Mizutex.com – Menggunakan jilbab dan gamis Syar’i? Why not! Sebagai wanita muslimah, memakai jilbab dan gamis Syar’i adalah kewajiban agama yang tidak boleh dilanggar. Selain mendapatkan kebaikan akhirat dan Ridha Alloh Subhanahu wata’ala, menggunakan pakaian Syar’i juga banyak kebaikannya di dunia. Wajib baca! Ini keuntungan memakai jilbab dan gamis Syar’i.

Wahai Nabi! Katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu, dan istri-istri orang mukmin, “Hendaklah mereka menutupkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.” Yang demikian itu agar mereka lebih mudah untuk dikenali, sehingga mereka tidak diganggu. Dan Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.

[QS. Al Ahzab 59]

Jilbab dan gamis yang Syar’i adalah sebuah keharusan bagi setiap muslimah. Alloh Subhanahu wata’ala Mahamengetahui yang terbaik bagi hambaNya. Lebih khusus lagi adalah wanita muslimah. Sesungguhnya perintah memakai jilbab dan gamis Syar’i bukanlah dalam rangka untuk menyusahkan kalian wahai muslimah. Akan tetapi adalah dalam rangka untuk kebaikan dunia dan akhirat kalian.

Sehingga janganlah engkau menuduh Alloh dengan tuduhan yang jahat. Misalnya dengan menganggap bahwa pakaian Syar’i itu menyusahkan, seperti ninja, tidak gaul atau kata-kata jahat yang lainnya.

Bukanlah menggunakan helm ketika berkendara dengan sepeda motor itu menyusahkan dan membuat kepala terasa berat? Namun, demi keselamatan kita kalau-kalau ada hal yang tidak diinginkan, kita akan dengan senang hati akan menggunakan dan mematuhi aturan berkendara.

Dan tidaklah pantas bagi laki-laki yang mukmin dan perempuan yang mukmin, apabila Allah dan Rasul-Nya telah menetapkan suatu ketetapan, akan ada pilihan (yang lain) bagi mereka tentang urusan mereka. Dan barang siapa mendurhakai Allah dan Rasul-Nya, maka sungguh, dia telah tersesat, dengan kesesatan yang nyata.

[QS. Al Ahzab 36]

Dengan jilbab dan gamis Syar’i yang lengkap dengan penutup wajahnya maka seorang muslimah akan lebih anggun dan terjaga kehormatannya. Orang jahat akan berfikir dua kali untuk mengganggunya. Dan tidak mungkin ada yang berani mengganggunya kecuali orang-orang yang benar-benar tidak waras.

Meskipun, terkadang tidak semua orang dapat memahami kewajiban akan jilbab dan gamis Syar’i, janganlah kalian menjadi lemah atau minder. Ingatlah, bahwa Alloh Subhanahu wata’ala selalu mengawasi kalian dan selalu membersamai kalian. (Baca: Bagaimana kriteria Jilbab wanita muslimah dalam pandangan Al-Qur’an?).

Jangan risau ataupun gundah dengan menaati aturan Alloh. Meskipun banyak yang masih berpikiran bahwa itu adalah pakaian yang aneh, tidak nyaman, tidak memasyarakat dan sebagainya. Meski ada yang lancang beberapa orang yang mengatakan bahwa pakaian ini mirip dengan ninja (Allohu musta’an).

Ingatlah bahwa Alloh akan membela kalian wahai muslimah. Dan jadikanlah cemoohan itu sebagai ladang untuk meraup pahala bagi kalian dan penghilang dosa-dosa kalian. Karena orang yang dicemooh akan mendapatkan pahala apa yang dimiliki oleh orang yang mencemooh.

Selain dari hal-hal yang redaksi sebutkan diatas, apakah sahabat muslimah mengetahui bahwa ternyata menggunakan busana muslimah Syar’i dengan jilbab yang panjang ini mempunyai banyak sekali keuntungan lho. Keuntungan ini tentunya akan membuat sahabat muslimah yang belum menggunakannya tentu akan berfikir untuk segera mamulai menggunakan hijab Syar’i ini.

Nah apa saja keuntungannya? Berikut liputannya

Melaksanakan Perintah Alloh Subhanahu wata’ala

Memakai jilbab yang panjang dan menutup aurat dengan sempurna berarti telah melaksanakan kewajibannya dalam menaati perintah Alloh Subhanahu wata’ala. Hal ini akan membuat seorang muslimah terhindar dari dosa, azab dan memperoleh pahala dari Allah Subhanahu wata’ala.

Melindungi Diri Dari Godaan Mata Laki-laki

Laki-laki memang memiliki fitrah dimana mereka akan menyukai lawan jenis, yaitu wanita. Sebagai seorang muslimah tentu sangat menyadari, bahwa banyak lelaki yang suka menggoda para wanita yang lewat di depan mereka. Apalagi terhadap wanita yang menggunakan pakaian yang kurang pantas, seronoh dan membuka aurat.

Maka, mereka akan semakin senang dan berani untuk menggodanya. Tetapi, tidak dengan para wanita yang menutup aurat dan mengenakan jilbab yang Syar’i. Para laki-laki cenderung untuk bersikap lebih sopan dan segan untuk mengganggu dan menggoda para muslimah ini.

Karena mereka tau, bahwa wanita muslimah yang menggunakan jilbab dan gamis Syar’i adalah mereka yang memiliki wibawa dan dijaga kehormatannya. Barang siapa yang berani mengganggunya, mereka bukan hanya berurusan pada suami atau bapaknya, tetapi terhadap Islam dan kaum muslimin. Sebagaimana Shiroh Nabi Muhammad Shallallohu ‘alaihi wasallam ketika mengusir seluruh penduduk Yahudi Bani Qainuqa’. Gara-gara ulah seorang dari mereka yang berani melecehkan wanita muslimah bercadar.

Di lain sisi, menggunakan jilbab Syar’i termasuk cadarnya pada hakikatnya sudah menjadi fitrah wanita juga. Pada dasarnya kalau mau jujur, dari lubuk hati mereka sendiri, mereka tidak suka kalau tubuhnya dan wajahnya selalu dilihat-lihat oleh laki-laki asing yang bukan saudaranya atau suaminya. Kecuali wanita-wanita yang kurang menjaga harga dirinya dan hilang muru’ahnya.

Perumpamaan seorang muslimah dengan hijab Syar’i adalah seperti permen yang selalu dibungkus rapat dan rapi. Tidak ada yang mencicipinya kecuali memang orang yang berhak atasnya. Bagaikan seorang ratu, tidak ada yang berhak mendekat padanya, kecuali orang yang terhormat dan orang-orang tertentu saja. Nah, demikianlah seharusnya seorang muslimah.

Berjilbab Panjang Akan Melindungi Dari Debu, terik matahari dan Polusi

Memakai pakaian serba tertutup dan berjilbab yang Syar’i akan membuat tubuh wanita muslimah terlindung dari berbagai polusi. Sehingga proteksi tambahan pun didapatkan tanpa harus mengoleskan ramuan yang bermacam-macam pada tubuh kita. Begitu pula dengan paparan sinat ultraviolet yang dapat merusak kulit. Seorang muslimah dengan gamis dan jilbab Syar’i ia mendapat perlindungan terhadap paparan sinar matahari.

Nah, ternyata manfaat lain dari menggunakan jilbab yang panjang juga bisa membuat warna kulit kita menjadi lebih cerah lho. Bagaimana tidak, hijab akan mengahalangi kita dari sinar matahari langsung.

Sebagai Kontrol Agar Selalu Menjaga Perbuatan Kita

Berjilbab yang Syar’i tentu akan juga mendorong kita bersikap dan berakhlak mulia. Hal itu membuat kita lebih berhati-hati dengan segala perbuatan kita sehari-hari. Bagaimana tidak, tentu kita tidak ingin dikatakan oleh orang-orang di sekitar kita sebagai orang berjilbab yang tidak baik, bukan?

Sedangkan orang yang berkata, “jika ingin menjadi orang baik itu harus jilbabkan dulu hatinya, baru tubuhnya”. Maka pendapat ini tidak bisa dipercaya begitu saja. Jangan-jangan perkataan seperti itu hanya untuk melemahkan tekat muslimah untuk berjilbab Syar’i. Atau mereka tidak suka dengan Syari’at Alloh dan mereka ingin agar tindak-tanduk mereka bisa sebebas-bebasnya, na’udzubillah!

Jika ada saudari kita yang berjilbab Syar’i dan berbuat khilaf tentunya bukan salah jilbabnya. Akan tetapi, perlu kiranya dinasihati dengan nasehat yang baik.

Akan Dilindungi Dari Laki-laki Yang Berniat Main-main

Bagi sahabat muslimah yang belum menikah, disadari atau tidak, lelaki akan lebih segan terhadap perempuan yang mengenakan jilbab Syar’i.

Hal ini merupakan keuntungan tersendiri bagi sahabat muslimah. Setidaknya nanti lelaki yang datang merupakan mereka yang berniat serius menjalin ikatan halal. Tanpa ada rasa penasaran untuk berniat main-main atau “mencicipi” terlebih dahulu. Dan yang penting sahabat muslimah juga harus senantiasa menjaga jarak dari lelaki, apalagi yang hanya sekedar main-main saja.

Islam mengharamkan khalwat (berdua-duaan) dengan lawan jenis yang bukan mahrom. Baik di dunia nyata maupun dunia maya seperti chatting atau saling membalas komen. Karena hal itu akan menimbulkan fitnah yang besar dan bisa menjurumuskan pada kebinasaan, na’udzubillah.

Memudahkan Kita Untuk Mendapatkan Makanan Yang Halal

Sahabat muslimah teliti atau tidak? Bahwa dengan menggunakan jilbab yang Syar’i ini salah satu keuntungannya adalah akan lebih mudah bagi kita untuk menemukan tempat makan yang halal. Biasanya, saat kita sedang dalam perjalanan dan membutuhkan makanan untuk mengganjal perut, maka kita akan mencari tempat makan yang halal.

Karena kita tidak mengetahui apakah tempat makan yang kita singgahi menyediakan makanan halal atau tidak, kita harus teliti memilih tempat. Kabar baiknya, dengan melihat pakaian kita yang mengenakan busana muslimah Syar’i, maka penjual makanan biasanya akan menjelaskan kepada kita jika makanan jualannya tidak halal atau mengandung bahan yang tidak halal.

Penjual Makanan Lebih Mudah Mengingatkan Kita akan Makanan Halal

Banyak restoran yang kehalalan makanannya masih dipertanyakan hingga saat ini. Dengan memakai jilbab dan gamis Syar’i, biasanya penjual akan memberitahukan kita terlebih dahulu, halal atu tidaknya makanan yang ia jual. Tidak mau kan jika makanan yang selama ini kita konsumsi malah menimbulkan madhorot bagi diri kita?

Nah, demikianlah sahabat muslimah, ternyata banyak juga keuntungannya yang dapat kita peroleh dengan menggunakan busana muslimah yang Syar’i. Beberapa poin yang saya sebutkan hanyalah sebagian kecil dari hijab Syar’i. Disana ada keuntungan di dunia, serta pahala dan keuntungan dari sisi Allah Subhanahu wata’ala adalah jauh lebih besar.

Semoga dengan adanya artikel ini dapat memotivasi para muslimah untuk menggunakan jilbab dan gamis Syar’i. Ingat sahabat muslimah, sebaik-baik insan adalah mereka yang melakukan ketaatan sementara kebanyakan manusia menentang dan membangkang. Sadarlah bahwa Alloh Subhanahu wata’ala akan membersamaimu dan Dia Mahatau yang terbaik buatmu. Sadarlah, bahwa memakai jilbab dan gamis Syar’i adalah wajib dan tidak ada pilihan lain buat kalian kecuali taat.

Sumber: gamisjilbabsyari.com dengan beberapa perubahan dan tambahan dari redaksi.

 

 

Baca juga artikel berikut ini: