Bahan Bubble Crepe (Bubble Pop) by Mizutex

24. Bubble Crepe (Bubble Pop)

Bubble Crepe adalah bahan kain dengan tekstur kulit jeruk yang sangat nampak dan jelas. Itulah mengapa kain ini diberi nama kain “Bubble”. Tekstur jeruknya sangat terasa ketika diraba dan terlihat jelas meskipun dari jarak yang tidak terlalu dekat.

Karakteristik bahan kain Bubble Crepe agak tipis, tapi tidak menerawang. Termasuk bahan kain yang jatuh, ringan dan agak melar.

Bahan kain Bubble Crepe ini cukup nyaman digunakan untuk sebagai bahan jilbab dan gamis. Karena ringan, tidak mudah kusut dan tidak bikin gerah ketika dipakai, meskipun bukan dari jenis bahan kain katun. Jenis kain Bubble Pop ini adalah tidak menyerap keringat. (Baca: Bahan Bubble Crepe itu apa? Cari tau apa keunggulan dan karakteristiknya).

Jenis-jenis kain dalam industri tekstil dan karakteristiknya dibahas lengkap

Jual bahan Diamond Italiano by Mizutex
Diamond Italiano by Mizutex

25. Diamond Crepe Italiano

Diamond Italiano adalah jenis bahan kain Crepe yang tekstur jeruknya seperti Moss Crepe, bahkan jauh lebih jelas lengkungannya. Otomatis, rabaannya akan lebih kasar daripada Moss Crepe. Karena, rabaan teksturnya sangat kerasa.

Karakteristik bahan kain Diamond Italiano adalah ringan, jatuh, cukup melar dan lebih melar daripada Moss Crepe. Tetapi, kalau melarnya untuk menandingi Crezia Crepe masih belum sampai.

Bahan kain ini tergolong kain yang tipis dan menerawang. Jika dibandingkan Diamond Georgette, masih lebih halus kain Diamond Italiano ini.

Jenis-jenis kain dalam industri tekstil dan karakteristiknya dibahas lengkap

Bahan kain Diamond Georgette by Mizutex
Diamond Georgette by Mizutex

26. Diamond Crepe Georgette

Diamond Georgette adalah bahan kain yang hampir mirip dengan Diamond Italiano. Meskipun namanya sama-sama Diamond, tapi bahan kain ini bukanlah duplicate-nya.

Diamond Georgette memiliki perbedaan yang cukup signifikan dibandingkan kakaknya Diamond Italiano. Yaitu tekstur jeruk yang samar-samar, namun masih terlihat. Kalau secara susunan teksturnya, hampir sama saja dengan Diamond Italiano.

Karakteristik bahan kainnya hampir sama dengan Diamond Italiano, dengan ketebalan kurang lebih saja.

Jenis-jenis kain dalam industri tekstil dan karakteristiknya dibahas lengkap

Bahan kain Crezia Crepe sangat elastis by Mizutex
Crezia Crepe bahan kain sangat elastis by Mizutex

27. Crezia Crepe

Crezia Crepe adalah salah satu diantara keluarga bahan kain Crepe yang elastis, bahkan dapat dikatakan sangat elastis. Cuma ini rasanya bahan kain Crepe yang memiliki tingkat elastisitas yang sangat tinggi.

Untuk membuktikan elastisitasnya, anda bisa merenggangkan bahan kain ini secara diagonal, bukan secara horizontal atau vertikal.

Bentuk tekstur Crepe yang dimiliki oleh kain Crezia ini menurut saya paling unik. Karena, teksturnya membentuk garis-garis tersusun yang menyerupai objek wajik. Meskipun tidak terlalu jelas, tapi sepintas akan nampak bentuk wajiknya tersusun.

Karakteristik bahan kain Crezia Crepe adalah ringan, jatuh dan tidak mudah kusut. Merupakan bahan kain Crepe yang cukup adem ketika dipakai dan memiliki ketebalan yang cukup. Jika dibandingkan dengan Moss Crepe, katebalannya kurang lebih saja.

Jenis-jenis kain dalam industri tekstil dan karakteristiknya dibahas lengkap

Jual bahan Barbie Ceruti atau Baby Doll bahan burqah by Mizutex
Barbie Ceruty atau Baby Doll bahan burqah by Mizutex

28. Barbie Ceruty Crepe (Baby Doll)

Barbie Ceruti memiliki nama lain Baby Doll, adalah bahan kain Crepe yang paling tipis, paling ringan, paling jatuh dan paling transparan. Jenis bahannya tidak elastis dan sangat menerawang. Harganya cukup mahal kalau beli eceran.

Bahan kain Barbie Ceruti ini cocok untuk dijadikan sebagai bahan Burqah, karena kainnya yang tipis dan menerawang.

Jenis-jenis kain dalam industri tekstil dan karakteristiknya dibahas lengkap

Perbedaan bahan kain Linen 3G dan Linen Kenzo by Mizutex
Perbedaan bahan kain Linen 3G dan Linen Kenzo by Mizutex

29. Linen 3G (Triji)

Bahan kain Linen 3G adalah jenis kain yang memiliki tekstur menyerupai serat kayu, tetapi dengan penampilan yang lebih modern dan Cutting Edge. Mungkin karena alasan inilah, kain ini dinamai Linen 3G.

Karakteristik bahan kain Linen 3G adalah tidak terlalu halus, ringan, jatuh dan tidak terlalu licin seperti Linen Look. Ciri khasnya adalah garis panjang yang lurus, rapat dan sejajar yang terlihat pada permukaan kainnya.

Kain Linen 3G memiliki ketebalan sedikit dibawah Linen Kenzo. Dan jika ditinjau dari spesifikasi bahan kain atau karakteristik kainnya, Linen 3G cocok untuk baju koko dan gamis ikhwan. Adapun jika diperuntukkan sebagai bahan celana, sepertinya kurang kompatibel menurut saya.

Ketahuilah Jenis-jenis kain dalam industri tekstil dan karakteristiknya dibahas lengkap

Jenis-jenis kain untuk bahan baju dan gamis dalam industri tekstil

Demikianlah informasi tentang berbagai jenis bahan kain dalam industri tekstil yang dapat dibahas oleh redaksi Mizutex.

Perlu untuk ditegaskan, bahwa setiap informasi yang disajikan oleh Mizutex merupakan hak intelektual yang menjadi milik redaksi sepenuhnya.

Oleh karena itu, setiap informasi yang diambil secara sebagian atau keseluruhan, wajib mencantumkan sekurang-kurangnya sumber dari “Mizutex.com”.

Jika anda berminat untuk membeli bahan kain dari jenis-jenis kain yang telah Mizutex jabarkan diatas, anda dapat memesannya melalui kontak admin. Terima kasih telah membaca artikel Mizutex tentang Jenis-jenis kain dalam industri tekstil dan karakteristiknya dibahas lengkap. Sampai jumpa lagi pada pembahasan kain tekstil berikutnya.

Jenis-jenis kain dalam industri tekstil dan karakteristiknya dibahas lengkap