Mizutex.com — Pernah mendengar kata Samarinda? Ini adalah salah satu kota besar di Kalimantan Timur dan akan menjadi ibukota. Nah, jauh hari sejak beberapa puluh tahun silam, Samarinda sudah dikenal dengan produk tesktilnya yang digemari oleh berbagai kalangan. Apakah itu? Sarung Samarinda high quality bahannya halus dan lembut.

Kali ini redaksi Mizutex ingin mengupas secara sekilas tentang apa dan bagaimana Sarung Samarinda high quality. Berhubung, redaksi Mizutex sendiri juga sudah sangat lama berinteraksi dengan produk khas kota Samarinda satu ini.

Sarung Samarinda itu seperti apa?

Sarung Samarinda pada dasarnya adalah jenis produk tekstil berupa sarung siap pakai. Umumnya, masyarakat di pulau Borneo menggunakan sarung ini untuk menemani kegiatan shalat 5 waktu di Masjid, khususnya bagi kaum lelaki. Dibandingkan produk sarung lainnya, Sarung Samarinda dinilai lebih unggul, karena banyak alasan. Diantaranya adalah kainnya halus, tidak mudah kusut, tidak perlu disetrika, proses pencucian mudah, praktis, serta warna dan kainnya terbilang awet hingga puluhan tahun.

Perlu disebutkan, bahwa produk sarung ini adalah banyak sekali variannya, sama halnya dengan bahan-bahan kain tekstil yang lain. Produk sarung ini memiliki bahan dasar dari kain yang memiliki kualitas yang sangat beragam. Ada yang kasar dan panas, namun ada juga yang adem dan nyaman digunakan untuk aktifitas ibadah bagi kaum laki-laki.

Produk sarung ini dapat diperoleh dimana?

Produk Sarung Samarinda ini dibuat oleh banyak pabrik atau produsen tekstil. Meski demikian, biasanya karakteristik dari setiap produk ini adalah sama, yaitu jatuh dan tidak mudah kusut. Yang membedakannya adalah mutu, kualitas, tingkat kelembutan bahan kain, tingkat keawetan produk secara umum dan yang terakhir adalah corak atau motif yang ditawarkan.

Masing-masing produsen akan menawarkan corak dan warna yang khas sesuai dengan kreatifitas mereka. Namun, dengan tetap membawa paduan warna dan kreasi motif suku Kalimantan.

Perbedaan mutu dan kualitas bahan sarung ini tentu akan menentukan harga jualnya. Jika harganya murah, sudah barang tentu tingkat kenyamanan dan grade mutunya akan sangat berbeda dengan yang mahal.

Sebagai kesimpulannya, yang saat ini menjadi pilihan redaksi Mizutex adalah dari brand Al-Jannah. Merk satu ini adalah merk yang memang memproduksi sarung khas pulau Kalimantan di kota sungai Mahakam, yaitu Samarinda.

Jadi, dapat dikatakan, bahwa produk Al-Jannah adalah benar-benar 100% original dari Samarinda. Karena, ia bisa diperoleh di Samarinda serta tidak diproduksi di tempat atau kota lain selain Samarinda (sejauh pengetahuan redaksi Mizutex hingga saat ini, red).

Semakin masyhurnya produk sarung ini, lambat laun, banyak pabrik, baik skala kecil maupun besar yang memproduksinya. Tidak jarang, produk-produk sarung luar kota juga dilabeli sebagai Sarung Samarinda, padahal tidak diproduksi di Samarinda.

Hal ini, mengingat semakin pesatnya perkembangan industri dan semakin ketatnya persaingan pasar tekstil, khususnya di bidang pembuatan sarung.

Boleh dibilang, memang benar ada produk-produk yang menggunakan nama Sarung Samarinda untuk mendongkrak popularitasnya, sehingga dapat laris manis dijual. Namun sejatinya, ia bukan produk asli dari kota Samarinda dan kualitasnya pun pasti berbeda dengan yang asli.

Tidak hanya itu, corak atau motif sarung dari kota Mahakam yang original, berbeda dengan motif sarung yang bukan dari kota Mahakam atau yang diproduksi di kota-kota lain, misalnya dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Sarung Samarinda high quality, inilah merk terbaik yang original 100% dengan kain yang halus dan lembut.
Detail corak dan kain Sarung Samarinda Al-Jannah by Mizutex

Beda antara Sarung Samarinda dan Sarung Tenun Samarinda

Perlu diingat, bahwa Sarung Samarinda adalah produk yang berbeda dengan Sarung Tenun Samarinda.

Sarung Samarinda adalah produk berbahan dasar kain yang kemudian dilakukan manipulasi tekstil sehingga menjadi produk jadi sebuah sarung. Nilai khas dari produk sarung ini adalah karakteristik kainnya yang jatuh, ringan dan tidak panas. Bahan kainnya sangat berbeda dengan bahan kain dari produk-produk sarung lainnya.

Sedangkan motif yang dimilikinya adalah motif pabrikan, bukan dari benang rajut atau tenun. Dan meskipun sarung ini adalah produk pabrikan (baik skala kecil maupun besar). Namun produk ini tetap membawa corak khas kota Samarinda. Jadi ada perpaduan khas yang tidak ditemui pada produk-produk sarung lain. Pertama dari segi bahan kainnya, kedua dari segi motif yang dimilikinya.

Adapun Sarung Tenun Samarinda adalah sarung yang diproduksi secara manual oleh pengrajin tenun di kota Samarinda. Nilai jual Sarung Tenun ini adalah lebih mahal daripada produk sarung pabrikan.

Tentu saja, alasannya adalah karena Sarung Tenun ini adalah sarung yang hingga saat ini masih diproduksi secara manual. Serta kreatifitas motif tenun yang dihasilkannya pun adalah berdasarkan pengalaman pengrajin tenun di kota Samarinda. Keunikan dan kelebihan sarung yang 100% manual, memiliki nilai jual yang tinggi dan daya tarik tersendiri.

Selain karena tingkat kesulitannya yang tinggi, serta membutuhkan kesabaran yang ekstra, namun juga adalah karena jumlah pengrajin di Samarinda yang berkompeten sudah mulai langka. Tak heran, jika sarung tenun menjadi hal yang langka dan antik.

Sarung Samarinda brand Al-Jannah by Mizutex.com

Sarung Samarinda brand Al-Jannah

Diantara produk Sarung yang dijual oleh Mizutex adalah produk sarung dari brand Al-Jannah.

Jika ditanya, apakah ada merk sarung yang lebih baik dari Al-Jannah?

Wallahu a’lam, sejauh pengalaman redaksi, inilah merk yang paling baik, serta sesuai antara harga dan kualitasnya. Selain itu, sudah ada banyak orang yang membuktikan kualitasnya, termasuk redaksi Mizutex sendiri. Sehingga, merk sarung yang satu ini sangat disukai dan digemari oleh banyak kalangan.

Produk sarung yang satu ini tentu berbeda dengan jenis sarung kebanyakan. Kainnya lebih halus, lebih tebal, lebih adem dan berkualitas.

Keunggulannya yang paling terasa adalah karakteristik kainnya yang tidak kasar, tidak panas dan awet dipakai. Berbeda sekali dengan sarung versi murah yang cenderung kasar, panas dan tidak awet.

Pengalaman kami menggunakan sarung dari brand Al-Jannah adalah kainnya mudah dicuci, tidak mudah kusut, ringan dibawa, ironless dan awet sekali. Setidaknya kami memiliki 2 produk sarung ini yang usianya hampir 10 tahun. Dalam jangka waktu yang sangat lama, sarung tersebut masih dalam keadaan bagus dan layak pakai.

Detail corak Sarung Samarinda Al-Jannah by Mizutex.com

Primadonanya sarung di pulau Borneo

Produk sarung ini sudah menjadi primadonanya sarung di pulau Borneo. Selain nyaman digunakan untuk shalat, proses pencuciannya pun terbilang mudah. Karena noda-noda yang menempel pada sarung mudah untuk dihilangkan.

Jenis sarung ini sangat digemari oleh hampir semua kalangan, mulai dari anak muda, dewasa, hingga orang tua. Produk sarung ini pun sudah dikenal di berbagai daerah dan kualitasnya pun juga sudah diakui, khususnya dari merk Al-Jannah.

Sarung ini cocok sekali untuk dijadikan sebagai oleh-oleh khas Borneo atau sekadar untuk cinderamata bagi keluarga dan rekan kerja. Lebih khusus lagi pada momen-momen tertentu, misalnya disaat momen ramadhan dan ‘Idul Fithri.

Sarung Samarinda high quality, inilah merk terbaik yang original 100% dengan kain yang halus dan lembut.
Sarung Samarinda berkualitas by Mizutex.com

Membeli sarung berkualitas hanya di Mizutex.com

Jika anda hendak membeli Sarung Samarinda, kami menyarankan untuk membeli yang original dari Samarinda dan yang memiliki kualitas yang bagus.

Sebab, sarung merupakan salah satu perlengkapan ibadah dan memiliki masa pakai yang cukup lama. Oleh karena itu, mutu sarung yang baik tentu akan mendukung untuk tetap awet digunakan beribadah.

Dapatkan produk sarung ini di Mizutex dengan berbagai pilihan varian motif. Produk yang satu ini akan dikirim langsung dari Kalimantan Timur.

Motif Sarung Samarinda Al-Jannah
Detail corak Sarung Samarinda Al-Jannah by Mizutex.com

Pilihan warna dominan sarung

  • Biru elektrik
  • Maroon cerah
  • Hijau
  • Coklat olive
  • dll.

Demikianlah ulasan singkat dari redaksi Mizutex tentang apa dan bagaimana Sarung dari kota Mahakam yang high quality dari brand Al-Jannah. Insya Allah, kami juga akan menyediakan produk dari merk lainnya yang lebih murah, namun dengan kualitas yang tidak kalah bersaing.

Jika anda sedang punya rencana untuk membeli sarung yang berkualitas untuk keperluan sendiri atau untuk kado spesial, kini anda berada di tempat yang tepat. Kami menyediakan produk sarung berkualitas dan melayani pembelian baik eceran maupun grosir. Sarung Samarinda high quality bahannya halus dan lembut, yuk buktikan bedanya!