Mizutex.com — Tinggal hitungan jari lagi, bulan Ramadhan dan Idul Fithri sudah ada di hadapan kita. Bagi para penjahit, rumah produksi atau konveksi, momen ini adalah kesempatan emas untuk mendapatkan banyak keuntungan. Lantas apa saja yang perlu dipersiapkan untuk menghadapi banjir orderan di momen berharga ini? Berikut ini Mizutex menyajikan artikel tentang Musim produksi menjelang Ramadhan dan Idul Fithri telah datang, punya rekomendasi kain apa?

Semoga di bulan Ramadhan dan di momen Idul Fithri kali ini kita diberikan kesehatan, kelapangan, ketentraman dan dapat meningkatkan kualitas ibadah kita di bulan mulia ini. Dan Alhamdulillah, sebentar lagi kita akan menapaki bulan suci yang menjadi bulan paling ditunggu-tunggu oleh seluruh kaum muslimin di seluruh dunia.

Diantara mereka tentu sudah ada yang mempersiapkan dengan baik jauh-jauh hari untuk bisa memaksimalkan segala bentuk ibadah bulan suci Ramadhan. Pada segelintir orang, ada yang menjadikan bulan Ramadhan sebagai bulan off untuk bekerja, supaya bisa fokus untuk memaksimalkan ibadah dan meningkatkan kualitas ibadah selaman bulan puasa.

Namun, ada juga yang memanfaatkan momen berharga ini sebagai momen untuk meningkatkan kuantitas finansial. Khususnya, di kalangan penjahit, rumah produksi, toko kain, toko baju dan bahkan juga toko gadget atau perhiasan.

Di kalangan kita sendiri, pada umumnya mendekati bulan Ramadhan atau hari raya Idul Fithri banyak orang yang suka berburu baju-baju baru untuk diri sendiri dan untuk seragam keluarga. Namun, harus diingat, bahwa Idul Fithri bukanlah bagi yang memiliki baju baru, namun Idul Fithri adalah bagi yang menjunjung tinggi Tauhid.

Kain rekomendasi menjelang musim produksi

Tingginya lonjakan pasar dan permintaan baju-baju baru mendekati bulan Ramadhan dan momen Idul Fithri, maka hal ini telah menjadi ladang rezeki melimpah dan dapat dijadikan sebagai sumber pendapatan tambahan untuk menyongsong hari yang spesial.

Sebelumnya, redaksi Mizutex sudah pernah menulis tentang beberapa bahan kain rekomendasi menjelang bulang Ramadhan dan Idul Fithri. Mengingat, perkembangan bahan kain begitu pesat dari tahun ke tahun, kami merasa ada beberapa opsional yang perlu untuk di-update. (Baca: Daftar bahan kain rekomendasi untuk menyambut bulan Ramadhan & ‘Idul Fithri).

Oleh karena itu, bagi para penjahit, konveksi atau rumah produksi yang datang ke website Mizutex ini tentu bertanya-tanya, pada musim lebaran kali ini apa kain rekomendasi yang sedang digandrungi oleh konsumen?

Berikut ini beberapa rekomendasi yang dapat redaksi Mizutex tawarkan.

Katun-Toyobo-import-Japan
Katun Toyobo import Japan

Bahan katun Toyobo masih menjadi primadona

Pilhan yang pertama kami sebutkan ini bukanlah sebuah kesimpulan akhir, namun tidak ada salahnya jika kita melirik kembali kepada kain katun laris yang satu ini, yaitu katun Toyobo.

Patut diakui, para pemburu kain murah banyak yang dilema ketika memilih berbagai macam jenis kain Toyobo ini. Mengingat, di luar sana ada banyak pilihan katun Toyobo-toyobo yang sangat variatif. Mulai dari Toyobo yang asli impor Japan dari brand Royalmix, atau katun Toyobo-toyobo lainnya yang jumlahnya sangat banyak dan tidak disebutkan satu per satu.

Disamping Toyobo Riyalmix dan Silkroad, ada banyak Toyobo-toyobo dengan label sederhana produksi local. Misalnya Toyoboo, Foyobo, Toyabo atau Toyobo (lokal).

Saking banyaknya Toyobo murah yang rabaannya agak kasar dan mudah ditemui di berbagai toko, kemudian ada yang berkesimpulan dan mengenalisir kesimpulannya kalau Toyobo itu semuanya adalah kasar dan panas. Padahal, masih ada Toyobo Original import yang kualitasnya bagus.

Namun, Alhamdulillah, selama Mizutex berjualan bahan katun Toyobo, sejauh ini sangat jarang dan jarang sekali ada yang komplain dengan katun Toyobo yang kami jual.

Seingat kami, mungkin hanya ada dua orang dan itupun ketika kami minta untuk menunjukkan dimana ada katun Toyobo yang lebih bagus, maka mereka tidak bisa (baca: tidak mau) menunjukkannya kepada kami referensinya. Oleh karena itu, komplain tersebut kami anggap hanyalah bersifat subjektif. (Baca: Bahan katun Toyobo seperti apa? Jenis kain istimewa yang patut diketahui).

Secara spesifik bahan katun Toyobo adalah jenis katun yang paling ideal, baik dari segi mutu, harga dan kualitas. Oleh karena itu wajar jika banyak sekali peminatnya. Kain inipun menjadi primadonanya bahan kain katun import dari tahun ke tahun.

Katun import pun ini cocok untuk baju formal dan non-formal.

Untuk fashion muslim bagaimana? Sudah banyak pula yang membuktikan kualitasnya.

Saya pribadi mengakui kualitas katun Toyobo ini ketika digunakan sebagi kemeja koko formal atau jilbab dan gamis Syar’i.

Bahannya halus, adem dan elegant.

Bagi yang sudah langganan di Mizutex tentu sudah tau, bahwa Mizutex menyediakan dua pilihan grade kualitas untuk katun Toyobo import. Pertama adalah Toyobo Original dan yang kedua adalah Toyobo Fodu Premium.

Perbedaan dari keduanya cukup signifikan dari segi kualitas dan penampilan, mengigat harganya pun terpaut hingga Rp. 5.000.

Secara singkat, perbedaan antara Toyobo Original Royalmix dan Toyobo Fodu Royalmix adalah dari komposisi serat kainnya.

Toyobo Fodu memiliki susunan serat yang lebih padat, lebih tampak elegant dengan efek kilap yang tidak mencolok dan selebihnya adalah sama saja. Baik dari segi kehalusannya, kelembutan kainnya dan tingkat keademannya. (Baca: 29+ kain dalam industri tekstil dan karakteristiknya dibahas lengkap).

Bahan-Megumi-Japan-import-by-Mizutex
Bahan Megumi Japan import by Mizutex

Megumi Japan import

Bahan Megumi Japan adalah bahan kain premium yang rekomended untuk jilbab dan gamis Syar’i. Bagi para Ummahat yang menginginkan kain premium yang adem, jatuh, tidak menerawang dan halus, maka bahan Megumi Japan sangat kami rekomendasikan.

Untuk penggemar jilbab segi empat, mungkin bahan Megumi dianggap terlalu berat, karena memang bahan Megumi diperuntukkan untuk fashion jilbab 1 layer. Artinya, bahan Megumi ini tidak perlu digunakan berlapis-lapis untuk keperluan fashion dan 1 layer saja sudah cukup, karena kainnya tidak menerawang.

Adapun rekomendasi Mizutex untuk kain ringan bagi para penggemar jilbab segi empat untuk 2 layer atau lebih, bisa memilih bahan Wollycrepe Premium (baca: Bahan Wollycrepe itu apa? Ciri dan keunggulannya yang harus anda tau).

Kini sudah banyak pelanggan Mizutex yang mengakui kualitas bahan Megumi ini dan kami telah memposting review para pembeli kami di akun Instagram (@mizutextile).

Kendala utama yang membuat pembeli merasa keberatan dengan kain Megumi ini adalah dari segi harganya yang lumayan mengagumkan, yaitu Rp. 60.000/m. Dan perlu diketahui, bahan Megumi ini hanya menawarkan warna-warna yang doff dan tidak menyediakan warna-warna yang cerah dan kontras kecuali hanya sedikit.

Memang, pilihan warnanya sangat banyak, namun kesemuanya cenderung ke arah warna-warna pastel. Jadi, sesuai banget dengan kebutuhan para Ummahat untuk jilbab dan gamis Syar’i. (Baca: Bahan Megumi seperti apa? Jenis kain berkualitas yang belum banyak orang tau).

Musim produksi menjelang Ramadhan dan Idul Fithri
Drama Queen by Mizutex

Drama Queen (pengganti kain Madame)

Kain yang satu ini masih tergolong bahan kain premium dengan kualitas yang hampir sama dengan bahan Megumi Japan. Di katalog bahan kain Mizutex, Drama Queen merupakan bahan kain pengganti untuk kain Madame. Alasannya sederhana, yaitu karena kain Madame yang pernah ready di Mizutex kini mulai langka di supplier. Sehingga menurut hemat kami, perlu ada pengganti dan pilihan itupun jatuh kepada Drama Queen yang mana kualitasnya lebih unggul.

Bahan kain Drama Queen memiliki serat yang sama dengan kain Madame, namun ia tidak menerawang dan ketebalannya pas untuk fashion Muslimah. Kain premium satu ini pun akhirnya menjadi pesaing ketat untuk bahan Megumi Japan. Karena sama-sama halus, adem, tidak bikin gerah dan bahannya jatuh.

Hal yang membuat beda antara bahan Megumi dan Drama Queen adalah dari segi tekstur serat kainnya. Drama Queen memiliki ciri serat bergaris yang hampir tidak kasat mata dan hanya terlihat jika dilihat dari jarak yang sangat dekat.

Dari segi harga pun, Drama Queen dihargai lebih mahal. Konon, ada yang bilang kalau kain Drama Queen lebih unggul dari Megumi Japan.

Namun, lagi-lagi tidak banyak yang menggandrungi kain premium yang satu ini, meskipun yang meliriknya cukup banyak. Lagi-lagi alasannya adalah karena harga.

Mungkin, di lain waktu, Mizutex perlu mengadakan promo besar-besaran supaya bisa mendongkrak penjualan Drama Queen. Sehingga, pembeli yang sudah merasakan kualitasnya akan senang dan ingin beli lagi dan lagi.

Kain-Linen-Premium-Mizutex-Linen-Italy-atau-Pure-Linen
Kain Linen Premium import Mizutex, Linen Italy atau Pure Linen

Linen Italy Premium import (Pure Linen)

Linen Italy atau dikenal juga Pure Linen, kain ini menambah sederet panjang rekomendasi bahan kain Mizutex untuk kain premium. Khususnya lagi, adalah untuk menyambut musim produksi menjelang bulan Ramadhan dan momen spesial di hari Idul Fithri.

Bahan kain Linen yang satu ini adalah salah satu pengganti kain Linen Euro yang sudah discontinued di katalog Mizutex.

Kabar baiknya adalah, Linen Italy adalah kain Linen yang jauh lebih bagus daripada Linen Euro, meskipun harganya mahal. Meskipun mahal, kalau kita sudah bicara soal kualitas tentu kita tidak mau kompromi ‘kan?

Linen Italy masih masuk dalam keluarga bahan kain Linen yang casual. Yaitu bahan kain yang memiliki sifat kusut dan dapat dibilang mudah kusut, namun dengan sensasi kusut yang tampak elegant.

Setelah melakukan pengamatan yang mendalam terhadap bahan kain Linen Italy ini, Mizutex mengambil kesimpulan bahwa kain ini patut menyandang gelar kain Linen Premium.

Musim produksi menjelang Ramadhan dan Idul Fithri
Linan Italy dan Linen Euro (coklat) by Mizutex

Ditinjau dari segi mutu, kain ini halus, lembut, tidak panas, tidak bikin gerah dan akan terasa nyaman jika dijadikan baju koko, kemeja atau kimono.

Ditinjau dari sensasi kusut yang dimilikinya, kain ini memang patut mendapatkan apresiasi. Karena, sensai kusut yang dimilikinya tampak lebih bagus dari pada Linen Euro yang kadang terlihat agak lecek.

Sebagai informasi tambahan, kini di catalog Mizutex telah ada 3 jenis kain Linen Premium, yaitu Linen Italy (Rp. 175.000/m), Linen Dubai (Rp. 70.000/m) dan Linen Muschino yang sebagian orang menamainya Linen Italy namun dengan harga yang lebih murah (70.000/m).

Adapun penjelasan lebih lengkap tentang bahan-bahan kain Linen Premium yang tersedia di Mizutex dapat disimak pada artikel berjudul New Arrival: 3 kain Linen Premium Mizutex sebagai pengganti Linen Euro.

Katun-Exclusive-Mizutex-adalah-jenis-kain-katun-yang-istimewa
Katun Exclusive Mizutex

Katun Exclusive Mizutex

Satu lagi produk bahan katun polos premium di Mizutex.com, kali ini namanya adalah Katun Exclusive Mizutex. Bahan Katun Exclusive ini berbeda dengan bahan katun pada umumnya, baik dari segi karakteristiknya maupun ciri khas yang dimilikinya.

Berbeda dengan bahan katun Toyobo, katun Supernova maupun katun Ima, Katun Exclusive Mizutex adalah bahan katun yang jatuh dan agak licin. Permukaan kainnya tidak kilap alias lebih doff, sama halnya dengan warna bahan Megumi atau Drama Queen.

Ada yang menarik untuk diketahui dari bahan Katun Exclusive ini, bahwa kain katun ini tidaklah kaku sebagaimana kain katun yang beredar pada umumnya. Contohnya katun Toyobo, Supernova atau Ima, ketiganya adalah jenis katun dan meskipun tergolong kain katun yang ringan, namun tidak bersifat jatuh seperti bahan Wolfis ataupun Megumi.

Nah, berbeda sekali dengan Katun Exclusive ini, meskipun masuk dalam keluarga kain katun, namun rupanya kain ini jatuh seperti halnya Wolfis dan Megumi.

Katun Exclusive biru telur asin dan Megumi Japan tosca by Mizutex

Disamping itu, karakteristik bahan Katun Exclusive adalah halus lembut, agak licin, adem dan nyaman untuk fashion ikhwan maupun akhwat. Boleh dikata, katun Exclusive menjadi pesaing baru untuk bahan Megumi, karena kualitasnya yang mirip-mirip. Namun, perlu diketahui, bahwa Katun Exclusive adalah lebih tipis dari kain Megumi.

Adapun ciri khas Katun Exclusive adalah tekstur garis-garis lurus yang seperti membentuk kotak segi empat dan terlihat halus. Tekstur garis-garis ini pun tidak terlalu mencolok. Dengannya membuat Katun Exclusive menjadi tampak lebih elegant dan juga stand out dari bahan katun yang sudah lazim.

Katun-Ima-Polos-murah-berkualitas-by-Mizutex
Katun Ima Polos murah berkualitas by Mizutex

Katun Ima Polos

Setelah berbincang-bincang dengan sederet kain premium, kini waktunya Mizutex mengajak anda untuk melirik kepada kain ekonomis yang berkualitas. Salah satunya yang ingin dibahas pada kesempatan ini adalah katun Ima polos.

Katun Ima Polos sebenarnya bukanlah jenis kain baru di catalog produk Mizutex, yang pada beberapa waktu yang lalu sempat ditiadakan dengan berbagai pertimbangan.

Saat ini, kami menghadirkan kembali produk bahan katun Ima Polos ini dengan berbagai pilihan warna yang menarik. Tentunya dengan kualitas yang jempolan dan harga yang murah-meriah.

Perlu diketahui, meskipun katun Ima Polos tergolong kain murah, namun jangan dianggap remeh kualitasnya. Karena, bahan katun ini memiliki karakteristik yang adem, halus, lembut dan ringan, namun agak lebih tipis daripada kain katun Toyobo Original.

Meski sama-sama impor Jepang, ada perbedaan harga yang cukup signifikan antara Ima polos dan Toyobo. Katun Ima polos dihargai lebih murah daripada katun Toyobo.

Adapun secara penampilan, dapat dikatakan bahwa katun Ima Polos mirip dengan katun Toyobo Original. Namun dari segi ketebalan bahan kain, Ima Polos berada di bawah katun Toyobo Original. (Baca: Bagaimana membedakan katun Toyobo dan Katun Ima agar anda tidak terkecoh?).

Bahan katun Ima Polos adalah bahan kain katun yang lebih tipis daripada katun Toyobo Original. Disamping itu, mungkin perlu ditegaskan bahwa katun Ima Polos ini terkesan semi menerawang. Artinya, pada warna-warna gelap di kain katun Ima Polos ini dapat dikatakan tidak menerawang, namun di warna-warna cerah seperti putih atau krem, katun Ima Polos mungkin akan terlihat menerawang.

Overall, katun Ima Polos adalah kain katun ekonomis yang sudah memiliki tempat di hati pelanggan dan penggemar bahan kain ekonomis berkualitas. Dikarenakan harganya yang ekonomis bagi rumah produksi, umumnya katun Ima Polos ini lebih diperuntukkan kepada fashion anak hingga dewasa pria atau bisa juga digunakan sebagai jilbab segi empat. (Baca: Mengenal bahan Moscrepe lebih dekat dan seperti apa penjelasannya secara detail).

Musim-produksi-menjelang-Ramadhan-dan-Idul-Fithri-telah-datang,-punya-rekomendasi-kain-apa
Musim produksi menjelang Ramadhan dan Idul Fithri telah datang, punya rekomendasi kain apa?

Musim produksi menjelang Ramadhan dan Idul Fithri telah datang, punya rekomendasi kain apa?

Demikianlah sekelumit bahan kain yang menjadi rekomendasi Mizutex untuk rumah produksi menjelang bulan Ramadhan dan Idul Fithri. Semoga artikel sederhana ini dapat membuka wawasan kita tentang bahan kain berkualitas yang premium dan ekonomis. Kami sangat senang jika anda merasa mendapatkan manfaat dari artikel kami dan berkenan untuk membagikannya kepada orang lain.

Jika anda berminat untuk membeli salah satu bahan kain yang telah kami sebutkan diatas, jangan sungkan untuk menghubungi kami via Whatsapp dan kami ucapkan terima kasih karena telah membaca artikel kami tentang Musim produksi menjelang Ramadhan dan Idul Fithri telah datang, punya rekomendasi kain apa? Dan jika anda adalah penulis, menjadi kontributor di salah satu website publisher atau sedang mengelola toko online, jangan lupa untuk menyebutkan sumber dari Mizutex.com ketika mengambil konten dari website kami. [Mizutex]