WhatsApp-Button

Mengenal katun Madinah bahan kain gamis yang jatuh dan lembut

Mizutex.com – Alhamdulillah setelah lama dinanti-nanti, kini telah hadir di katalog Mizutex bahan katun Madinah dengan kualitas kain yang bagus dan lembut. Sudah lama, kehadiran kain ini ditunggu oleh pelanggan Mizutex, dikarenakan sejumlah alasan yang  cukup mendasar. Supaya lebih jelas tentang apa keunggulan bahan kain ini, yuk kita Mengenal katun Madinah bahan kain gamis yang jatuh dan lembut.

Bahan katun Madinah seperti apa?

Pertama kali berinteraksi dengan katun Madinah ini, saya merasakan sentuhan kelembutan dan adem yang tiada tara. Katun Madinah adalah kain yang memiliki karakteristik ringan, jatuh dan tidak menerawang.

Ketebalan kain yang dimilikinya sangat pas untuk dijadikan sebagai bahan kain gamis Syar’i. Kalau untuk jilbab bagaimana? Menurut redaksi Mizutex bahan katun Madinah adalah kain yang pas, tidak berat dan tidak tipis.

Sebagai bahan kain yang terbuat dari katun, sudah barang tentu katun Madinah ini adalah kain yang adem dan menyerap keringat.

Kalau diperhatikan secara lebih mendetail, katun Madinah ini karakteristiknya mirip katun Supernova, yang jika dilihat dari dekat akan tampak serabut halus dari serat benangnya.

Namun, harus diingat ya, bahwa antara katun Madinah dan katun Supernova ini memiliki perbedaan kualitas bahan kain yang cukup mendasar. Sudah pasti, katun Madinah adalah lebih baik, sebagaimana juga diketahui harganya lebih mahal daripada katun Supernova. (Baca: Bahan Supernova adalah kain katun berkualitas yang harganya murah).

Bahan Supernova adalah kain katun berkualitas yang harganya murah
Bahan katun supernova, murah berkualitas by Mizutex.com

Mungkin perlu disebutkan juga, bahwa katun Madinah ini kainnya tidak licin. Jadi, penataannya cukup mudah untuk tujuan penyesuaian model jilbab dan gamis.

Jika anda sudah pernah membeli katun Madinah di toko kain yang lain, mungkin anda akan merasa ada sedikit perbedaan dengan katun Madinah di Mizutex.

Mengapa?

Karena, kualitas produk yang dijual di Mizutex mungkin berbeda dan begitu juga pabrik yang memproduksinya pun berbeda. Sudah bukan rahasia lagi, bahwa masing-masing produk yang dijual pada setiap toko memiliki keunggulan dan kekurangan tersendiri. Baik dari segi harga, maupun kualitas bahan kainnya.

Bahan katun Madinah Slub
Bahan katun Madinah Slub, by Mizutex

Jika memperhatikan katun Madinah yang dijual oleh Mizutex, anda dapat melihat bahwa seratnya tidak memiliki slub (garis-garis) alias polos saja. Sedangkan pada produk katun Madinah di toko kain yang lain—sebagaimana yang pernah saya amati—kadang-kadang pada serabut kainnya tampak seperti garis-garis atau slub.

Nah, itulah perbedaannya secara visual.

Mengenal katun Madinah bahan kain gamis yang jatuh dan lembut

Perberdaan katun Madinah dan Linen Burberry

Mungkin ada yang menyangka kalau katun Madinah ini adalah Linen Look Burberry. Padahal, antara katun Madinah dan Burberry memiliki perbedaan yang cukup banyak dan mencolok. Namun, anggapan itu boleh jadi karena ada beberapa alasan, misalnya tampilannya secara sepintas yang memang cukup mirip.

Tidak salah, jika ada yang mengatakan antara katun Madinah dan Linen Burberry ada sedikit kesamaan. Oleh karena itu, pada kesempatan emas ini Mizutex mencoba untuk mengungkap apa saja perbedaannya.

Agar nantinya pembaca tidak salah ketika hendak membeli bahan kain ini. Berikut ini beberapa hal yang dapat redaksi Mizutex ungkap untuk bisa membedakan katun Madinah dan Linen Burberry.

Secara mendasar, perbedaannya ada 3 (tiga):

Pertama, ditinjau dari segi ketebalan kainnya, katun Madinah adalah sedikit di bawah Linen Burberry atau lebih tipis.

Kedua, ditinjau dari segi susunan seratnya, serabut kain yang menyusun katun Madinah dan Linen Burberry memiliki perbedaan yang cukup mencolok. Sebagaimana telah diketahui, bahwa bahan Linen Burberry itu memiliki serabut serat kain yang cukup besar, sedangkan katun Madinah itu serabut seratnya cukup halus. (Baca: Jual kain katun Linen Look, Burberry bahan kain yang istimewa dan lembut).

Ketiga, ditinjau dari gramasi serat kainnya, sebagai manifestasi dari ketebalan kainnya yang berada di bawah Linen Burberry, otomatis katun Madinah ini terasa lebih ringan dari pada Burberry. Selain itu, jika dilakukan tes melalui bilah cahaya, maka dapat diketahui Linen Burberry memiliki kepadatan serat yang lebih tinggi daripada katun Madinah. Faktor-faktor yang disebutkan ini pula yang menjadi alasan mengapa katun Madinah ini terasa lebih ringan daripada Linen Burberry.

Perbedaan-bahan-katun-Madinah-dan-Linen-Burberry-by-Mizutex
Perbedaan bahan (kiri) katun Madinah dan (kanan) Linen Burberry by Mizutex.com

Adapun persamaan yang dimiliki oleh kedua jenis kain ini adalah sama-sama lembut, halus dan adem. Selain itu, keduanya juga dianggap sebagai kain yang jatuh dan lemas.

Jika ditinjau dari serabut kainnya, dapat dilihat dari dekat akan memiliki kesamaan sifat, yaitu tampak serabut-serabut benang yang halus di permukaan kainnya.

Oleh karena itu, proses perawatan kedua jenis kain ini tentu tidak boleh sembarangan.

Agar serat-serat benangnya tidak mudah brudul, sudah sepatutnya ketika mencuci tidak perlu disikat dengan penyikat baju. Cukup dikucek dan diperas dengan gentel (tidak terlalu kuat).

Mengenal katun Madinah bahan kain gamis yang jatuh dan lembut

Perbedaan katun Madinah dengan bahan Wolfis

Bagi yang baru mengenal seluk-beluk bahan kain, tentu masih cukup sulit membayangkan bagaimana karakteristik bahan katun Madinah ini. Oleh karena itu, Mizutex mencoba membandingkannya dengan bahan Wolfis.

Mengapa bahan Wolfis yang dijadikan sebagai patokan saya?

Karena pada umumnya orang sudah sangat familiar dengan bahan Wolfis, meskipun sebenarnya bahan Wolfis sendiri gradenya berbeda beda. Setiap toko memiliki kualitas kain Wolfis yang sangat berbeda.

Adapun yang kami jadikan patokan disini adalah bahan Wolfis premium dari katalog produk di Mizutex. (Baca: Bahan Wolfis itu apa? Inilah keunggulannya yang harus anda ketahui).

Perbedaan antara katun Madinah dan bahan Wolfis yang dapat saya ungkap disini adalah sebagaimana berikut:

Pertama, ditinjau dari segi ketebalan kainnya, katun Madinah adalah sedikit lebih tebal daripada bahan Wolfis premium. Saya sendiri hampir ragu untuk menentukan mana yang lebih tebal diantara keduanya. Tetapi, setelah diteliti dengan seksama, saya yakin bahwa katun Madinah ini lebih tebal daripada Wolfis.

Kedua, ditinjau dari segi susunan seratnya, pada aspek ini jelas sangat berbeda antara katun Madinah dan bahan Wolfis. Karena umumnya bahan Wolfis itu seratnya kecil-kecil dan hampir tidak kasat mata. Berbeda sekali dengan katun Madinah yang ciri khas serat kainnya yang cukup terlihat.

Ketiga, ditinjau dari gramasi serat kainnya, mungkin harus dibuktikan secara aktual pada aspek perbandingan yang satu ini. Karena, tingkat kepekaan setiap orang jelas berbeda-beda dan saya sendiri membandingkannya tidak menggunakan alat matematis, namun berdasarkan feel semata. Menurut pandangan saya, bahan Wolfis premium adalah sedikit lebih berbobot daripada katun Madinah. Alasannya, sudah pasti karena Madinah adalah kain dari bahan katun (kapas), sedangkan bahan Wolfis adalah kain dari polyester. Hal ini juga didukung oleh faktor lain, dimana bahan Wolfis premium ini memiliki kepadaatn serat kain yang lebih tinggi daripada katun Madinah.

Note: Perlu diingat bahwa Mizutex melakukan perbandingan pada kedua jenis kain ini berdasarkan produk yang kami jual. Sangat mungkin, hasilnya akan berbeda jika anda membandingkan sendiri perbedaannya melalui produk yang dijual dari toko kain yang lain. Perlu disebutkan pula, pada sejumlah toko ditemui bahan Wolfis yang dijual memiliki serat yang tipis dan memiliki kepadatan serat yang rendah (menerawang).

Mengenal katun Madinah bahan kain gamis yang jatuh dan lembut

Mengenal katun Madinah bahan kain gamis yang jatuh dan lembut

Demikianlah pemaparan yang dapat saya sampaikan untuk menggambarkan seluk-beluk bahan katun Madinah. Di era perkembangan alat industri yang kain yang kian meningkat, variasi bahan kain sudah barang tentu sebagai hal yang terus dinamis.

Tidak jarang akan anda temui, ada jenis kain yang tergolong sama atau identik, namun memiliki serat dan kualitas yang sangat berbeda. Tanpa terkecuali dalam hal ini adalah katun Madinah.

Saya sendiri yakin, bahwa di berbagai toko kain tentu menawarkan perbedaan kualitas yang cukup signifikan untuk katun Madinah yang satu ini. Sebagaimana yang telah saya singgung diatas, secara visual, katun Madinah yang dijual oleh Mizutex ada perbedaan yang kasat mata.

Secara umum, katun Madinah adalah bahan kain yang rekomended, khususnya bagi yang suka dengan kain dengan tekstur khas. Bahan katun Madinah bisa digunakan untuka cara formal maupun non-formal, cocok juga untuk baju koko, mukena, jilbab dan gamis Syar’i. Dan yang terakhir, sebagai kain yang tergolong bahan katun, tentu katun Madinah adalah kain yang cocok untuk mereka yang tinggal di daerah tropis. Demikianlah penjelasan tentang Mengenal katun Madinah bahan kain gamis yang jatuh dan lembut. Semoga bermanfaat!

Mengenal katun Madinah bahan kain gamis yang jatuh dan lembut