WhatsApp-Button

Memilih baju ihram wanita yang tepat dan nyaman ketika haji dan umrah

Mizutex.com — Agar ibadah haji dan umrah menjadi lebih khusyu’ dan nyaman, penting sekali untuk memilih baju ihram yang tepat untuk wanita. Jenis kain yang paling direkomendasikan oleh Mizutex adalah bahan yang bersifat adem dan menyerap keringat. Lantas, bagaimana Memilih baju ihram wanita yang tepat untuk haji dan umrah? Berikut ini redaksi Mizutex menyajikan 3 jenis bahan kain yang mungkin sesuai dengan kriteria anda.Memilih baju ihram wanita yang tepat dan nyaman ketika haji dan umrah

Memilih baju ihram wanita yang tepat untuk haji dan umrah

Memilih baju ihram wanita yang tepat dan nyaman ketika haji dan umrah

Warna bahan kain ihram wanita

Berbeda dengan laki-laki dalam kaitannya aturan memilih warna kain untuk ihram. Bagi laki-laki jenis kain ihram telah diatur secara lugas dan gamblang. Yaitu, kain yang putih tanpa zat pewarna dan juga tidak dijahit.

Dari ‘Abdullah bin ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma, berkata bahwa ada seseorang yang bertanya kepada Rasululloh Shallallahu ‘alaihi wasallam,

يَا رَسُولَ اللَّهِ مَا يَلْبَسُ الْمُحْرِمُ مِنَ الثِّيَابِ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – لاَ يَلْبَسُ الْقُمُصَ وَلاَ الْعَمَائِمَ وَلاَ السَّرَاوِيلاَتِ وَلاَ الْبَرَانِسَ وَلاَ الْخِفَافَ ، إِلاَّ أَحَدٌ لاَ يَجِدُ نَعْلَيْنِ فَلْيَلْبَسْ خُفَّيْنِ ، وَلْيَقْطَعْهُمَا أَسْفَلَ مِنَ الْكَعْبَيْنِ ، وَلاَ تَلْبَسُوا مِنَ الثِّيَابِ شَيْئًا مَسَّهُ الزَّعْفَرَانُ أَوْ وَرْسٌ.

“Wahai Rasulullah, bagaimanakah pakaian yang seharusnya dikenakan oleh orang yang sedang ihram?”

Rasululloh Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

 “Tidak boleh mengenakan kemeja, sorban, celana panjang kopiah dan sepatu, kecuali bagi yang tidak mendapatkan sandal, maka dia boleh mengenakan sepatu. Hendaknya dia potong sepatunya tersebut hingga di bawah kedua mata kakinya. Hendaknya dia tidak memakai pakaian yang diberi za’faran dan wars.”

[HR. Bukhari no. 1542]

Sedangkan bagi wanita, pemilihan jenis bahan kain ihram adalah bebas, selama tidak tipis dan tidak transparan.

Tidak ada pula dalil khusus yang mengharuskan wanita untuk memilih kain ihram berwarna putih.

Mengacu hal tersebut, redaksi Mizutex hanya menyajikan pilihan jenis kainnya saja untuk anda. Adapun untuk pemilihan warna bahan kain, kami kembalikan kepada jamaah masing-masing yang hendak melaksanakan ibadah haji dan umrah.

Memilih baju ihram wanita yang tepat dan nyaman ketika haji dan umrah

Jenis kain ihram yang tepat dan nyaman

Pada dasarnya baju ihram wanita wajib yang tidak tipis dan tidak transparan. Selain itu, hendaknya karakteristik kain yang dipilih untuk baju ihram adalah yang adem dan menyerap keringat.

Hal ini sangat penting sekali untuk diperhatikan, mengingat suhu di wilayah Timur Tengah mungkin akan sangat panas sekali. Akibatnya, badan akan mudah berkeringat dan merasa gerah.

Kesalahan umum yang sering dilakukan oleh wanita ketika memilih kain ihram adalah memilih kain yang tipis dan agak transparan. Misalnya dari bahan katun rayon, katun supernova, katun ima dan semisalnya. (Baca: Bahan Supernova adalah kain katun berkualitas yang harganya murah).

Bahan Supernova adalah kain katun berkualitas yang harganya murah
Contoh bahan katun Supernova by Mizutex

Alasannya boleh jadi supaya tidak gampang merasa gerah dan tidak bikin berat di badan. Padahal, katun rayon, supernova dan ima ini adalah jenis katun yang sangat tipis dan akan melekat dibadan ketika berkeringat. (Baca: Mengenal bahan katun Ima berkualitas dan seperti apa ciri-cirinya).

Kesalahan lain yang juga sering dilakukan adalah ukuran baju yang sangat mini. Jangankan untuk baju ihram, jilbab dan gamis dengan ukuran yang pas-pas-an untuk pakaian keseharian wanita pun pada hakikatnya sangat dilarang.

Apalagi ini untuk menuju Baitulloh di Tanah Suci, Madinah Al-Munawwarah, Makkah Al-Mukarramah dan Tawaf di sekitar Ka’bah.

Sedangkan dalam melaksanakan rangkaian ibadah haji dan umrah, wanita akan berbaur dengan yang bukan mahromnya. Sehingga, baju ihram yang dipakai sepatutnya tidak membentuk format (bentuk) tubuh dan tidak tipis menerawang.

Oleh karena itu, memilih jenis bahan kain untuk baju ihram wanita tidak boleh ala kadarnya saja. Akan tetapi, harus diperhatikan kriterianya yang tepat sesuai Syar’i dan juga nyaman untuk dikenakan.

Adapun jenis bahan baju ihram wanita rekomendasi Mizutex adalah sebagaimana berikut:

Memilih baju ihram wanita yang tepat dan nyaman ketika haji dan umrah

Kain katun Toyobo FODU impor premium
Contoh serat bahan katun Toyobo Fodu by Mizutex

1. Bahan katun Toyobo Fodu

Bahan katun Toyobo adalah jenis kain katun yang diimport dari Jepang. Serat kain yang dimilikinya sangat rapat dan kainnya tidak menerawang. Karakteristik bahan katun import ini adalah adem, halus, agak licin namun tidak mengkilap.

Bahan katun yang satu ini juga ringan dan agak jatuh, meski tidak se-jatuh bahan Wolfis. Akan tetapi, bahan katun Toyobo ini tergolong bahan kain yang tidak kaku. (Baca: Bahan Wolfis itu apa? Inilah keunggulannya yang harus anda ketahui).

Bahan katun Toyobo Fodu itu sendiri adalah jenis kain dari brand Royalmix Toyobo import Japan, yang kualitasnya diatas bahan katun Toyobo import pada umumnya.

Jadi, katun Toyobo Fodu ini kualitasnya diatas, Toyobo Duluxe atau Toyobo Platinum.

Katun Toyobo Fodu memiliki serat yang lebih padat dan memiliki efek yang agak kilap, namun tidak terlalu nampak.

Mengingat bahan Toyobo ini banyak sekali peminatnya, tak ayal, saat ini banyak sekali bertebaran aneka jenis “Toyobo KW” yang jumlahnya tak terhitung. Penting sekali untuk membeli bahan kain ini di toko yang terpercaya. Dan lebih mendetail tentang bahan katun Toyobo dapat dilihat pada, Bahan katun Toyobo seperti apa? Jenis kain istimewa yang patut diketahui.

Keunggulan bahan Toyobo Fodu untuk baju ihram

Adapun keunggulan bahan Toyobo Fodu untuk baju ihram wanita adalah kainnya yang terbuat dari serat alami tanaman kapas (katun). Karakteristiknya yang khas adalah adem dan menyerap keringat. Sangat cocok digunakan di wilayah dengan iklim yang panas.

Bahan kain katun sendiri sudah dikenal sebagai bahan kain yang jika dijadikan sebagai pakaian akan memiliki sifat seperti “bernafas”. Maksudnya, ketika suhu tubuh mulai meningkat dan mulai berkeringat, maka udara akan mudah bersirkulasi dari permukaan kulit ke permukaan kain katun ini.

Secara otomatis, panas tubuh dan keringat dapat dengan mudah diserap dan dilepaskan keluar badan.

Oleh karena itu, cairan keringat tidak akan terakumulasi di badan yang dapat menyebabkan rasa gerah, lembab dan bau badan. Selanjutnya dapat mencegah berkembang-biaknya bakteri yang tidak baik bagi kulit.

Memilih baju ihram wanita yang tepat dan nyaman ketika haji dan umrah

Bahan kain Linen Look Burberry by Mizutex
Contoh serat bahan Linen Look Burberry by Mizutex

2. Bahan Linen Look Burberry

Bahan Linen Look Burberry adalah salah satu jenis kain linen yang banyak peminatnya. Terlebih bagi penggemar gamis berbahan katun yang adem. Linen Look ini berbeda dengan jenis kain linen kebanyakan, Burberry ini memiliki serat benang yang besar-besar dan terlihat jelas.

Jadi, mungkin inilah alasan mengapa ia dinamai dengan kain Linen Look (serat yang terlihat).

Mungkin perlu disebutkan, bahwa meskipun serat benang pada katun Linen Burberry ini tergolong besar, ukurannya masih dalam batasan yang wajar ya. Dengan adanya penyesuaian pada beberapa hal, justeru semakin membuat Linen Look Burberry terlihat istimewa dan menarik.

Lebih lengkap untuk mengetahui lebih detail tentang bahan katun Linen Look Burberry dan jenis kain linen yang lainnya, silahkan merujuk pada artikel Mizutex berikut ini, Bahan Linen seperti apa? Mari ketahui jenis dan ciri-cirinya secara lengkap.

Keunggulan bahan Linen Look Burberry untuk baju ihram wanita

Adapun keunggulan bahan Linen Look Burberry untuk baju ihram wanita adalah kainnya yang tebal dan tidak menerawang. Jenis kain ini adalah kain yang paling tebal diantara rekomendasi bahan kain baju ihram wanita versi redaksi Mizutex.

Bahan Linen Look Burberry juga merupakan bahan kain dari jenis katun, sehingga dapat menyerap keringat dengan baik dan lebih cepat mengering.

Lebih dari itu, karakteristik bahan Linen Look Burberry yang perlu disebutkan adalah kainnya yang adem, halus, ringan, lembut dan jatuh.

Memilih baju ihram wanita yang tepat dan nyaman ketika haji dan umrah

Kain Megumi Ladies, bahan jilbab & gamis Syar'i yang tebal
Contoh serat bahan Megumi Ladies by Mizutex

3. Bahan Megumi Ladies

Belum lama ini telah hadir bahan kain terbaru di katalog produk Mizutex, namanya adalah Megumi Ladies import Moda Japan. Bagi yang belum familiar dengan kain gamis Syar’i yang satu ini, mungkin masih bertanya-tanya seperti apa bahan Megumi tersebut?

Perlu diketahui, bahwa bahan Megumi adalah jenis kain yang mirip sekali— bahkan dapat dikatakan sama—dengan bahan Amira. Namun, dengan kualitas bahan yang berada diatas kain Amira.

Bahan Megumi ini tidak nerawang dan ketebalannya cukup atau pas. Sedangkan kalau untuk takaran bahan kain jilbab dan gamis, bahan Megumi ini tergolong kain yang cukup tebal.

Jikalau dibandingkan dengan bahan katun Toyobo Fodu, masih sedikit lebih tebal bahan Megumi. Nah, tapi jangan menyangka kalau bahan Megumi ini berat. Sama sekali tidak ya! (Baca:  Bahan Megumi seperti apa? Jenis kain berkualitas yang belum banyak orang tau).

Keunggulan bahan Megumi Ladies untuk baju ihram wanita

Adapun keunggulan bahan Megumi Ladies untuk baju ihram wanita adalah kainnya yang halus, lembut dan adem. Bahan Megumi Ladies adalah bahan yang ringan ketika dipakai dan adem seperti bahan katun Toyobo Fodu.

Akan tetapi, yang harus diingat lagi, bahwa bahan Megumi bukanlah bahan kain yang terbuat dari serat alami seperti katun Toyobo Fodu.

Karakteristik kainnya memang menyerap keringat, namun daya serapnya tidak semaksimal jenis kain dari bahan katun. Overall, bahan Megumi ini kainnya adalah adem.

Sudah banyak pelanggan Mizutex yang telah membuktikan kualitas bahan kain Megumi Ladies. Meskipun harganya terbilang mahal, namun akan sangat sesuai dengan kualitas dan manfaat yang akan anda dapatkan.

Dibandingkan dengan dua jenis kain yang telah disebutkan sebelumnya, bahan Megumi Ladies adalah yang paling ringan dan paling jatuh. Jatuhnya bahan Megumi dapat dikatakan menyaingi bahan Wolfis.

Bagaimana Memilih baju ihram wanita yang tepat dan nyaman ketika haji dan umrah

Memilih baju ihram wanita yang tepat untuk haji dan umrah

Demikianlah 3 pilihan bahan kain berkualitas yang cocok untuk baju ihram wanita yang tepat dan nyaman. Jika anda hendak mencari jenis kain baju ihram, sekarang anda sudah berada ditempat yang tepat. Silahkan menghubungi admin Mizutex untuk informasi harga grosir dan katalog warna selengkapnya.

Adapun jenis bahan kain yang lainnya, dapat dilihat pada Katalog Produk Mizutex.

Tips sukses konveksi online di era digital
Katalog produk Mizutex

Pemilihan warna yang kami tawarakan sangat variatif, mulai dari warna basic dan warna cerah lainnya. Anda bisa request secara langsung melalui kontak yang telah kami cantumkan pada website.

Mizutex adalah supplier kain online yang sudah dipercaya untuk menjadi penyedia bahan kain berkualitas, baik meteran, grosir maupun rollan. Jika anda sedang mencari bahan kain berkualitas untuk jamaah haji dan umrah, Mizutex siap menjadi mitra kerja untuk melayani pembelian bahan kain dalam jumlah besar.

Memilih baju ihram wanita yang tepat dan nyaman ketika haji dan umrah