Mizutex.com— Bahan katun premium Toyobo adalah bahan katun yang memiliki ketebalan kain yang pas dan juga tidak menerawang. Bahan katun import ini adalah kain yang sangat direkomendasikan untuk mereka yang gemar dengan pakaian bernuansa muslim. Mulai dari anak-anak, remaja hingga dewasa.

Tidak hanya itu, Toyobo juga adalah jenis kain yang pantas untuk digunakan dalam acara yang formal dan non-formal. Terlebih, di kalangan kita, banyak sekali orang-orang yang aktif dalam acara-acara keluarga, baik arisan maupun acara pernikahan. Maka katun premium Toyobo Fodu yang import Japan adalah rekomendasi terbaik bagi mereka.

Pada kesempata khusus kali ini, Mizutex ingin menjabarkan hal yang cukup krusial tentang katun Toyobo ini. 

Bahwa, dari sekian banyak jenis katun Toyobo yang ada, sebenarnya hanya ada 2 jenis yang paling sesuai dari segi harga dan kualitasnya, menurut redaksi Mizutex. Yaitu, bahan katun Toyobo Original import Royalmix dan Toyobo Fodu import premium Royalmix.

Pada kesempatan ini pun, saya akan menjelaskan tentang bagaimana membedakan kedua jenis kain tersebut dan apa saja keunggulannya. Adapun penjelasan bahan ketun Toyobo secara umum dapat dilihat pada halaman kami tentang Bahan kain Toyobo seperti apa? Jenis katun istimewa yang patut diketahui.

Perbedaan katun Toyobo Original Royalmix dan Toyobo Fodu import premium Royalmix

Perlu ditekankan kembali, bahwa perbandingan jenis Toyobo yang saya peragakan disini adalah mengacu pada jenis katun Toyobo dari brandi Royalmix, yaitu dari Toyobo.org dan bukan dari merk atau produsen Toyobo yang lain.

Adapun perbedaan antara Toyobo Original Royalmix dan Toyobo Fodu sebenarnya cukup jelas. Anda dapat dengan mudah membedakan kedua jenis Toyobo ini jika sudah tau ciri-ciri dan karakteristiknya dengan baik. Berikut ini Mizutex mencoba untuk mendiskripsikannya kepada anda secara mendetail.

Patut untuk disebutkan, bahwa baik Toyobo Original maupun Toyobo Fodu import premium, keduanya memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Namun, keduanya tetap bisa dibilang sama pada beberapa aspek secara umum.

Mengapa?

Karena, secara sepintas keduanya sebenarnya sama saja. Baik dilihat dari tepi kainnya, susunan seratnya, ke-adem-annya ketika digunakan sebagai baju dan juga sejauhmana tingkat kehalusannya. 

Dapat dikatakan bahwa kualtias keduanya secara umum adalah sama saja.

Akan tetapi, jika diperhatikan secara lebih mendetail, sebagaimana yang akan Mizutex jelaskan nanti, maka anda baru akan menemukan beberapa perbedaannya.

Berikut ini saya akan merangkum perbedaan antara Toyobo Original Royalmix dan Toyobo Fodu Royalmix pada 4 sisi, yaitu sebagaimana berikut:

Pertama, kepadatan serat kain: Bahan katun premium Toyobo Fodu memiliki tingkat kepadatan serat kain yang lebih baik daripada bahan katun Toyobo Original. 

Jika anda meletakkan sumber cahaya dibalik katun Toyobo Original dan Toyobo Fodu, maka anda dapat memperhatikan bahwa serat-serat katun yang menyusun Toyobo Fodu akan lebih rapat dan lebih padat.

Kedua, doff vs glossy: Bahan katun Toyobo Original cenderung tampak doff (tidak kilap), sedangkan bahan katun Toyobo Fodu import premium, maka kainnya akan tampak sedikit kilap (glossy). 

Jika diperhatikan kembali lebih baik, maka anda dapat melihat bahwa kilap yang dimiliki oleh Toyobo Fodu adalah sangat elegant, tidak mencolok sebagaimana bahan Roberto Cavali atau Maxmara Lux polos. 

Namun, dengan adanya efek kilap yang intensitasnya tepat pada katun Toyobo Fodu ini, maka akan membuat jenis katun import ini mudah untuk dibedakan dengan jenis Toyobo yang lainnya. (Baca: Apa itu bahan katun dan terbuat dari serat apa? Ini penjelasannya!).

Bahan-Maxmara-Lux-Polos-by-Mizutex
Contoh detail bahan kain Roberto Cavali polos by Mizutex

Ketiga, gramasi kain: Bahan katun premium Toyobo Fodu terasa agak lebih berat daripada Toyobo Original, meskipun perbedaannya tidak terlalu jauh. Hal ini boleh jadi sebagai manifestasi akan adanya tingkat kepadatan serat yang lebih baik yang ada pada katun Toyobo Fodu.

Sebagai informasi penting yang patut untuk anda ketahui, bahwa khusus warna burgundy dan hitam pada bahan Toyobo Fodu akan terasa lebih kaku. Hal ini boleh jadi dipengarungi oleh komposisi warnanya yang kental sehingga cukup berpengaruh pada gramasi kainnya. Sedangkan pada Toyobo Original, maka pada warna apapun, biasanya akan tetap terasa ringan dan tidak kaku.

Meski demikian, insya Allah, kain yang semula kaku pada katun Toyobo Fodu, jika sudah melewati proses pencucian, maka karakteristik kain akan terasa lebih halus. 

Keempat, harga dan kualitas: Peningkatan mutu katun premium Toyobo Fodu dari segi kualitas, membuat katun import premium ini dihargai lebih mahal daripada Toyobo Original. Namun, hal ini akan sangat sebanding dengan apa yang akan anda dapatkan. Karena tentu saja mutu, kualitas dan keawetan bahan kain akan lebih baik bahan Toyobo Fodu. Setidaknya serat-serat benangnya akan tidak mudah usang meskipun usia pemakaiannya sudah cukup lama.

Persamaan antara bahan katun Toyobo Original Royalmix dan Toyobo Fodu Premium Royalmix

Setelah anda mengetahui 4 poin perbedaan antara bahan katun Toyobo Original Royalmix dan katun premium Toyobo Fodu Royalmix, pada sesi ini, tidak ada salahnya jika saya juga menyebutkan apa persamaan diantara keduanya.

Adapun persamaan antara Toyobo Original dan Toyobo Fodu secara umum dapat dibagi menjadi dua:

Pertama, ketebalan kain: Kedua jenis katun Toyobo Original dan Fodu memiliki ketebalan kain yang sama. Tidak ada yang lebih tebal ataupun yang lebih tipis. Yang membedakan hanyalah pada tingkat kepadatan serat kainnya, glossy, gramasi dan kualitas serat katunnya.

Kedua, keunggulan dan mutunya: Secara umum, mutu dari kedua jenis katun Toyobo import ini adalah sama saja. Yaitu dari segi kenyamanannya, keademannya, kelembutannya, ringannya dan kehalusannya. (Baca: Bahan Wolfis itu apa? Inilah keunggulannya yang harus anda ketahui).

Pengujian karakteristik katun Toyobo Fodu

  • Bahan katun premium Toyobo Fodu adalah jenis kain yang halus dan lembut.
  • Permukaan serat kain katun Toyobo Fodu adalah rapi, rapat dan tidak ditemukan serabut-serabut halus yang terburai kecuali hanya sedikit dan hal ini adalah wajar untuk kelas bahan kain katun.
  • Bahan katun premium Toyobo Fodu adalah kain yang ringan, agak jatuh dan tidak kaku atau dapat dikatakan cukup lemas.
  • Toyobo Fodu adalah tidak menerawang
  • Toyobo Fodu Royalmix adalah adalah kain yang sama sekali tidak elastis
  • Serat bahan kain Toyobo Fodu adalah kuat
  • Katun Toyobo Fodu adalah kain yang mudah kusut, namun tidak seperti kain Linen Euro yang sangat mudah kusut atau disebut juga bahan kain casual.

Sedang menjadi katun premium? Toyobo Fodu jawabannya

Sebagai bahan kain yang dibuat dari serat alami tanapan kapas (katun), tentu kualitas dan ketahanan kain Toyobo Fodu tidak perlu diragukan lagi. Demikian pula halnya dengan keawetan warnanya. Bahan kain dari serat alami ini, insya Allah memiliki ketahanan warna yang jauh lebih baik.

Karakteristik bahan kain Toyobo Fodu secara umum adalah adem, halus, mudah diatur, tidak licin dan tidak menerawang. Ketika bahan kain Toyobo dijadikan sebagai bahan baju koko, kemeja formal, jilbab dan gamis Syar’i, maka kesannya akan tampak elegant, bagus dan rapi.

Adapun hal lain yang juga penting anda ketahui tentang katun Toyobo adalah, bahwa jenis kain Toyobo ini memiliki banyak persamaan dengan jenis-jenis kain katun lainnya yang dijual di pasaran, baik yang KW maupun yang sesama produk import Royalmix. Penjelasan tentang jenis-jenis katun Toyobo dan bagaimana cara membedakannya sudah dijelaskan pada video Mizutex sebelumnya. 

Detail bahan katun Toyobo Fodu import premium
Detail bahan katun Toyobo Fodu import premium by Mizutex

Alhamdulillah, sekarang sudah ada website Mizutex.com yang sering memberikan review berbagai jenis kain tekstil, termasuk bahan katun Toyobo ini. Sehingga anda tidak perlu merasa kesulitan untuk mendapatkan penjelasan aneka jenis kain yang saat ini banyak ditemui di sekitar kita. (Baca: 29+ jenis kain dalam industri tekstil dan gambarnya yang wajib diketahui).

Yang saya suka dari katun premium Toyobo Fodu import premium ini adalah kainnya yang tampak mewah, bagus dan elegant. Bahkan, ketika dipakai untuk aktifitas ibadah sangat nyaman. Atau untuk acara formal dan non-formal, maka bahan kain ini juga sangat pantas. Terlebih jika untuk jalan-jalan, tentu katun Toyobo Fodu ada pilihan terbaik.

Alasannya adalah bahwa kain ini adalah kain yang adem, halus dan menyerap keringat. Sehingga, dapat menopang seluruh aktifitas anda dalam berbusana yang baik dan rapi ketika di dalam atau di luar ruangan. Khusus bagi muslimah, kain itu tentu sangat mendukung jika dijadikan sebagai jilbab dan gamis Syar’i.

Hal yang perlu dicatat ketika hendak membeli bahan kain premium ini adalah sulitnya mendapatkan tempat berbelanja yang tepat. Sebab, sejauh ini Mizutex sering mendapatkan keluhan kalau membeli bahan katun Toyobo yang premium, yang benar-benar berkualitas dan yang original import adalah sangat sulit. Banyak yang mengaku kecewa karena salah memilih tempat untuk membeli bahan kain yang banyak peminatnya ini.

Dari segi harga, katun Toyobo Fodu import premium sebenarnya tidaklah mahal. Karena sebanding dengan kualitasnya. Terlebih, harga juga akan dipengaruhi oleh dimana anda membeli kain ini dan seberapa besar jumlahnya.

Hal lain yang perlu anda ketahui adalah, jika katun Toyobo Fodu dijadikan sebagai jilbab yang lapang, secara umum sebenarnya sangat bagus. Namun, bagi sebagian orang Toyobo Fodu kesannya kurang jatuh dan lemas sebagaimana bahan Megumi import premium.

PERHATIAN

Jika anda suka dengan foto, video dan artikel Mizutex.com dan ingin menggunakannya untuk berjualan online (menghasilkan uang), wajib untuk tidak melakukan crop terhadap gambar Mizutex.com, jangan ganti watermarknya dengan logo kalian dan wajib mencantumkan sekurang-kurangnya “Sumber dari Mizutex.com”.