Mizutex.com – Belum lama ini telah hadir di katalog produk Mizutex, tiga jenis bahan kain Linen Premium yang menjadi pengganti bagi Linen Euro yang sudah discontinued. Ketiga bahan kain Linen Premium terbaru ini memiliki beberapa peningkatan secara kualitas dari Linen Euro. Lalu, apa saja keunggulan yang dimiliki oleh 3 bahan Linen Premium ini?

Berikut ulasan selengkapnya dari redaksi Mizutex.

Kain Linen Premium itu lebih bagus lho daripada Linen Euro

Bahan kain Linen Premium terbaru yang dijual oleh Mizutex adalah bahan linen yang kualitasnya lebih bagus daripada Linen Euro. Bahan Linen Premium ini juga lebih adem dan lebih lembut, khususnya jenis bahan kain Linen Italy.

Bagi pembaca yang ingin mengambil konten website Mizutex, baik berupa foto maupun artikel, secara parsial ataupun keseluruhan, maka wajib mencantumkan sekurang-kurangnya Mizutex.com. Hal ini sebagai tanggung jawab intelektual dan untuk menghindari kejahatan plagiarism di dunia online.

Pada awalnya, Mizutex sudah puas dengan bahan Linen Euro yang sempat dijual dengan harga 45.000/m. Dengan rate harga yang cukup terjangkau, bahan kain legendaris ini pun banyak diminati oleh pelanggan Mizutex.

Namun, seiring berjalannya waktu, bahan Linen Premium pun datang dan menurut hemat kami sebaiknya bahan Linen Euro harus dimasukkan dalam daftar kain yang discontinued. (Baca: Bahan kain linen seperti apa? Yuk kita ketahui keunggulan dan karakteristiknya).

Kain Linen Premium Mizutex Linan Italy Premium import
Bahan kain Linen Italy Premium import (Pure Linen) by Mizutex

Jenis bahan kain Linen Premium

Di katalog bahan kain Mizutex, telah tersedia tiga (3) jenis bahan kain Premium, yaitu; Linen Italy (Pure Linen), Linen Dubai dan Linen Muschino (dinamai juga Linen Italy). Ketiga jenis bahan kain linen ini sangat mudah dibedakan. Cukup melalui foto yang baik, jelas dan dengan pencahayaan yang bagus, anda sudah dapat mengetahui dengan baik perbedaan jenis kain linen ini.

Alhamdulillah, redaksi Mizutex berhasil mendokumentasikan ketiga foto untuk bahan kain Linen Premium ini melalui view yang tepat. Hal ini pun dapat memudahkan pembaca untuk mengetahui perbedaannya secara mendetail, insya Allah.

Adapun penjelasan dari ketiganya berdasarkan deskripsi dan gambarnya, dapat dilihat pada poin-poin di bawah ini:

Linan Italy Premium import by Mizutex
Linan Italy Premium import (Pure Linen) by Mizutex

Linen Italy Premium import (Pure Linen)

Bahan kain Linen Premium (Pure Linen) adalah jenis kain linen yang paling mahal diantara bahan Linen Premium yang dijual oleh Mizutex. Linen Italy merupakan jenis kain linen premium import yang lebih lembut dan lebih lemas karakteristiknya dibandingkan Linen Euro. Bahan kainnya pun adem dan halus, namun bersifat agak kaku dan terlihat casual.

Serat kain Linen Italy lebih kecil ketimbang Linen Euro. Susunan serat-serat benangnya pun terkesan lebih rapat. Berbeda halnya dengan Linen Euro, dimana serat-serat benangnya agak besar-besar dan longgar (namun setelah dicuci serat Linen Euro bisa lebih rapat, red).

Pertama kali anda menerima bahan Linen Italy, mungkin anda akan mengira bahwa kain Linen ini kaku. Namun, ternyata setelah melalui proses pencucian dengan deterjen, justeru bahan Linen Premium ini terasa lebih lembut, lemas dan lebih nyaman.

Karakteristik kainnya pun jadi lebih jatuh dan bagus.

Ciri khusus bahan Linen Italy adalah adanya tekstur garis-garis atau slub yang terlihat cukup jelas di seluruh permukaan kainnya. Berdasarkan susunan slub-slub yang dimilikinya, kain ini mirip seperti bahan katun Ima Slub, tapi lebih kaku dan lebih tebal.

Bahan kain Linen Italy juga termasuk bahan kain casual dengan gaya santai. Bahan Linen ini memiliki sensasi kain kusut seperti halnya Linen Euro.

Kabar baiknya—berdasarkan pengamatan Mizutex sejauh ini—bahwa sensasi kusut (casual) yang tampak di kain Linen Italy adalah lebih bagus daripada Linen Euro (lihat gambar).

Linan Italy Premium import adalah bahan kain linen casual rekomendasi Mizutex untuk menggantikan Linen Euro
Linan Italy Premium import dan Linen Euro (coklat) by Mizutex

Dapat dibandingkan dengan bahan Linen Euro, bahwa sensai kusut (casual) yang dimilikinya terkadang terkesan agak lecek dan tidak natural.

Overall, baik Linen Italy maupun Linen Euro keduanya adalah bahan kain Linen yang bagus dan sama-sama adem. Jika anda suka, Linen Italy dan Linen Euro dapat disetrika, sehingga lebih terlihat rapi.

Namun, para penggemar bahan kain linen pada umumnya lebih suka dengan karakteristiknya yang apa adanya (terkesan kusut), karena lebih terlihat casual dan santai.

Menurut pengalaman redaksi Mizutex, Linen Italy Premium import adalah jenis kain linen yang sangat sulit disetrika. Kain linen ini mampu mempertahankan sensasi kusut casual yang dimilikinya. Sehingga, meskipun sudah disertika dengan suhu maksimal, sensasi casualnya sulit untuk dihilangkan.

Bebeda dengan bahan kain linen yang lainnya yang sngat mudah untuk disetrika. Mungkin akan lebih mudah jika menggunakan setrika uap, agar serat kain tidak mudah rusak dan kainnya mudah dihaluskan.

Namun demikian, tidak perlu risau dengan gaya casualnya Linen Italy, karena kesan casualnya tetap tampak elegant dan premium. Terlebih bagi yang suka sekali dengan gaya kain seperti saya. Justeru, hal tersebut bukanlah persoalan penting dan malah dianggap sebagai kelebihannya.

Perlu diinformasikan, bahwa sifat yang dimiliki bahan Linen Italy adalah tidak jatuh, tidak menerawang dan tidak pula tembus pandang. Kainnya breathable dan lebih halus daripada Linen Euro.

Perlu diberitahukan pula, bahwa bahan kain Linen Italy Premium import (Pure Linen) yang dijual oleh Mizutex mungkin berbeda dengan Linen Italy yang ditawarkan oleh toko-toko kain yang lain.

Linen-Dubai by Mizutex
Linen Dubai by Mizutex

Linen Dubai

Bahan Linen Dubai adalah bahan kain Linen yang memiliki ciri-ciri berupa bintik-bintik benang kusut yang tersebar di seluruh permukaan kainnya. Pernah ingat dengan bahan Linen Ruby? Nah, seperti itulah permukaan bintik-bintik benang kusut yang ada pada Linen Dubai.

 Akan tetapi, bintik-bintik benang kusutnya jauh berbeda dengan Linen Ruby dan kerapatan serat benangnya pun sangat berbeda.

Ukuran bintik-bintik benang kusut pada Linen Dubai adalah jauh lebih kecil. Mungkin hanya seukuran semut-semut.

Tidak seperti Linen Ruby, yang bintik-bintik benang kusutnya besar-besar, bahkan hingga bisa sebesar uang receh 200-an.

Bahan kain Linen Dubai termasuk jenis kain Linen Premium di katalog Mizutex, namun dengan harga yang jauh lebih murah daripada Linen Italy dan masih lebih mahal daripada Linen Euro.

Perlu diingat, bahwa Linen Dubai yang dijual oleh Mizutex memiliki ciri bintik-bintik benang kusut sebagamana yang ditampilkan pada gambar. Sedangkan Linen Dubai yang dijual oleh toko-toko kain yang lain tidaklah seperti itu. Jadi, namanya mungkin sama “Linen Dubai” tapi ternyata ciri-ciri kainnya berbeda.

Linen Dubai Premium by Mizutex
Linen Dubai Premium by Mizutex

Oleh karena itu, perlu dipastikan dahulu jenis kain Linen Dubai yang anda sukai yang seperti apa, baru setelah itu mengambil keputusan untuk membeli.

Karakteristik bahan kain Linen Dubai adalah sedikit lebih kaku daripada Linen Italy, meskipun sudah dicuci. Tampak dari kejauhan, Linen Dubai seolah-olah seperti Linen 3G, tapi Linen Dubai jauh lebih tebal daripada Linen 3G.

Setelah dilakukan pengamatan dengan seksama, serat-serat benang yang menyusun kain Linen Dubai adalah hasil subtitusi antara serat benang berwarna dan serat benang putih. Sebagai akibatnya, warna yang memancar dari bahan kain Linen Dubai tidaklah kontras, akan tetapi lebih warm (hangat) dan cenderung soft.

Bahan kain Linen Dubai merupakan jenis kain yang tidak menerawang, tidak jatuh, cukup breathable, tidak panas dan tidak licin. Secara umum, karakteristiknya identik dengan bahan kain Linen Muschino.

Bahan Linen istimewa
Linen Muschino by Mizutex

Linen Muschino (disebut juga Linen Italy)

Linen Muschino adalah jenis kain linen yang berserat benang tebal dan tampak agak besar. Ciri-ciri yang dimiliki oleh bahan Linen Muschino adalah serat kainnya yang membentuk garis-garis putih putus-putus.

Setelah diperhatikan lebih mendetail, rupanya terlihat bahwa komposisi serat-serat benang pada setiap warna di kain Linen Muschino adalah hasil subtitusi dua jenis serat benang.

Pertama, terdiri dari serat benang berwarna kontras.

Kedua, terdiri dari serat benang berwarna putih.

Berdasarkan hasil subtitusi dua serat yang berbeda warna ini, akhirnya tampaklah tekstur pada bahan Linen Muschino ini seperti ada kesan bergaris-garis putih.

Karakteristik bahan kain Linen Muschino adalah tidak menerawang, tidak jatuh, cukup breathable, tidak panas dan tidak licin. Bahan kain Linen Muschino sedikit lebih kaku daripada Linen Italy, meskipun sudah dicuci.

Linen Muschino Premium by Mizutex
Linen Muschino Premium by Mizutex

Perlu disebutkan, bahwa bahan Linen Muschino juga disebut sebagai Linen Italy (tertera pada label kainnya, red). Namun bukanlah berarti bahwa Linen Dubai adalah Linen Italy (Pure Linen) sebagaimana yang telah Mizutex jelaskan pada poin pertama jenis kain Linen.

Oleh karena itu, jangan sampai salah kaprah menyebut Linen Italy adalah Linen Muschino. 

Namun, yang benar adalah, bahwa Linen Muschino merupakan kain linen dengan label Italy. Perbedaan antara Linen Muschino dan Pure Linen (Linen Italy) adalah sangat jauh, baik dari segi keunggulan bahan kainnya, karakteristiknya dan juga harganya. 

Penting untuk diketahui, bahwa Linen Muschino yang dijual oleh Mizutex mungkin akan berbeda dengan Linen Muschino yang dijual oleh toko kain yang lain. Mohon dipastikan dahulu bahan linen seperti apa yang anda suka, sebelum memutuskan untuk membeli. 

Sebagai kesimpulannya, bahwa Linen Muschino adalah jenis kain linen yang masuk dalam daftar Linen Premium Mizutex. Harga Linen Dubai adalah jauh lebih murah daripada Linen Italy dan masih lebih mahal daripada Linen Euro. Karakteristiknya secara umum juga identik dengan bahan kain Linen Dubai. 

Penasaran dengan 3 jenis kain Linen Premium ini? Yuk dapatkan segera di Mizutex 

Demikianlah pembahasan sederhana, singkat dan padat, tentang 3 jenis Linen Premium yang telah dijabarkan oleh redaksi Mizutex. Semoga penjelasan artikel dan gambar yang telah didokumentasikan oleh redaksi Mizutex ini dapat diambil manfaatnya. 

Bagi pengunjung baru website Mizutex, semoga dengan hadirnya artikel ini dapat menambah wawasan bagi anda tentang jenis-jenis kain dalam industri tekstil di era modern saat ini. (Baca: Jenis-jenis kain dalam industri tekstil dan karakteristiknya dibahas lengkap).

Dihadirkannya bahan Linen Premium di katalog produk Mizutex adalah sebagai upaya untuk merealisasikan komitmen kami untuk selalu menghadirkan produk-produk bermutu dan berkualitas. Dan jika dalam pembahasan redaksi terdapat hal-hal yang belum jelas, jangan sungkan untuk bertanya di kolom komentar dibawah.

Terima kasih telah berkenan untuk mampir di website kami dan berkenan untuk membaca penjelasan kami tentang 3 Kain Linen Premium di Mizutex sebagai pengganti bahan Linen Euro. Dan sebelum stok bahan Linen Premium ini menipis, segera hubungi admin Mizutex untuk melakukan fast order. [Rizal]

Artikel Terkait: