Mizutex.com — Toyobo Original from Japan atau dikenal juga Toyobo Ori, adalah bahan kain yang masuk dalam keluarga kain katun. Jujur, kain ini termasuk dalam katagori kain yang cukup mahal. Namun, sebanding dengan kualitas kainnya. Keunggulan bahan kain katun Toyobo dan bagaimana karakteristiknya.

Masih banyak yang belum gamblang dengan yang namanya bahan kain katun Toyobo. Oleh karena itu tim Mizutex.com merasa perlu untuk membahasnya. Bagi pihak lain yang ingin meng-copy artikel ini baik sebagian maupun keseluruhan, mohon untuk menyertakan sumbernya dari Mizutex.com!

Apa itu bahan kain katun Toyobo?

Kain katun Toyobo adalah bahan kain yang diimpor langsung dari Jepang, atau istilah lainnya adalah Toyobo Original from Japan. Bahan kain katun Toyobo merupakan kain dengan tekstur yang halus dan lembut. Serat kainnya tidak memiliki ciri-ciri khusus seperti katun Linen atau kain Crepe.

Jenis kain ini sangat cocok untuk orang-orang yang berada di iklim tropis seperti di Indonesia. Sebagaimana anggapan orang kita, bahwa kain yang paling nyaman adalah kain yang terbuat dari katun.

Karena, telah diakui bahwa baju berbahan katun adalah baju yang berkualitas dan adem ketika dipakai. Hal itu tidak lain, karena kain katun adalah kain yang dipintal dari serat alami tanaman kapas (cotton).

Jadi, kalau mendengar produk fashion dari bahan katun, pasti langsung percaya ya dengan kualitasnya.

Perlu diingat, bahwa bahan kain katun ada banyak jenisnya dan pabrik yang membuatnya berbeda-beda. Meskipun sama-sama kain katun, kualitasnya akan berbeda.

Jadi, pastikan dulu sebelum membeli, kain katun yang dimaksud adalah kain katun jenis apa?

Keunggulan dan karakteristik kain katun Toyobo

Keunggulan yang dapat dirasakan dari bahan kain katun Toyobo adalah adem, lembut dan tidak bikin gerah ketika digunakan sebagai bahan jilbab dan gamis.

Kainnya halus, ringan, cukup tebal dan sedikit agak kaku, karena seperti itulah kebanyakan bahan kain yang terbuat dari katun. Termasuk dalam hal ini adalah kain katun Toyobo yang tidak bersifat jatuh seperti kain Wolfis.

Kain katun Toyobo merupakan bahan kain dengan kualitas yang baik. Serat kainnya kuat dan rapat, serta serabut benangnya tidak mudah terburai.

Apa bedanya katun Toyobo dan katun Jepang?

Sebagian orang belum tau bedanya antara katun Jepang dan katun Toyobo. Jadi, mungkin sering terjadi salah kaprah kalau membicarakan kedua kain katun ini.

Bahan kain katun Toyobo adalah kain katun yang asli diimpor dari Jepang, itulah mengapa kain ini dinamakan Toyobo Ori (Original from Japan). Sedangkan katun Jepang yang biasa kita kenal dengan labelnya Japan Design, adalah kain katun yang diproduksi oleh pabrik lokal yang mendapat lisensi dari Jepang.

Japan Design, sebagai brand katun Jepang yang paling tenar di Indonesia, ternyata pabriknya ada di Bekasi dan nama perusahaannya adalah PT. Tokai Textprint Indonesia. (Baca: Beda antara katun Jepang dan katun Toyobo impor dari Jepang).

Selain kain katun Jepang Toyobo dan kain katun Jepang “Japan Design”, ada lagi kain katun Jepang Polos (tanpa label), dengan harga dan kualitas sama dengan katun Jepang “Japan Design”.

Apa bedanya katun Toyobo dan katun Ima?

Kain katun Toyobo dan kain katun Ima sama-sama kain katun Jepang dan diimpor dari Jepang. Namun ada perbedaan spesifikasi pada kedua kain tersebut. Jadi, meskipun namanya sama-sama kain katun Jepang, tapi keduanya jelas berbeda.

Untuk yang satu ini, juga masih banyak yang belum bisa membedakannya. Padahal, ada perbedaan dari berbagai sisi dan yang paling penting adalah perbedaan pada kualitasnya.

Bagaimana membedakan katun Toyobo dan kaun Ima by Mizutex 2

Bagaimana membedakan katun Toyobo dan kaun Ima by Mizutex

Kain katun Ima adalah katun Jepang yang harganya dan kualitasnya berada di bawah katun Jepang Toyobo. Katun Ima bahannya agak tipis, agak ringan, namun tidak menerawang.

Lebih lengkap tentang perbedaan kedua kain ini (Toyobo dan Ima) sudah dibahas secara lengkap pada artikel kami, “Bagaimana membedakan katun Toyobo dan Katun Ima agar anda tidak terkecoh?”.

Waspada terhadap katun Toyobo KW

Pernah kecewa dengan kualitas bahan kain katun Toyobo yang anda beli? Anda patut curiga, bahwa katun Toyobo yang anda beli adalah KW alias palsu.

Mungkin banyak yang belum tau, bahwa kain katun Toyobo diluar sana ada yang dijual dengan harga yang murah-meriah.

Pengalaman pribadi saya, pernah ada seseorang yang menelfon saya dan menanyakan harga kain katun Toyobo.

Saya jawab, “harga meteran 45.000/meter…”

Secara spontan dia menimpali, “saya dapat harga 24.000”.

Saya juga spontan, “ahh… itu yang KW… bukan yang asli…”

Ternyata dia tidak terima dengan tanggapan saya, kemudian percakapan kami berlangsung sebentar dan dia mengatakan, “saya orang (pasar) Tanah Abang.”

Dari percakapan ini sudah kelihatan, bahwa kain katun Toyobo murah-meriah bisa dipastikan KW, bukan yang asli impor Jepang. Meskipun beli di Tanah Abang sekalipun, tidak mungkin bisa dapat harga semurah itu. Kecuali dengan beli roll-roll-an dalam jumlah yang banyak.

Waspadalah dengan harga yang murah meriah! Karena sudah banyak orang yang kecewa dengan kualitas barangnya.

Kalau cuma sudah pernah pegang sample, itu belum ukuran. Silahkan beli meteran atau roll an, jangan cuma sample. Supaya bisa dipastikan apakah barang yang dijual benar-benar katun Toyobo asli impor Jepang.

Mengapa membeli kain katun?

Kain katun memang sudah menjadi primadona di Indonesia. Apalagi disini termasuk dalam katagori daerah tropis. Kalau tidak pakai kain katun, rasanya cepat ngerasa gerah dan sumuk.

Kain katun merupakan jenis kain yang adem, halus, menyerap keringat dan tidak menerawang. Banyak yang mengakui, bahwa kain katun adalah jenis kain yang paling nyaman untuk dijadikan sebagai pakaian.

Kain katun dibuat dari bahan alami, yaitu dari serat kapas yang dipintal dan ditenun hingga menjadi lembaran kain. Jadi sangat wajar, jika kain ini menjadi kain yang paling nyaman dipakai dan dihargai lebih mahal daripada kain sintetis Polyester. (Baca: Apa itu kain katun, asal-muasal dan proses pembuatannya?).

Keunggulan bahan kain katun Toyobo dan bagaimana karakteristiknya

Sekarang kita sudah sampai pada penghujung pembahasan lengkap tentang bahan kain katun Toyobo. Setelah ini, anda sudah membedakan jenis-jenis kain katun Jepang yang beredar di pasaran. Baik katun jepang lokal Japan Design, Toyobo KW, maupun kain katun Jepang Original from Japan, seperti Toyobo dan Ima.

Jika anda hendak membeli kain katun Jepang impor, saran kami adalah, anda harus memastikan kain apa yang dimaksud? Toyobo, Ima atau Ima Slub?

Karena pengalaman kami, basih banyak pembeli yang terkecoh. Supaya anda tidak salah persepsi dan tidak dibohongi.

Jika anda hendak membeli kain katun berkualitas dengan harga yang murah, kini anda berada di tempat yang tepat. Mizutex.com merupakan suplier kain online yang menjual aneka bahan kain katun dan bahan kain yang lainnya. Mau berbelanja kain? Ya di Mizutex.com yaa…

 

 

Baca juga artikel berikut ini: