Kiat sukses usaha konveksi online di era kemajuan teknologi

Mizutex.com – Terjun ke dunia konveksi memang bisa dimulai dengan modal kecil dan berpeluang untuk sukses. Usaha ini bisa dimulai dengan cara membeli bahan kain sendiri, kemudian melakukan kerjasama dengan penjahit. Berikut saya kupas secara sekilas tentang Kiat sukses usaha konveksi online di era kemajuan teknologi.

Produk konveksi sangat banyak sekali variannya dan peminatnya bisa datang dari berbagai kalangan. Untuk bisa sukses di usaha bidang konveksi, anda harus jeli dalam melakukan riset pasar dan menentukan jenis produk.

Terutama di era kemajuan teknologi, dimana konsumen sudah beralih dari transaksi jual-beli konvensional menuju transaksi online. Baik tua maupun muda, semua orang sudah mulai menggunakan sarana digital untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Oleh karena itu, siapa yang terlambat memulai, ia akan kalah di masa yang akan datang. (Baca: Cara sukses memulai usaha jualan baju online).

Setelah anda sudah memiliki ide untuk memulai usaha di bidang konveksi, lantas bagaimana membuat produk anda menjadi laris manis? Berikut beberapa pinsip atau kiat sukses yang bisa diaplikasikan untuk bisa eksis di bisnis konveksi online.

Kiat sukses usaha konveksi online di era kemajuan teknologi

Mengamati minat konsumen lalu buat kreasi anda sendiri

Ketika anda memutuskan terjun ke dunia konveksi, itu saatnya bagi anda untuk mau belajar kepada konsumen. Amati apa yang telah menjadi minat mereka, lalu temukanlah kreasi anda. Ada banyak sekali aspek yang bisa jadi bahan riset anda. Mulai dari profesi, hobi dan apa rutinitas mereka.

Sebagai contoh objeknya, jika anda ingin membidik para pecinta alam, berarti produk konveksi anda harus menitik-beratkan pada durabilitas produk. Kemudian coba teliti apa saja aksesoris yang sekiranya berguna bagi mereka. Misalnya balaclava elastis, sarung tangan, baju thermal, sleeping bag, ransel atau compartment multifungsi.

Kerajinan dari kain perca cara membuat selimut motif menarik

Konveksi kain perca yang menarik dan ispiratif

Jangan malu untuk belajar kepada mereka dan berusahalah mendengarkan apa komentar mereka tentang produk buatan anda. Mungkin diantara mereka ada yang dengan senang hati memberikan anda saran tentang apa spesifikasi produk yang mereka harapkan. (Baca: Kerajinan dari kain perca cara membuat selimut motif menarik).

Kiat sukses usaha konveksi online di era kemajuan teknologi

Membuat produk berkualitas dan fungsional

Setiap konsumen pasti menginginkan produk konveksi yang berkualitas. Mulai dari segi mutu bahan hingga proses pengerjaannya. Mungkin banyak produk konveksi yang beredar di pasar dengan model yang menarik. Tapi sayang, proses pengerjaannya terkesan kasar atau asal-asalan.

Kenyataan ini bisa menjadi batu loncatan dan PR buat anda. Bagaimana menciptakan produk konveksi yang berkualitas dari segi bahan dan proses pengerjaannya.

Patut diakui, bahwa produk konveksi ada banyak jenisnya. Mulai dari produk fashion seperti jilbab, gamis, mukena maupun kemeja, hingga produk aksesoris kekinian seperti tas laptop, softcase atau perlengkapan survival.

proses mengeringkan cat

Proses membuat kreatifitas kain perca

Alangkah bagusnya lagi, jika anda bisa menciptakan produk konveksi kekinian yang menarik dan fungsional. Yang mengkolaborasikan antara lifestyle dan fungsi. Misalnya, tas laptop, softcase smartphone, kerajinan kain perca atau produk fashion yang lain. (Baca: Kreatifitas tanpa batas, kerajinan kain perca bisa berpeluang sukses).

Kiat sukses usaha konveksi online di era kemajuan teknologi

Menawarkan harga  murah namun bukan murahan

Untuk bisa memaksimalkan keuntungan yang bisa diraih, harus ada perhitungan matematis yang tepat. Sehingga setiap produk konveksi yang dibuat menghabiskan jumlah bahan yang pas dan meminimalisir sisa bahan yang terbuang.

Bahan konveksi inti dapat dijadikan sebagai produk utama (fashion maupun aksesoris). Sedangkan bahan sisa (seperti kain perca) dapat dijual kembali ke pengrajin kain perca atau diolah sendiri sebagai bantal.

Diantara cara untuk memaksimalkan bahan kain dalam produk konveksi dapat dilakukan dengan dua cara:

Pertama, menguasai teknik memotong bahan kain, sehingga dapat meminimalisir kain perca yang terbuang.

Kedua, memanfaatkam kembali kain perca untuk bagian produk konveksi yang lain.

Memahami jenis-jenis bahan kain dan grade-grade kain mungkin akan sangat bermanfaat. Terutama ketika membuat produk ekonomis dengan target pasar menengah ke bawah. Tips seperti ini sangat berguna untuk memangkas ongkos produksi tanpa harus kehilangan banyak modal.

Diharapkan juga ketika membuat produk konveksi yang ekonomis, tidak sampai mengurangi mutu dan daya tarik produk itu sendiri. Sangat disarankan untuk melakukan manipulasi bahan dalam batas yang rasional. Sehingga tidak akan mengecewakan konsumen atau reseller anda nantinya.

Kiat sukses usaha konveksi online di era kemajuan teknologi

Menciptakan ciri khas produk konveksi online

Setiap perusahaan tekstil pasti menyertakan ciri khas perusahaan mereka pada setiap produk konveksi. Sebagai contohnya adalah kain katun Jepang dari label Japan Design. Setiap panjang 2 meter kain, anda bisa menemukan tulisan “TOKAI SENKO” pada setiap sisi kain katun Jepang dari label Japan Design.

Kain katun Jepang asli dari label Japan Design

Kain katun Jepang asli dari label Japan Design

Demikian pula halnya, jika label Japan Design menggunakan tulisan pada produk konveksi mereka, maka anda bisa menggunakan cara lain. Misalnya dengan kancing, bros, pola kain atau warna tertentu yang mencirikan merek anda.

Ciri khas produk konveksi online sangat berguna agar produk anda “stand out” dari produk milik merek lain. Sehingga, dengan adanya ciri khas tersebut, nanti akan menciptakan daya tarik tersendiri di mata konsumen.

Lakukanlah kombinasi yang tepat, antara mutu produk dan ciri khas produk. Supaya dapat melejitkan karir usaha konveksi online anda di era kemajuan teknologi. (Baca: Bahan katun Toyobo seperti apa? Jenis kain istimewa yang patut diketahui).

Kiat sukses usaha konveksi online di era kemajuan teknologi

Memilih target konsumen yang jelas

Bagian ini sebenarnya harus didahulukan sebelum anda menentukan produk konveksi online apa yang ingin anda jual. Dengan melakukan riset pasar yang tepat, anda bisa menentukan target konsumen yang jelas.

Baju koko kain linen lengan panjang, gaya Mandarin

Hal ini penting, sehingga anda bisa fokus pada satu jenis produk tertentu, misalnya gamis atau mukena. Dengan begitu, energi anda tidak terlalu terkuras dengan luasnya target konsumen yang bias. Akibatnya, tidak satu produk konveksi pun yang bisa diproduksi secara optimal. (Baca:  Inspirasi kemeja dan baju koko pria gaya casual dari bahan linen).

Kiat sukses usaha konveksi online di era kemajuan teknologi

Membuka peluang bagi reseller

Dengan memanfaatkan media sosial dan internet, anda bisa berkenalan dengan banyak orang. Jika anda bisa membuat website sendiri, tentu itu adalah keuntungan tersendiri buat anda,

Membuka peluang reseller dapat memberikan daya tarik bagi pengusaha toko online. Selain itu, produk anda dapat menyebar dengan sangat cepat. Binis konveksi di era kemajuan teknologi sangat menuntut anda untuk aktif menjalin jaringan yang kuat dan terorganisir. Supaya anda bisa melakukan promosi dengan mudah dan tersebar luas.

Dalam berbagai statistik menyebutkan, bahwa pengguna internet semakin meningkat tajam dari tahun ke tahun. Perkembangan teknologi dan internet dapat dimanfaatkan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan penjualan. Baik dari dalam maupun luar negeri.

Kabar baiknya adalah, banyak sekali peminat produk konveksi dari berbagai manca negara yang melakukan transaksi secara online. Oleh karena itu, dengan memanfaatkan peluang reseller, boleh jadi akan meningkatkan nilai transaksi penjualan anda.

Kiat sukses usaha konveksi online di era kemajuan teknologi

Kiat sukses usaha konveksi online di era kemajuan teknologi

Demikianlah tips dan motivasi untuk peluang usaha konveksi online yang dirangkum oleh tim Mizutex.com. Semoga dapat memberikan kepada anda gambaran yang cukup gamblang, bagaimana memulai dan mengelola bisnis konveksi online dengan tepat. Sekian dulu artikel yang dapat dibagikan oleh saya dan jangan lupa, kalau beli kain ya di Mizutex.com

Kiat sukses usaha konveksi online di era kemajuan teknologi

 

Baca juga artikel berikut ini: