Perbedaan bahan Wolfis dan bahan Wollycrepe yang harus anda ketahui

Mizutex.com — Kedua bahan Wolfis dan bahan Wollycrepe adalah jenis kain yang cukup identik. Sehingga tidak menutup kemungkinan kalau ada yang mengira, bahwa keduanya sama. Agar tidak keliru ketika memilih, mari ketahui apa Perbedaan bahan Wolfis dan bahan Wollycrepe yang harus anda ketahui.

 Bagi pecinta bahan kain polos, adanya tekstur khas pada jenis kain tertentu merupakan suatu daya tarik tersendiri. Sebagai contoh kain Crepe, Balotelly, Linen Look dan yang lainnya. Umumnya mereka memutuskan membeli jenis kain tertentu didasari oleh, pertama, tekstur seratnya. Kedua, karakteristik kainnya.

Hal ini dapat dikatakan wajar, namanya juga fithrahnya manusia, rabaan inderawi terhadap aneka jenis kain tertentu dapat memberikan penilaian yang tersendiri.

Apalagi bagi wanita, selain ingin tampil elegan, punya pakaian dari bahan yang bertekstur unik adalah kesenangan yang tersendiri. Meskipun, sebenarnya juga tidak terlalu kasat mata.

Ketika menjelajahi berbagai toko kain, mungkin anda akan menemukan jenis kain yang mirip atau serupa, namun ternyata berbeda. Misalnya antara bahan Wolfis dan bahan Wollycrepe.

Setelah redaksi Mizutex melakukan beberapa pengamatan, ternyata banyak juga yang masih ragu mana bahan Wolfis dan mana bahan Wollycrepe. Oleh karena itu, Mizutex merasa terpanggil untuk membuat artikel ini.

Sebelum beranjak lebih jauh, Mizutex ingin mengajak anda untuk berkenalan dengan jenis kain Wolfis dan Wollycrepe terlebih dahulu.

Perbedaan bahan Wolfis dan bahan Wollycrepe yang harus anda ketahui

Mengenal Bahan Wolfis

Bahan Wolfis merupakan jenis kain yang dikenal murah dan dengan spesifikasi yang cukup baik. Secara umum, bahan Wolfis diakui sebagai bahan kain yang tidak bikin gerah, halus, ringan dan jatuh.

Tentunya, spesifikasi tersebut masih ada batasnya, sebagai kain yang berpredikat ekonomis dan terjangkau.

Kalau mau jujur, tentu sangat banyak jenis kain yang dapat mengunggulinya dari berbagai sisi.

Namun demikian, berbicara soal bahan kain, tidak serta merta diukur dari harganya saja, namun juga sejauh mana kapabilitasnya untuk menjawab kebutuhan setiap konsumen.

Sebagai faktanya, bahan Wolfis ini masih menjadi kain yang paling populer di dunia per-tekstil-an, seperti baju koko, jilbab dan gamis Syar’i. Harus diakhui bahwa bahan Wolfis masih menjadi trending topic.

Rupanya, bahan Wolfis masih memiliki daya tarik tersendiri.

Jika anda ingin mendapatkan gambaran yang lebih terperinci tentang apa itu bahan Wolfis, Mizutex telah memberikan penjabaran yang cukup panjang lebar pada artikel, Bahan Wolfis itu apa? Inilah keunggulannya yang harus anda ketahui.

Perbedaan bahan Wolfis dan bahan Wollycrepe yang harus anda ketahui

Mengenal bahan Wollycrepe

Jenis kain yang satu ini merupakan kain dari keluarga Crepe, yaitu kain yang memiliki tekstur seperti kulit jeruk. Adapun bahan Wollycrepe itu sendiri merupakan jenis kain Crepe yang tekstur kulit jeruknya paling halus dan tidak terlalu mencolok, sebagaimana kain Crepe pada umumnya.

Mungkin ada yang mengira, kalau bahan Wollycrepe bukan dari keluarga Crepe, karena pada serat kainnya tidak seperti bahan Crepe pada umumnya. (Baca: Jenis bahan kain Crepe itu apa aja? Penjelasan dan gambarnya lengkap).

Karakteristik bahan Wollycrepe, jika diraba cukup halus. Secara sepintas rabaannya memang hampir mirip dengan bahan Wolfis. Cuma, tekstur crepe-nya lebih terasa.

Bahan Wollycrepe merupakan bahan yang, ringan, jatuh, tidak menerawang dan juga tidak bikin gerah.

Jika dilihat dari jarak yang sangat dekat, serat kain Wollycrepe ini terlihat mirip dengan bahan Wolfis, namun memiliki ukuran yang lebih besar. Dapat dilihat lebih jelas pada gambar berikut ini:

Perbedaan bahan Wolfis dan bahan Wollycrepe yang harus anda ketahui

Perbedaan bahan Wolfis dan bahan Wollycrepe yang harus anda ketahui

Pada gambar diatas, dapat dilihat bahwa serat bahan kain Wollycrepe (warna hijau) hampir mirip dengan bahan Wolfis (biru tosca gelap). Hanya saja, ukuran serat benangnya tampak lebih besar.

Perbedaan bahan Wolfis dan bahan Wollycrepe yang harus anda ketahui

Table komparasi antara bahan Wolfis dan bahan Wollycrepe

Setelah mengetahui perbedaan bahan Wolfis dan bahan Wollycrepe secara spesifik, kini saatnya membandingkan unsur-unsur yang paling mencolok diantara keduanya.

Agar lebih memudahkan dalam melakukan perbandingan, berikut ini Mizutex menampilkan table komparasi dan beberapa catatan secara singkat:

 

Jenis kain Bahan Wolfis Bahan Wollycrepe
Serat kain Memiliki serat yang halus, rapat dan hampir tidak kasat mata. Memiliki serat yang sedikit lebih besar dari Wolfis dan serat crepe-nya cukup terlihat oleh mata. Tersusun seperti benang yang saling silang.
Tekstur kain Teraba halus meskipun tidak licin. Kainnya tidak kasar dan tidak memiliki rabaan yang khas pada serat benangnya. Teraba lebih keset dan tidak licin jika dibandingkan Wolfis. Kainnya teraba seperti sedikit berpasir yang merupakan ciri khas kain Crepe. Pada jenis Wollycrepe tertentu seratnya teraba lebih lembut.
Karakteristik kain Agak tipis, ringan, jatuh, tidak menerawang. Diyakini kainnya terlalu gombyor, ngeplak (ngecap) dan mudah membentuk format tubuh. Meskipun terasa sedikit lebih berat dari Wolfis, namun masih tergolong ringan. Jatuh namun tidak terlalu gombyor atau ngeplak. Sedikit lebih tebal daripada Wolfis.
Daya serap Tidak menyerap keringat Tidak menyerap keringat
Harga kain Tergolong kain yang murah, kisaran harga 26.000/m dengan berbagai grade kualitas yang berbeda-beda di setiap toko. Kain yang lebih mahal daripada Wolfis, kisaran harga 35.000/m dengan berbagai grade kualitas yang berbeda-beda di setiap toko.

 

Table dibuat oleh: Mizutex

Perbedaan bahan Wolfis dan bahan Wollycrepe yang harus anda ketahui

Keunggulan bahan Wolfis dibandingkan bahan Wollycrepe

Beberapa keunggulan yang dimiliki bahan Wolfis adalah kainnya yang teraba halus ketimbang Wollycrepe. Beberapa orang mungkin tidak suka dengan kain crepe yang terkesan seperti berpasir, sebagaimana hal itu bisa dirasakan pada bahan Wollycrepe.

Diantara hal yang paling diunggulkan pada bahan Wolfis adalah harganya yang terbilang ekonomis. Untuk keperluan produksi, Wolfis dapat memberikan jawaban harga yang paling murah. Khususnya untuk pembelian dalam jumlah rollan. Harganya yang diperoleh dapat jauh lebih murah lagi.

Oleh karena itu, biasanya harga jual produk pakaian dan gamis dari bahan Wolfis sangat bersaing ketat dari segi harga.

Sedangkan, untuk bahan Wollycrepe, dengan adanya peningkatan beberapa strip diatas Wolfis, akhirnya cukup berdampak dari sisi harga. Untuk produk-produk jilbab dan gamis Syar’i dari bahan Wollycrepe, tentu tidak dapat menyaingi bahan Wolfis dari segi harga.

Adapun kekurangan yang dimiliki bahan Wolfis adalah kainnya yang terlalu gombyor dan ngeplak.

Menurut pendapat orang tertentu, bahan Wolfis ini tidak dapat memberikan proteksi yang baik untuk melindungi format (bentuk) tubuh. Meskipun, sebenarnya dapat diatasi dengan mendesain gamis umbrella ketika menggunakan bahan Wolfis.

Perbedaan bahan Wolfis dan bahan Wollycrepe yang harus anda ketahui

Keunggulan bahan Wollycrepe dibandingkan bahan Wolfis

Sebagai jenis kain dari keluarga Crepe, tentu sensasi kain “berpasir” memiliki keunggulan yang tersendiri menurut sebagian orang. Karena, tekstur kain dengan serat yang rapat dan tidak berciri khusus seperti Wolfis, dianggap sebagai jenis kain yang membosankan.

Bahan Wollycrepe adalah jenis kain yang memiliki serat Crepe yang khas, namun tidak terlalu mencolok. Karakteristik kainnya juga tidak terlalu gombyor atau ngeplak, sehingga membuat Wollycrepe diakui lebih unggul ketimbang Wolfis.

Bahan Wollycrepe mungkin dianggap lebih kasar daripada Wolfis, namun taukah anda, bahwa bahan Wollycrepe ini memiliki grade yang berbeda-beda?

Sebut saja Wollycrepe premium, ia memiliki tekstur kain yang lebih lembut dan halus daripada Wollycrepe pada umumnya. (Baca: Perbedaan kain Barbie Crepe dan Wolly Crepe Premium yang harus anda ketahui).

ini Perbedaan bahan Wolfis dan bahan Wollycrepe yang harus anda ketahui

Perbedaan bahan Wolfis dan bahan Wollycrepe yang harus anda ketahui

Demikianlah perbandingan yang dapat disajikan oleh redaksi Mizutex tentang Perbedaan bahan Wolfis dan bahan Wollycrepe yang harus anda ketahui. Perbandingan kedua jenis kain ini mungkin masih relatif dan mungkin berbeda kesimpulan pada setiap orang.

Namun demikian, setidaknya referensi yang digambarkan oleh Mizutex disini dapat memberikan jawaban bagi siapa saja yang masih awam tentang jenis-jenis kain. Khususnya, kain yang hampir serupa, namun tak sama sebagaimana Wolfis dan Wollycrepe.

Sebagai kesimpulannya, bahwa antara Wolfis dan Wollycrepe memiliki kesamaan jika ditinjau dari karakteristik kainnya, yaitu ringan, halus, tidak menerawang dan tidak menyerap keringat. Perbedaannya terletak pada tekstur kain dan ketebalan kainnya.

Redaksi Mizutex mengucapkan terima kasih atas perhatian dan kesediaannya membaca artikel kami hingga usai. Jika anda merasa mendapatkan manfaat dari artikel kami, tidak ada salahnya untuk berbagi kepada yang orang lain dengan tetap menyebutkan sumber dari Mizutex.com

Jika ingin berbelanja aneka jenis kain, kini anda sudah berada di tempat yang tepat. Selain sebagai warta berita tentang kain tekstil, Mizutex juga sebagai toko kain online yang menjual aneka jenis bahan kain berkualitas. Hubungi admin Mizutex sekarang untuk mendapatkan penawaran harga terbaik.

Perbedaan bahan Wolfis dan bahan Wollycrepe yang harus anda ketahui

 

Baca juga artikel berikut ini: