Kreatifitas tanpa batas, kerajinan kain perca bisa berpeluang sukses

Mizutex.com – Selalu ada jalan keluar bagi orang yang kreatif. Mungkin itu istilah yang saya miliki untuk menggambarkan bahwa solusi selalu ada bagi siapa saja yang mau berfikir keras (kreatif). Berawal dari sisa potongan kain “limbah” industri fashion, menjadi produk fungsional yang bernilai jutaan rupiah. Kreatifitas tanpa batas, kerajinan kain perca bisa berpeluang sukses.

Awalnya, produk fungsional kain perca hanya dimonopoli oleh industri rumah tangga yang terdiri dari orang-orang kreatif berjiwa seni. Tak bisa dipungkiri, bahwa hasil kreasi mereka yang unik, telah membuat persaingan produk kerajinan kain perca semakin ketat.

Akan tetapi, referensi dan bahan kain perca yang mudah didapatkan, membuat bisnis ini semakin fleksibel dan bisa dilakoni oleh siapapun. Anda dapat dengan mudahnya mendapatkan ide dan inspirasi kreatif melalui Google atau katalog ide di Pinterest.

Dengan memulai secara otodidak melalui video di jejaring Youtube, anda seperti diajari secara langsung oleh guru kesenian. Teknik penggabungan potongan kain menjadi motif yang baru dan menarik, menjadi nilai tersendiri pada bidang kerajinan perca.  (Baca: Kerajinan dari kain perca cara membuat selimut motif menarik).

Jika anda sukses menggabungkan antara motif, bentuk dan warna kain perca menjadi sesuatu yang menarik, itu artinya anda adalah orang yang berbakat di bidang ini. Berawal dari hoby dan bisa menjadi peluang kesuksesan yang masih tersimpan. Meraup keuntungan dari “harta tersimpan” kain perca.

Lantas, bagaimana untuk memulai usaha kerajinan kain perca supaya bisa menjadi sumber penghasilan yang menguntungkan?

Berikut ini tim Mizutex.com sudah menyusun rahasianya secara lengkap. Ditinjau dari segi siapa target konsumennya, hingga apa saja keunggulan bisnis kerajinan kain perca.

Baik, langsung saja kepada topik bahasannya.

Kreatifitas tanpa batas, kerajinan kain perca bisa berpeluang sukses

Target konsumen kerajinan kain perca

Segala hal yang kreatif pasti akan disukai banyak orang. Target pasar untuk penjualan produk kerajinan tangan model apapun, pasti memiliki peluang dan minat pasar yang sangat luas. Terutama setiap produk fungsional yang menarik dan kreatif, termasuk kerajinan kain perca.

Teknik menggabungkan potongan kain perca dapat diaplikasikan pada banyak hal. Misalnya dompet, gorden, celemek, tutup galon, hiasan dinding sampai partisi ruangan portable.

Jiwa seni yang tinggi dan ide kreatif sangat dituntut dalam hal ini. Agar produk yang dijual tak hanya menarik tapi juga fungsional. Sehingga, nilai jual yang diperoleh bisa meningkat berkali lipat. (Baca: Inspirasi bisnis menguntungkan dari kerajinan kain perca).

Kreatifitas tanpa batas, kerajinan kain perca bisa berpeluang sukses

Keunggulan bisnis

Bisnis rumahan yang mungkin berawal dari hoby. Kerajinan kain perca dapat berupa aksesoris dan perlengkapan rumah tangga. Bahan utamanya sangat mudah diperoleh dengan modal yang kecil.

Anda bisa mendapatkan kain perca dari rekanan penjahit atau industri fashion di sekitar kota anda. Jika anda beruntung, mungkin anda bisa mendapatkannya secara gratis. Karena, banyak industri yang menganggap kain perca sebagai limbah yang tak bernilai. Sementara bagia anda, mungkin bisa dianggap sebagai “harta karun” yang terpendam.

Jika memang dibutuhkan, untuk meningkatkan nilai jual produk kerajinan kain percanya, anda mungkin perlu membeli kain meteran dengan motif tertentu. Sehingga produk fungsional yang anda hasilkan lebih menarik dan rapi.

Jika anda sudah memiliki mesin jahit dan bakat menjahit, hal itu merupakan keuntungan tersendiri buat anda. Cara menjahit kain perca mungkin tidak sesulit ketika membuat baju, yang membutuhkan kejelian dan kemampuan lain dalam memotong kain.

Untuk menjahit kain perca, yang anda butuhkan adalah ketekunan dan kreatifitas dalam menggabungkan motif potongan kain. Sehingga dihasilkan perpaduan yang menarik dan rapi.

Dipandang sebelah mata, bisnis kerajinan kain perca bisa raup keuntungan ratusan juta

Gelas hias dari kain perca

Setelah anda berhasil mengombinasikan kain perca dengan bentuk dan fungsi tertentu, karya anda mungkin bisa dihargai mahal. Misalnya hiasan dinding, sarung bantal, cover kulkas atau partisi ruangan. (Baca: Dipandang sebelah mata, bisnis kerajinan kain perca raup keuntungan ratusan juta).

Kreatifitas tanpa batas, kerajinan kain perca bisa berpeluang sukses

Hambatan bisnis

Setiap hal yang berkaitan dengan bisnis, selalu saja ada hambatan yang harus dilewati. Pada hakikatnya, kita bisa memandang segala hambatan itu sebagai “tantangan” untuk bisa berfikir dan bertindak secara kreatif.

Setiap orang atau setiap bisnis pasti memiliki hambatan masing-masing, yang kemudian membuat mereka saling bersaing. Pelajari kompetitor anda, temukan titik kelemahannya, sehingga ada bisa mendahului mereka selangkah demi langkah.

Adapun untuk tantangan bisnis kerajinan kain perca diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Kemampuan menjahit dan peralatan mesin jahit. Jika anda sudah memiliki modal skill menjahit dan mesin jahit, tentu hal ini bukanlah tantangan besar bagi anda. Anda hanya tinggal mengembangkan dan banyak bereksperimen untuk membuat motif yang menarik. Bagi yang belum bisa, tidak ada salahnya anda privat dengan kenalan anda untuk bisa mengajari anda cara menjahit yang baik dan benar.
  • Teknik pemasaran yang belum meluas. Pembahasan ini akan dijelaskan setelah bagian ini.
  • Terbatasnya bahan dasar. Kain perca mungkin hanya diperoleh pada jumlah terbatas. Selain itu, motif, warna dan bahan kain akan sangat berbeda satu dengan yang lainnya. Sehingga anda dituntut untuk cerdik dan bisa berfikir kreatif. Solusi lain untuk masalah ini, anda bisa menambahkan dan mengombinasikannya dengan kain motif yang baru, bisa anda dapatkan dengan membelinya di internet. Hasilnya, produk yang dijual menjadi lebih menarik dan harga jual bisa lebih mahal. (Baca: Jual kain motif dan polos, ada harga murah dari Mizutex.com).
  • Mulai banyak bermunculan pengrajin kain perca. Persaingan bisnis kerajinan kain perca harus dipandang sebagai tantangan untuk bisa lebih kreatif. Sehingga konsumen memandang produk kerajinan anda sebagai produk bermutu yang patut untuk diapresiasi. Setiap pengrajin memiliki spesialisasi di bidang tertentu dan hal ini akan jauh lebih baik. Oleh karena itu, anda harus memiliki spesialisasi yang spesifik, agar anda dapat fokus pada produk (baca: bidang) tertentu dalam dunia kerajinan kain perca. Misalnya sebagai ahli kerajinan kain perca untuk perlengkapan tidur atau aksesoris.

Kreatifitas tanpa batas, kerajinan kain perca bisa berpeluang sukses

Teknik pemasaran

Secara tradisional, teknik pemasaran paling mudah adalah dengan menawarkan produk kita kepada kerabat, tetangga atau setiap teman yang kita kenal. Bisa juga dengan membuka toko khusus produk kerajinan kain perca di spot-spot wisata.

Jika ingin pemasaran lebih luas, anda bisa menawarkan atau menitipkan produk anda ke tempat-tempat penjualan aksesoris dan kerajinan tangan. Dengan sistem reseller “jemput bola” ini anda bisa memperkenalkan karya anda ke khalayak yang lebih luas.

Adapun di era modern sekarang ini, anda juga bisa memanfaatkan internet dan media sosial untuk memangkas energi anda agar tidak terlalu lelah “keluyuran”.

Setelah produk anda jadi, anda bisa memfoto dan menguploadnya di jejaring sosial. Jika respon pasar baik, anda bisa memproduksi dalam jumlah yang lebih besar.

Membuat program pre-order untuk kerajinan kain perca mungkin perlu dicoba. Sehingga, produk yang anda jual bisa habis terjual dan laris manis.

Tim Mizutex.com sudah pernah membahas tentang bagaimana teknik merintis usaha melalui media internet. Mungkin anda bisa merujuk pada artikel kami tentang, Cara sukses memulai usaha jualan baju online.

Kreatifitas tanpa batas, kerajinan kain perca bisa berpeluang sukses

Kunci sukses bisnis kerajinan kain perca

Kunci kesuksesan yang mutlak dalam menjalankan bisnis kerajinan kain perca adalah kreatifitas dan mutu produk yang ditawarkan. Temukan spesialisasi anda agar anda bisa memfokuskan pada produk-produk tertentu kerajinan kain perca.

Ide merupakan bakat yang dihargai mahal. Oleh karena itu, karya kreatif dan bermanfaat akan dibeli orang meski dengan merogoh kocek yang tidak sedikit. Jika anda merasa kreasi anda kurang menarik, maka jangan menyerah. Sebab, jiwa seni itu bisa dilatih dan diasah.

Ada prinsip bisnis yang menarik untuk diketahui, bahwa kesuksesan itu 90% dari kerja keras dan hanya 10% dari bakat.

Memiliki profesi di bidang kreatif mungkin akan terkendala oleh ide yang buntu atau semangat yang mulai kendor. Solusi untuk hal ini adalah dengan jalan-jalan atau rekreasi.

Banyak sekali para desainer atau pengrajin memanfaatkan momen liburan untuk mencari inspirasi dan melihat-lihat produk menarik yang mereka temui di jalanan.

Anda juga dapat memanfaatkan Google dan katalog ide kreatif di Pinterest, untuk mendapatkan inspirasi model kerajinan perca dari berbagai negara.

Terus melakukan modifikasi dan inovasi terhadap barang-barang kerajinan kain perca, lambat laun akan membuat anda semakin kreatif.

Seiring berjalannya waktu, sambil terus meningkatkan mutu dan kualitas produk, konsumen yang akan menilai sendiri harga dari jerih payah anda. Semoga artikel kami tentang, Kreatifitas tanpa batas, kerajinan kain perca bisa berpeluang sukses, bisa diambil manfaatnya. Tetap semangat dan terus terinspirasi melalui Mizutex.com

Kreatifitas tanpa batas, kerajinan kain perca bisa berpeluang sukses