Mizutex.com — Setiap orang tentu sangat menyukai madu, terlebih madu yang lezat dan masih segar yang dipanen dari sarang lebah (Organic Raw Honey). Kali ini, redaksi Mizutex ingin berbagi informasi menarik tentang manfaat madu asli untuk kesehatan.

Madu adalah makanan yang mengandung aneka zat gizi seperti karbohidrat , protein, asam amino, vitamin, mineral, dekstrin, pigmen tumbuhan, dan komponen aromatik.

Bahkan dari hasil penelitian ahli gizi dan pangan, madu mengandung karbohidrat yang paling tinggi di antara produk ternak lainnya; susu, telur, daging, keju, dan mentega. Yaitu sekitar 82,3% lebih tinggi.

Setiap 100 gram madu murni bernilai 294 kalori. Dengan kata lain, tiap 1000 gram madu murni setara dengan 50 butir telur ayam atau 5,675 liter susu atau 1680 gram daging. Dari hasil penelitian terbaru didapat bahwa zat-zat atau senyawa yang ada di dalam madu sangatlah kompleks, yaitu mencapai 181 jenis .

Manfaat madu asli untuk kesehatan apa saja?

Manfaat madu asli adalah sangat banyak dan beragam, khususnya adalah madu asli yang berkualitas dan dipanen langsung dari sarang tanpa melalui proses produksi. Madu jenis ini disebut juga dengan madu organik, madu mentah atau Organic Raw Honey.

Manfaat madu asli untuk kesehatan dapat dirasakan dari berbagai jenjang usia, mulai dari balita, anak-anak, remaja, dewasa lansia dan bahkan sangat baik bagi ibu hamil dan menyusui. Diantara manfaat madu yang patut anda ketahui adalah sebagaimana berikut:

Bagi Janin: Madu adalah sangat baik bagi ibu dan janin. Madu juga dapat memperkuat janin yang lemah dalam kandungan (rahim).

Ibu Hamil: Madu dapat membantu menjaga stamina dan kesehatan selama mengandung bayi. Selain itu, madu merupakan sumber gizi yang sangat baik untuk mendukung pertumbuhan janin selama dalam kandungan .

Balita: Madu akan sangat membantu mendukung perkembangan otak bayi. Apakah anda tau, bahwa setiap harinya, otak bayi terus berkembang sampai dengan usia 5 tahun. Oleh karena itu, bayi sangat membutuhkan dukungan gizi dan nutrisi yang cukup untuk pertumbuhan yang lebih baik. Pertumbuhan dan perkembangan otak seorang anak sangat terkait dengan kecerdasan pikiran (IQ) dan kecerdasan mental (EQ). Perlu untuk diingat, sebaiknya bayi mulai diberikan madu organik jika usia sudah lebih dari 1 tahun.

Anak-anak: : Madu membantu meningkatkan nafsu makan dan menambah asupan nutrisi. Sebagai seorang anak yang aktif dalam belajar, bermain dan bereksplorasi, mereka sangat membutuhkan nutrisi yang lengkap. Pasalnya, mereka sangatlah aktif dan oleh karenanya harus memiliki asupan nutrisi yang memadai. Jika asupan nutrisi anak baik, maka seorang anak tumbuh sehat, lincah, riang dan tidak mudah sakit.

Remaja: Pertumbuhan pada seorang remaja sangatlah pesat. Oleh karena itu, keberadaan madu adalah sangat penting. Gizi yang terdapat pada madu dapat mendukung pertumbuhan semakin sempurna.

Dewasa: Tingkat kelelahan dan pekerjaan yang menumpuk mengakibatkan stress yang terus berkelanjutan. Hal ini dapat membuat tubuh menjadi lemah dan mudah sakit. Setiap orang memiliki tingkat stress dan beban kerja yang berbeda-beda, demikian pula kebutuhan asupan nutrisi setiap orang pun berbeda-beda. Madu adalah makanan terbaik yang mudah diserap dan dicerna oleh tubuh, dengan demikian orang dewasa dapat memulikah energi mereka setelah berlelah-lelah dengan segera. Kandungan nutrisi yang lengkap pada madu juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh orang dewasa.

Lanjut Usia: Lansia adalah umur ketika tubuh sudah mulai melemah dan sulit untuk mencerna makanan. Pada usia senja, biasanya seseorang sudah mulai banyak pantangan. Alhamdulillah, madu adalah asupan nutrisi yang pada umumnya dapat dikonsumsi oleh kaum lansia. Sebagai makanan terbaik, madu sangat diperlukan bagi manula. Sebab, madu adalah sumber energi dan gizi yang dapat diserap langsung oleh tubuh. Ketika organ pencernaan sudah mulai menurun kemampuannya, maka mengkonsumsi madu secara rutin adalah cara yang terbaik untuk tetap sehat di usia senja.

Mengapa madu asli sangat kaya akan manfaat?

Madu adalah cairan kental yang dihasilkan oleh lebah madu dari nektar (cairan manis yang ada di dalam bunga). Madu mengandung banyak nutrisi dan gizi yang lengkap. Madu juga mengandung sejumlah mineral penting seperti magnesium, kalium, kalsium, natrium dan lain-lainnya. Selain itu, madu juga memiliki kandungan vitamin yang lengkap, diantaranya adalah vitamin A, C, B1, B2, B6 dan B3 yang komposisinya berubah-ubah sesuai dengan kualitas dan jenis nektar madu.

Setelah menjabarkan tentang apa saja manfaat madu asli untuk kesehatan, kali ini akan disebutkan diantara alasan mengapa madu adalah “makanan” yang sangat baik untuk dikonsumsi, sebagaimana poin-poin berikut ini:

  1. Membantu pembentukan sel darah merah.
  2. Dapat mencegah kerusakan dan penyempitan pembuluh darah atau aterosklerosis.
  3. Madu memiliki kandungan yang dapat membunuh bakteri, baik untuk pencernaan maupun ketika dioleskan ke kulit.
  4. Madu mengandung antiseptik sehingga mampu mengobati luka luar. Luka menjadi steril setelah mendapat pengobatan dengan menggunakan madu.
  5. Madu mengandung antibiotik yang aktif melawan serangan berbagai patogen penyebab penyakit batuk, demam, infeksi saluran pernafasan.
  6. Madu sebagai antioksidan yang baik, sehingga dapat menurunkan resiko terjadinya kanker.
  7. Madu dapat menguatkan jantung.
  8. Glukosa yang terkandung di dalam madu baik untuk tubuh dan menjadi sumber tenaga bagi otot dan jantung.
  9. Mengatasi sakit lambung dan pencernaan, meskipun terasa perih pada tahap awal mengonsumsi madu.
  10. Dan masih banyak lagi manfaat madu yang baik bagi tubuh manusia.

Jual madu asli organic raw honey - Hijaz - Produk Mizutex
Dapatkan sekarang! Madu Organik Premium di Katalog Mizutex

Apa saja kandungan istimewa yang terdapat dalam madu asli?

Manfaat yang luar biasa pada madu asli tidak bisa dipungkiri karena kandungan nutrisinya yang istimewa, oleh karenanya sangat baik untuk kesehatan. Taukah anda, bahwa madu memiliki komponen kimiawi yang memiliki efek koligemik yakni asetilkolin.

Zat Asetilkolin ini berfungsi untuk melancarkan peredaran darah dan mengurangi tekanan darah tinggi. Adapun glukosa yang terdapat dalam madu adalah sangat mudah diserap oleh darah, sehingga mampu menghasilkan energi yang bisa diraih secara cepat. Daya serap yang cepat glukosa dari madu adalah lebih cepat daripada glukosa lainnya yang dapat diperoleh dari selain madu.

Di samping kandungan glukosa yang baik, madu juga mengandung zat lain seperti tepung sari dan berbagai enzim pencernaan. Terlebih, madu mengandung berbagai vitamin yang lengkap, seperti vitamin A, B1, B2 dan lain-lain.

Tidak kalah pentingnya, madu juga mengandung berbagai unsur mineral alami seperti kalsium, natrium, kalium, magnesium, besi dan bahkan radium. Selain itu, madu juga mengandung antibiotik dan berbagai asam organik seperti asam malat, tartarat, sitrat, laklat dan oksalat.

Bagaimanapun bentuk atau rupa madu yang kita temukan, sebenarnya semua madu memiliki kandungan sebagai berikut (dengan kadar yang mungkin berbeda-beda):

Pertama, kandungan glukosa. Kandungan zat ini dapat mencapai kira-kira 75%. Kandungan glukosa (zat gula) dalam madu akan mudah diserap oleh darah.

Kedua, beberapa zat asam organik yang jumlahnya mungkin dapat mencapai 80%.
Ketiga, protein dalam kuantitas yang kecil.
Keempat, zat ragi (enzim) dalam jumlah yang tidak berlebihan yang sangat penting untuk menggerakkan proses metabolisme di dalam tubuh. Beberapa di antaranya adalah:

  • Enzim Amilase, yaitu zat yang bertugas mengubah zat pati menjadi glukosa.
  • Enzim Invertase, yaitu zat yang bertugas mengubah gula putih (gula tebu) menjadi zat gula berstruktur tunggal (glukosa dan fruktosa) yang dapat diserap tubuh.
  • Enzim Katalase dan Peroxidase, yang penting bagi kinerja oksida dan pemulihan kondisi tubuh.
  • Enzim Lipase, yang memiliki tugas khusus untuk mencerna lemak dan bahan-bahan berlemak lainnya.

Kelima, bahan-bahan mineral dengan persentase kira-kira 18%. Meskipun jumlahnya kecil, namun ia memiliki peran yang penting. Karena madu dapat menjadi makanan yang memiliki kemampuan alkalik untuk menghancurkan asam. Ia juga sangat penting dalam proses penyembuhan penyakit-penyakit yang menyerang organ pencernaan yang disebabkan adanya kelebihan kandungan asam dan peradangan

Keenam, sejumlah zat-zat mineral seperti potasium, sulfur, kalsium, sodium, fosfor, magnesium, zat besi dan mangan. Semuanya adalah unsur-unsur mineral yang sangat penting dalam proses pembentukan jaringan tubuh manusia.

Ketujuh, sejumlah kecil vitamin yang memiliki tugas fisiologis yang penting, seperti misalnya vitamin C dan konsentrat vitamin B. Zat-zat ini sangat penting untuk membantu tubuh dalam proses produksi protein, hormon, dan pembentukan selaput bagian dalam dari sel darah. Serta untuk melindungi diri kita dari berbagai jenis penyakit, seperti yang terkandung di dalam vitamin B1 dan B2.

Jual madu asli organic raw honey- Madu Hijaz - Mizutex

Cara menyimpan madu yang baik

Madu adalah sumber nutrisi yang baik dan merupakan makanan paling awet di dunia. Madu dapat bertahan selama berbulan-bulan ketika disimpan, meskipun tidak perlu ditambahkan bahan pengawet di dalamnya.

Namun demikian, meskipun madu adalah sumber makanan yang sangat awet, bukan berarti madu dapat disimpan di sembarang tempat dan di sembarang suhu ruangan. Berikut ini beberapa tips penting yang patut untuk diketahui ketika anda menyimpan madu.

Pertama, simpan madu dalam suhu ruangan. Sebaiknya disimpan pada suhu antara 36°C sampai 38°C dengan kadar kelembapan 75% sampai 78% (lihat jurnal Analis Kesehatan Devyana Dyah Wulandari, Jurnal Kimia Riset, Volume 2 No. 1, Juni 2017).

Kedua, dikarenakan madu memiliki sifat higroskopis (dengan kata lain) madu mudah sekali menyerap zat-zat yang ada di lingkungan sekitarnya. Oleh karena itu, wadah madu harus tertutup dengan baik dan jauhkan dari zat-zat yang berbau tajam.

Ketiga, wadah yang bagus untuk madu adalah berbahan kaca atau beling. Hal ini berguna untuk menghambat proses fermentasi dan kristalisasi.

Keempat, tidak dianjurkan untuk menyimpan madu di dalam lemari es (refrigerator), karena akan mempercepat terjadinya kristalisasi dan fermentasi. Jauhkan pula madu dari sumber panas dan sinar matahari secara langsung, karena dapat merusak kualitas madu.

Kelima, madu tidak boleh disimpan dalam wadah logam. Hal ini untuk mencegah pengkaratan dan penyerapan unsur logam berbahaya ke dalam madu. Madu yang rusak biasanya akan terasa lebih asam.

Catatan: Harap memperhatikan proses penyimpanan madu sebaik mungkin, sehingga manfaat yang baik bagi madu asli untuk kesehatan dapat dijaga dan dirasakan khasiatnya.

Mengapa Organic Raw Honey menjadi madu yang terbaik?

Apakah anda belum familiar dengan istilah Organic Raw Honey? Hal ini tentu sangat wajar, karena pada umumnya yang kita kenal adalah istilah madu asli atau madu murni. Adapun Organic Raw Honey (Madu Organik) biasa dikenal dengan istilah madu mentah.

Meskipun namanya terdengar aneh, namun jangan salah, bahwa madu mentah sebenarnya lebih baik daripada madu pada umumnya.

Mengapa demikian?

Karena madu organik adalah madu yang tidak melalui proses produksi yang panjang. Sehingga, kandungan nutrisi madu lebih kaya akan manfaat.

Dikatakan sebagai madu mentah (Organic Raw Honey) adalah karena setelah madu dipanen dari sarang lebah, maka madu akan langsung dikemas dan dipasarkan. Madu organik tidak mengalami proses pemanasan, pasteurisasi dan proses pengolahan apapun.

Oleh karena itu, segala nutrisi yang terkandung di dalam madu masih terjaga dengan baik. Hal ini bertolak belakang dengan madu komersial yang telah melalui berbagai proses pengolahan, seperti pemanasan, pengurangan kadar air ataupun penambahan vitamin.

Lantas apa keunggulan Organic Raw Honey?

Kandungan nutrisi yang masih “asli” dari sarang lebah adalah alasan mengapa Organic Raw Honey adalah lebih unggul.

Terlepas dari kesukaan orang yang berbeda-beda akan jenis madu (ada yang suka dimasak dan ada yang lebih suka organik), pada intinya madu organik memiliki kandungan fitonutrien yang banyak.

Adapun manfaat dari fitonutrien yang terkandung di dalam madu adalah sebagai antioksidan dan anti peradangan. Kandungan inipun memiliki manfaat lain yang tidak kalah pentingnya bagi kesehatan tubuh dan untuk mengobati dari berbagai penyakit. Misalnya, untuk mengobati radang tenggorokan atau masalah pencernaan yang disebabkan oleh bakteri.

Penting untuk diketahui, bahwa meskipun Organic Raw Honey sangat kaya akan manfaat, namun madu jenis ini tidak boleh diberikan kepada bayi usia dibawah 1 tahun. Alasannya adalah karena pencernaan pada si bayi masih belum siap untuk menerima jenis madu mentah (Organic Raw Honey).

Hal lain yang harus anda ketahui adalah, dikarenakan madu mentah tidak melalui proses produksi setelah dipanen, oleh karena itu wajar jika madu ini mudah mengkristal.

Mengapa?

Karena madu mentah masih mengandung serat-serat bee pollen, serpihan sarang lebah, propolis, bahkan juga mungkin ada serpihan sayap lebah.

Jika disimpan dalam suhu ruangan, apalagi disimpan dalam lemari pendingin, Organic Raw Honey akan membentuk granule, mengkristal dan memadat. Terlebih jika disimpan selama berbulan-bulan.

Madu organik lebih kaya akan manfaat. Madu organik memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Keputusan untuk membeli madu organik adalah keputusan yang bijak. Karena anda bebas mengolah madu jenis ini sebelum dikonsumsi (dihangatkan atau dikukus, sesuai dengan kebutuhan dan selera).

Kandungan nutrisi yang masih alami dan “asli” dalam madu organik dapat dirasakan khasiatnya oleh tubuh secara langsung. Insya Allah.

Demikianlah beberapa hal penting yang patut untuk diketahui tentang manfaat madu asli bagi kesehatan adan apa saja kelebihan Organic Raw Honey. Jika anda berminat untuk membeli madu organik, saat ini sudah tersedia di Mizutex. Silahkan menghubungi kami melalui Whatsapp untuk pemesanannya. [Rizal]