Mizutex.com – Wanita muslimah harus pakai gamis? Why not! Gamis adalah busana kita yang paling terhormat. Dengan gamis, wanita muslimah semakin anggun dan mencerminkan harga diri yang terjaga. Mengapa seorang muslimah harus memakai gamis Syar’i? Karena itu adalah diantara perintah Alloh Ta’ala yang harus kita taati dan kita realisasikan.

Mengapa harus memakai gamis?

Ketika kita berbicara tentang memakai baju gamis Syar’i, tentu tidak bisa dipisahkan dengan yang namanya Jilbab Syar’i. Keduanya adalah hal yang tak bisa dipisahkan.

Memang, banyak yang keliru, ketika Jilbabnya sudah Syar’i ternyata gamisnya belum Syar’i. Ketika gamisnya Syar’i eh Jilbabnya yang belum Syar’i. Dan ada juga Jilbab dan gamisnya sudah Syar’i, sayangnya akhlaknya belum Syar’i juga.

Nah, problematika seperti ini bukanlah penghalang bagi kita untuk menjadi lebih baik. Jangan pernah minder ketika kita sudah meniatkan diri ingin berubah dan terus berusaha untuk menjadi lebih baik!

Semua memang butuh proses! Jangan menyerah…

Menggunakan Jilbab dan baju gamis Syar’i harus kita lakukan, karena hal tersebut merupakan bagian dari perintah Alloh. Sebagaimana kita taat pada perintah Alloh tentang puasa, oleh karena itu tentu kita juga akan taat pada perintah Alloh tentang Jilbab dan baju gamis Syar’i.

Betul bukan? Karena kita tidak boleh membeda-bedakan setiap perintah Alloh dan RasulNya!

“Wahai Nabi! Katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin, ‘Hendaklah mereka menutupkan Jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.’ Yang demikian itu agar mereka lebih mudah untuk dikenali, sehingga mereka tidak diganggu. Dan Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang”. (QS. Al-Ahzab 59)

Alloh memerintahkan kepada wanita muslimah agar memilih jenis Jilbab yang Syar’i. Yaitu Jilbab yang menutup ke seluruh tubuh mereka, sebagaimana bunyi ayat, “Hendaklah mereka menutupkan Jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.”

Jadi, Jilbab itu bukanlah jilbab yang hanya menutupi rambut saja. Bukan juga sekedar menutupi leher atau dada saja. Akan tetapi, Jilbab adalah kain yang menutup seluruh tubuh, Yup! Seluruh tubuh, bukan hanya sebagian dari anggota tubuh. (Baca: Bagaimana kriteria Jilbab wanita muslimah dalam pandangan Al-Qur’an?).

Agar tidak diganggu

Laki-laki memang memiliki fitrah dimana mereka akan menyukai lawan jenis, yaitu wanita. Sebagai seorang muslimah tentu sangat menyadari, bahwa banyak lelaki yang suka menggoda para wanita yang lewat di depan mereka. Apalagi terhadap wanita yang menggunakan pakaian yang kurang pantas, seronoh dan membuka aurat.

Maka, mereka akan semakin senang dan berani untuk menggodanya. Tetapi, tidak dengan para wanita yang menutup aurat dan mengenakan jilbab yang Syar’i. Para laki-laki cenderung untuk bersikap lebih sopan dan segan untuk mengganggu dan menggoda para muslimah ini.

Karena mereka tau, bahwa wanita muslimah yang menggunakan jilbab dan gamis Syar’i adalah mereka yang memiliki wibawa dan dijaga kehormatannya. Barang siapa yang berani mengganggunya, mereka bukan hanya berurusan pada suami atau bapaknya, tetapi terhadap Islam dan kaum muslimin. Sebagaimana Shiroh Nabi Muhammad Shallallohu ‘alaihi wasallam ketika mengusir seluruh penduduk Yahudi Bani Qainuqa’. Gara-gara ulah seorang dari mereka yang berani melecehkan wanita muslimah bercadar. (Wajib baca! Ini keuntungan memakai jilbab dan gamis Syar’i)

Agar tidak termasuk orang yang tersesat

Sebagai seorang mukmin, tidak ada pilihan lain bagi mereka ketika mendengar perintah dari Al-Qur’an atau sabda Rasululloh Shallallohu ‘alaihi wasallam. Melainkan hanya mendengar dan taat.

Tidak ada pilihan lain bagi mereka kecuali hanya tunduk dan patuh. Bahkan, dapat dikatakan bahwa tidak ada lagi yang namanya negosiasi atau mencari jalan lain yang paling toleran bagi dirinya, sehingga bisa menyesuaikan dengan hawa nafsunya.

Lebih khusus dalam masalah ini adalah Jilbab dan baju gamis Syar’i dengan persepsi yang sesuai dengan makna ayat atau asbab nuzulnya ayat.

وَمَا كَانَ لِمُؤْمِنٍ وَلَا مُؤْمِنَةٍ إِذَا قَضَى اللَّهُ وَرَسُولُهُ أَمْرًا أَنْ يَكُونَ لَهُمُ الْخِيَرَةُ مِنْ أَمْرِهِمْ ۗ وَمَنْ يَعْصِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ ضَلَّ ضَلَالًا مُبِينًا

“Dan tidaklah pantas bagi laki-laki yang mukmin dan perempuan yang mukmin, apabila Allah dan Rasul-Nya telah menetapkan suatu ketetapan (hukum), akan ada pilihan (yang lain) bagi mereka tentang urusan mereka. Dan barang siapa mendurhakai Allah dan Rasul-Nya, maka sungguh dia telah tersesat dengan kesesatan yang nyata.” (QS. Al-Ahzab 36)

Oleh karena itu, sebagai hamba Alloh, yang tidak memiliki ilmu sedikitpun melainkan hanya ilmu yang dikaruniakan Alloh, sepantasnyalah kita tunduk, patuh dan taat kepada Rabbul ‘alamin yang Mahamemiliki ilmu dan pengetahuan.

Sepantasnyalah kita taat pada perintah Alloh Ta’ala, agar kita tidak tersesat disebabkan oleh kebodohan kita dan pembangkangan kita pada perintahNya. (Baca: Baju gamis Syar’i trend wanita muslimah yang terhormat).

Mengapa seorang muslimah harus memakai gamis Syar’i?

Betapa besar perhatian Alloh Ta’ala kepada engkau wahai wanita muslimah. Agar diri engkau terjaga, baik martabat dan kehormatannya. Toh fakta sudah membuktikan, bahwa setiap wanita yang belum Syar’i pakaiannya maka akhlaknya pun kurang baik dan tidak pandai dalam menjaga kehormatannya. Oleh karena itu, Jilbab dan gamis Syar’i merupakan jalan bagi kita dan petunjuk dari Alloh untuk menjadi hamba yang sholehah dan tidak tersesat.