WhatsApp-Button

Mizutex.com  – Musim hujan kini telah tiba. Cuaca dari hari ke hari kini sulit ditebak. Mungkin sekarang cerah, belum tentu 1 atau 2 jam ke depan cuaca tidak berubah. Kalau tanpa perhitungan dan persiapan yang matang, waduh… bisa-bisa kehujanan dan daya tahan tubuh akan lemah. Musim hujan telah datang, konsumsi 4 hal ini dapat membantu jaga daya tahan tubuh.

Oleh karena itu, bagi anda yang sering kehujanan, redaksi Mizutex menyarankan agar terus berusaha untuk menjaga daya tahan tubuh. Supaya tetap fit dan tidak gampang sakit. Salah satu diantara caranya adalah dengan terus mencukupi asupan nutrisi penting untuk keseharian agar daya tahan tetap optimal.

Hujan adalah rizki, tapi kalau setiap hari kehujanan mungkin bisa-bisa sakit, padahal kerjaan mungkin telah menumpuk.

Tanda-tanda menurunnya daya tahan tubuh

Menurunnya daya tahan tubuh biasanya ditandai dengan mudahnya terserang sakit seperti flu, demam, sakit tenggorokan, batuk dan infeksi. Musim pancaroba biasanya membuat orang rentan mengalami penurunan daya tahan tubuh, sehingga dengan mudah virus akan menguasai tubuh dan menyebabkan gejala atau sakit.

Oleh karena itu, penting untuk selalu meningkatkan daya tahan tubuh kita dengan segala sarana yang memungkinkan. Dengan daya tahan tubuh yang semakin kuat, maka kemungkinan untuk terserang penyakit akan jauh lebih kecil.

Sudah maklum diketahui bahwasanya untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita perlu tidur yang cukup, berolahraga secara teratur, banyak minum air putih dan mengkonsumsi makanan sehat.

Berikut ini redaksi Mizutex akan berbagi tips untuk anda bagaimana caranya untuk tetap fit dan sehat meskipun musim hujan dan pancaroba telah datang.

Redaksi Mizutex telah menyediakan 4 hal yang harus anda konsumsi untuk bisa bantu jaga daya tahan tubuh anda agar tetap sehat.

Konsumsi kalori yang cukup

Kalori adalah sumber utama energi bagi tubuh manusia. Mengonsumsi kalori yang kurang, akan bikin badan kita menjadi lemas tidak bertenaga.

Dengan kita mengonsumsi kalori yang cukup, akan banyak membantu untuk memberikan supply energi dan membantu badan kita tetap hangat. Sumber kalori yang paling mudah diperoleh adalah dari nasi. Nasi adalah makanan dengan kalori tinggi.

Ada baiknya lagi jika mengkonsumsi ubi, singkong atau kentang. Sebagai sumber karbohidrat kompleks yang baik buat kita. Karbohidrat kompleks akan dicerna oleh sistem pencernaan kita secara bertahap, sehingga akan menghindari lonjakan kadar kalori sesaat setelah mengonsumsi makanan tersebut.

Ingat, bahwa mengonsumsi kalori tidak boleh terlalu berlebihan. Rata-rata setiap orang akan membutuhkan kalori minimal 2.500 sampai dengan 3.000 kalori setiap hari.

Konsumsi vitamin C

Vitamin C menjadi salah satu vitamin yang paling banyak dikaitkan dengan sistem imun. Vitamin larut air ini memang digunakan sel darah putih untuk melawan infeksi dan peradangan. Konsumsi vitamin C secara berkelanjutan juga dapat membantu tubuh mempercepat penyembuhan luka.

Selain itu, antioksidan di dalamnya dapat melindungi tubuh dari zat kimia berbahaya dan polusi udara. Dosis tinggi vitamin C pun diyakini dapat menyembuhkan flu dan demam meski masih diperlukan penelitian lebih lanjut.

Konsumsi madu untuk menjaga daya tahan tubuh

Madu adalah makanan terbaik di dunia. Madu memiliki segala hal nutrisi yang lengkap dan padat. Madu adalah cairan kental yang dihasilkan oleh lebah madu dari nektar (cairan manis yang ada di dalam bunga). Madu adalah makanan yang mengandung aneka zat gizi seperti karbohidrat , protein, asam amino, vitamin, mineral, dekstrin, pigmen tumbuhan dan komponen aromatik.

Bahkan dari hasil penelitian ahli gizi dan pangan, madu mengandung karbohidrat yang paling tinggi di antara produk ternak lainnya; susu, telur, daging, keju dan mentega. Yaitu sekitar 82,3% lebih tinggi.

Setiap 100 gram madu murni bernilai 294 kalori. Dengan kata lain, tiap 1000 gram madu murni setara dengan 50 butir telur ayam atau 5,675 liter susu atau 1680 gram daging.

Madu memiliki kandungan antioksidan yang sangat baik bagi tubuh kita. Karenanya ia dapat menurunkan resiko terjadinya kanker. 

Madu mengandung zat ragi (enzim) dalam jumlah yang tidak berlebihan yang sangat penting untuk menggerakkan proses metabolisme di dalam tubuh.

  • Enzim amilase, yaitu zat yang bertugas mengubah zat pati menjadi glukosa.
  • Enzim invertase, yaitu zat yang bertugas mengubah gula putih (gula tebu) menjadi zat gula berstruktur tunggal (glukosa dan fruktosa) yang dapat diserap tubuh.
  • Enzim katalase dan peroxidase, yang penting bagi kinerja oksida dan pemulihan kondisi tubuh.
  • Enzim lipase, yang memiliki tugas khusus untuk mencerna lemak dan bahan-bahan berlemak lainnya.

Konsumsi Gamat untuk daya tahan dan mengobati pilek

Mungkin banyak orang yang belum tau kalau ternyata Gamat dapat membantu anda meredakan pilek dan flu.

Ya! Gamat memang memiliki segudang manfaat.

Sea Cucumber atau yang dikenal dengan nama Teripang Emas, ternyata selain dapat mengobati berbagai penyakit serta dapat meningkatkan daya tahan tubuh, rupannya bias juga untuk mengobati pilek dan flu.

Khasiat yang diperoleh oleh orang yang mengonsumsi Gamat tentu akan berbeda-beda. Akan tetapi, rata-rata orang yang telah mengonsumsi Gamat setiap hari, maka dapat sembuh dari pilek jauh lebih cepat.

Perlu diketahui bahwa ektrak Teripang Emas terkandung banyak sekali senyawa aktif seperti protein 86,8%, kolagen 80,0%, mukopolisakarida, glucasaminoglycans (GAGs), antiseptik alamiah, glucosamine dan chondroitin, saponin, omega-3, 6, dan 9, asam amino, lektin, vitamin dan mineral. Semua senyawa aktif tersebut sangat berkhasiat dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan serta mampu meningkatkan daya tahan tubuh.

Sekian dulu artikel yang dapat redaksi Mizutex bagikan kepada anda. Mudah-mudahan artikel sederhana ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat buat pembaca semua. Jangan biarkan artikel ini terlewat begitu saja. Bantu share artikel ini agar semakin banyak orang mengetahui cara praktis menjaga daya tahan tubuh ketika musim hujan datang. Terima kasih telah membaca Musim hujan telah datang, konsumsi 4 hal ini dapat membantu jaga daya tahan tubuh. Insya Allah akan ada lagi artikel bermanfaat lainnya.[salim/mizutex]