Mizutex.com – Saat ini mulai banyak orang yang sedang berburu masker medis, dengan alasan untuk melindungi diri dari penyebaran virus Corona. Mengingat jumlah masker medis yang mulai sulit diperoleh pada sejumlah kota besar, banyak orang yang mulai beralih kepada masker kain. Mau membuat masker kain? Yuk ketahui jenis bahan yang paling disarankan.

Apakah anda hendak membeli masker kain atau ingin memproduksi masker kain?

Arikel ini sangat penting untuk anda baca. Karena berisi tentang beberapa hal penting tentang jenis bahan kain apa yang direkomendasikan untuk dijadikan sebagai masker kain.

Nah, jika saat ini anda hendak membeli masker berbahan kain, maka harus dipastikan dulu kualitasnya. Apakah masker tersebut sudah sesuai standar medis atau setidaknya memiliki fungsi yang baik sebagaimana masker medis.

Sebab, dalam membuat atau membeli masker berbahan kain, harus selektif dan tidak boleh sembrono. Jangan sampai, masker yang pada dasarnya memiliki fungsi yang cukup vital, hanya terkesan sebagai gimmick dan tidak memberikan manfaat apa-apa.

Mengenal bahan Linen Euro kain untuk kemeja pria dengan gaya casual
Bahan kain linen by Mizutex

Jenis kain apa yang paling disarankan untuk bahan masker?

Bahan kain yang bagus untuk masker adalah bahan kain yang memiliki kerapatan serat lebih baik. Selain itu, hendaknya juga memiliki tingkat kepadatan serat kain yang lebih rapat daripada jenis kain yang lainnya. Para peneliti umumnya menyarankan untuk menggunakan jenis bahan katun quilt untuk dijadikan sebagai bahan masker kain. Katun quilt adalah jenis kain yang memiliki jumlah jahitan minimal 180 benang pada ukuran metriks tertentu.

Disebutkan oleh Wake Forest Institute for Regenerative Medicine, bahwa jenis katun tersebut mampu menyaring partikel 0,3 mikron. Yaitu, seukuran virus besar atau mampu memfilter udara hingga mencapai sekitar 75%.

Berdasarkan fakta ini, kita menjadi tau, bahwa tidak semua bahan kain atau bahan katun dapat memenuhi syarat untuk dijadikan sebagai masker kain.

Memang, masker kain adalah alternative terbaik setelah dari masker bedah yang pada saat ini mulai langka dijual. Namun, dalam mencari-cari masker alternatif, sebaiknya tetap rasional tanpa mengesampingkan fungsinya yang paling vital, yaitu memfilter udara.

Akan tetapi, sepertinya bahan katun quilt juga sulit diperoleh di pasaran, apalagi dalam situasi sekarang ini harganya mungkin sudah melambung tinggi.

Nah, jika kesulitan mendapatkan jenis katun quilt ini, maka dapat diantisipasi dengan membuat masker kain yang menyediakan lapisan filter internal. Hal ini pun, sudah banyak orang yang mencobanya. Namun, amat disayangkan, sejauh ini masih belum ada penelitian yang menjelaskan tentang efektifitas masker kain dalam menangkal virus. (Baca: 29+ jenis kain dalam industri tekstil dan gambarnya yang wajib diketahui).

Ada yang menyarankan, bahwa sebaiknya lapisan internal masker kain diisi oleh kain flanel. Kemudian, jika anda sudah menggunakan masker tersebut, anda bisa membuang kain flanel yang menjadi lapisan internal masker kain. Selanjutnya, masker kain dapat dicuci dan digunakan kembali.

Ada pula yang menyarankan hal yang lebih praktis, yaitu dengan menggunakan tisu sebagai lapisan internal masker kain. Akan tetapi, jika ditinjau dari ketebalan filter antara kain flanel dan tisu, sepertinya bahan tisu masih terlalu tipis. Mungkin memang masih lebih baik jika menggunakan kain flanel sebagai bahan filternya.

Terlepas manakah filter yang lebih baik antara kain flanel atau tisu untuk melapisi masker dari bahan kain, berikut ini redaksi Mizutex mencoba untuk memberikan sejumlah optional yang sangat disarankan untuk membuat masker kain.

Bahan katun Ima Polos import by Mizutex (dapat digunakan untuk masker kain)
Bahan katun Ima Polos import by Mizutex

Bahan katun Ima Polos untuk masker kain dengan harga paling ekonomis

Sudah banyak yang menggunakan bahan katun Ima Polos import Japan untuk dijadikan sebagai bahan masker kain. Jenis kain ini tergolong murah, harganya kisaran 35.000/m dan memiliki karakteristik bahan yang adem, halus dan lembut.

Memilih bahan Ima Polos untuk dijadikan sebagai bahan masker kain, mungkin adalah pilihan yang tepat. Terlebih, jika anda ingin menjual kembali masker kain buatan sendiri. Tentu dengan menggunakan bahan katun Ima Polos dapat menekan harga produksi dan masker dapat dijual dengan murah.

Bahan katun Ima Polos memiliki rabaan kain yang sangat halus, meskipun harganya terbilang murah. Mengingat penggunaan masker adalah untuk diarea wajah, kain dari jenis kain katun memang paling direkomendasikan dan paling ideal.

Namun, jika ditinjau dari kerapatan serat benangnya, mungkin bahan katun Ima Polos masih kurang baik untuk memberikan filter udara hingga 75% partikel mikron. Akan tetapi, jika bahan katun Ima Polos ini dijadikan sebagai bahan masker berlapis, yang menyediakan ruang untuk lapisan internal, mungkin daya kerjanya akan lebih baik. (Baca: Mengenal bahan katun Ima berkualitas dan seperti apa ciri-cirinya).

Bahan Toyobo Fodu import by Mizutex (dapat digunakan untuk masker kain)
Bahan Toyobo Fodu import by Mizutex

Bahan katun Toyobo Fodu import Japan

Rekomendasi bahan masker kain yang kedua adalah katun Toyobo Fodu import japan. Bahan kain satu ini memang adalah bahan katun import yang paling baik di katalog produk Mizutex. Kerapatan serat kainnya jauh lebih bagus daripada Ima Polos. Susunan seratnya pun lebih padat, mengingat ini juga adalah bahan katun yang cukup mahal.

Sebenarnya, bahan katun Toyobo import Japan yang dijual oleh Mizutex ada 2 jenis:

Pertama, bahan katun Toyobo Original.

Katun Toyobo ini memiliki serat benang yang juga lebih padat dan lebih rapat daripada katun Ima Polos. Katun Toyobo Original adalah kain yang tidak menerawang dan ideal sekali untuk bahan baju koko, kemeja formal, jilbab atau gamis Syar’i. Jika untuk diperuntukkan sebagi masker, menurut kami juga sangat bagus.

Kedua, bahan katun Toyobo Fodu import Premium.

Inilah bahan katun Toyobo yang sangat kami rekomendasikan untuk dijadikan sebagai bahan masker kain. Karena, katun Toyobo Fodu memiliki kerapatan serat benang yang lebih baik lagi daripada katun Toyobo Original. Bahkan, serat-serat benangnya jika diperhatikan tampak lebih padat daripada Toyobo Original.

Menurut hemat kami, pilihan yang paling tepat dan ideal untuk dijadikan sebagai masker kain adalah bahan katun Toyobo Fodu.

Katun import premium ini memang tergolong lebih mahal daripada jenis bahan katun yang lainnya dan harganya mencapai 50.000/m dengan lebar kain 150cm.

Jika anda menggunakan bahan katun Toyobo Fodu sebagai bahan masker kain, maka masker anda akan tampak elegant dan terlihat mahal. Pasalnya, bahan katun Toyobo Fodu ini sebenarnya diperuntukkan untuk produk-produk gamis katun premium, baju koko atau untuk kemeja kerja formal.

Kelebihan lainnya yang dimiliki oleh bahan Toyobo Fodu adalah karakteristik kainnya yang adem, halus, ringan dan tidak menerawang. Jika dilihat-lihat dengan seksama, kainnya agak sedikit kilap, namun tidak mencolok dan hampir tidak kasat mata. (Baca: Bahan kain Toyobo seperti apa? Jenis katun istimewa yang patut diketahui)

Bahan Balotelly itu apa? Keunggulan dan karakteristiknya untuk gamis Syar'i
Bahan kain Balotelly biasa by Mizutex 2

Bahan Balotelly

Rekomendasi terakhir dari redaksi Mizutex untuk bahan kain masker adalah bahan Balotelly. Bahan kain ini memiliki kerapatan kain yang super istimewa. Balotelly adalah bahan kain yang sangat tidak menerawang dan serat benangnya sangat rapat sekali.

Ingat, bahwa bahan Balotelly yang dimaksud disini adalah bahan balotelly berkualitas, bukan balotelly harga murah yang karakteristik kainnya panas, kasar dan bikin gerah.

Pada artikel terdahulu, redaksi Mizutex sudah pernah menjelaskan tentang seperti apa dan bagaimana karakteristik bahan Balotelly yang berkualitas. Dalam artikel tersebut dijelaskan, bahwa bahan Balotelly premium adalah kain yang jatuh, halus, tidak panas dan tidak bikin gerah. (Baca: Bahan Balotelly itu apa? Keunggulan dan karakteristiknya untuk gamis Syar’i).

Jika digunakan untuk masker kain, menurut kami bahan Balotelly sangat ideal. Dan jika ditinjau dari kerapatan serat benangnya yang sangat rapat, maka dapat dikatakan bahwa bahan Balotelly sangat efektif untuk memberikan filter udara yang optimal.

Dan sebenarnya, ada alternatif lain selain dari ketiga bahan kain yang telah disebutkan oleh Mizutex yang dapat digunakan sebagai bahan masker kain. Namanya adalah bahan Ima Royal Platinum. Bahan kain ini sebenarnya memiliki fitur dan spesifikasi yang hampir sama dengan bahan Balotelly. (Baca: Bahan katun Ima Royal Platinum, kain berkualitas dengan harga murah).

Katun Toyobo dan Katun Ima (dapat digunakan untuk bahan masker kain)
Bahan kain katun di katalog produk Mizutex

Mengapa memilih masker dari bahan katun?

Penggunaan masker dari bahan katun tidak semata-mata didasari oleh alasan karena bahan katun adalah kain yang memiliki susunan serat kain yang sangat rapat. Namun, juga dipertimbangkan berdasarkan pada tingkat kenyamanannya ketika dijadikan sebagai bahan masker. Harga untuk bahan kain katun yang tersedia di Mizutex pun masih tergolong murah.

Berdasarkan kebiasaan orang-orang yang menggunakan masker pada umumnya, mereka tentu akan menggunakan masker dalam rentang waktu yang relatif lama. Terlebih bagi mereka yang memang aktifitasnya berada di luar rumah atau bagi yang sering berkendara. Setidaknya, mereka akan menggunakan masker minimal selama 1 jam atau lebih.

Jika demikian, tidak menutup kemungkinan mereka akan berkeringat. Oleh karena itu, memilih masker dari jenis bahan katun akan memberikan kenyamanan ekstra bagi mereka dan semakin membuat mereka betah untuk terus menggunakan masker.

Bahan katun adalah jenis kain yang memiliki daya serap yang baik terhadap keringat. Sehingga, dapat mencegah kulit wajah mereka menjadi lembab yang jika itu terjadi maka akan tidak baik bagi kesehatan kulit. (Baca: Bahan katun yang bagus apa aja? Berikut ini jenis dan ciri-cirinya dijelaskan lengkap).

Meski demikian, sebaiknya anda memiliki masker kain lebih dari satu. Sehingga, ketika masker pertama anda sudah mulai lembab dan tidak nyaman dipakai, anda masih memiliki cadangan masker kain yang lainnya.

Disamping itu, jika masker pertama anda sedang dicuci, anda masih memiliki masker yang lain yang dapat digunakan untuk keluar rumah.

Bahan rekomendasi masker kain yang telah disebutkan oleh Mizutex, dua diantaranya adalah jenis bahan katun yang memiliki daya serap yang baik terhadap keringat. Adapun bahan Balotelly, menurut pengetahuan kami, bukanlah kain yang pure dari bahan katun. Atau dapat dikatakan, bahwa kadar serat campuran polyester-nya jauh lebih banyak.

Namun, keunggulan yang dimiliki bahan Balotelly adalah kerapatan serat benangnya yang terbaik dari 2 jenis bahan katun yang lainnya.

Jadi, pilihan apa yang paling tepat untuk dijadikan sebagai masker kain, maka hal itu pun tergantung pada sejauh apa tingkat kemampuan filter udara yang anda butuhkan.

Apa fungsi masker kain?

Pada dasarnya fungsi masker adalah alat untuk memberikan filter udara bagi saluran pernafasan. Umumnya digunakan oleh tenaga medis ketika berinteraksi dengan pasien atau oleh dokter bedah ketika melakukan operasi di ruang bedah.

Penggunaan masker pun tidak boleh sembarangan. Ketika anda sedang berada di tempat yang “rawan” terjadi penularan penyakit dari dan/atau oleh anda, maka harus ada perhatian khusus tentang seberapa tepat penggunaan masker tersebut.

Pasalnya, banyak yang suka teledor dalam menggunakan masker. Meskipun, masker yang mereka gunakan memiliki kualitas yang bagus, namun ketika penggunaannya tidak tepat, maka fungsi masker akan percuma.

Misalnya, menggunakan masker dengan hanya menutup hidung dan membiarkan mulut terbuka atau tidak terproteksi sepenuhnya. Atau justeru menggunakan masker dengan ikatan yang longgar dan tidak kencang.

Nah, beberapa hal ini adalah contoh penggunaan masker yang salah, sehingga dapat mengakibatkan adanya celah atau rongga di sekitar saluran pernafasan, seperti hidung dan mulut. Jika demikian halnya, udara yang tidak terfilter dapat langsung menerobos masuk ke dalam saluran pernafasan.

Mulianya adab mencerminkan bagaimana kualitas ilmu seseorang
Mentadabburi Ayat-ayat Allah

Perbanyak do’a dan tawakkal kepada Allah Ta’ala dalam menghadapi wabah penyakit

Persoalan penting dan yang paling penting diketahui oleh setiap muslim namun banyak diabaikan adalah hilangnya do’a dan tawakkal mereka kepada Allah dengan disertai keta’atan kepada Syari’at-Nya.

Persoalan ini telah dilupakan, sebabnya adalah mereka kurang mentadabburi Ayat-ayat Suci Al-Qur’an dan tidak mengambil ibrah dari kaum-kaum terdahulu yang telah binasa karena adzab yang datang kepada mereka.

Telah banyak disebutkan dalam Kitab Suci Al-Qur’an, tentang suatu kaum yang kuat, congkak, ponggah dan tidak takut akan ancaman adzab dari Allah Ta’ala. Bahkan, mereka meminta untuk disegerakan datangnya adzab tersebut.

Namun, ketika adzab itu telah didatangkan dengan seketika, mereka pun hanya terdiam berputus asa.

Allah Ta’ala berfirman:

“Maka tatkala mereka melupakan peringatan yang telah diberikan kepada mereka, Kamipun membukakan semua pintu-pintu kesenangan untuk mereka; sehingga apabila mereka bergembira dengan apa yang telah diberikan kepada mereka, Kami siksa mereka dengan sekonyong-konyong, maka ketika itu mereka terdiam berputus asa.” [QS. Al-An’am: 44]

Penyebaran wabah Corona (Covid19) yang terjadi belum lama ini sebenarnya adalah teguran yang keras kepada kita atas pengabaian kita kepada hukum-hukum Allah.

Dan paradigma keliru yang selama ini kita yakini, bahwa bencana alam yang terjadi bukanlah bagian dari peringatan Allah Ta’ala, maka sebaiknya paradigma itu cepat-cepat kita buang. Sebelum semua terlambat.

Kita harus mengakui, bahwa wabah ini adalah peringatan dari Allah Ta’ala dan teguran yang keras kepada setiap orang yang melampaui batas dan enggan untuk ta’at kepada hukum-hukum-Nya.

Tidak ada lagi ruang bagi kita untuk berkesimpulan, bahwa ini adalah sebatas fenomena alam atau hanyalah wabah penyakit biasa yang akan segera berlalu. Ini adalah paradigma yang salah.

Setiap muslim harus meyakini bahwa tidaklah suatu wabah penyakit itu menyebar dan menular, melainkan atas kehendak Allah Ta’ala dan semua penderitaan ini tidaklah akan pergi kecuali berdasarkan kehendak-Nya semata.

Dialah (Allah) yang mampu mengangkat seluruh malapetaka ini. Oleh karena itu, setelah berikhtiar dengan masker, maka optimalkanlah upaya perlindungan diri dengan do’a dan tawakkal, serta diiringi dengan taubat dan keinginan yang kuat untuk kembali kepada jalan-Nya dengan istiqamah.

Perlu diingat, bahwa sebagaimana yang telah ditegaskan oleh para pakar medis, bahwa Corona tidak menyebar lewat udara. Melainkan melalui droplet yang tersentuh kemudian masuk melalui mata atau rongga pernafasan. Dan semua ini pun berdasarkan kehendak Allah Ta’ala, tiada lagi sebab lainnya kecuali semuanya telah dicatat oleh-Nya dalam catatan takdir.

Oleh karena itu, tetaplah rasional dalam berfikir dan jangan merasa takut secara berlebihan sehingga malah membuat kita seolah lari dari takdir Allah Ta’ala, serta lupa untuk memohon perlindungan kepada-Nya.

Sudahkah masker kain yang anda memiliki fungsi yang baik untuk memproteksi diri?

Demkianlah beberapa poin dan penjelasan yang dapat dijabarkan oleh redaksi Mizutex tentang bahan masker kain yang paling direkomendasikan. Artikel ini pun dibuat oleh redaksi untuk menganggapi pertanyaan krusial pengunjung Mizutex tentang, “Kain apa yang bagus untuk dibuat sebagai masker?”.

Semoga artikel kami dapat diambil manfaatnya dan terima kasih telah berkenan untuk membaca hingga usai artikel kami tentang Mau membuat masker kain? Yuk ketahui jenis bahan yang paling disarankan. Semoga kaum mukminin seluruhnya mendapatkan perlindungan dari Allah Ta’ala atas wabah Corona ini. [Rizal]